Prospek Kerja Jurusan Teknik Informatika

Bagaimana Prospek Kerja Jurusan Teknik Informatika? Sudah banyaknya jurusan pendidikan yang dibuka untuk mempelajari tentang dunia informatika adalah salah satu indikator banyaknya peluang pekerjaan ini nantinya.

Prospek Kerja Jurusan Teknik Informatika

Prospek Kerja untuk jurusan Informatika begitu menjanjikan ditengah pasar digital pada era ini. Berikut beberapa ulasan tentang Prospek Kerja Jurusan Teknik Informatika.

Prospek Kerja Jurusan Teknik Informatika

1. Software Engineer

Menjadi seorang Software Engineer adalah salah satu prospek kerja favorit para lulusan teknik informatika. Pekerjaan satu ini memang sangat berkaitan erat dengan mata kuliah dan pelajaran yang didapat saat menempuh pendidikan.

Sehingga menangani pekerjaan di bidang ini akan cukup mudah karena sudah dipelajari hampir setiap hari.

Karena hampir semua aktifitas manusia saat ini bertumpu pada dunia digital, bahkan disebutkan bahwa profesi satu ini akan berkembang jauh hingga 17% dalam kurun waktu 10 tahun mendatang.

Bagi kamu para lulusan teknik informatika sebaiknya jangan terlalu khawatir karena prospek pekerjaan yang menjanjikan akan menunggumu.

Salah satu tugas profesi ini adalah menjalankan  prinsip dasar pengolahan software . Sebagai contoh seperti design dan analisis teknik informatika juga matematik, meliputi pengembangannya, pengelolaannya, hingga menguji coba software pada komputer atau perangkat yang lain.

Beberapa jenis perangkat atau software yang dibuat oleh seorang software engineer cukup beragam. Sebagai contoh seperti sistem operasional suatu perangkat beserta jaringan penghubungnya (network distribution), kemudian mendesign perangkat untuk compiler yang mengubah suatu program untuk digunakan pada perangkat komputer.

2. IT Consultant

Secara garis besar, profesi sebagai konsultan IT ini menangani segala hal yang berkaitan dengan penerapan strategi teknologi informasi dibidang bisnis.

Mulai dari proses perencanaan, proses pelaksanaan di lapang, hingga proses evaluasi. Secara khusus, konsultan IT  adalah seorang spesialis yang berfokus pada proses pengolahan teknologi informasi dalam bisnis.

Profesi satu ini merupakan salah satu pekerjaan yang cukup menantang bagi para lulusan tekhnik informatika. Dikatakan menantang karena profesi ini nantinya akan berhubungan dengan klien atau customer yang ingin diberikan solusi berkaitan dengan dunia digital. Klien yang menggunakan jasa konsultan IT seperti ini biasanya dari kalangan pebisnis.

Tetapi walaupun terkesan menantang, pekerjaan satu ini bisa sangat menarik. Bermain dalam pola analisis yang baik untuk menemukan solusi yang efektif dari permasalahan klien akan membuat intuisimu akan semakin tajam bila terus diolah.

Bertemu banyak orang tentu akan membuatmu dapat menjalin banyak relasi bisnis yang akan menguntungkan di kemudian hari.

3. Web Developer

Profesi rekomendasi berikutnya adalah web developer. Pekerjaan satu ini akan berkaitan erat dengan pendidikan informatika yang kamu pelajari dibangku kuliah.

Beberapa pengetahuan dan ilmu yang wajib kamu punyai dan pahami untuk terjun ke profesi ini adalah tentang HMTL/XHMTL, CSS, dan JavaScript.

Selain itu beberapa skill lainnya yang harus kamu pelajari adalah penguasaan terhadap arsitektur server, proses pemrograman dalam framework contohnya seperti Ruby, PHP,Perl, Python, Go, dan Java.

Tentu saja penguasaan terhadap materi tersebut tidak akan terlalu sulit karena sudah dipelajari sahari hari pada saat pendidikan.

Bisa dikatakan bahwa web developer adalah pakar atau spesialis dalam hal proses pengembangan aplikasi world wide web, atau bisa juga aplikasi yang digunakan pada HTTP dari salah satu web server.

Profesi ini bisa berjenis pekerjaan paruh waktu (partime) atau pekerjaan tetap (fulltime) tergantung pada perusahaan yang menaunginya.

4. Mobile Application Developer

Prospek Kerja Jurusan Teknik Informatika

Banyaknya penggunaan gadget khususnya handphone saat ini membuat profesi satu ini juga cukup berkembang. Mobile Application Developer banyak ditugaskan dalam proses pembuatan aplikasi yang digunakan untuk smartphone.

