Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT Taspen (Persero)

Bagaimana Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT Taspen (Persero)? Taspen sendiri merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Indonesia yang bergerak di bidang pelayanan dana pensiun PNS dan tabungan kerja di hari tua. Kali ini, kami akan mengulas pengalaman seleksi ujian dari Taspen.

Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT Taspen (Persero)

Lowongan tersebut tercantum di situs web karir Taspen. Akan ada beberapa pernyataan yang dapat Anda unduh melalui website.

Isi dan kirim kembali beserta berkas pelengkap lainnya, usahakan lengkapi semua berkas yang diminta karena persaingan sangat ketat.

Tahapan Seleksi Karyawan di PT Taspen (Persero)

1. Seleksi Administrasi

Pada tahap ini Anda akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran diri sebagai calon karyawan. Isi form berupa data diri untuk pengalaman kerja dan motivasi kerja kenapa ingin bekerja di PT Buma ini.

Usahakan untuk mengisi data file dengan lengkap seperti yang diminta. Pada tahap ini Anda telah melalui tahapan pengumpulan seleksi file dokumen.

2. Tes Pengetahuan Umum

Pada saat seleksi, biasanya Anda diharuskan memakai dan membawa berbagai perlengkapan pendukung seperti: kemeja putih polos lengan panjang, celana kain hitam, alat tulis dan kartu ujian nomor urut Anda yang dapat dicetak melalui website. Kartu ujian ini sangat penting dan tidak boleh dilupakan.

Untuk pengetahuan umum, kita akan lebih banyak membahas tentang ilmu di dunia perbankan. Bagi Anda yang lulusan perbankan, akan mudah untuk lulus tes ini.

Sedangkan bagi Anda yang lulusan luar perbankan, coba pelajari dulu pengetahuan umum di dunia perbankan. Pelajari juga tentang perusahaan Taspen ini karena akan ada beberapa pertanyaan tentang perusahaan BUMN Taspen ini.

3. Test Bahasa Inggris

Untuk soal bahasa Inggris, hampir sama dengan tes TOEFL di beberapa perusahaan lain. Tes ini terbilang singkat dan jika sudah selesai kamu bisa pulang untuk menunggu pengumuman selanjutnya.

4. Tes Akademik Taspen

Tahap selanjutnya di Taspen adalah soal ujian akademik. Permasalahan tersebut adalah sinonim, antonim, padanan kata, dan analisis kalimat. Tes lain seperti seri angka matematika dan tes masalah matematika dasar.

5. Tes Psikologi

Untuk tes psikologi, tes ini meliputi tes analisis gambar, menggambar warteg, menggambar pohon dan manusia, serta tes kepribadian diri dimana tidak ada jawaban benar atau salah.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan ini sesuai dengan kondisi Anda saat ini dan secara spontan. Tes selanjutnya adalah tes koran atau kreplin dan pauli. Dibutuhkan ketekunan dan kesabaran dalam ujian ini.

Baca juga:

6. Wawancara HRD

Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT Taspen (Persero)

Usai psikotes, seluruh kandidat akan diwawancarai oleh tim HRD dari Taspen. Psikolog ini akan meninjau semua jawaban Anda di tes psikologi sebelumnya dan menanyakan kebenaran jawaban Anda. Untuk pertanyaan dasar tentang kepribadian diri dan pengalaman diri.

7. Wawancara User

Tes selanjutnya adalah wawancara user. Anda akan diwawancarai oleh 2 pejabat senior dari Taspen. Untuk pertanyaan tentang pengalaman diri dan menceritakan tentang diri Anda dan apa yang sedang Anda sibukkan saat ini?

Mengapa Anda ingin bekerja di Taspen? apa gaji yang kamu inginkan? Untuk gaji, coba cari tahu dulu gaji rata-rata di BUMN Taspen ini.

Usahakan jangan menjawab secara nominal tapi jawablah dengan kisaran gaji yang Anda harapkan seperti: “Rp 4 juta sampai Rp 6 juta” untuk gaji awal.

Belajar kembali tentang taspen dan pendalaman pengetahuan perbankan juga akan bermanfaat bagi Anda sebelum memasuki wawancara user ini.

Baca juga: Contoh Jawaban Kelemahan Diri Dalam Wawancara dan Tipsnya

8. Pemeriksaan medis

Ini adalah tahap terakhir sebelum menandatangani kontrak dan menawarkan manfaat. Tes kesehatan tersebut akan dilakukan di laboratorium kesehatan yang telah ditunjuk oleh Taspen.

Tesnya seperti cek kesehatan seperti biasa. Usahakan puasa 12 jam sebelum tes dimulai, banyak minum air putih, tidak begadang dan juga tidak merokok.

Jika Anda sudah tahu sebelumnya untuk tes kesehatan ini, maka ada peluang untuk memperbaiki pola makan Anda.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!