Cara Memulai Usaha Sendiri

Bagaimana Cara Memulai Usaha Sendiri? Menjadi pengusaha muda adalah pekerjaan yang mulai diminati para generasi muda saat ini.

Cara Memulai Usaha Sendiri

Tak terbatas oleh umur, usaha satu ini juga terbukti dapat menambah income kamu atau juga malah menjadi pekerjaan utama dengan omset yang terus naik.

Tips cara memulai usaha sendiri berikut ini akan menambah informasi kamu yang ingin menjadi entrepreneur muda.

A. Usaha Apa Yang Bagus Untuk Pemula?

1. Usaha Makanan Ringan

Bila kamu ingin memulai bisnis, salah satu usaha yang bisa menjadi pilihan dalam merintis adalah usaha dalam bidang makanan ringan.

Makanan ringan adalah makanan favorit segala kalangan. Tak hanya kalangan anak kecil saja, tetapi para orang dewasa pun sangat gemar terhadap makanan ringan ini.

Selain itu, faktor lainnya mengapa bisnis makanan ringan ini bisa kamu coba adalah karena daya tahan atau masa kadaluarsanya  yang lebih lama daripada makanan lainnya.

Makanan ringan bisa disimpan dalam kemasan lebih lama, sehingga kamu tak perlu takut bila makanan ringan atau produk ini cepat busuk dan tidak bisa dijual.

Untuk membuat produk satu ini, kamu bisa memasaknya sendiri ataupun juga bisa mengambil dari produsen langsung. Bila menjalankan bisnis ini kamu tak perlu mengeluarkan modal yang terlalu banyak.

Sehingga bisnis yang akan kamu jalankan ini bisa perlahan lahan naik dari sisi modal dan juga omset tiap bulannya.

Beberapa makanan ringan yang menjadi rekomendasi adalah seperti  lidi pedas, sale pisang,  kerupuk udang atau keripik singkong.

Selain menjadi camilan atau makanan ringan, makanan tersebut juga bisa kamu pasarkan untuk bisa menjadi oleh oleh khas wisatawan yang berkunjung ke kotamu.

2. Usaha Pakaian

Rekomendasi usaha untuk pemula berikutnya adalah usaha pakaian. Pakaian adalah barang yang akan selalu dibutuhkan oleh semua orang, baik wanita, pria bahkan anak anak.

Setiap orang pasti akan selalu memperbaharui pakaian mereka dalam hal fashion. Sehingga bisnis pakaian seperti ini akan terus tetap berkembang dalam kondisi apapun.

Kelebihan dari bisnis pakaian ini adalah tidak adanya masa kadaluarsa seperti bisnis makanan. Sehingga buat kamu para pemula dalam bisnis, mencoba menjual pakaian akan membuatmu tidak kuatir membuang produk yang sudah basi.

Pakaian yang kamu jual bisa diambil dari produsen pakaian ataupun bisa memproduksinya sendiri.

Harganya pun bervariasi, tergantung dengan bahan kain yang akan kamu gunakan atau kamu pilih nantinya. Momen momen tertentu bisa kamu manfaatkan untuk mendongkrak penjualan produk kamu ini, antara lain seperti momen lebaran atau hari raya lainnya. Untuk cara penjualannya pun saat ini bisa dilakukan melalui media sosial ataupun ditawarakan langsung.

3. Reseller atau Dropshipper

Bisnis satu ini juga bisa menjadi pilihanmu dalam memulai usaha. Menjadi dropshipper atau reseller akan memudahkanmu dalam menjalankan bisnis barumu karena tidak membutuhkan modal awal.

Pilihan bisnis ini bisa juga untuk kamu yang mencari penghasilan tambahan karena bisa dikerjakan dari rumah dengan menggunakan smartphone saja.

Dropshipper atau reseller ini pada dasarnya mempunyai konsep untuk menjualkan produk orang lain. Tetapi kamu tak perlu membeli produk ini terlebih dahulu, sehingga tidak ada modal awal yang di keluarkan.

Kamu bisa melakukan penawaran kepada oarang lain, bila sudah terjadi kesepakatan maka kamu tinggal menghubungi produsen produk untuk pengiriman.

Kamu tak perlu repot juga dalam hal pengiriman produk karena semua itu akan dilakukan oleh pihak produsen produk. Kamu akan lebih memfokuskan diri pada proses marketing yang bisa kamu lakukan dengan cara apapun.

