5+ Contoh Paklaring Kerja Berbagai Profesi

Bagaimana contoh paklaring kerja? Jika Anda belum tahu, pada artikel kali ini saya akan membahas pembahasan ini. Ini penting untuk dipahami karena Anda mungkin perlu paklaring kerja di beberapa momen.

Biasanya, paklaring kerja adalah informasi/dokumen terdaftar yang dikeluarkan oleh pihak institusional perusahaan sebagai bukti pengalaman kerja karyawan yang namanya tercantum dalam surat itu.

Contoh paklaring kerja ini berisi informasi tentang pengalaman dan pekerjaan seseorang sejak mulai bekerja sampai terakhir kali berhenti bekerja.

Adapun contoh surat paklaring kerja, sebagai suatu hal umum, perlu untuk menuliskan nama karyawan, posisi, masa kerja, tunjangan yang diterimanya dan gaji yang ditentukan oleh tanda tangan pihak manajerial. Namun di Indonesia sendiri, kontrak kerja tidak mencakup tunjangan dan gaji.

Siapa yang Berhak Mengeluarkan Paklaring Kerja?

Menurut informasi dari kelompok atau pihak Badan Pembinaan Hukum Nasional Penyuluhan dan Bantuan Hukum, pengajuan contoh paklaring kerja/surat keterangan kerja untuk karyawan adalah wajib bagi pengusaha atas beberapa karyawan yang bekerja di dalamnya.

Jika pihak perusahaan menolak untuk menerbitkan surat paklaring kerja ini, maka perlu bertanggung jawab sepenuhnya kepada karyawan atau pihak ketiga atas kerugian yang terjadi. Hal ini sesuai dengan KUH Perdata 1239.

Rangkuman yang dapat kita ambil kesimpulan yaitu, ketika pihak manajemen perusahaan menolak untuk mengeluarkan surat keterangan kerja/surat paklaring kerja yang diminta atau bahkan dengan sengaja menuliskan keterangan yang tidak benar dan hal-hal lain yang menimbulkan kerugian, oleh karena itu harus bersedia bertanggung jawab sepenuhnya kepada seluruh pekerja atau pihak ketiga yang mengalami kerugian

Tidak cukup hanya sampai di situ, jika melihat Pasal 1602z, karena justru karena itu, memberikan surat keterangan kerja/paklaring kerja kepada karyawan atau buruh ini bersifat wajib bagi setiap pengusaha. Dimana tidak melihat seperti apa status pegawai apakah pegawai harian atau mungkin tidak.

Mengenai ketentuan dan peraturan dalam 1602z KUH, untuk menghindari hal tersebut, tidak ada salahnya beberapa golongan pengusaha menyepakati dan mengendalikannya dalam peraturan perusahaan atau dalam perjanjian kerjasama (PKB) atau dalam perjanjian perusahaan.

Sanksi Perusahaan jika Tidak Memberikan Paklaring Kerja

Jika melihat peraturan dan informasi detail dari pihak Badan Pembinaan Hukum Nasional Pusat Penyuluhan dan Bantuan Hukum, ada contoh paklaring kerja/surat keterangan kerja yang konon menjadi salah satu hal yang wajib diberikan oleh pihak perusahaan kepada karyawan/pekerja berdasarkan tugas dari karyawan/pekerja itu.

Sedangkan berdasarkan KUHP 1239, setiap perusahaan atau pelaku usaha yang dengan sengaja menolak memberikan paklaring kerja/surat keterangan kerja kepada pegawai tersebut, wajib bertanggung jawab penuh kepada pegawai atau pihak ketiga atas kerugian yang ditimbulkan.

Bahkan ada sanksi tertentu yang nantinya dapat dilakukan terhadap perusahaan/pengusaha jika memang tidak mau/menolak mengeluarkan surat paklaring kerja untuk diberikan kepada karyawan/pekerja yang bekerja di dalamnya sesuai dengan ketentuan kontrak di dalam kontrak. Persetujuan awal.

Dalam hal ini perusahaan/pihak pengusaha yang menolak memberikan surat paklaring seperti contoh paklaring kerja atau bahkan dengan sengaja menuliskan keterangan palsu pada surat keterangan tersebut, oleh karena itu harus bersedia/siap untuk bertanggung jawab atas kerugian yang ditimbulkan, baik bagi Pekerja/pihak ketiga.

Baca juga: Surat Paklaring Adalah: Arti, Fungsi, Syarat dan Struktur

Contoh Paklaring Kerja

Agar lebih jelas bagi Anda, bagaimana contoh Paklaring Kerja, bisa melihat beberapa contoh berikut ini:

Contoh Paklaring Kerja Word

Anda dapat melalukan edit pada paklaring kerja format Docx ini, bagi anda yang membutuhkan bisa langsung mengunduh dengan mudah disini:

Surat Paklaring Kerja.docx

Contoh Paklaring Kerja Word

Contoh Paklaring Kerja Bahasa Indonesia

Contoh surat paklaring kerja bahasa indonesia dari CV. Bintang Utama Karya yang bisa menjadi referensi anda.

Contoh Paklaring Kerja Bahasa Indonesia

Contoh Paklaring Kerja Mayora

Contoh surat paklaring kerja dari PT Mayora Indah Tbk yang bisa menjadi referensi anda.

Contoh Paklaring Kerja Mayora

Contoh Paklaring Kerja Bidan

Contoh surat paklaring kerja sebagai Bidan yang bisa menjadi referensi anda.

Contoh Paklaring Kerja Bidan

Contoh Paklaring Kerja Guru

Contoh surat paklaring kerja sebagai Guru dari SMP Sultan Iskandar Muda yang bisa menjadi referensi anda.

Contoh Paklaring Kerja Guru

Contoh Paklaring Kerja Perawat

Contoh surat paklaring kerja perawat dari rumah sakit umum daerah Prof. Dr. W.Z. Johannes Kupang yang bisa menjadi referensi anda.

Contoh Paklaring Kerja Perawat

Contoh Paklaring Kerja Mikro Mandiri

Contoh surat paklaring kerja sebagai MKS Mikro Mandiri dari PT Bank Mandiri yang bisa menjadi referensi anda.

Contoh Paklaring Kerja Mikro Mandiri

Sekian artikel berjudul 5+ Contoh Paklaring Kerja Berbagai Profesi, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!