Pekerjaan, Gaji dan Tugas Masinis

Bagaimaan Pekerjaan, Gaji dan Tugas Masinis? Ketika mendengar kata masinis pasti yang terbesit di pikiran kamu adalah kereta api. Tidak sembarang orang dapat menjalankan transportasi ini.

Untuk mengendarainya pasti dibutuhkan keterampilan dan keahlian yang khusus.  Pernahkah kamu berpikir seperti apakah pekerjaan dari seorang masinis itu? Yuk simak lebih dalam lagi mengenai sosok yang satu ini.

A. Apa Yang Dimaksud Masinis?

 1. Mengenal Profesi Masinis

Kata masinis berasal dari Bahasa Belanda yaitu machinist yang memiliki arti juru mesin. Disebut dengan juru mesin karena pada awal pertama kali kereta ditemukan di dunia yang bertugas untuk menjalankan transportasi yang satu ini adalah juru mesin.

Secara umum, istilah masinis juga digunakan untuk orang orang yang menjalankan atau yang menangani mesin mesin.

Masinis merupakan pegawai yang memiliki tugas untuk mengoperasikan kereta api. Selain itu, masinis juga memiliki peran sebagai pemimpin pada setiap perjalanan kereta api yang dikendarainya.

Sebagai awak perkeretaapian diharuskan memiliki kompetensi yang cakap untuk dapat mengoperasikan transportasi yang satu ini.

2. Sertifikasi Masinis

Sebuah sertifikat kecakapan awak pada sarana perkeretaapian yang sah dan masih berlaku serta diterbitkan badan hukum wajib dimiliki oleh seorang masinis.

Sertifikat ini biasanya berlaku selama empat tahun. Untuk dapat memperoleh sebuah sertifikat ini, kamu diharuskan lulus terlebih dahulu dari pendidikan pelatihan dan lulus uji kecakapan.

3. Jenis dan Klasifikasi Masinis

Masinis terbagi menjadi 3  jenis dan klasifikasi berdasarkan sertifikasi kecakapan awak yang dimiliki. Yang pertama yaitu awak sarana perkeretaapian muda.

Jenis dan klasifikasi ini masih tergolong asisten masinis. Kewenangan dari jenis klasifikasi yang satu ini adalah dan membantu masinis dalam mengoperasikan  sarana kereta api untuk langsiran.

Yang kedua adalah awak sarana perkeretaapian madya. Jenis klasifikasi masinis yang satu ini memiliki kewenangan untuk mengoperasikan sarana kereta api penumpang, kereta barang, langsiran, dan peralatan khusus.

Syarat yang harus dilalui untuk mendapatkan sertifikat jenis ini yaitu telah bertugas selama 4000 jam kerja sebagai awak sarana perkeretaapian muda.

Jenis dan klasifikasi masinis yang terakhir adalah awak sarana perkeretaapian utama. Kewenangan dari jenis masinis ini sama dengan klasifikasi madya.

Yang membuat berbeda adalah proses persyaratan ketika mendapatkan sertifikasi. Syaratnya adalah telah bertugas selama 8000 ribu jam. Setelah itu, akan ada uji kecakapan sebagai awak sarana utama.

Jika kamu pikir pekerjaan, gaji dan tugas masinis itu mudah, maka kamu salah besar. Karena sesungguhnya pekerjaan ini cukup sulit.

Seorang masinis diharuskan menjalankan kereta dan mengantarkan barang maupun penumpang dalam jumlah banyak dengan aman. Tak hanya itu, tanggung jawab dan peraturan perusahaan untuk masinis juga ketat.

B. Apakah Tugas Masinis?

Mengendarai kereta api mungkin kelihatannya mudah, akan tetapi hal itu tak seperti yang kamu bayangkan. Seseorang yang memiliki keahlian dan keterampilan khusus lah yang dapat mengendarai moda transportasi yang satu ini.

Pada masa awal munculnya kereta di dunia, transportasi ini dijalankan oleh seorang juru mesin.

Pada masa itu, tugas seorang masinis adalah menjaga api,  mengatur suhu tungku, mengisi air, dan sebagainya. Sekarang, dikarenakan teknologi transportasi semakin canggih dan berkembang, tugas dari pekerjaan ini tidaklah sesulit jaman dulu. Akan tetapi, tanggung jawab yang dipikul oleh seseorang yang berprofesi ini sama beratnya.

Tanggung jawab dari seorang masinis yaitu selalu memastikan baik penumpang, maupun petugas lain yang berada di kereta tetap aman.

Berperan aktif dalam pelayanan transportasi yang aman serta memastikan keandalan penumpang selama perjalanan juga merupakan tanggung jawab yang harus dilakukan oleh pengemudi transportasi ini.

