Pekerjaan, Gaji, Fungsi dan Tugas kondektur Kereta Api

Bagaimana Pekerjaan, Gaji, Fungsi dan Tugas kondektur Kereta Api? Ada banyak profesi yang bisa ditemukan saat ini, bahkan beberapa diantaranya dahulunya belum dikenal. Untuk kamu yang sering bepergian menggunakan kereta tentu tidak asing dengan Kondektur Kereta Api.

Pekerjaan, Gaji, Fungsi dan Tugas kondektur Kereta Api

Melihat profesi ini, apakah kamu tertarik untuk menjadi bagian dari PT KAI dan menjadi seorang kondektur? Jika iya maka kamu harus tahu lebih dalam pekerjaannya berikut.

A. Apa Itu Kondektur Kereta Api?

Sebenarnya dibandingkan dengan Kereta Api, Kondektur lebih akrab di dalam bus kota. Padahal sebenarnya peran kondektur hampir dibutuhkan di semua layanan kendaraan umum.

Untuk di kereta, kamu akan menemukan kondektur yang biasanya nama juga nomor teleponnya akan terpajang di setiap gerbong. Seorang kondektur juga akan menggunakan seragam.

Sebenarnya, kondektur juga tidak hanya bisa kamu temukan di kendaraan darat saja. bahkan di kapal laut juga membutuhkan peranan profesi ini.

Peranan profesi satu ini paling sering dikaitkan dengan pemeriksaan tiket ataupun memberikan informasi terkait perjalanan kereta. Tentu saja, kamu tidak asing dengan pegawai resmi perusahaan transportasi ini.

Walaupun sebenarnya, tugas dan tanggung jawabnya tidak hanya berkaitan dengan kedua hal tersebut. tetapi bertanggung jawab secara penuh pada operasional juga penumpang selama dalam perjalanan tersebut.

Fungsi dari jobdesk ini sendiri adalah membantu masinis dalam perjalanan kereta api. Selain juga membantu langsir ketika di stasiun tidak ada juru Langsir.

Jika kamu menginginkan pekerjaan ini, tentu kamu harus mengetahui tugas dan peranannya hingga syarat untuk bisa menjadi seorang kondektur kereta api.

Berada di bawah naungan BUMN membuat banyak yang ingin menjadi bagian dari perusahaan ini. Namun tentu saja ada beberapa hal yang harus dipenuhi untuk menjadi seorang kondektur di kereta api ini.

Untuk menjadi seorang kondektur, nantinya kamu akan melewati beberapa tes yang diselenggarakan oleh perusahaan transportasi tersebut.

Tes yang diselenggarakan umumnya meliputi tes psikotes, tes administrasi, tes kesehatan awal  hingga tes kesehatan akhir. Prose yang terbilang panjang untuk bisa bergabung dengan instansi ini.

B. Peran dan Tanggung Jawab Seorang Kondektur Kereta Api

Dalam bahasan mengenai pekerjaan, gaji, fungsi dan tugas kondektur kereta api satu ini kamu akan mengetahui lebih lanjut peran juga tanggung jawabnya.

Peran dan tanggung jawab seorang kondektur kereta api yang pertama adalah memberikan pelayanan kepada penumpang. Baik dalam memberikan panduan bagi penumpang dalam kondisi darurat atau panduan lainnya.

Kondektur juga akan membantu para penumpang ketika mengalami masalah maupun kesulitan ketika dalam perjalanan tersebut. Maka dari itu nomer telepon seorang kondektur akan tersebar di setiap gerbong kereta api.

Bukan hanya itu, kondektur juga akan memberikan pengumuman serta memastikan keamanan saat kereta berjalan maupun berhenti.

Kondisi kereta api juga tak lepas dari pengawasannya, seperti apakah kereta dalam keadaan bersih sehingga tak mengganggu kenyamanan penumpang. Pemeriksaan tiket penumpang juga menjadi tanggung jawab kondektur.

Selain penumpang, seluruh petugas di kereta api juga harus dipastikan telah bekerja sesuai dengan SOP.

Selain beberapa hal yang telah disebabkan, seorang kondektur kereta api juga akan mengatur agar keberangkatan sesuai dengan jadwal serta membuat laporan maklumat perjalanan.

Ketika ada perbaikan seorang kondektur juga akan ikut andil. Bahkan menyambung atau melepas rangkaian kereta juga menjadi bagian dari tugasnya.

