10+ Prospek Kerja Administrasi Negara

Bagaimana Prospek Kerja Administrasi Negara? Jurusan ini adalah jurusan yang mempelajari terkait kepemerintahan.

Prospek Kerja Administrasi Negara

Jurusan satu ini memang tidak terlalu popoler, tetapi peminatnya setiap tahun tidak pernah menurun. Selain program studinya yang menarik, untuk prospek kerja administrasi negara ini juga cukup menjanjikan, karena akan masuk pada sektor sektor penting di pemerintahan, Baik pemerintahan pusat maupun daerah.

Sebelum masuk ke penjelasan Prospek Kerja Administrasi Negara, simak penjelasan singkat mengenai jurusan administrasi negara.

Tentang Jurusan Administrasi Negara

Bila kamu menempuh pendidikan di jurusan ini, maka akan mempelajari segala hal terkait proses organisasi maupun perseorangan di bidang penerapan hukum yang dibuat oleh badan eksekutif, legislatif dan yudikatif.

Program pendidikan ilmu administrasi negara ini akan difokuskan pada jalannya proses kebijakan tersebut nantinya dijalankan.

Sesuai nama jurusannya yaitu ilmu administrasi, tentunya tidak akan lepas dari pengolahan data. Selain meningkatkan pemahaman teori terkait pemerintahan, siswa jurusan ini juga akan diajarkan banyak tekhnologi yang berkaitan dengan administrasi negara nantinya.

Seperti tekhnologi komunikasi, penelitian, menganalisa, mencari solusi sampai pelaksanaan kebijakan.

Prospek Kerja Jurusan Administrasi Negara

Jurusan administrasi negara mempelajari tentang pendataan dan kebutuhan administrasi.

Materi yang difokuskan dalam jurusan ini adalah berkaitan dengan tiga elemen penting dalam kehidupan bernegara, yaitu bagian legislatif, eksekutif, dan yudikatif.

1. Aparat Pemerintahan

Administrasi negara kerja apa? Menjadi seorang aparat pemerintahan adalah pekerjaan yang banyak diambil oleh para lulusan jurusan ini. Prospek Kerja Administrasi Negara menjadi Aparat pemerintahan cukup menjanjikan.

Sesuai dengan program studi yang dipelajari selama perkuliahan, profesi ini akan bergelut tentang administrasi dalam roda pemerintahan dan negara.

Baik ditempatkan pada pemerintahan pusat maupun pemerintahan daerah.

Tanggung jawab dari pekerjaan satu ini adalah seperti membuat perencanaan dan menetapkan kebijakan pemerintah, mengawasi dan mengatur pelaksanaan pemerintah dengan baik, hingga memikirkan solusi terkait jalannya pemerintahan yang berkenaan dengan permasalahan rakyat.

Pekerjaan yang tidak bisa dibilang mudah ini membuat profesi ini harus mempunyai daya analisis tinggi.

2. Asisten Peneliti

Prospek Kerja Administrasi Negara Asisten Peneliti

Administrasi negara kerja apa? Prospek Kerja Administrasi Negara kedua yaitu sebagai asisten peneliti.

Untuk memecahkan masalah yang terjadi di dalam dunia pemerintahan tentu membutuhkan sebuah solusi yang tepat dan efisien.

Sebelum membuat atau menyarankan solusi yang akan digunakan nantinya, seorang peneliti di bidang ilmu administrasi tentunya akan melakukan analis mendalam terkait akar permasalahnnya terlebih dahulu.

Sehingga solusi yang ditawarkan nantinya akan tepat sasaran. Oleh karena itu, profesi sebagai peneliti ilmu administrasi ini begitu penting dalam menentukan kebijakan pemerintahan yang akan dikeluarkan.

Pekerjaan satu ini akan menuntutmu untuk punya daya analisis yang baik dan mumpuni dalam membaca sebuah kasus di masyarakat.

Untuk tingkat riset dan penelitian yang akan dilakukan biasanya akan dalam skala yang besar. Meliputi kepemerintahan tinggat daerah sampai tingkat pusat.

Agar hasil penelitian yang dihasilkan dapat benar benar dipertanggungjawabkan. Para peneliti ini tentu akan membutuhkan banyak sekali asisten peneliti di bidang administrasi negara.

