Prospek Karir Lulusan IPA dan IPS

Bagaimana Prospek Karir Lulusan IPA dan IPS? Bagus SMA Jurusan IPA atau IPS? Masih bingung pilih jurusan untuk memasuki jenjang SMA?

Prospek Karir Lulusan IPA dan IPS

Pasalnya pilihan peminatan jurusan saat SMA juga menentukan prospek pekerjaan dan juga karir yang akan dicapai. Ada sebagian orang yang bilang jika peluang karir dijurusan IPA sangat banyak dibutuhkan dalam dunia keprofesian, sedangkan jurusan IPS banyak peluang pekerjaan dibidang bisnis.

Lalu bagus SMA jurusan IPA atau IPS? Simak informasi prospek karir lulusan IPA dan IPS di bawah ini.

A. Prospek Kerja Lulusan Jurusan IPA

Prospek Karir Lulusan IPA dan IPS

1. Bidang Kedokteran

Bidang yang satu ini sering Kita jumpai jika peluang karir profesi dokter adalah kebanyakan dari mereka yang lulusan pendidikan SMA nya jurusan IPA.

Memang ada benarnya juga sih, tapi dari jurusan lain selain IPA juga bisa menempuh studi bidang kedokteran. Tetapi jika basic ilmu pendidikan dari jurusan IPA, akan lebih cepat menguasai karena sudah terbiasa dengan beberapa mata pelajaran yang sesuai jurusan saat SMA.

2. Bidang Farmasi

Bidang farmasi adalah salah satu jurusan atau pekerjaan yang berhubungan dengan obat-obatan dan yang berhubungan dengan ilmu kimia dan yang lainnya.

Ilmu kimia ini biasanya didapatkan oleh peminatan jurusan IPA saat menempuh sekolah menengah atas (SMA). Peluang kerja sebagai ahli farmasi bisa menjadi salah satu potensi karir yang ditempuh oleh anak-anak IPA.

3. Ahli Gizi

Profesi atau peluang kerja lainnya yang cocok untuk anak SMA lulusan IPA adalah menjadi ahli gizi. Bidang ilmu yang satu ini masih ada kaitannya dengan bidang kesehatan lainnya.

Ilmu ini mempelajari keterkaitan gizi dengan kesehatan manusia, pertumbuhan, produktivitas dan kualitas manusia. Prospek karir kerjanya bisa menjadi ahli gizi atau ahli nutrisi di rumah sakit.

4. Bidang Bioteknologi

Bidang ilmu yang satu ini sangat berkaitan dengan mata pelajaran jurusan IPA yaitu cabang ilmu biologi. Pada bidang ilmu ini biasanya membahas ilmu teknologi pemanfaatan makhluk hidup dalam skala besar untuk menghasilkan produk yang berguna juga untuk manusia.

Prospek karir kerja dalam bidang ini bisa menjadi ilmuwan, ahli biologi dan juga bisa menjadi guru biologi.

5. Arsitek

Bagi Kamu yang memilih jurusan IPA, terdapat mata pelajaran seni budaya yang berkaitan dengan ilmu desain dan rancangan konstruksi pembangunan lainnya.

Prospek karir dalam dunia kerja sangat banyak sekali, antara lain menjadi Arsitek, Pekerja Teknik Sipil, Kontraktor, Interior Designer, Manajer Konstruksi, Guru,Dosen dan masih banyak profesi lainnya.

6. Bidang Statistika

Memang bidang ilmu yang satu ini sangat khas dengan mata pelajaran dari jurusan IPA yang mempelajari data secara kuantitatif atau yang bersifat angka.

Bidang ilmu statistika merupakan ilmu yang mempelajari tentang analisis data, pengolahan data, dan interpretasi data. Prospek kerja dari bidang tersebut adalah sebagai Ahli Statistik, Peneliti Survei, dan bisa juga menjadi Aktuaria.

7. Bidang Kesehatan Masyarakat

Lulusan SMA dengan jurusan IPA biasanya akan melanjutkan karir pendidikan di bidang ilmu yang satu ini, bidang ilmu kesehatan masyarakat.

Peluang karir kerjanya juga sangat luas, seperti menjadi Ahli Kesehatan dan Keselamatan Kerja dalam perusahaan, sebagai Penyuluh Kesehatan, Peneliti, dan bisa juga menjadi Pengajar di bidang Kesehatan Masyarakat.

8. Bidang Ilmu Informatika, Teknologi dan Jaringan

Bidang ilmu yang satu ini sangat dibutuhkan dalam dunia pekerjaan. Bahkan banyak perusahaan yang membutuhkan orang-orang yang ahli dalam ilmu teknologi (IT).

