Bocoran Lolos Seleksi Tes MT di PT Jasa Marga (Persero) Tbk

Bagaimana Bocoran Lolos Seleksi Tes MT di PT Jasa Marga (Persero) Tbk? Seperti kita ketahui PT Jasa Marga merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang penyelenggaraan penggunaan jasa jalan tol di Indonesia.

Bocoran Lolos Seleksi Tes MT di PT Jasa Marga (Persero) Tbk

Menuntut perkembangan zaman di Indonesia membuat PT Jasa Marga juga sering melakukan tes rekrutmen calon karyawan pada job fair dan tes online melalui website resminya.

Berikut tahapan tips pengalaman test MT PT Jasa Marga dari tahap pertama hingga tahap akhir yang harus anda lewati jika ingin menjadi bagian dari PT Jasa Marga :

Tahapan Seleksi Karyawan di PT Jasa Marga (Persero) Tbk

1. Pendaftaran Online

Biasanya PT Jasa Marga membuka lowongan pekerjaan melalui website resminya. Dan dari sana Anda dapat mendaftar untuk posisi MT atau Management trainee.

Usahakan untuk melengkapi semua dokumen yang dibutuhkan agar peluang Anda untuk dipanggil ke tahap selanjutnya lebih besar.

Seleksi online akan diumumkan beberapa hari kemudian.

Anda dapat mengikuti tes online ini di mana saja selama Anda dapat mengakses komputer dan memiliki internet yang stabil. Jadwal akan diumumkan dan Anda diharuskan online pada waktu yang ditentukan.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji, dan Tugas Management Trainee

2. Tes Online

Tes online PT Jasa Marga dibagi menjadi 2 tahap, yaitu:

  1. Tes kemampuan berpikir, terdiri dari matematika dasar, tes verbal dan menjodohkan gambar.
  2. Tes TOEFL/IELTS

Baca juga:

3. Confirmatory Test

Untuk tes kali ini konsep soalnya hampir sama dengan tes online, namun untuk soal lebih banyak dengan waktu yang lebih singkat.

Anda diharapkan lebih teliti dan detail dalam prosesnya dan jangan sampai salah dalam mengisinya.

Akan ada 5 subtes yang akan diujikan pada tahap ini. Seperti rangkaian angka matematika, contoh soal matematika dasar, soal kosakata bahasa, TOEFL Bahasa Inggris dan tes verbal lainnya.

Setelah tes, Anda akan diminta untuk melakukan presentasi untuk menceritakan tentang diri Anda di depan tim HRD.

4. Wawancara Psikotes dan Psikolog

Pada psikotes kali ini, tim HRD akan memaparkan sedikit tentang PT Jasa Marga mengenai company profile, produk yang ditawarkan hingga benefit yang diberikan jika bisa memenuhi syarat sebagai karyawan di perusahaan BUMN ini.

Jangan lupa HRD juga akan mempresentasikan program MT dan bagaimana proses Anda selanjutnya setelah itu.

Soalnya seperti tes psikologi di perusahaan lain dan menurut kami hampir sama dengan tes sebelumnya. Bedanya ada tes kepribadian diri dimana tidak ada jawaban benar atau salah dan ada juga tes koran dan tes menggambar manusia dan pohon.

Di akhir sesi, akan ada wawancara psikolog bagi calon peserta yang lolos tahap seleksi psikotes. Wawancara pertanyaan tentang pengenalan pribadi Anda dan pengalaman Anda sejauh ini.

5. FGD (Focus Group Discussion)

Sebelum tes, ada beberapa lembar yang perlu Anda isi mengenai data pribadi dan opini tentang karir jangka panjang Anda di masa depan jika bergabung dengan PT Jasa Marga.

Seluruh peserta akan dibagi menjadi beberapa kelompok dimana 1 kelompok terdiri dari 6 sampai 8 peserta.

Anda akan diberikan beberapa lembar soal cerita dan lembar jawaban kemudian Anda akan diberikan waktu untuk menjawab pertanyaan pada lembar jawaban yang akan didiskusikan dengan kelompok Anda untuk mendapatkan kesepakatan hasil.

Masalah tersebut terdiri dari masalah prioritas dalam masalah perbankan atau masalah di dunia kerja. Tidak ada jawaban benar atau salah dan semua jawaban murni dari sudut pandang kami bagaimana menemukan solusi terbaik.

Cobalah untuk tetap aktif tetapi jangan merendahkan orang lain dalam pertengkaran.

Baca juga: Cara Lolos Tes FGD (Focus Group Discussion)

6. Wawancara dengan Manajemen

Sebelum tes berlangsung Anda akan menerima pertanyaan dan diminta untuk membuat esai dan presentasi singkat tentang jawabannya. Soal akan berbeda untuk setiap peserta dan akan dikirimkan melalui email jika lolos tahap sebelumnya.

Setelah Anda mengirimkan esai, Anda tinggal menunggu kabar untuk jadwal wawancara manajemen.

Pewawancara akan memiliki 2 orang setingkat manajer yang akan menguji Anda. Isi materi tentang jawaban esai yang Anda berikan dan Anda presentasikan kepada pewawancara.

7. Tes Kesehatan (MCU)

Bocoran Lolos Seleksi Tes MT di PT Jasa Marga (Persero) Tbk

Nantinya, tim PT Jasa Marga akan menunjuk rumah sakit yang menjadi mitranya selama uji MCU.

Tes kesehatannya cukup lengkap, mulai dari tes fisik, jantung, paru-paru, tes darah, tes rahim, tes urin, tes tekanan darah hingga rontgen.

Usahakan untuk tidak begadang dan perbanyak minum air putih serta jaga kondisi tubuh.

8. Wawancara Direktur

Untuk wawancara direktur ini, siapkan profil pribadi Anda dan coba jelaskan pengalaman apa yang Anda miliki selama ini.

Pertanyaan lainnya seputar pengetahuan tentang PT Jasa Marga. Jadi ada baiknya mempelajari kembali profil perusahaan ini. Ada baiknya juga untuk mempelajari kembali pengetahuan Anda di bidang masing-masing pada kuliah sebelumnya.

Setelah tes tersebut, jika Anda diterima, Anda akan langsung menandatangani kontrak dan akan menjalani beberapa tahapan OJT (On Job Training) selama beberapa bulan ke depan.

Terima kasih. Semoga bisa lulus dan menjadi karyawan di tempat yang Anda inginkan. Sekian artikel tentang Bocoran Lolos Seleksi Tes MT di PT Jasa Marga (Persero) Tbk, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!