Prospek Kerja Jurusan Ilmu Gizi

Bagaimana Prospek Kerja Jurusan Ilmu Gizi? Setelah lulus dari jenjang pendidikan Sekolah Menengah Atas pasti banyak orang yang ingin melanjutan di perguruan tinggi.

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Gizi

Asal kamu tahu, salah satu jurusan yang paling banyak diminati oleh orang-orang adalah ilmu gizi. Ingin tahu lebih lengkap tekait ilmu gizi? Yuk simak penjelasan dan prospek kerja jurusan ilmu gizi dibawah ini.

A. Apa Itu Jurusan Ilmu Gizi

Sama seperti dengan namanya, Jurusan Ilmu Gizi adalah slaha satu cabang ilmu yang telah mempelajari pentingnya terkait nurisi pada tubuh manusia, gaya hidup, serta hubungannya dengan diet.

Jangan slaah jurusan giiz juga mempelajarai terkait pemahaman asupan serta penyediaan informasi dalam takaran penyediaan informasi dalam asupan.

Jurusan dari ilmu gizi ini juga akan sangat berkiatan dengan sektor pertanian, ekonomi, hingga budaya. Dengan kamu masuk dalam jurusan ini, maka akan mempeljari berbagai nutrisi apa saja yang layak serta di butuhkan oleh tubuh, beserta takaran idealnya.

Umumnya takaran gizi setiap orang bakal berbeda, sehingga dengan hadirnya jurusan ini akan sangat membantu.

B. Alasan Memilih Jurusan Ilmu Gizi

1. Masuk dalam Rumpun Jurusan yang Keren

Hal yang menjadi alasan mengapa jurusan ilmu gizi banak diminati adalah karena ia masuk dalam ranah ilmu yang keren.

Seperti yang di ketahui, bahwa jurusan ilmu gizi ini masih serumpun dalam bidang kesehatan lainnya. Seperti ilmu kedokteran, keperawatan, kesehatan dan lain sebagainya.

2. Termasuk dalam Lingkup Ilmu Kesehatan

Ilmu kesehatan menga tidak pernah lekang oleh waktu. Seperti yang di ketahui, ilmu kesehatan pasti akan sanat di butuhkan kapanpun serta tidak bisa di pisahkan dengan kehidupan manusia.

Maka dari itu, dengan mempelajrai ilmu gizi maka akan mendapatkan ilmu yang mampu di aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

3. Mudah untuk Ditemukan

Asal kamu tahu bahwa hampir semu perguruan tinggi baik negeri atau swasta pasti memiliki jurusan ilmu gizi. Maka dari itu, seorang calon mahasiswa dari jurusan ini tidak perlu lagi bingung untuk mencari tempat yang pas untuk menggali ilmu disini.

Dan pastinya dengan mudah di temukannya ini akan sangat membantu untuk kamu memilih area yang paling dekat.

4. Bisa Berwirausaha

Bagi kamu yang ska dengan dunia bisnis juga tidakperlu lagi bingung dengan adanya jurusn yang satu ini. Dimana walupun keseharian kamu akan bersinggungan dengan berbagi bidang kesehtaan, namun di satu sisi juga bisa mengepakkan sayap dalam berwirausaha.

Bahkan tidak jarang banyak lulusan ilmu gizi yang membuka usaha sendiri.

Di masa  sekarang ini, pasti kamu juga menjumpai banyak sekali wirausaha dalam bidang catering. Biasanya catering yang sehat akan di oleh oleh seseorang lulusna dari jurusan ilmu gizi.

Terutama di masa sekarang  bayak orang menjalani pogram diet, maka degan memilih untuk membuka usaha catering bisa menjadi slaah satu alternatif yang snagat menjanjikan.

5. Memiliki Peluang Gaji yang Besar

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Gizi

Sudah tidak mengherankan lagi, jika jurusan yang mengarah pada bidang kesehatan pasti bakal memiliki gaji yang sangat menjanjikan. Salah satunya lulusan ilmu gizi.

Dimama hampir semua bidang yang masu dalam ranah kedokteran pasti akan memiliki peluang gaji yang sangat bagus. Dan pastinya itu juga berbanding lurus dengan uang yang di keluarkan semasa kuliah.

6. Cocok untuk Laki-Laki dan Perempuan

Mungkin kamu pernah berfikir ada beberapa jurusan yang memang hanya cocok untuk satu gender saja. misalnya, untuk jurusan teknik mesin identik dengan laki-laki.

Sedangkan untuk jurusan tata boga, akan identik dengan wanita. Namun semua itu tifak berlaku untuk jurusan ilmu gizi yang cocok untuk di ambil oleh semua orang. Baik laki-laki maupun wanita. Jadi kamu tidak perlu ragu lagi.