3.  Anggota Legislatif

Administrasi negara kerja apa? Prospek Kerja Administrasi Negara selanjutnya yaitu anggota legislatif.

Menjadi yang berwenang membuat sebuah kebijakan tentunya bukan perkara mudah. Karena dibalik keputusan yang besar juga ada tanggung jawab yang besar pula dibelakangnya.

Oleh karena itu, orang yang terpilih untuk menjadi anggota legislatif haruslah punya latar belakang pendidikan yang mumpuni, salah satunya terkait dengan ilmu administrasi negara.

Sejalan dengan salah satu program studi yang dipelajari saat di bangku kuliah, profesi satu ini juga akan berkutat dengan strategi khusus dalam membentuk pemerintahan yang baik.

Pemerintahan yang baik dan efisien demi membangun bangsa yang sejahtera. Karena bila pemegang keputusan adalah seorang bijak dan berwawasan luas maka pembangunan akan berjalan lancar.

Profesi satu ini bisa menjadi rekomendasi bagi para lulusan terbaik ilmu administrasi negara. Baik menjadi bagian dari staff legislatif ataupun menjadi anggota legislatif itu sendiri.

Bila kamu berminat pada profesi satu ini, kamu juga bisa mulai berlajar berorganisasi sejak di bangku perkuliahan. Pengalaman berorganisi yang baik juga akan menunjang karir kedepanmu.

4. Anggota Partai Politik

Prospek Kerja Administrasi Negara Anggota Partai Politik

Administrasi negara kerja apa? Anggota partai politik merupakan salah satu Prospek Kerja Administrasi Negara.

Peran sebuah partai politik dalam menjalankan roda pemerintahan memang cukup besar. Sebuah partai politik bisa menjadi wadah tempat menampung dan menyalurkan aspirasi rakyat.

Besarnya peran organisasi ini tentunya akan menuntut anggota yang berada di dalamnya untuk mempunyai kemampuan yang mumpuni di bidangnya.

Salah satunya adalah ilmu terkait administrasi negara. Bertugas dan terlibat aktif dalam pewujudan visi dan misi Bangsa adalah tanggung jawab anggota partai politik.

Ilmu yang wajib dipamahi oleh enggota partai politik ini bisa menjadi peluang besar bagi kamu lulusan jurusan satu ini untuk berkarir di bidang ini.

Selain pemahaman dan nilai yang baik saat kuliah, kamu juga harus mempunyai pengalaman dalam berorganisasi tentunya.

Mengasah kemampuan public speaking hingga pengetahuan dasar terkait dunia politik tentu bisa kamu pelajari saat berorganisai. Banyak tokoh dalam pemerintahan juga yang memulai karirnya dari anggota partai politik lho.

Baca juga: 10+ Prospek Kerja Administrasi Bisnis Menjanjikan

5. Aktivis Lembaga Swadaya Masyarakat

Administrasi negara kerja apa? Prospek Kerja Administrasi Negara selanjutnya yaitu aktivis lembaga swadaya masyarakat.

Berkecimpung dalam dunia sosial, membantu masyarakat luas dalam beberapa bidang tertentu adalah tugas seorang anggota Lembaga Swadaya Masyarakat.

Membantu dan berperan dalam pembangunan masyarakat dan memiliki jiwa sosial yang tinggi, merupakan salah syarat menjalani profesi satu ini. Sudah banyak LSM besar di Indonesia saat ini yang sangat berkembang.

Banyak bidang yang digeluti LSM, antara lain tentang lingkungan, politik, hukum, dan masih banyak lainnya. Pemahaman dana ilmu administrasi pemerintah juga bisa membuat jalanmu berkarir di LSM ini terbuka lebar.

Selain itu, mengasah kepekaan terhadap issue sosial terkini yang terjadi juga perlu kamu tanamkan sejak dini.

6. Jurnalis

Prospek Kerja Administrasi Negara Jurnalis

Administrasi negara kerja apa? Prospek Kerja Administrasi Negara rekomendasi selanjutnya dalah menjadi wartawan atau jurnalis. Seorang jurnalis yang mempunyai spesialiasi khusus meliput berita politik dan pemerintahan misalnya, tentunya juga harus menguasai dan memahami dunia yang sedang digelutinya.

Lulusan dari jurusan ilmu administrasi negara bisa menjadi salah satu kandidatnya.

