Bocoran Lolos Seleksi Tes MT di Garuda Indonesia

Bagaimana Bocoran Lolos Seleksi Tes MT di Garuda Indonesia? Siapa yang tidak ingin bergabung dengan perusahaan penerbangan Garuda Indonesia? Kali ini kita akan membahas rekrutmen dari salah satu maskapai terbesar di Indonesia yaitu Garuda Indonesia.

Bocoran Lolos Seleksi Tes MT di Garuda Indonesia

Kali ini saya ingin sedikit berbagi tentang pengalaman saya mengerjakan tes kerja di PT. Garuda Indonesia berada pada posisi Management Trainee atau orang biasa menyebutnya MT. Siapa yang tidak mau masuk MT? Apalagi Garuda Indonesia, wah, yang terbaik.

Jadi siapa yang tidak kenal Garuda? Ya, saya yakin semua orang tahu perusahaan ini, atau setidaknya pernah mendengarnya.

Anda tidak perlu menjelaskan panjang lebar tentang perusahaan ini, yang jelas ini merupakan perusahaan penerbangan terbesar di Indonesia dan berstatus Badan Usaha Milik Negara.

Yang lebih mantap lagi, kini Garuda telah tergabung dalam salah satu aliansi penerbangan dunia bernama SkyTeam. Ya, Garuda adalah maskapai penerbangan Indonesia pertama yang bergabung dengan SkyTeam.

Yang kami ulas adalah tentang seleksi dan tahapan MT (management trainee) Garuda Indonesia. Awalnya kalian semua pendaftar akan masuk ke MT, tapi nanti setelah melewati tahap ini kalian akan dipisahkan menjadi beberapa bagian di posisi MT. Oke, berikut langkah-langkah dan pilihannya:

A. Tahapan Seleksi Karyawan di Garuda Indonesia

1. Seleksi Administratif

Tahapan awal memang mudah, tetapi menentukan bagi Anda untuk dapat melanjutkan dengan pilihan lainnya. Penuhi semua persyaratan dan berkas yang diminta dengan mengirimkannya ke situs resmi Garuda Indonesia. Pastikan Anda tidak salah memilih posisi.

Seleksi Administratif adalah tahap paling awal. Ketika saya mengetahui informasi lowongan MT Garuda Indonesia dari lowongan kerja di Instagram, saya mencoba mendaftar melalui situs Garuda.

Pada tahap ini kita harus terlebih dahulu mendaftar di website, dan mengisi data selengkap mungkin mulai dari data pribadi, pengalaman, kontak, orang tua, dan lain-lain. Kemudian ada persyaratan untuk mengunggah foto dan CV juga. Setelah semua data lengkap tinggal Apply.

Proses seleksi administrasinya beda gan, ada yang nunggu 2 minggu langsung dapat email undangan, ada yang sampai 1 bulan, bahkan waktu itu teman saya baru dapat undangan tes psikologi padahal saya sudah sudah menyelesaikan ujian selama sekitar 4 bulan.

2. Tes psikologi

Seperti namanya, Anda bisa mengikuti tes online ini di mana saja selama Anda terhubung ke jaringan internet yang stabil. Meski sedang online, pastikan Anda tidak menyontek atau mencari jawaban di internet saat ujian.

Dikarenakan banyaknya jumlah pertanyaan dengan waktu yang terbilang singkat. Pastikan untuk fokus pada materi pertanyaan online ini. Materinya adalah:

  1. Tes matematika dasar
  2. Tes seri angka
  3. Tes bahasa Inggris (seperti TOEFL)
  4. Tes verbal dan tes psikologi kepribadian diri.
  5. Tes Penilaian

Baca juga:

3. FGD (Focus Group Discussion)

Tahapan hari penilaian ini adalah penentuan posisi Anda akan ditempatkan di mana jika Anda diterima di Garuda. Hari penilaian ini mungkin mirip dengan FGD (Focus Group Discussion) di perusahaan lain.

Awalnya Anda akan diberikan materi contoh kasus berupa pertanyaan prioritas. Materi juga mencakup angka dan data numerik.

Anda diminta menganalisis berbagai opsi yang tersedia. Temukan solusi secepat mungkin dengan analisis data yang baik. Setelah itu, Anda diharuskan untuk membuat laporan word dan power point untuk kemudian dipresentasikan di depan tim HRD Garuda.

Setelah semua kandidat selesai presentasinya, semua kandidat akan dikumpulkan untuk dibagi menjadi beberapa kelompok untuk membahas penyelesaian kasus yang diberikan dan juga dipresentasikan bersama untuk berdebat dengan kelompok lain. Materinya hampir sama, yakni soal prioritas.

Baca juga: Cara Lolos Tes FGD (Focus Group Discussion)

4. Wawancara HRD dan Psikolog

Pertanyaan tentang kehidupan pribadi Anda dan pengalaman apa yang Anda miliki sejauh ini. Saran saya adalah jadilah diri sendiri.

5. Studi Kasus Bisnis

Pada tahap ini Anda akan bertemu dengan beberapa tim user yang akan menguji Anda dan masih sama seperti tahap sebelumnya, Anda diharuskan melengkapi contoh studi kasus dan harus mempresentasikannya kepada user.

Laporan, presentasi dan pertanyaan wawancara dalam bahasa Inggris. Kasus tersebut juga menjadi soal data dan analisis permasalahan yang ada di Garuda Indonesia.

6. MCU (Pemeriksaan Medis)

Bocoran Lolos Seleksi Tes MT di Garuda Indonesia

Pada tahap ini seperti biasa yang diuji adalah kesehatan fisik dan fisik Anda. Tes tersebut meliputi sampel darah, sampel urin, tinggi badan, berat badan, rontgen, pernapasan, dan paru-paru.

Sebelum tes ada baiknya jika Anda tidak begadang dan banyak minum air putih. Pastikan juga untuk makan dengan pola makan yang teratur.

7. Pantuhir

Pada tahap ini kamu akan diberikan pekerjaan rumah yang harus kamu persiapkan sebelum bertemu dan mempresentasikan kembali.

Anda akan diberikan materi dan pertanyaan untuk Anda analisa kembali dan mencari solusi dari permasalahan tersebut. Buat laporan dan juga buat presentasi dari pertanyaan yang diberikan.

Soal tersebut berupa soal-soal yang sering dihadapi oleh setiap divisi yang Anda lamar. Laporan dan presentasi dalam bahasa Inggris masih sama.

Anda nantinya akan bertemu langsung dengan beberapa atasan dan direksi dari Garuda Indonesia.

Ini adalah tahapan terakhir sekaligus menentukan apakah Anda diterima atau tidak. Tak sedikit juga yang gagal di tahap ini karena terlalu percaya diri untuk memasuki tahap akhir. Jadi, jadilah orang yang rendah hati.

Terima kasih. Semoga bisa lulus dan menjadi karyawan di tempat yang Anda inginkan. Sekian artikel tentang Bocoran Lolos Seleksi Tes MT di Garuda Indonesia, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!