C. Gaji Yang Didapatkan Kondektur Kereta Api

Pekerjaan, Gaji, Fungsi dan Tugas kondektur Kereta Api

Kamu tentunya tak boleh melewatkan perihal gaji dari profesi satu ini. Seorang kondektur kereta api memiliki upah yang cukup besar. dalam satu bulan seorang kondektur bisa mendapatkan gaji sekitar Rp 6.500.000.

Jumlah tersebut sudah termasuk tunjangan yang telah diberlakukan. Memang ada beberapa tunjangan yang nantinya didapatkan selama menjabat posisi ini.

Tunjangan tersebut terdiri dari tunjangan untuk anak dan istri, uang perjalanan dinas dan uang emolumen. Tidak ketinggalan tunjangan kesehatan, transportasi, jabatan struktural dan tunjangan rekreasi.

Kendati terlihat besar, sebenarnya gajinya masih lebih kecil jika dibandingkan Masinis. Karena masinis bisa menerima sekitar Rp 12 juta dalam sebulan.

D. Syarat Untuk Menjadi Seorang Kondektur KAI

Untuk menjadi seorang kondektur tentu ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi. Seorang kondektur tidak harus laki laki, bisa juga perempuan walaupun paling banyak laki laki.

Seorang calon kondektur juga harus dinyatakan sehat secara fisik maupun rohani. Tinggi badan juga harus diperhatikan, minimal adalah 165 cm.

Selain tinggi badan, berat badan ideal juga menjadi persyaratan. Seorang kondektur juga tidak berkacamata, tidak buta warna serta tak memiliki cacat fisik.

Setelah semua persyaratan utama tersebut dipenuhi, kamu bisa langsung mengunjungi website resmi milik KAI. Biasanya setiap tahun akan dibuka pendaftaran baru lengkap dengan cara mendaftarnya.

Selain syarat dalam utama tersebut, kamu yang memiliki keahlian dan kemampuan tertentu juga sangat cocok bergelut di bidang ini.

Kemampuan tersebut meliputi kemampuan berkomunikasi, melayani dan mampu untuk berbahasa asing. Pengetahuan dasar seperti K#, ilmu geografi juga tentang ilmu transportasi juga bisa kamu siapkan jika bercita cita menjadi kondektur.

Baca juga: Jurusan yang Gampang Menjadi CPNS

E. Jenjang Karir Seorang Kondektur Kereta Api

Pekerjaan, Gaji, Fungsi dan Tugas kondektur Kereta Api

Agar kamu semakin mengenal profesi ini, dalam pekerjaan, gaji, fungsi dan tugas kondektur kereta api ini kamu juga harus mengetahui jenjang karirnya.

Hampir setiap perusahaan selalu menawarkan jenjang karir untuk  karyawannya. Termasuk juga dengan kondektur kereta api yang bukan tak mungkin bisa menempati posisi manajerial.

Untuk posisi awal, biasanya akan menjadi seorang kondektur magang. Nantinya kamu akan dididik untuk bisa mengetahui lebih dalam tentang kereta api ini.

Untuk waktu berapa lama tentunya sesuai dengan ketentuan perusahaan. setelah itu kamu bisa naik tingkat untuk berada di posisi Diklat Kondektur.

Saat diklat kondektur, kamu akan menempuh pendidikan juga latihan kondektur yang akan menjadi penentu apakah kamu lulus atau tidak untuk menjadi seorang kondektur.

Apabila masa magang dan diklat kondektur telah selesai, maka kamu bisa langsung bekerja sebagai kondektur di kereta api.

Kamu masih bisa untuk meraih posisi yang lebih tinggi yakni menjadi Supervisor Kondektur atau kepala kondektur. Pekerjaan ini umumnya akan mengecek kinerja kondektur di lapangan.

Posisi yang memungkinkan untuk diraih berikutnya adalah Asisten Manajer. Jika di posisi ini kamu tak akan lagi turun di lapangan dan lebih banyak di manajemen.

Jenjang karir yang paling tinggi biasanya berada di Junior Manager. Dimana posisi ini akan memungkinkan kamu untuk mengatur pekerja serta seluruh petugas kereta api.

Cara untuk bisa naik jenjang juga akan ada beberapa tahap yang harus kamu lalui. Yang jelas pekerjaan ini memiliki jenjang karir yang cukup baik.

Memiliki profesi yang berada di naungan pemerintah dianggap memiliki masa depan yang cerah. Namun, kamu juga tetap harus mengunggulkan keinginan kamu dalam memilih pekerjaan.

Dengan begitu kamu bisa lebih enjoy menjalaninya nanti. Dan semoga dengan ulasan ini, kamu bisa lebih mengenal pekerjaan kondektur Kereta Api lebih dekat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!