Kemampuan dalam mengolah infromasi diiringi dengan kepekaan terhadap hal yang terjadi disekitarnya menjadi penilaian penunjang selain memahami teori.

Banyaknya pelatihan analisis selama masa kuliah yang berupa diskusi menjadi salah satu faktor banyak lulusan dari jurusan satu ini yang memilih menjadi jurnalis. Karena sudah terbiasa dengan analisa sejak dini.

Baca juga: Jurusan Yang Prospek Kerjanya Bagus Untuk Wanita

7. Konsultan

Administrasi negara kerja apa? Prospek Kerja Administrasi Negara ketujuh adalah menjadi seorang konsultan. Konsultan satu ini akan lebih fokus pada ranah pemerintahan.

Konsultan pemerintahan yang baik akan membantu untuk memberikan solusi terkait hambatan hambatan yang terjadi selama roda pemerintahan berlangsung. Sehingga profesi satu ini mempunyai banyak peluang bila kamu ingin berkarir.

Tak hanya saat permasalahan di pemerintahan yang terjadi, seorang konsultan biasanya akan cukup cakap menangani beberapa hal sebelum terjadi.

Menganalisis banyak kemungkinan yang akan terjadi sehingga meminimalisir dampak yang akan timbul terkait kebijakan pemerintah. Pendapat seorang konsultan pemerintahan ini biasanya cukup didengar.

Prospek kerja administrasi negara satu ini memang menantang. Karena dibutuhkan banyak pemahaman banyak hal yang terkait dengan ilmu pemerintahan.

Mempunyai daya analisis yang kuat dan pintar membaca arah perkembangan politik dan masyarakat. Dan tak jarang juga demi hasil analisis yang baik maka seorang konsultan bisa terjun langsung ke lapangan untuk melakukan riset.

Berbagai jurusan pendidikan di perguruan tinggi saat ini memang cukup banyak dan beragam. Jurusan ini menawarkan program belajar dan Prospek Kerja Administrasi Negara kedepannya dengan baik.

Bagi kamu yang sedang menempuh pendidikan dan akan melanjutkan pendidikan di Universitas, Informasi diatas akan berguna untuk referensimu memilih peminatan jurusan.

8. Dosen

Prospek Kerja Administrasi Negara Dosen

Administrasi negara kerja apa? Prospek Kerja Administrasi Negara selanjutnya yaitu Dosen. Jika Anda lebih tertarik dengan dunia pendidikan, Anda juga bisa menjadi seorang dosen.

Saat ini, jurusan administrasi negara semakin banyak dibuka di berbagai kampus dan tentunya akan membutuhkan tenaga ahli yang kompeten dalam bidang tersebut sebagai pengajar.

Setelah lulus sarjana, Anda bisa melanjutkan studi S2 untuk mendapat gelar master dan bekerja sebagai dosen.

Sebagai dosen, Anda bisa mendapat gaji mulai dari Rp 4 juta hingga belasan juta tergantung pengalaman Anda.

9. Staf Perencanaan dan Evaluasi

Administrasi negara kerja apa? Staf perencanaan dan evaluasi adalah salah satu posisi kerja dalam bidang administrasi negara. Prospek Kerja Administrasi Negara yang satu ini cukup menjanjikan.

Staf perencanaan dan evaluasi bertugas membantu organisasi atau instansi dalam menyusun rencana strategis dan mengidentifikasi sasaran dan target yang ingin dicapai.

Mereka juga bertanggung jawab dalam mengumpulkan dan menganalisis data serta mengevaluasi keberhasilan pelaksanaan rencana tersebut.

Staf perencanaan dan evaluasi biasanya bekerja di sektor publik, seperti pemerintah daerah atau pusat, lembaga pemerintahan, atau instansi lainnya.

Namun, beberapa perusahaan swasta juga membutuhkan jasa staf perencanaan dan evaluasi untuk membantu mengelola dan mengembangkan bisnisnya.

Sebagai staf perencanaan dan evaluasi, seseorang harus memiliki kemampuan analitis yang baik, mampu bekerja sama dalam tim, serta memiliki pengetahuan tentang teknik perencanaan dan evaluasi yang baik dan benar.

Posisi ini juga membutuhkan seseorang yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik, agar dapat menjelaskan hasil analisis dan evaluasi yang telah dilakukannya kepada rekan kerja atau pihak-pihak terkait lainnya.

