Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT Asuransi Jiwasraya

Bagaimana Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT Asuransi Jiwasraya? Kali ini, kami akan mencoba membahas tentang rekrutmen dan test experience di PT Asuransi Jiwasraya.

Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT Asuransi Jiwasraya

Perusahaan ini merupakan perusahaan milik negara yang bergerak di bidang asuransi dan kantor-kantornya sudah terkenal di berbagai daerah di kota-kota besar di Indonesia.

PT Asuransi Jiwasraya sering menawarkan tes yang bisa Anda ikuti. Anda bisa mengetahui informasi tes rekrutmen dari Jiwasraya melalui website resminya atau bisa Anda dapatkan di job fair yang tersebar di berbagai kampus di Indonesia.

Jiwasraya biasanya akan mempercayakan proses seleksi karyawan kepada vendor lain, yaitu Manajemen PPM. Ini adalah vendor rekrutmen yang telah banyak digunakan oleh perusahaan besar lainnya.

Tahapan Seleksi Karyawan di PT Asuransi Jiwasraya

Berikut tahapan dan proses seleksi yang akan Anda hadapi pada tahap rekrutmen:

1. Proses Seleksi Pendaftaran Online

Untuk dapat mengikuti tahapan seleksi, yang Anda butuhkan adalah scan KTP, Ijazah, Transkrip Nilai, TOEGL dan berkas pelengkap lainnya. Anda dapat mengetahui informasi lengkapnya melalui website resmi PT Asuransi Jiwasraya Karir.

Yang perlu Anda lakukan adalah mengunggah file CV yang diperlukan sesuai permintaan. Namun, akan berbeda jika mengikuti prosesnya melalui job fair di kampus-kampus besar di Indonesia.

2. Tes Online

PT Asuransi Jiwasraya memberikan kemudahan bagi calon karyawan untuk menghadapi ujian, salah satunya dengan menggunakan sistem online untuk tahap pertama. Bisa di mana saja, yang terpenting terkoneksi dengan internet.

Untuk tahap pertama ini, soal-soalnya seperti tahapan tes akademik di perusahaan besar lainnya. Ada soal-soal bahasa Inggris sederhana seperti tes TOEFL pada umumnya.

Untuk soal lain seperti tes matematika dasar, tes bahasa seperti lawan kata dan sinonim dan pengetahuan umum lainnya.

Anda akan mendapatkan setiap jadwal disertai dengan tautan akses ke situs web tes. Usahakan untuk mendapatkan jaringan koneksi internet yang cepat untuk mendukung tahapan ini.

3. Tes konfirmasi dan tes psikologi tertulis

Tahap seleksi kedua adalah tes Konfirmasi dan tes psikologi tertulis. Anda akan menjalani tes di kantor cabang Jiwasraya.

Ada baiknya untuk mempelajari pengetahuan umum dari perusahaan ini karena akan ada beberapa pertanyaan tentang apa yang Anda ketahui tentang perusahaan ini.

Sebelum tes. HRD akan menjelaskan dan memberikan presentasi singkat mengenai company profile Jiwasraya.

Tujuan diadakannya tes ini adalah untuk mengetahui apakah Anda benar-benar melakukan tes online sebelumnya. Dan tentunya soal-soalnya akan mirip dengan tes online sebelumnya.

Soal atau soal lainnya seperti matematika dasar, soal menjodohkan pola, logika dasar, soal tes psikologi kepribadian yang tidak ada jawaban benar dan salah (EPPS), tes warteg (lengkapi gambar yang disediakan sehingga menjadi makna yang bermakna), menggambar pohon dan manusia. , dan yang terakhir adalah tes koran atau kraeplin.

Pada tahap ini Anda juga diharuskan untuk membawa file yang diminta untuk mengetahui apakah file tersebut valid atau tidak. Anda bisa mengetahui pengumumannya keesokan harinya dan bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya.

Baca juga:

4. Focus Group Discussion

Pada tahap keempat ini, Anda akan menghadapi proses FGD atau focus group discussion pada tahap pertama. Jangan lupa untuk membawa file yang diminta karena di akhir sesi akan ada verifikasi data dan file yang Anda upload tadi.

Grup FGD telah ditentukan oleh vendor dan Anda dapat langsung mengelompokkan bersama dengan grup yang ditentukan. Setiap kelompok akan didampingi oleh psikolog yang menguji mereka.

Anda akan diberikan aturan tentang cara memainkan fgd ini. Akan ada beberapa lembar soal yang akan kamu terima dan satu lembar kosong untuk mengisi jawaban dari diskusi yang kamu dapatkan.

