Pekerjaan, Gaji, Fungsi dan Tugas Social Media Specialist

Bagaimana Pekerjaan, Gaji, Fungsi dan Tugas Social Media Specialist? Pekerjaan sebagai social media media specialist merupakan salah satu profesi yang sudah tidak asing lagi pada era digital.

Pekerjaan, Gaji, Fungsi dan Tugas Social Media Specialist

Semakin berkembangnya media sosial yang ada, maka ada banyak ide yang harus direalisasikan agar konten menjadi efektif.

Maka dari itu, pekerjaan, gaji, fungsi dan tugas social media specialist sangat dibutuhkan. Berikut informasi selengkapnya!

A. Apa Itu Social Media Specialist

Social media specialist merupakan pekerjaan yang berfokus untuk menciptakan konten digital yang kreatif serta menarik bagi beberapa platform media sosial.

Pekerjaan ini tak hanya berkutik pada satu perusahaan sosmed saja, sebab bisa merambah ke seluruh platform social media yang membutuhkan penanganan tertentu.

Pekerjaan ini ditujukan untuk memperkuat usaha marketing, mendorong angka penjualan, sampai dengan brand awareness. Menariknya, posisi pekerjaan ini tak hanya membuat konten dalam satu jenis social media saja.

Pasalnya, mereka harus mengerti berbagai cara untuk menyesuaikan konten yang sama namun pengaplikasiannya berbeda di tiap jenis sosmed.

Hal ini sangat penting diperhatikan, sebab platform media sosial memiliki karakteristik yang cukup berbeda. Misalnya saja pada konten Instagram yang berbasis foto dan caption, maka tak bisa digunakan begitu saja di Facebook dan Twitter.

Konten harus dibuat sedemikian rupa untuk menyesuaikan karakteristik di tiap sosial media agar menjadi efisien dan efektif.

Dalam melakukan pekerjaannya seorang spesialis media sosial akan bekerja sama dengan tim digital marketing untuk membuat konten yang menarik.

Di sini mereka akan bertukar pikiran untuk merencanakan strategi social media marketing yang efektif dan ampuh untuk pemasaran, brand awareness, dan meningkatkan engagement.

Setiap hasil dari pekerjaan dari seseorang yang berkarier di posisi ini akan dipertanggung jawabkan pada kepalanya yaitu manajer sosial media.

Para manajer akan mengevaluasi terlebih dahulu konten yang dibuat oleh anggotanya apakah layak tayang atau tidak. Selain itu manajer juga berhak memberikan masukan dari hasil yang sudah dikerjakan social media specialist.

B. Fungsi Dan Tanggung Jawab Seorang Social Media Specialist

Pekerjaan, Gaji, Fungsi dan Tugas Social Media Specialist

Social Media Specialist merupakan salah satu jenis profesi sedang hype di era digital ini. Pasalnya, profesi ini sangat dibutuhkan di tengah tengah perkembangan dunia digital.

Selain itu profesi ini juga berpengaruh besar terhadap penggunaan media sosial di dalam kehidupan masyarakat sehari hari.

Bagi kamu yang penasaran apakah tugas dan tanggung jawab dari profesi ini, maka perlu menyimak informasi yang satu ini. Seperti namanya, seorang Social Media Specialist akan memiliki tanggung jawab untuk mengelola seluruh media sosial sebuah perusahaan.

Hal ini digunakan bagi perusahaan untuk kebutuhan branding dan membangun personal connection dengan client.

Karena alasan tersebut, maka tak heran jika sebuah perusahaan membutuhkan seseorang untuk mengelola akun yang berkaitan dengan media sosial perusahaan secara tepat.

Dengan adanya jasa dari spesialis media sosial ini perusahaan bisa mendapatkan keuntungan berupa peningkatan awareness terhadap brand yang dimiliki.

Jika dilihat secara sekilas, pekerjaan sebagai Social Media Specialist hanya mengupload gambar, menulis caption, dan membalas komentar.

Padahal tugas sebagai yang diemban oleh spesialis sosial media ini terbilang cukup kompleks.  Pasalnya, sebelum konten diunggah di media sosial, seorang Social Media Specialist harus melakukan riset terlebih dahulu secara dalam.

Tujuan dari riset tersebut adalah menyesuaikan materi yang diunggah dengan tren dan kebutuhan yang ada di masyarakat. Konten yang dibuat juga harus tetap seimbang dan berkesinambungan dengan suatu perusahaan.

Dalam membuat caption atau branding dalam media sosial, profesi ini harus memperhatikan tata cara penulisan agar menarik dan enak dibaca.

