Bocoran Lolos Seleksi Tes ODP di PT Bina Artha Ventura

Bagaimana Bocoran Lolos Seleksi Tes ODP di PT Bina Artha Ventura? Kali ini kami akan mengulas pengalaman test ODP PT Bina Artha Ventura.

Bocoran Lolos Seleksi Tes ODP di PT Bina Artha Ventura

PT Bina Artha Ventura adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa permodalan mikro kepada masyarakat ekonomi bawah.

Jadi hampir mirip dengan bank konvensional lainnya tapi bukan bank. Untuk ODP adalah Officer Development Program yang merupakan program percepatan karir di PT Bina Artha Ventura. Berikut tahapan pengujian di PT BAV, yaitu:

Tahapan Seleksi Karyawan di PT Bina Artha Ventura

1. Pemilihan berkas

Sama seperti tes di perusahaan lain, untuk pertama kalinya ada tes seleksi file. Pastikan anda mengirim semua berkas yang sebelumnya menjadi persyaratan untuk lanjut ke tahapan selanjutnya.

2. Psikotes

Pada tahap ini, seluruh peserta diminta untuk mengisi formulir biodata pribadi calon pegawai seperti pendidikan, pengalaman kerja, biodata keluarga, motivasi kerja dan lain sebagainya.

Setelah itu, tim HRD dari PT BAV akan mempresentasikan company profile dan menjelaskan secara umum tentang bidang apa yang digeluti BAV.

Penjelasan tentang program ODP juga akan disampaikan oleh tim HRD. Penjelasan tentang sistem kontrak, sistem pinalti, ijazah yang akan ditahan selama masa training, benefit yang anda terima hingga proses training nanti selama bekerja di program ODP.

Untuk soal-soal pada tahap psikotes ini, seperti deret bilangan matematika, soal matematika dasar, soal cerita matematika, tes numerik, tes koran Kraeplin dan tes menggambar pola bentuk.

Secara keseluruhan, psikotes ini hampir sama dengan tahapan psikotes di perusahaan lain.

Baca juga:

3. FGD (Focus Group Discussion)

Seluruh peserta yang lolos langsung menghadapi tahapan selanjutnya yaitu tes FGD. Nanti kalian semua akan diberikan selembar kertas dan contoh kasus dalam kehidupan sehari-hari dan kalian memilih prioritas mana yang akan dikerjakan terlebih dahulu.

Setelah jawaban akhir diperoleh, setiap kelompok harus mempresentasikan jawaban masing-masing di depan kelompok lain dan tim penilai.

Berusahalah untuk aktif tetapi tidak saling menjatuhkan dan saling menguatkan pendapat yang diberikan oleh teman satu kelompok.

Baca juga: Cara Lolos Tes FGD (Focus Group Discussion)

4. Wawancara SDM

Setelah pengumuman tahap selanjutnya dari tes FGD adalah tahap tes wawancara HRD dan User. Sebelum masuk ke tahap ini, ada baiknya Anda mempelajari produk jasa apa saja yang ditawarkan PT BAV dan apa company profilenya serta menyiapkan motivasi kerja yang kuat sebagai alasan kuat Anda.

Pertanyaan dimulai dengan pengenalan pribadi, menceritakan tentang pengalaman Anda sendiri, pengalaman organisasi, pengalaman kerja, pencapaian apa yang telah Anda capai dan bagaimana Anda mencapainya.

Tim penilai lebih menyukai dan tertarik pada pengalaman organisasi, jadi jika Anda memang memiliki pengalaman organisasi sebelumnya, mungkin Anda dapat lebih menonjolkan bagian ini.

5. Wawancara User

Nanti akan diberikan contoh kasus mengenai permasalahan yang sering terjadi di PT BAV. Dan mereka meminta saran Anda tentang cara terbaik untuk menanganinya. Pertanyaan lain tentang kesiapan kerja jika Anda diterima di perusahaan ini.

6. Kontrak Kerja

Tahap terakhir adalah menawarkan manfaat dan menandatangani kontrak. Pada tahap ini Anda dapat melihat, mengajukan pertanyaan dan mempertimbangkan apakah Anda cocok untuk program ini atau tidak.

  • Masa pelatihan selama 3 bulan dengan gaji pokok Rp. 3.600.000,- (disesuaikan dengan UMR setiap kota)
  • Gaji pokok setelah masa pelatihan sekitar Rp. 4.500.000,- (disesuaikan kembali sesuai dengan kesepakatan)
  • Ada tunjangan berupa uang pulsa, sewa kendaraan (Selama Masa Diklat), perumahan, dan BPJS
  • Penempatan di pulau jawa atau sesuai daerah ujian anda
  • Ijasah ditahan selama 2 tahun ikatan dinas jika ditarik, dikenakan denda sebesar Rp. 30.000.000,-

Semua manfaat dan aturan akan dijelaskan lebih detail oleh tim HRD.

Terima kasih. Semoga bisa lulus dan menjadi karyawan di tempat yang Anda inginkan. Sekian artikel tentang Bocoran Lolos Seleksi Tes ODP di PT Bina Artha Ventura, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!