Anda akan diberikan waktu 15 menit untuk mengeksplorasi kasus yang diberikan dan untuk mendapatkan solusi yang Anda buat.

Setiap peserta memiliki kasus yang berbeda-beda namun tetap saling berhubungan. Jadi inilah poin untuk diskusi karena Anda akan mendapatkan studi kasus yang berbeda tetapi masih membutuhkan solusi dari peserta lain.

Soal tersebut merupakan soal cerita yang nantinya akan dikaitkan dengan soal prioritas mengenai siapa yang harus diprioritaskan berdasarkan urgensi dan skalanya. Anda juga harus mencari tahu mengapa Anda memprioritaskan satu hal di atas yang lain.

Setelah mendapatkan jawaban, Anda dapat berdiskusi dengan waktu 10 menit yang diberikan untuk mencapai kesepakatan bersama dan kemudian dipresentasikan di depan kelompok lain dan psikolog pendamping.

Kelompok Anda harus dapat memberikan solusi dan tidak menggunakan voting untuk hasil akhir.

Yang perlu diingat adalah Anda harus menulis lembar kosong yang berisi jawaban karena nanti juga akan dikumpulkan untuk penilaian.

Gunakan poin-poin untuk mengisi lembar jawaban ini. Cobalah untuk aktif dalam diskusi tetapi tidak menjatuhkan pendapat peserta lain.

Baca juga: Cara Lolos Tes FGD (Focus Group Discussion)

5. Wawancara Psikologis dan Verifikasi Berkas

Bocoran Lolos Seleksi Tes di PT Asuransi Jiwasraya

Tahap selanjutnya adalah psikotes wawancara. Setiap peserta FGD akan dipanggil satu per satu oleh psikolog untuk wawancara.

Psikolog juga akan membawa hasil psikotes serta hasil FGD sebelumnya. Jadi yang perlu Anda lakukan adalah ingat untuk mengingat jawaban Anda sebelumnya dalam tes yang telah Anda ambil.

Pertanyaan tentang kehidupan pribadi mulai dari menceritakan diri sendiri, pengalaman kerja jika ada, pengalaman kuliah, pengalaman organisasi, motivasi kerja hingga kelebihan dan kekurangan diri sendiri.

6. Wawancara user

Langkah penting lainnya adalah wawancara pengguna. Anda akan diwawancarai langsung oleh user yang memiliki posisi manager dan minimal SPV di bidangnya masing-masing.

Sebelum mengikuti tahapan ini Anda akan diminta untuk mengisi beberapa form data diri yang hampir sama dengan CV tetapi berisi data diri Anda.

Pengguna akan membawa formulir CV Anda dan akan ditanyai berdasarkan formulir yang Anda berikan.

Pertanyaan awal adalah tentang kepribadian Anda seperti wawancara psikologis sebelumnya dan dilanjutkan tentang tes teknis bidang dan posisi yang Anda lamar.

Jadi ada baiknya Anda mempelajari kembali pengetahuan tentang posisi dan bidang yang Anda lamar. Pelajari juga tentang profil perusahaan dari perusahaan ini.

Siapkan juga 1 pertanyaan terakhir yang akan Anda berikan kepada pengguna jika diberi kesempatan untuk bertanya.

Baca juga: Cara Lolos Wawancara User

7. Medical check up

Untuk tahap terakhir adalah tes MCU atau Medical check up dan penandatanganan kontrak. Pengujian akan dilakukan di laboratorium yang dipercayakan oleh Jiwasraya.

Tes seperti pemeriksaan sampel darah, tekanan darah, tinggi dan berat badan, kesehatan umum seperti mata, gigi, pemeriksaan kesehatan dengan rontgen dan juga sampel urin.

Cobalah untuk berpuasa 12 jam sebelumnya dan minum banyak air. Bagi anda yang sedang sakit usahakan untuk tidak minum obat 1 hari sebelumnya dan jangan begadang sehari sebelum tes.

Jangan anggap enteng tes MCU ini karena ada juga yang tidak lolos tahap ini.

Baca juga: Apa Itu Tes Medical Check Up dan Tips Lolos Medical Check Up

8. Penandatanganan Kontrak

Tes selanjutnya adalah menandatangani kontrak dimana Anda juga akan diberitahu tentang tunjangan apa yang akan Anda dapatkan seperti gaji, dan tunjangan lainnya.

Selamat mencoba dan jangan lupa banyak berdoa sebelum menjalankan tes tahap ini di PT Asuransi Jiwasraya. Terima kasih telah membaca artikel kami.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!