Dengan cara menawarkan secara langsung kepada orang terdekat ataupun lewat media sosial dengan posting konten secara rutin.

4. Bisnis Franchise Atau Waralaba

Bisnis franchise ini juga bisa kamu coba untuk memulai bisnis awalmu. Banyak pilihan produk franchise yang sudah terjamin kualitasnya yang bisa kamu pilih.

Keunggulan bisnis satu ini adalah kamu tidak perlu terlalu dalam melakukan riset pembuatan produk, karena kamu bisa langsung memilih produk yang sudah ada dengan kualitas yang sudah teruji.

Untuk produk yang dijual pun beragam, dari mulai makanan sampai minuman ataupun minimarket. Bentuk franchise yang ditawarkan juga bisa beragam, kamu bisa menentukannya sesuai dengan budgetmu.

Franchise atau waralaba ini bisa berbentuk toko atau bahkan stand kecil yang terletak di depan toko atau di dalam mall.

Untuk menjalankan bisnis satu ini paling tidak kamu harus melakukan riset untuk menentukan lokasi waralaba kamu. Pemilihan tempat yang tepat tentu akan menentukan tingkat keberhasilan bisnis kamu satu ini.

Perjanjian yang jelas antara produsen dan pihak pengelola juga menjadi salah satu keunggulan bisnis ini, sehingga pembagian laba akan lebih nyaman.

Baca juga: Cara Mengatur Gaji Bulanan

B. Bagaimana Cara Memulai Usaha Kecil?

1. Menentukan Jenis Usaha

Cara Memulai Usaha Sendiri

Untuk tahap pertama membuka usaha kecil kamu adalah dengan menentukan jenis usaha yang akan dijalankan. Jenis usaha yang akan kamu lakukan haruslah sesuai dengan keinginan dan minat.

Hal ini sangat penting karena pekerjaan yang dilakukan karena berdasarkan keinginan dan minat diri sendiri akan lebih nyaman dalam melakukannya.

Selain menentukan jenis usaha, hal lainnya yang harus kamu lakukan adalah dengan melakukan riset pasar terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar kamu lebih memahami bagaimana respon pasar terhadap produk yang akan kamu jual.

Sehingga kamu juga bisa membuat perencanaan marketing yang sesuai.

2. Memperhitungkan Budget

Tahap selanjutnya dalam membuka bisnis  pertama kamu adalah menentukan anggaran atau budget. Tahap ini sangatlah penting karena anggaran adalah salah satu faktor penentu keberlangsungan bisnismu kedepannya.

Tak perlu risau bila kamu mempunyai modal yang tak begitu banyak, karena berbagai pilihan bisnis yang minim modal pun bisa kamu pilih.

Untuk anggaran biasanya pengeluaran paling banyak terdapat di persewaan tempat atau lokasi. Hal ini juga harus kamu pikirkan, karena pemilihan lokasi yang baik tentu akan menentukan bagaimana bisnismu berjalan nantinya.

Salah satu cara untuk meminimalisir anggaran untuk lokasi, pemilihan sistem delivery juga bisa menjadi pilihan.

Baca juga: Jenis Usaha Modal Kecil yang Dilakukan di Rumah Saja

3. Berusaha Dengan Kemampuan Sendiri

Tips lainnya yang tak kalah penting dalam membuka usaha adalah kemampuan yang kamu punya. Bisnis yang dijalankan berdasarkan kemampuan diri sendiri biasanya akan bertahan lebih lama.

Karena pekerjaan yang akan kamu lakukan berdasrkan kepada hal yang kamu suka dan dalam proses menjalankannya lebih menyenangkan.

Tak perlu menggunakan peralatan serba baru, Cara Memulai Usaha Sendiri juga bisa memanfaatkan peralatan yang sudah kamu punyai.

Bila memang membutuhkan peralatan tambahan, kamu juga bisa mempertimbangkan membeli alat second yang masih berkualitas, hal ini akan lebih menghemat budget-mu.

Memulai sebuah bisnis dari awal memang membutuhkan kesabaran dalam prosesnya. Ketekunan disertai dengan ketelitian dalam membuat produk yang berkualitas akan membuat kamu semakin menjadi entrepreneur muda yang sukses.

Semangat pantang menyerah dan selalu berfikir positif juga bisa memberi dampak yang baik pada usaha kamu nantinya.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!