Bocoran Lolos Seleksi Tes TRDP di PT Trans Retail Indonesia (Carrefour)

Bagaimana Bocoran Lolos Seleksi Tes TRDP di PT Trans Retail Indonesia (Carrefour)? Siapa yang tidak mengenal salah satu perusahaan retail terbesar di Indonesia yaitu Carrefour.

Bocoran Lolos Seleksi Tes TRDP di PT Trans Retail Indonesia (Carrefour)

Kali ini kami akan mencoba mengulas pengalaman seleksi dan bocoran tahapan tes dari TRDP di PT Trans Retail Indonesia atau biasa disebut Carrefour.

Anda bisa mendapatkan lowongan kerja dari Carrefour melalui website resmi Carrefour atau lebih sering Anda dapat menemukannya di Jobfair di kampus kota Anda.

Setelah seleksi administrasi Anda akan langsung menjalankan tahap psikotes. Berikut langkah-langkah dan tips untuk melakukannya.

A. Tahapan Seleksi Karyawan di PT Trans Retail Indonesia

1. Seleksi Administratif

Seperti halnya perusahaan lain, proses rekrutmen harus dimulai dengan seleksi administrasi dimana pada tahap ini Anda perlu mengisi informasi dan melengkapi dokumen yang dibutuhkan.

Informasi yang kurang lebih perlu dilengkapi antara lain data pribadi, keluarga, latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, prestasi, lokasi ujian dan lain sebagainya.

Pun dengan lampiran yang perlu diunggah, seperti KTP, akta kelahiran, ijazah, transkrip nilai, sertifikat TOEFL, dan sertifikat prestasi lainnya.

2. Psikotes

Sebelum melakukan psikotes, tim HR dari Carrefour akan menjelaskan tentang company profile dan bagaimana rasanya bekerja di perusahaan ini.

Ada beberapa sesi untuk tes psikologi ini dan setiap sesi akan diadakan dengan sistem gugur. Jika Anda lulus sesi pertama, Anda akan langsung mengikuti sesi berikutnya sampai tahap psikotes selesai.

Berikut daftar pertanyaan dari psikotes Carrefour.

  1. Tes matematika dasar dan seri angka matematika
  2. Tes kemampuan verbal (antonim sinonim, tes menjodohkan gambar, dll)
  3. Tes surat kabar Pauli atau Kreaplin (menjumlahkan serangkaian angka sederhana)
  4. Tes Wartegg (menggambar lebih lanjut untuk membuat makna)
  5. Tes menggambar manusia (bersama dengan aktivitas, kekuatan dan kelemahan karakter yang Anda gambar), menggambar pohon.
  6. Tes psikologi kepribadian diri (tidak ada jawaban yang benar atau salah, semua sesuai dengan kepribadian Anda sendiri)

Baca juga:

3. Focus Group Discussion (FGD)

Pada tahap FGD ini, jika lolos psikotes maka akan langsung masuk ke tahap selanjutnya yaitu FGD. Pastikan Anda dalam kondisi prima dan membawa bekal makanan untuk persiapan rangkaian tahapan in-test dan yang terpenting sarapan terlebih dahulu.

Awalnya semua peserta yang lolos akan dibagi menjadi beberapa kelompok kecil beranggotakan 5-6 orang per kelompok. Setelah itu Anda akan diberikan kertas soal dan lembar jawaban yang harus dikerjakan oleh setiap peserta.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut berupa pertanyaan prioritas terkait permasalahan yang sering dialami di perusahaan.

Studi kasusnya adalah Anda harus memilih karyawan mana yang akan dipromosikan terlebih dahulu dari beberapa karyawan lainnya.

Setelah itu kamu akan berdiskusi dengan teman satu kelompokmu dan hasilnya akan dipresentasikan di depan kelompok lain. Kelompok lain juga dipersilakan untuk mengajukan pertanyaan.