Mulai dari proses pembuatan, uji coba sampai proses pemrogramannya.

Beberapa sistem aplikasi yang sudah dikerjakan oleh Mobile Application Developer ini antara lain seperti iOS, Android, dan Windows Phone.

Oleh karena itu, bila kamu bekerja pada bidang ini, otomatis kamu akan menanungi berbagai macam profesi lainnya yang berkaitan seperti Android Developer dan iOS Developer.

Bahasa pemrograman yang cukup banyak dan beragam menuntut profesi satu ini mempunyai skill khusus dibidangnya. Bahasa pemrograman pun juga berbeda untuk setiap jenis gadget misalnya pada android menggunakan Java, IOS menggunakan Objective-C dan Windows Phone menggunakan C#.

Beberapa ilmu dan pengetahuan yang harus kamu pelajari dan pahami bila ingin bergelut dalam bidang satu ini antara lain seperti berbagai macam bahasa pemrograman dan proses pengembangan berbagai perangkat lunak atau software development environment.  Tetapi hal ini juga akan berbeda seiring dengan platform yang kamu pilih nantinya.

5. Game Developer

Bagi kamu yang suka bermain game, kamu bisa mencoba profesi satu ini. Tak hanya menjadikan game sebagai hobby saja, tetapi game juga bisa kamu jadikan sebuah pekerjaan.

Game Developer pada dasarnya adalah pembuat atau perancang game komputer atau lainnya mulai dari memikirkan konsep hingga pengaplikasiannya.

Beberapa hal yang menjadi tanggung jawab profesi satu ini adalah mulai dari membuat alur cerita game (storyline) berikut tentang informasi mendalam tiap karakternya.

Kemudian meriview design yang telah dibuat, menjalankan uji coba design game tersebut, lalu membuat sebuah prototipe yang akan digunakan oleh staf dan bagian manajemen perusahaan.

Kemudian profesi ini juga bertugas itu membuat sebuah dokumentasi terkait semua proses mendesign video game tersebut. Untuk kamu yang ingin masuk ke dalam bidang ini maka hal yang awajib kamu pelajari adalah penguasaan bahasa pemrograman yang baik seperti C++, Visual Basic, Java, dan MEL yang sering digunakan untuk memproduksi berbagai game.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji, Fungsi dan Tugas Social Media Specialist

6. System Analyst

Profesi satu ini tergolong banyak dibutuhkan oleh banyak perusahaan dan organisasi. System Analyst adalah seorang yang bertanggungjawab untuk melakukan analisis dengan menggunakan sistem khusus.

Mulai dari proses memodifikasi sampai mengoptimalkan pemakaian sistem yang digunakan.

Sistem yang dikerjakan ini nantinya akan berintegrasi dengan fitur pendukung lainnya sehingga pekerjaan yang dilakukan akan lebih efisien dan lebih produktif.

Seorang System Analyst juga sering terjun langsung dalam proyek yang membutuhkan analisa khusus terkait model bisnis dan kebutuhan sistem digital.

Salah satu profesi yang mempunyai peluang karir yang besar ini juga menuntut kamu untuk dapat melakukan percobaan terkait pengembangan produk perusahaan.

Kemudian dapat mengaplikasinnya, mengatur dengan baik cara kerjanya, melakukan uji coba hingga membuat solusi bila terdapat kendala dalam sistem sewaktu waktu.

7. Data Scientist

Prospek Kerja Jurusan Teknik Informatika

Profesi satu ini bisa dibilang seperti ilmuwan science hanya saja ranah yang diteliti adalah digital. Melakukan proses pengolahan dan mengubah sebuah data mentah menjadi sebuah informasi yang berharga.

Proses pengolahan data mentah ini biasanya akan cukup rumit menggunakan sistem machine learning atau bahkan algoritma.

Prospek Kerja Jurusan Teknik Informatika satu ini biasanya sangat dibutuhkan di banyak sektor industri, seperti pendidikan, keuangan, teknologi informasi, ritel, e-commerce atau bahkan untuk kebutuhan riset ilmiah.

Data yang diolah oleh ilmuwan satu ini akan berguna bagi perusahaan untuk membuat perencanaan bisnisnya dan mengevaluasi ulang produknya.

Tak hanya kalangan generasi muda, para generasi sebelumnya juga banyak yang menggeluti bidang digital ini. tak hanya karena tuntutan jaman yang berubah, tetapi dunia informatika ini memang begitu menjanjikan.

Bagi kamu yang ingin dan sedang menjalankan pendidikan di bidang satu ini, informasi diatas akan membantu pandanganmu akan masa depan nantinya.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!