Secara garis besar, masinis dapat dikatakan sebagai kepala perjalanan kereta api. Mengikuti dan mematuhi sinyal kereta api, mempercepat, memperlambat dan menghentikan kereta api merupakan tugas yang harus dilakukan oleh masinis selama perjalanan. Semua tugas yang dimiliki oleh pekerjaan ini harus dijalankan dengan baik supaya keselamatan dapat terjamin.

Masinis juga harus memastikan penumpang bisa turun dengan aman di tempat pemberhentian. Selain itu, pengemudi dari transportasi ini harus dapat mengatasi jika terjadi malfungsi maupun masalah yang terjadi pada kereta selama perjalanan.

Mengingat akan beratnya tanggung jawab yang dimiliki, pendidikan khusus diperlukan untuk mengisi profesi ini.

Sedangkan tugas pokok masinis menurut (PD 16A)  peraturan dinas tahun 2010 pasal 6 yaitu memimpin dan bertanggung jawab pada awak sarana kereta api.

Selain itu, masinis yang dibantu oleh asistennya juga harus mengerjakan laporan kereta api. Mengawasi pencabutan dan pemasangan serta selalu berkomunikasi dengan pengendali perjalanan juga harus dilakukan.

C. Syarat Menjadi Seorang Masinis

 Untuk menjadi seorang masinis, kamu diharuskan mengikuti pendidikan khusus maupun pelatihan. Kegiatan pendidikan masinis akan dilaksanakan di balai pelatihan teknik traksi oleh PT kereta api Indonesia.

Dasar kewiraan, kursus prajabatan, pengenalan lapangan, pelatihan teknis praktek lapangan, dan proses magang merupakan kurikulum pada pendidikan masinis.

Kegiatan pertama yang harus diikuti adalah melaksanakan kegiatan pelatihan. Hal tersebut dilakukan bertujuan untuk pembentukan kepribadian.

Aktivitas tersebut dikenal juga dengan istilah pendidikan dasar kewiraan (Diksarwira). Selama kurang lebih dua minggu calon pegawai PT KAI termasuk masinis akan melakukan serangkaian pelatihan semi militer.

Setelah mengikuti berbagai rangkaian tes dan pelatihan, calon masinis tidak langsung diangkat menjadi masinis. Akan tetapi, kamu diharuskan mengikuti pendidikan di balai pelatihan terlebih dahulu.

Ketika mengikut pendidikan masinis kamu akan diajarkan dasar teknik operasi selama kurang lebih satu bulan.

Saat belajar mengenai dasar teknik operasi, kamu akan melihat cara kerja dari masinis dan asistennya. Setelah itu, kamu harus menjadi asisten atau pembantu masinis terlebih dahulu sebelum diangkat menjadi masinis.

Pendengaran serta penglihatan yang sehat juga menjadi salah satu syarat untuk menjadi seorang pengemudi kereta api ini.

Baca juga: Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT KAI (Kereta Api Indonesia)

D. Berapa Gaji Seorang Masinis?

Masinis masih menjadi deretan sebagai pilihan favorit bagi pelamar di PT Kereta Api Indonesia dengan jumlah yang besar. Sejumlah ribuan pelamar bisa mendaftar sekaligus pada sekali event rekrut.

Mengingat banyaknya pelamar yang mendaftar, tidaknya dapat terpilih untuk menjadi masinis. Pelamar yang unggul dan berkualitas dalam segi akademik yang akan diterima.

Berdasarkan keterangan dari direktur utama PT KAI, gaji yang didapatkan dari seorang masinis dapat mencapai sebesar Rp 12 juta per bulan.

Tak heran jika banyak calon pelamar kerja yang memburu posisi pekerjaan ini. Selain gaji, masinis juga akan mendapatkan tunjangan istri dan tunjangan untuk dua anak yang mencapai maksimal 10 persen dari gaji pokok.

Pekerjaan, gaji dan tugas masinis serta kompensasi yang diberikan oleh perusahaan kepada masinis cukup menjanjikan dan dapat dibilang cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Terlebih, nominal yang tertera belum termasuk tunjangan umum yang lainnya. Terdapat pula tunjangan yang meliputi transportasi, kinerja tempat tinggal, hingga uang premi.

Itulah beberapa informasi mengenai seseorang yang sangat berjasa dalam membawa penumpang maupun barang dengan aman. Tiada pekerjaan yang memiliki tanggung jawab yang mudah.

Setiap pekerjaan pasti memiliki bebannya tersendiri. tergantung bagaimana cara kamu melakukannya, jika kamu melakukannya dengan ikhlas dan senang maka akan terasa mudah.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!