Cara Mendapatkan Skor TOEFL Tinggi

Bagaimana Cara Mendapatkan Skor Toefl Tinggi? Ada banyak orang yang beranggapan jika tes TOEFL ( Test Of English as a Foreign Language) merupakan slah satu tes yang sulit untuk dilakukan.

Cara Mendapatkan Skor Toefl Tinggi

Padahal jika Anda benar-benar serius dan giat dalam  berlatih sebelum melakukan tes tersebut, maka hasil yang didapatkan juga tidak akan berujung sia-sia.

Untuk itu ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan dan lakukan sebelum melakukan tes. Simak berikut cara mendapatkan skor toefl tinggi dengan mudah.

A. Seberapa Pentingnya Tes TOEFL?

Tes yang satu ini merupakan salah satu tes yang sering dilakukan ketika Anda mulai menginjak ke perguruan tinggi yang dipergunakan dalam bidang akademik.

Hasil dari tes ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh dan seberapa menguasainya Anda dalam bahasa asing tersebut.

Semakin tinggi skor yang didapatkan maka semakin mudah dalam mencari pendidikan akademik atau perguruan tinggi diluar negeri.

Sertifikat ini merupakan salah satu dokumen yang penting dan berpengaruh terhadap bidang akademik dan karir kerja.

Sebenarnya ada beberapa jenis sertifikat lain untuk membuktikan kemampuan Anda dalam menguasai bahasa inggris seperti IELTS, TOEFL, IBT, dan TOEFL PBT.

Namun yang peling sering dan paling banyak dipilih dan digunakan karena secara biaya juga  jauh lebih ringan dibandingkan dengan jenis yang lainnya.

Jadi, jika ditanyakan seberapa pentingnya tes TOEFL? maka jawabannnya adalah cukup penting. Karena kemampuan bahasa asing terutama bahasa Inggris sangat dibutuhkan dan penting sekali untuk digunakan jika anda melanjutkan bidang studi diluar negeri, maupun menempuh pekerjaan diperusahaan yang mengharuskan Anda mampu menulis dan berkomunikasi dengan bahasa asing.

B. Tips Mencapai Skor Tertinggi dalam Tes TOEFL

1. Seringlah Membaca dan Melafalkan Kalimat

Tips yang pertama ini masih tergolong mudah dilakukan bagi Anda yang ingin mahir dalam melafalkan dan mengetahui kosa kata dalam bahasa Inggris.

Kegiatan tersebut bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun dan dalam kurun waktu yang tidak terbatas. Semakin sering Anda dalam berlatih membaca kalimat dan kata dalam bahasa Inggris, maka semakin mahir juga Anda dalam mengetahui arti kata dalam bahasa Inggris.

Mengahafal beberapa kata atau kalimat dalam bahasa Inggris juga bermanfaat bagi Anda untuk berinteraksi secara langsung maupun tidak langsung dengan seseorang menggunakan bahasa Inggris.

Hal ini juga mampu mempengaruhi rasa kepercayaan diri atau semakin pede saat berinteraksi dengan orang asing atau turis dari manca Negara.

2. Menambah Kosa Kata

Sebelum mengikuti tes tersebut, secara otodidak akan mengharuskan Anda untuk berlatih dan belajar menambah kosa kata perbendaan.

Anda bisa berlatih dengan membaca kamus  atau bisa juga mengunduh aplikasi dictionary di ponsel pintar agar mudah dibawa kemana-mana.

Hanya saja kekurangan kamus online yaitu berpotensi membuat mata dan kepala menjadi sakit karena terlalu lama melihat ke layar.

Berlatih bahasa asing dengan menonton serial drama atau film yang menggunakan bahasa Inggris atau bahasa asing juga membantu Anda dalam berlatih pelafalan dan pengucapan dalam bahasa Inggris.

Selain itu juga bisa melatih pendengaran atau belajar listening dengan mudah dan simple. Dengan begitu, Anda akan mulai terbiasa dalam mengucapkan dan juga berinteraksi dalam bahasa Inggris.

3. Belajar Menentukan Pokok Bacaan

Kegiatan yang satu ini juga perlu dialakukan sebelum Anda mengikuti tes TOEFL. Pasalnya meningkatkan kemampuan dengan berlatih membaca dan mampu memahami isi bacaan tersebut akan memudahkan Anda saat menjawab tes nantinya.

Sehingga tidak perlu membuang-buang waktu terlalu lama dalam menjawab soal dan mengetahui isi bacaan tersebut.