4. Wawancara SDM

Pada tahap ini Anda akan diwawancarai langsung oleh tim HRD Carrefour. Pertanyaan tentang kehidupan kuliah Anda, pengalaman organisasi, dan pengalaman kerja jika ada.

Sisanya HRD akan menjelaskan tentang program ini dimana program TRDP akan berlangsung selama 2 tahun.

  1. Di minggu 1-3 kamu akan mendapatkan teori di kelas
  2. Kemudian 7 bulan untuk OJT (On Job Training) anda sudah melakukan pekerjaan di lapangan secara langsung
  3. Dan untuk bulan depan sampai dengan 2 tahun anda sudah ditempatkan sesuai dengan arahan perusahaan dan setiap tahapan akan ada evaluasi dan juga menggunakan sistem gugur.

HRD juga menjelaskan tentang sistem penalti yang akan Anda terima jika Anda mengundurkan diri sebelum kontrak diterima.

Dan tidak menutup kemungkinan ijazah Anda juga akan ditahan sebagai jaminan agar Anda tidak kabur sebelum kontrak selesai.

5. Wawancara User

Bocoran Lolos Seleksi Tes TRDP di PT Trans Retail Indonesia (Carrefour)

Anda akan diwawancarai oleh manajer perusahaan ini. Kali ini bersiaplah untuk menggunakan bahasa Inggris jika diminta oleh pengguna.

Pertanyaan yang hampir sama dengan wawancara HR Anda coba menggambarkan bagaimana pekerjaan Anda nantinya sesuai dengan pengetahuan Anda sebelumnya.

Di sini Anda akan dijelaskan lebih lanjut tentang bagaimana Anda akan bekerja di perusahaan ini.

6. Kunjungan Toko

Anda diminta datang langsung ke toko dari PT Trans Retail Indonesia. Peserta akan didampingi langsung oleh SM (Store Manager).

Di sini Anda ditugaskan untuk melihat kegiatan apa saja yang dilakukan selama kunjungan toko. Lebih baik jika Anda membawa catatan kecil untuk mencatat hal-hal penting selama kunjungan toko nanti.

Jadwal kunjungan toko ini dimulai dari pengecekan gudang toko, menjaga kebersihan dan kerapihan, briefing pagi dengan kasir toko dan karyawan lainnya.

Semua peserta juga akan dibagi menjadi beberapa kelompok dan masing-masing kelompok akan berpencar untuk membantu tugas-tugas para karyawan disana.

Keesokan harinya Anda juga akan melakukan kunjungan toko untuk melakukan kegiatan penutupan toko. Kegiatan ini terdiri dari pengecekan pintu, kelistrikan dan pengecekan gudang mengenai stok gudang.

Tuliskan semua deskripsi pekerjaan TRDP ini, agar Anda tidak terkejut jika Anda bekerja di sini dan agar pada tes berikutnya Anda memahami seperti apa job desk yang dilakukan dalam kunjungan toko.

7. Briefing dan MCU (Medical Check Up)

Setelah kunjungan toko Anda akan dibriefing langsung dengan General Manager PT Trans Retail Indonesia. Dia akan meninjau apa yang Anda dapatkan setelah mengikuti kunjungan toko sebelumnya.

Untuk MCU ini seperti MCU di perusahaan lain, mulai dari pemeriksaan fisik, pemeriksaan darah dan urin, pemeriksaan jantung, pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan mata dan lain-lain.

Ini merupakan tahap terakhir dari seluruh rangkaian proses pengujian TRDP dari PT Trans Retail Indonesia. Kemudian, yang harus Anda lakukan adalah menandatangani kontrak bersama dengan pelatihan di kelas.

Terima kasih. Semoga bisa lulus dan menjadi karyawan di tempat yang Anda inginkan. Sekian artikel tentang Bocoran Lolos Seleksi Tes TRDP di PT Trans Retail Indonesia (Carrefour), semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!