Selain membuat konten, profesi yang satu ini juga bertanggung jawab untuk membuat campaign agar dapat meningkatkan brand perusahaan.

Dalam merencanakan hal ini, seorang Social Media Specialist harus memiliki keterampilan yang mumpuni dalam hal pikiran kreatif. Tujuannya bukan lain adalah pesan yang ingin disampaikan dapat menarik customer.

Tak berhenti sampai di situ saja, seorang spesialis media sosial juga bertugas untuk membangun hubungan baik dengan customer atau client.

Pasalnya, di era yang serba digital ini media sosial menjadi platform yang cukup efektif untuk menggaet konsumen baru. Oleh karena itu, Social Media Specialist harus siap menjawab pertanyaan yang diajukan konsumen dari medsos.

C. Gaji Profesi Spesialis Media Sosial

Untuk range gaji yang akan didapatkan oleh seorang social media specialist berkisar 3.9 juta rupiah hingga 6.9 jutaan.

Kabar baiknya, tak sedikit perusahaan yang sudah maju mengeluarkan uang lebih untuk menggaji profesi spesialis media sosial. Range yang diberikan yaitu berkisar 7 jutaan sampai dengan sembilan jutaan rupiah.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji, Fungsi dan Tugas SEO Specialist

D. Kualifikasi Social Media Specialist

Pekerjaan, Gaji, Fungsi dan Tugas Social Media Specialist

Menjadi seorang spesialis media sosial juga tak jauh berbeda dengan profesi lainnya. Sebab, pekerjaan ini juga membutuhkan kualifikasi khusus agar dapat mengerjakan tanggung jawab dan tugasnya dengan baik.

Oleh karena itu, peluang mengisi posisi tersebut terbuka bagi seseorang memiliki kemampuan khusus seperti berikut ini!

1. Kemampuan Komunikasi yang Baik

Sebagai seorang media sosial spesialis, tentunya akan bekerja di balik layar. Meskipun begitu pekerjaan ini membutuhkan kemampuan komunikasi yang baik.

Kemampuan ini meliputi SEO, editing, menulis, story telling, dan presentasi. Komunikasi dalam media sosial dapat dikatakan unik jika bisa menyampaikan pesan secara efektif dan mudah dipahami.

2. Social Media Fluency

Tak hanya itu, pekerjaan ini juga harus memiliki minat yang tinggi dalam menggunakan social media. Mereka harus mengetahui bagaimana menggunakan berbagai macam media sosial yang dimainkan oleh para user.

Jadi, orang yang ingin bekerja dalam bidang ini tidak boleh gagap teknologi dan harus mengikuti perkembangan secara up to date.

3. Pengetahuan Akan Tools Yang Diperlukan

Dalam menjadi spesialis media sosial, kamu akan dihadapkan dengan bervariasi tools untuk membantu pekerjaan lebih mudah.

Tool yang perlu dikuasai oleh profesi ini misalnya Hootsuite untuk mengelola berbagai macam akun dan lain sebagainya. Jangan lupa juga kuasai tools analisis yang berguna untuk memonitor perkembangan medsos yang dijalankan.

4. Kemampuan Berpikir Cepat

Seperti yang sudah diketahui, trend dan fenomena yang ada di media sosial setiap hari terus bergerak sangat cepat. Terkadang, tren ini akan cepat muncul dan hilang.

Maka dari itu, selain peka, profesi yang satu ini  juga harus mampu berpikir cepat untuk mengaplikasikan tren dengan konten yang relevan dan terkini.

5. Skill Komputer Dan Desain

Selain memiliki pemahaman mengenai tools analisis dan lainnya, spesialis media sosial harus memiliki pemahaman dasar mengenai desain atau komputer.

Skill ini tentunya merujuk pada kemampuan mengoperasikan Blogger atau WordPress. Lebih lanjut, profesi ini juga perlu bekerja sama dengan tim desain agar menampilkan visual terbaik.

6. Kemampuan Manajemen Waktu

Seorang social media specialist harus mengurus beberapa akun brand agar dapat dikenal oleh banyak customer. Mereka juga memiliki pekerjaan yang cukup bervariasi mulai dari posting konten, revisi, membuat campaign, dan editing konten.

Maka dari itu, manajemen waktu yang bagus sangat dibutuhkan dalam pekerjaan, gaji, fungsi dan tugas social media specialist.

Setelah mengenal lebih dalam mengenai spesialis media sosial, ternyata banyak sekali hal yang harus dikerjakan. Mulai dari membalas email, membuat konten, mengikuti tren yang ada, sampai merevisi content plan setiap bulan.

Tak heran jika profesi ini membutuhkan seseorang yang memiliki kemampuan tersebut sekaligus.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!