Baca juga: Prospek Karir Lulusan IPA dan IPS

7. Memberikan Manfaat untuk Sesama

Karena pada dasarnya kamu sudah memperoleh pendidikan yang berkaitan dengan gizi yang ada dalam makanan atau minuman, maka ilmu tersbeut bisa di bagikan kepada orang.

Selain akan memperbaiki kondisi kesehatan beserta gizi yang ada dalam keluarga, maka kamu juga bisa membantu sesama.

C. Prospek Kerja dari Jurusan Ilmu Gizi

1. Ahli Gizi

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Gizi

Prospek kerja yang pertama yaitu menjadi seorang ahli gizi. Dimana dengan pekerjaan ini akan memberikan peran dalam mmpromosikan serta melaksanakan kegiatan untuk meningkatkan kualitas gizi yang ada di masyarakat.

Salah satu contoh yang paling sederhana yaitu bisa di temukan di rumah sakit.

Seorang yang ahli dalam bidang gizi ini juga memiliki tugas untuk mengatur jumlah dan juga jenis makanan yang harus di berikan pada pasien.

Contoh lainnya yang menjadi seorang ahli gizi juga akan snagat berguna dalam bidang keolahragaan. Dimana dalam bidang ini, ia mampunyai tugas untuk emnnetukan menu terbaik supaya atet bisa memberikan banyak performa yang mumpuni.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Kedokteran

2. Chef

Mungkin banyak yang beranggapan, bahwa menjadi seorang chef hanya bisa dilakukan untuk lulusan tata boga bukan?

Namun jangan salah, ternyata menggeluti profesi sebagai chef juga bisa dilakukan oleh lulusan jurusan ahli gizi. Chef ini sangat di butuhkan dalam dunia kerja. Sebab seorangchef mempunyai peran yang sangat krusial dalam bidang makanan.

Memiliki profesi sebgai chef juga memiliki tugas untuk menyusun berbagai menu, membuat makanan, memilih bahan makanna, dan yang terkahir sampai pada tahap penyajian.

Menjadi seorang chef ini bukan menjadi hal yang sangat mudah, sebab harus memiliki wawasan yang luas terkait kombinasi makanan yang memiliki nutrisi.

3. Bisnis Kuliner

Prospek kerja selanjutnya yaitu menjadi seorang pembisnis dibidang kuliner. Umumnya ntuk menjadi seorang pembisnis kuliner ini akna memperoleh gaji yang sangat menjanjikan.

Dimana dengan seklai berhasil mengembangkan usaha, maka ia bakal memperoleh untung yang snagat besar. bahkan tidak jarang banyak orang kaa raya yang di sebabkan oleh adanay bisnis dalam bidang kuliner ini.

Jadi bagi kamu yang saat ini ingin membuka bisnis dalam bidang kuliner, maka bisa memuka catering, rumah akan, tokoh dan berbagai jenis usaha kuiner yang lainnya.

Terlebih jika dalam bisnis kuliner ini, kamu mengembangkan serta memperhatikan gizi di dalamnya. Dijamin bisnis ana bakal laris manis di tengah maraknya ushaa kuliner.

4. Dosen

Dosen juga bisa menjadi salah satu alternatif pekerjaan yang di geluti bagi lulusan ilmu gizi.

Terlebih jika kamu memiliki beground orang yang tertarik dalam dunia pendidikan, analisa, dan juga berbagai macam penelitian. Dengan emnjadi dosen, maka kamu bakal di sibukkan dengan berbagai rutinitas belajar mengajar bersama mahasiswa.

Menjadi seorag dosene juga suatu hal yang sangat mulia dalam prospek kerja jurusan ilmu gizi. Pasalnya kamu akan mempunyai tanggung jawab dan juga peran dalam membangun masa depan bangsa yang lebih gemilng.

Berkecimpung dalam dunia pendidikan juga membutuhkan kesabaran serta niat yang tulus. Karena kamu akan menghadapi berbagai macam perilaku mahasiswa didikan di kampus.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Kedokteran Gigi

Kesimpulan

Dari pejelasan tersebut dapat disimpulkan, bahwa jurusan ilmu gizi adalah slaha satu cabang ilmu yang membahas terkait pentingnya nurisi pada tubuh manusia, gaya hidup, serta hubungannya dengan diet.

Prospek kerja dari jurusan ini diantaranya yaitu menjadi ahli gizi, chef, pembisnis kuliner, hingga tenaga pendidik atau dosen.

Sekian artikel mengenai Prospek Kerja Jurusan Ilmu Gizi, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!