Bocoran Lolos Seleksi Tes di Sinarmas PT SMART, Tbk

Bagaimana Bocoran Lolos Seleksi Tes di Sinarmas PT SMART, Tbk? Kali ini kita akan membahas tahapan apa saja yang akan Anda lalui untuk menjadi karyawan tetap di PT Smart.

Bocoran Lolos Seleksi Tes di Sinarmas PT SMART, Tbk

Tbk atau biasa disebut Sinarmas. Untuk lowongan kerja bisa dilihat di website resmi PT Smart Karir. Jangan sampai salah daftar.

Tahapan Seleksi Karyawan di Sinarmas PT SMART, Tbk

1. Tes Pengiriman Dokumen

Tahap ini hanya tahap pemilihan dokumen. Jadi Sinarmas ingin melihat sekilas kualifikasi Anda dari dokumen dan CV yang Anda berikan kepada tim HRD.

Nanti juga akan ada formulir pendaftaran yang harus kamu isi dengan lengkap untuk bisa lolos ke tahap selanjutnya.

2. Psikotes

Seperti psikotes pada umumnya, sebelum memulai tim HRD akan mempresentasikan company profile dan bagaimana budaya kerja di PT Smart.

Tes yang akan Anda lakukan antara lain: tes seri angka, matematika dasar, tes gambar, tes analogi, tes menjodohkan gambar, tes verbal dan tes psikologi.

Untuk psikotes PT Smart, pengumuman akan langsung kamu terima dan kamu bisa menunggu tahap tes selanjutnya.

Baca juga:

3. Tes Wawancara SDM

Ini adalah tes wawancara awal. Pertanyaan-pertanyaan tersebut masih seputar kehidupan pribadi mereka, seperti perkenalan diri, perkuliahan, pengalaman berorganisasi, motivasi kerja aktual, kelebihan dan kekurangan hingga pertanyaan tentang target rencana 5 tahun ke depan.

4. FGD (Focus Group Discussion)

Bocoran Lolos Seleksi Tes di Sinarmas PT SMART, Tbk

Dalam FGD ini, masing-masing kandidat akan dibagi menjadi beberapa kelompok dan diminta untuk memecahkan kasus yang biasa ditemui di kantor atau dalam kehidupan sehari-hari.

Masalahnya seperti masalah prioritas, jadi Anda akan diminta untuk mencari solusi terbaik yang bisa Anda pikirkan.

Yang paling penting adalah tidak mendominasi percakapan dan aktif tanpa merendahkan pendapat orang lain.

Baca juga: Cara Lolos Tes FGD (Focus Group Discussion)

5. Wawancara Manajer SDM

Untuk wawancara kali ini adalah yang paling menentukan. Anda akan diberikan contoh kasus dan memberikan solusi yang masuk akal dan menurut Anda adalah yang terbaik.

Contoh kasusnya terkait dengan pekerjaan di PT Smart, bahkan sampai kasus manajernya sendiri. Sebaiknya jangan terlalu percaya diri dan berlebihan saat menjawab pertanyaan studi kasus dari manajer PT Smart ini.

6. Wawancara User

Pada tahap ini manajer yang akan menggunakan jasa Anda secara langsung akan mewawancarai Anda. Dalam tes ini lebih ke bagian praktisi dan untuk mengungkapkan seperti apa keahlian Anda.

Sebaiknya pelajari dulu teori dan materi yang diajarkan selama kuliah dan coba pelajari lebih lanjut tentang PT Smart.

Sudah waktunya bagi saya untuk diwawancarai oleh user dengan wajah muram sebelumnya. Entah kenapa, setelah berjabat tangan dengan pewawancara, semua kegugupan saya hilang seketika (saya yakin itu karena pertolongan Tuhan).

Dan alhamdulillah saya bisa menjawab semua pertanyaan dari pewawancara dengan lancar tanpa hambatan. Bahkan, saya merasa seperti sedang berpresentasi kepada pewawancara dengan tenang dan hati-hati.

Ternyata bapaknya tidak seseram wajahnya, orangnya cukup ramah dan menyenangkan. Setelah presentasi, user memberi saya deskripsi pekerjaan jika saya diterima.

Dijelaskan dengan sangat detail dan banyak membahas tentang pengalaman saya di lapangan. Tak terasa waktu kami untuk ngobrol (interview) lebih dari 2 jam.

Dan setelah semua yang saya pikir cukup jelas, sang pewawancara menjanjikan saya sebuah wawancara dengan bosnya. Dan saya setuju, saya diberitahu oleh pewawancara bahwa ada calon lain selain saya.

Itu membuatku cukup minder hehehe, pewawancara memintaku menunggu selama 2 minggu sampai 1 bulan untuk panggilan selanjutnya.

Jika lebih dari 2 minggu belum menerima kabar apapun, pewawancara meminta saya untuk berasumsi bahwa saya tidak lulus. Cukup lega mendapat penjelasan seperti itu.

7. MCU (Pemeriksaan Medis) dan Tanda Kontrak

Untuk pemeriksaan MCU, seperti cek urine, cek darah, rontgen, tekanan darah, cek fisik dan lain-lain. Cobalah untuk tidak begadang dan perbaiki pola makan dan pola hidup sehat Anda mulai sekarang. Jika untuk tahap selanjutnya adalah tanda tangan kontrak dan seterusnya.

Semoga sukses untuk kita bersama dan ke puncak karir kita sesegera mungkin. Jangan lupa klik iklan di website ini untuk mendukung kami dalam memberikan konten yang bermanfaat lebih lanjut.

Terima kasih. Semoga bisa lulus dan menjadi karyawan di tempat yang Anda inginkan. Sekian artikel tentang Bocoran Lolos Seleksi Tes di Sinarmas PT SMART, Tbk, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!