Perkembangan lapangan pekerjaan dalam dunia Informatika, teknologi dan jaringan sangat banyak diburu oleh  banyak orang. Prospek kerjanya yaitu, Ahli IT, Maintenance, Web Designer dan lain sebagainya.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Biologi

B. Peluang Kerja Lulusan Jurusan IPS

Prospek Karir Lulusan IPA dan IPS

1. Bidang Bisnis dan Manajemen

Bidang keilmuan bisnis dan manajemen memang sudah menjadi salah satu karir yang sangat diimpikan bagi kebanyakan orang.

Bagi Kamu yang mengambil jurusan IPS saat SMA, pasti sudah banyak mempelajari dasar-dasar ilmu dalam bisnis seperti pelajaran ekonomi, akuntansi dan masih banyak lainnya.

Peluang kerjanya juga sangat luas, bisa dibidang perusahaan sebagai Akuntan, Manajer Pajak, Konsultan Bisnis, dan masih banyak yang lainnya.

2. Bidang Ilmu Politik

Sama halnya dengan prospek karir di jurusan IPA, di jurusan IPS juga memiliki eluang karir yang sangat banyak, seperti di bidang ilmu politik ini.

Untuk jurusan IPS, Kamu bisa melanjutkan studi dibidang ilmu politik karena banyak sekali peluang kerja dibidang tersebut. Seperti menjadi Analis Politik, LSM, Humas, Jurnalis Politik, Menjadi Tenaga Pengajar dibidang politik dan lain sebagainya.

3. Bidang Ilmu Komunikasi

Bidang ilmu yang satu ini juga berpotensi menjadi peluang karir yang banyak diminati bagi sebagian mereka yang jurusan IPS.

Karena banyak peluang pekerjaan yang melanjutkan studi dibidang ilmu tersebut. Seperti menjadi Jurnalis,Presenter Berita, Penyiar Radio, Fotografer, Penulis, Market Research Analyst, hingga profesi lainnya seperti dibidang periklanan, pertelevisian dan perfilman.

4. Bidang Jurnalistik

Kamu yang sekarang menempuh jurusan IPS di Sekolah Menengah Atas dan menyukai bidang kepenulisan dan media, maka Kamu bisa melanjutkan bidang pendidikan ilmu jurnalistik.

Karena prospek karir dalam dunia kerja juga cukup banyak alam bidang tersebut. Seperti profesi Wartawan, Editor, Penulis, Copy witer, Analis Media, Dosen dan masih banyak yang lainnya.

5. Bidang Ilmu Hukum

Bidang ilmu hukum sekarang semakin banyak peminatnya. Bagi kamu lulusan jurusan IPS atau IPA juga bisa melanjutkan bidang studi tersebut.

Meski rana pendidikan tersebut untuk mereka yang jurusan IPS, tapi idak menuntut kemungkinan jurusan IPA juga tertarik dalam bidang ilmu tersebut.

Prospek kerjanya sangat luas, seperti menjadi Pengacara, Jaksa, Hakim, Notaris, HRD, Legal Auditor dan juga sebagai Konsultan Hukum.

6. Hubungan Internasional

Karir kerja yang satu ini juga banyak diimpikan bagi sebagian orang. Pasalnya, bidang ilmu yang satu ini melingkupi pembelajaran tentang relasi, interaksi antar Negara, diplomasi, kajian sosial transnasional, politik internasional dan lain-lain.

Untuk menempuh pendidikan dibidang tersebut memang tidaklah mudah, karena prospek karir dan profesinya juga tidak main-main.

Selain itu juga dibutuhkan kemampuan dalam berinteraksi menggunakan bahasa asing atau bahasa Internasional. Karena bidang keilmuan tersebut menyangkut aspek internasional.

Profesi atau karir pekerjaan dibidang tersebut ialah bisa menjadi Pejabat Diplomatik, Pegawai Negeri Sipil (PNS), Menjadi Tenaga Pngajar atau Dosen, Peneliti, Jurnalis, dan sebagainya.

7. Bidang Ilmu Psikologi

Demi mengetahui bagus SMA jurusan IPA atau IPS, sebenarnya diantara keduanya memiliki keuntungan yang sesuai denga porsinya masing-masing.

Seperti bidang ilmu psikologi yang kebanyakan peminatnya adalah mereka yang jurusan IPA. Padahal psikologi sendiri masuk kedalam rang lingkup jurusan IPS.

Jenjang karir psikologi bisa menjadi Psikolog, HRD, Market Research dan lain sebagainya.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Akuntansi

Nah itu tadi sejumlah informasi mengenai prospek karir dan pekerjaan sesuai dengan jurusan yang diambil. Meski keduanya berbeda, namun jika disuruh memilih keduanya memiliki potensi yang sama dalam dunia pekerjaan.

Jadi, setiap jurusan bukanlah sebagai penentu kualitas seseorang, tapi tergantung dengan kemauan Ia dalam belajar. Semoga informasi di atas bisa menambah wawasan pengetahuan seputar jurusan IPA dan IPS.

Sekian artikel mengenai Prospek Karir Lulusan IPA dan IPS, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!