4. Menulis Catatan dengan Bahasa Inggris

Ketika sedang menonton film menggunakan bahasa Inggris atau sedang mendengarkan lagu berbahasa Inggris dan ada beberapa kata yang mungkin tidak Anda ketahui, maka catatlah dan cari arti kata tersebut dalam kamus.

Dengan seringnya Anda melakukan kegiatan mencatat tersebut dinilai lebih efisien dan dengan cepat memori pada otak juga ikut merekam secara langsung sehingga mudah untuk mengingat suku kata tersebut.

5. Latihan Membaca Cepat

Cara Mendapatkan Skor Toefl Tinggi

Metode yang satu ini juga penting Anda latih supaya lebih mahir dalam bidang Reading. Dengan berlatih membaca cepat dan disiplin dalam berlatih yang lainnya juga Akan membuat Anda semakin mahir berbahasa Inggris.

Metode yang satu ini juga bermanfaat bagi Anda ketika sedang mengerjakan tes karena dengan adanya keterbatasan waktu yang diberikan, maka metode ini juga harus Anda kuasai sebelum melakukan tes.

Dengan membaca cepat juga melatih artikulasi dan pengucapan yang jelas dan benar. Jadi tidak ada salahnya jika Anda melakukan hal tersebut untuk melatih kebiasaan dalam berdialog menggunakan bahasa Inggris.

Karena dengan kemampuan membaca cepat dengan pengucapan artikulasi yang tepat juga menambah rasa kepercayaan diri saat menjawab soal tes tersebut.

6. Latihan Mendengarkan

Berlatih Listening dengan mencoba mendengarkan beberapa musik dalam bahasa Inggris atau mendengarkan rekaman interaksi seseorang juga bisa membuat Anda terbiasa dalam memahami bahasa Inggris.

Kegiatan yang satu ini bertujuan melatih pendengaran dan otak dalam mencerna dan memahami isi dari maksud lagu atau percakapan tersebut.

7. Rajin Ikut Tes TOEFL

Tips terakhir ini merupakan metode atau cara mendapatkan skor toefl tinggi dengan mudah dan metode yang tepat untuk Anda lakukan.

Sering-seringlah mengikutipelatihan tes TOEFL preparation dibeberapa media online. Karena banyak sekali yang menyediakan layanan pelatihan tes TOEFL, bahkan ada yang tidak berbayar.

Cara ini juga cukup efektif bagi Anda untuk terus berlatih menjawab soal-soal yang diberikan.

Namun Anda juga harus konsisten dan jangan mudah putus asa jika skor atau hasilnya belum bisa maksimal dan memuaskan.

Justru Anda harus semakin giat berlatih dan lebih sering lagi mengikuti preparation tes diberbagai tempat lainnya. Dengan begitu akan menambah kemampuan dibidang bahasa Inggris dan juga menambah pengalaman dalam mengerjakan berbagai soal dari beberapa tes yang telah di ujikan.

Baca juga: Apa itu TOEFL dan Bagaimana Mendapatkan Sertifikat TOEFL

8. Menentukan Target Skoring

Menentukan target skoring atau nilai yang ingin didapatkan dari hasil tes tersebut juga bisa menjadi acuan dan motivasi dalam belajar dan berlatih bahasa Inggris.

Tentukan nilai yang sesuai dan jangan terlalu tinggi terlebih dahulu. Karena jika nanti telah menentukan dan hasilnya tidak sesuai dengan yang diharapkan maka khawatir jika Anda mengalami keputus asaan untuk berlatih lagi.

Jadi tentukan skor target yang sesuai dengan kemampuan dan jangan berlebihan. Recanakan dengan matang-matang dan sesuai dengan persiapan yang sudah Anda lakukan.

Karena persiapan dalam mengikuti tes tersebut tidak tergolong instan. Butuh beberapa kurun waktu untuk belajar dan juga berlatih jika Anda ingin mendapatkan skor yang tinggi dan hasil yang memuaskan.

Nah itu tadi sederet informasi mengenai seberapa pentingnya tes TOEFL dan langkah-langkah yang dilakukan untuk mencapai skor tertinggi dan memuasakan.

Tentu masih banyak cara lain yang digunakan untuk mencapai target hasil yang Anda inginkan. Semoga beberapa metode di atas dapat membantu Anda dalam menerapkan cara yang mudah sebelum melakukan tes TOEFL.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!