Bocoran Lolos Seleksi Tes di Tokopedia

Bagaimana Bocoran Lolos Seleksi Tes di Tokopedia? Siapa yang saat ini tidak kenal dengan raksasa marketplace di Indonesia, Tokopedia?

Bocoran Lolos Seleksi Tes di Tokopedia

Semakin berkembangnya startup ini, maka dibutuhkan tenaga ahli di dalamnya. Disini kita akan membahas tahapan dan proses rekrutmen mulai dari aplikasi online, FGD Tokopedia hingga tahap terakhir yaitu Tokopedia Interview.

Dengan budaya kerja modern dan pertumbuhan karir yang cepat, Tokopedia menjadi pusat incaran para pencari kerja di Indonesia.

Sudah banyak review positif tentang bekerja di salah satu marketplace terbaik di Indonesia, sehingga semakin banyak orang yang ingin mendaftar dan mencoba bekerja di perusahaan ini.

Berikut tahapan proses yang akan Anda lalui beserta tips dan trik mengikuti rekrutmen di perusahaan Tokopedia.

Tahapan Seleksi Karyawan di Tokopedia

1. Aplikasi online

Tokopedia memiliki website sendiri terkait rekrutmen karyawan yang langsung diposting di website tersebut. Anda bisa mencarinya di Google dengan kata kunci Tokopedia Karir.

Anda diharuskan memiliki akun dan membuat akun Anda sendiri di situs web. Setelah membuat akun, Anda bisa menambahkan beberapa file seperti mengunggah CV, Ijazah dan Transkrip Nilai atau Ijazah lainnya.

Isi juga data diri Anda dengan lengkap agar pihak perusahaan dapat menghubungi Anda jika Anda terpilih untuk mengikuti proses rekrutmen.

Ada banyak lowongan yang bisa kamu lamar di website karir Tokopedia. Usahakan sesuaikan dengan kualifikasi yang dibutuhkan dan juga dengan skill yang Anda miliki. Jika sudah menentukan maka Anda bisa mengirimkan CV yang sudah Anda upload tadi.

Untuk baiknya, coba mainkan 1 lowongan saja dulu agar HRD tidak bingung dalam memilah lamaran kerja yang masuk. Anda bisa menunggu 1-2 minggu sebelum dipanggil.

Anda akan menerima informasi apakah aplikasi online ini lolos atau tidak melalui email Anda.

2. Tes Essay

Sebelum tes kamu akan diminta untuk mengerjakan essay tentang pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan posisi yang kamu lamar.

Misalnya, jika Anda melamar sebagai CS, pertanyaannya adalah tentang bagaimana Anda dalam layanan pelanggan.

Baca juga:

3. Focus Group Discussion

Setelah tes selesai maka masuk ke tahap FGD. Tahap selanjutnya adalah FGD atau focus group discussion. Namun, sebelum Anda melakukan FGD, ada penjelasan dan pemaparan singkat mengenai company profile dari Tokopedia.

Semua peserta akan dibagi menjadi beberapa kelompok kecil. Setiap kelompok akan mendapatkan kasus yang berbeda. Pertanyaan dan studi kasus adalah tentang masalah prioritas dan masalah layanan pelanggan.

Cobalah untuk aktif tetapi tidak mendominasi alur diskusi. Jangan terlalu cepat untuk menolak saran orang lain tetapi juga memberikan solusi yang bekerja untuk kebaikan bersama.

Jika Anda mendapatkan hasil yang tepat untuk kelompok, Anda akan diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi di depan kelompok lain dan kelompok lain dapat mengajukan pertanyaan tentang kasus yang diberikan.

Hasil FGD akan Anda dapatkan sekitar 3-4 hari setelah FGD berlangsung. Jadi cobalah untuk bersabar.

Baca juga: Cara Lolos Tes FGD (Focus Group Discussion)

4. Wawancara User

Bocoran Lolos Seleksi Tes di Tokopedia

Wawancara user Anda akan bertemu langsung dengan SPV atau manajer dari Tokopedia yang akan menggunakan layanan Anda nanti.

Ada baiknya untuk mengetahui posisi yang Anda lamar. Karena pertanyaan pentingnya adalah tentang seberapa baik Anda memahami posisi yang Anda lamar.

Pertanyaan lain yang berkaitan dengan ceritakan tentang diri Anda, pengalaman kerja jika ada, pengalaman organisasi, dan tentang kehidupan pribadi Anda sendiri.

Ada juga pertanyaan tentang aplikasi Tokopedia, seberapa sering Anda menggunakan aplikasi ini, mengapa menggunakan Tokopedia daripada aplikasi marketplace lain?

Sebelum tes, ada baiknya juga untuk menyiapkan beberapa pertanyaan seputar Tokopedia yang nantinya akan kamu berikan saat diajak bertanya.

Ini adalah tahap terakhir dari rangkaian rekrutmen di Tokopedia. Langkah selanjutnya adalah menandatangani kontrak dan menawarkan manfaat. Terima kasih semoga sukses untuk kita semua.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!