Prospek Kerja Jurusan Manajemen Informatika

Bagaimana Prospek Kerja Jurusan Manajemen Informatika? Seiring dengan perkembangan jaman, maka pertumbuhan teknologi informasi juga semakin meningkat.

Prospek Kerja Jurusan Teknik Informatika 1

Dengan adanya peningkatan tersebut maka kebutuhan akan sumber daya manusia yang ahli dibidangnya juga sangat diperlukan.

Maka dari itu jurusan manajemen informatika menjadi salah satu daya tarik karena menawarkan prospek yang menjanjikan. Untuk lebih lengkapnya berikut ini.

A. Apa Itu Jurusan Manajemen Informatika?

Jurusan manajemen informatika merupakan salah satu bidang yang memanfaatkan teknologi informasi guna keperluan manajerial.

Termasuk di dalamnya pembuatan data, desain dan juga untuk kebutuhan pembuatan bisnis. Biasanya jurusan yang seru ini berada dalam naungan program studi D3 dengan penggunaan kurikulum yang relatif singkat.

Dengan mengambil jurusan ini, kamu akan di menikmati dunia perkuliahan yang banyak praktek jika dibandingkan dengan jurusan berbasis komputer lainnya.

Walaupun hanya menggunakan sistem D3, akan tetapi banyak perusahaan yang membutuhkan lulusan jurusan keren tersebut. Khususnya perusahaan dalam bidang bisnis.

Manajemen informatika yang tengah hits ini memiliki perbedaan dengan jurusan berbasis IT lainnya. Karena pada jurusan manajemen informatika lahir akibat dari adanya kebutuhan sumber daya manusia untuk memanajemen fungsi suatu sistem software supaya bisa tetap berjalan dengan lancar.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Teknik Informatika

B. Materi di Jurusan Manajemen Informatika

Prospek Kerja Jurusan Teknik Informatika 2

1. Pemrograman

Pemrograman menjadi jurusan wajib pertama bagi kamu yang kuliah di jurusan manajemen informatika. Tidak jauh berbeda dengan materi pemrograman pada jurusan IT lainnya, akan tetapi disini akan diajarkan pelajaran yang lebih spesifik.

Kamu akan diajarkan dari pemrograman yang paling dasar hingga paling penting.

Contoh materi yang akan kamu temui jika mengambil jurusan keren ini yaitu seperti bahasa pemrograman, kemudian langkah-langkahnya, hingga algorita.

Selain itu kamu juga akan di ajari dengan urutan pemrograman yang tepat, pengulangan, dan juga percabangan. Meteri tersebut diajarkan karena akan membantu perusahaan tempatmu bekerja menangani masalah sistem informasi.

2. Analisis Sistem Informasi

Materi ini mempelajari tentang tata cara mengidentifikasi, mengevaluasi dan juga permasalahan dalam informasi. Selain itu analisis sistem informasi juga mengajarkan tentang estimasi peluang dan keberhasilan suatu perusahaan.

Bahkan juga berbagai hambatan yang terjadi selama perencanaan sebuah sistem informasi disertai dengan solusi memperbaikinya.

3. Manajemen Bisnis

Karena tujuan dari jurusan ini adalah mempersiapkan mahasiswanya untuk mengambil tanggung jawab manajemen sebuah perusahaan, serta masuk dalam prospek kerja jurusan manajemen informatika.

Sehingga materi manajemen bisnis merupakan perkara wajib yang harus dipelajari. Materi yang diajarkan biasanya masih lingkup dunia bisnis secara umum.

Misalnya kamu akan mempelajari serangkaian proses dari manajemen bisnis  yang dimulai dari cara menggunakan software akuntansi, software enterprise resource planning, kemudian administrasi data, data base, hingga pengorganisasian.

Kamu juga akan diajarkan cara pengarahan, pengendalian, serta mengkomunikasikan sebuah data.

4. Statistika Terapan dan Komputasi

Statistik menjadi mata kuliah wajib yang diajarkan di semua jurusan. Karena dengan materi ini kamu akan diajarkan terkait cara mengumpulkan, merencanakan, dan juga menganalisa sebuah data.

Selain itu kamu juga akan diajarkan bagaimana cara menyampaikan serta menginterpretasi data yang diperoleh.

Kemudian dalam materi komputasi, kamu akan diajarkan mengenai cara untuk memecahkan masalah dalam dunia statistika yang begitu rumit.

