Bocoran Lolos Seleksi Tes MT di DHL Supply Chain

Bagaimana Bocoran Lolos Seleksi Tes MT di DHL Supply Chain? Kali ini kita akan membahas tentang pengalaman test DHL Supply Chain Management Trainee atau yang dikenal dengan Fastrex.

Bocoran Lolos Seleksi Tes MT di DHL Supply Chain

DHL adalah penyedia layanan logistik terbesar di dunia. Mungkin hampir sama dengan JNE, tiki dan pengiriman logistik lainnya. Oke, berikut tahapan pengujian dari DHL Supply Chain atau Fastrex Management Trainee:

Tahapan Seleksi Karyawan di DHL Supply Chain

1. Tahap Administrasi

Untuk posisi ini Anda akan banyak bersaing dengan peserta lain. Karena DHL juga menyaring kandidat dari berbagai kota juga.

Usahakan untuk melengkapi semua persyaratan yang dibutuhkan agar bisa lolos ke tahap selanjutnya di setiap kota. Persyaratan administrasinya pun masih cukup mudah dan sederhana. Semoga berhasil.

Namun saat itu lamaran tidak melalui web karir kampus dan langsung ke halaman rekrutmen perusahaan. Untuk dokumen yang dibutuhkan, lihat saja posternya, karena biasanya informasinya jelas.

Setelah saya diterima dan bekerja di perusahaan tersebut, saya baru mengetahui bahwa lebih dari 13.000 orang mengajukan lamaran.

2. Tes Psikologi

Pada tahap psikotes ini, Anda akan diperkenalkan dengan company profile DHL. Cobalah untuk memahami apa yang dikatakan tim HRD dari DHL.

Karena bisa jadi bahan diskusi anda saat HRD dan user interview. Berikut Soal dan Soal pada psikotes :

  1. Seri angka dan tes matematika dasar.
  2. Tes Pauli atau tes surat kabar
  3. Tes logika
  4. Tes menggambar
  5. Tes kepribadian diri (tes psikologi)
  6. Tes bahasa Inggris seperti TOEFL (pilihan ganda dan esai)
  7. Tes komputer (tes excel, vlookup, logika if, hlookup dan tabel pivot

Anda akan menjalani tes dari pagi hingga sore yang akan ditutup dengan wawancara HR. Usahakan agar kondisi tubuh tetap baik sebelum mengikuti tes ini dan sarapan terlebih dahulu jika perlu membawa bekal selama tes ini.

Baca juga:

3. Wawancara HRD

Bocoran Lolos Seleksi Tes MT di DHL Supply Chain

Untuk tes wawancara HR Anda akan menghadapi 2 pewawancara secara langsung dan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa.

Pertanyaan tentang memperkenalkan diri Anda, kepribadian Anda, pengalaman apa yang Anda terima, motivasi untuk bekerja di DHL, bidang minat dan banyak lagi.

Jadi persiapkan bahasa inggris anda sebelum menuju tahap ini karena untuk tahap DHL selanjutnya akan menggunakan bahasa inggris.

4. Tes LGD

Tahap ini akan menguji sepenuhnya di mana batas Anda karena untuk posisi ini Anda bisa mengatakan itu adalah jalur cepat bagi Anda untuk menjadi manajer langsung.

LGD hampir sama dengan FGD (Focus Group Discussion). Tes akan diadakan di kantor pusat DHL di Graha Intirub Cililitan. Semua peserta akan dibagi menjadi beberapa kelompok kecil dan akan dibagi ke dalam kasus yang berkaitan dengan rantai pasokan.

Coba pelajari kembali apa itu supply chain dan teori pendukung lainnya. Untuk tes LGD masih menggunakan bahasa Inggris.

Setiap kelompok akan mendapatkan kasus yang berbeda. Anda diminta untuk berdiskusi dengan peserta lain tentang permasalahan kasus tersebut.

Cobalah untuk tidak terburu-buru memberikan pendapat dan jangan pernah memaksakan pendapat Anda sendiri. Berikan tanggapan positif dan respon yang baik dengan peserta lain.

Setelah Anda selesai berdiskusi, selanjutnya adalah presentasi dari hasil yang Anda dapatkan. Masih sama dalam bahasa Inggris.

Pastikan bahwa semua peserta mengambil bagian dalam presentasi ini. Nanti akan ada tanya jawab dari peserta lain dan dari penguji.

Baca juga: Cara Lolos Tes FGD (Focus Group Discussion)

5. Wawancara Direktur SDM dan Direktur Pelaksana

Setelah tahap FGD ini akan dilanjutkan dengan wawancara dengan Direktur SDM dan wawancara dengan direktur utama. Semua peserta akan diwawancarai apakah lulus FGD atau tidak.

Persiapkan motivasi terbaik Anda di tahap ini. Ingat kembali soal psikotes dan formulir yang sudah Anda isi sebelumnya. Karena Anda akan ditanya lagi tentang alasan menjawab formulir tersebut.

Sisa pertanyaan hampir sama selama tes wawancara SDM.

6. Pemeriksaan Medis

Fase ini sama dengan tes kesehatan di perusahaan lain. Tahapannya adalah, tes sampel darah, tes sampel urin, rontgen, tes tekanan darah, tes fisik mata.

Usahakan untuk tidak begadang sebelum tes ini berlangsung. Dan perhatikan pola makan Anda sebelumnya. Jangan pernah meremehkan tes kesehatan ini meskipun merupakan tahap akhir dari tes fastreck DHL. Semoga sukses untuk kita semua. Amin.

Terima kasih. Semoga bisa lulus dan menjadi karyawan di tempat yang Anda inginkan. Sekian artikel tentang Bocoran Lolos Seleksi Tes di DHL Supply Chain, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!