10. Kepala Bagian/Seksi

Prospek Kerja Administrasi Negara Kepala Bagian/Seksi

Administrasi negara kerja apa? Prospek Kerja Administrasi Negara selanjutnya yaitu kepala bagian atau seksi.

Kepala bagian/seksi adalah posisi kerja di tingkat menengah dalam suatu organisasi atau instansi. Kepala bagian/seksi bertanggung jawab dalam mengelola dan mengembangkan sebuah bagian atau seksi dalam organisasi atau instansi tempat mereka bekerja.

Mereka juga bertugas untuk mencapai sasaran dan target yang telah ditetapkan oleh organisasi atau instansi tersebut.

Sebagai kepala bagian/seksi, seseorang harus memiliki kemampuan kepemimpinan yang baik, mampu bekerja sama dalam tim, serta memiliki pengetahuan dan pengalaman di bidang yang relevan.

Kepala bagian/seksi juga harus memiliki kemampuan analitis yang baik, agar dapat mengambil keputusan yang tepat dalam mengelola dan mengembangkan bagian atau seksi yang dikepalainya.

Kepala bagian/seksi biasanya bekerja di sektor publik, seperti pemerintah daerah atau pusat, lembaga pemerintahan, atau instansi lainnya.

Namun, beberapa perusahaan swasta juga membutuhkan kepala bagian/seksi untuk mengelola dan mengembangkan bagian-bagian di perusahaan tersebut.

Prospek Kerja Administrasi Negara sebagai kepala bagian/seksi juga memiliki peluang yang baik, karena seseorang dapat naik jabatan menjadi kepala seksi atau bahkan direktur di perusahaan tempat mereka bekerja.

11. Sekretaris

Administrasi negara kerja apa? Prospek Kerja Administrasi Negara terakhir yaitu sekertaris.

Sekretaris adalah salah satu posisi kerja dalam bidang administrasi. Sekretaris bertugas melakukan pekerjaan-pekerjaan administratif, seperti mengatur jadwal, mengatur dokumen, mengatur pembayaran, dan lain sebagainya.

Sekretaris juga bertanggung jawab dalam menjaga hubungan baik dengan rekan kerja dan klien, serta membantu menyelesaikan masalah-masalah administratif yang dihadapi oleh organisasi atau instansi tempat mereka bekerja.

Sebagai sekretaris, seseorang harus memiliki kemampuan organisasi yang baik, komunikasi yang baik, serta memiliki kemampuan menggunakan komputer dan perangkat lunak administrasi yang umum digunakan.

Posisi ini juga membutuhkan seseorang yang dapat bekerja sama dalam tim, serta memiliki kemampuan multitasking untuk menyelesaikan banyak pekerjaan sekaligus.

Sekretaris biasanya bekerja di perusahaan, organisasi nirlaba, atau instansi pemerintah. Ada banyak jenis sekretaris, seperti sekretaris direksi, sekretaris kantor, sekretaris eksekutif, dan lain sebagainya.

Prospek Kerja Administrasi Negara ini juga memiliki peluang karier yang baik, karena sekretaris dapat naik jabatan menjadi kepala bagian atau bahkan direktur di perusahaan tempat mereka bekerja.

Jadi, Administrasi Negara Kerja Apa?

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa prospek kerja administrasi negara sangat bervariasi, tergantung pada jenjang pendidikan, keahlian, dan pengalaman yang dimiliki seseorang.

Beberapa contoh prospek kerja dalam bidang administrasi negara antara lain sekretaris, kepala bagian/seksi, asisten administrasi, administrator sistem informasi, konsultan manajemen, dan lain-lain. Selain itu, banyak juga prospek kerja di sektor swasta, seperti perusahaan konsulting, manajemen, keuangan, dan lain-lain.

Dengan menguasai bidang administrasi negara, seseorang dapat membuka peluang kerja yang lebih luas dan mengembangkan kariernya di berbagai bidang.

Selain itu, banyak juga prospek kerja di sektor swasta, seperti perusahaan konsulting, manajemen, keuangan, dan lain-lain.

Dengan menguasai bidang administrasi negara, seseorang dapat membuka peluang kerja yang lebih luas dan mengembangkan kariernya di berbagai bidang.

Sekian artikel berjudul 10+ Prospek Kerja Administrasi Negara, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!