Kemudian kamu juga akan di ajarkan bagaimana trik dalam mengebangkan sistem komputer supaya bisa mengolah data statistik yang sangat besar.

5. Technopreneurship

Jurusan manajemen informatika juga membelaki mahasiswanya untuk memiliki skil dan juga sifat yang terampil. Dimana sifat terampil ini diperlukan untuk menjadi seorang berjiwa entrepreneur.

Mengapa demikian?, karena jurusan yang tengah jadi perbincangan ini mempersiapkan mahasiswanya untuk bisa memanfaatkan perkembangan teknologi guna merintis usaha.

C. Keterampilan Jurusan Manajemen Informatika

Lulusan manajemen informatika telah di desain untuk memiliki spesialisasi yang keren pada bidang rancang bangun sistem sebuah informasi manajemen.

Kemudian juga membuat sebuah internet market dan e-commerce. Bahkan diharapkan juga bisa mempunyai skil dalam membuat visualisasi sistem manajemen yang handal.

Selain itu lulusan ini juga dibekali berbagai kemampuan untuk menganalisis serta menerjemahkan masalah. Tujuan Nya untuk mendukung efisiensi dalam pekerjaan baik pada bagian analisis maupun pemrogramannya.

Keterampilan lainnya yaitu kamu sebagai lulusan manajemen informatika dapat menjawab tantangan teknologi di era digitalisasi berbasis CBIS.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi

D. Prospek Kerja Manajemen Informatika

Prospek Kerja Jurusan Teknik Informatika

1. Programmer

Prospek pekerjaan yang paling umum bagi kamu jurusan informatika yaitu menjadi seorang programmer. Tanggung jawab dari pekerjaan ini adalah untuk membuat sebuah sistem perangkat lunak yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari sekaligus memastikan bahwa sistem yang kita kembangkan berjalan dengan baik.

2. Software Engineer

Prospek kerja jurusan manajemen informatika selanjutnya yaitu menjadi software engineer yang memiliki tugas dalam hal mengembangkan perangkat lunak dari pekerjaan programmer sebelumnya.

Sehingga dengan begitu bisa sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau organisasi. Jadi bila perusahaan membutuhkan programmer pasti disitu juga ada software engineer.

Hal yang wajib kamu tahu, bahwa software engineer juga sebagai programmer. Akan tetapi tidak semua programmer ahli dalam bidang software engineer.

Maka dari itu bisa dikatakan bahwa seorang SE termasuk dalam jenis programmer, akan tetapi tidak semua programmer mampu dikatakan sebagai SE.

3. System Analyst

Jika kamu sebagai system analyst, maka harus bekerja dalam bidang merencanakan, koordinasi, dan pastinya menganalisis sistem software.

Sebagai analisis perangkat lunak kamu juga dituntut untuk selalu menjalin komunikasi dengan klien, programmer ataupun membuat dokumentasi perangkat lunak yang telah dibuat.

4. Network Engineers atau Disebut Database Administrator

Jika kamu tertarik dengan data. Kamu juga bisa meniti karir sebagai database administrator. Selain berhubungan dengan berbagai data, kamu juga akan dihadapkan pada kelancaran suatu sistem agar dapat bekerja secara lancar.

Kemudian juga memastikan supaya sistem perangkat lunak penar memiliki perlindungan agar tidak terjadi pencurian data.

Seorang network engineer juga mempunyai tanggung jawab dalam menyelesaikan berbagai gangguan pada sistem software.

Maka dari itu peluang kerja dalam bidang ini akan memberikan tanggung jawab yang cukup besar. Sehingga sebelum melamar dalam bidang ini, perlu adanya kematangan skil yang kamu miliki.

5. Dosen

Bagi kamu yang tertarik dengan dunia keilmuan, kamu juga bisa mentransfer pengetahuan kepada orang lain dengan cara menjadi dosen.

Apalagi pada masa sekarang semakin banyak universitas yang mulai menyediakan jurusan manajemen informatika guna menjawab kebutuhan IT yang kian terus meroket.

Dengan melihat peluang menjadi dosen dari jurusan yang tengah naik daun ini, maka membutuhkan kualifikasi yang sangat sangat tinggi.

Sehingga sebelum menjadi pengajar, diharapkan kamu memperluas ilmu mu pada jenjang S2. Selain itu pastikan kamu juga memiliki prestasi yang menunjukkan bahwa kamu layak menjadi seorang dosen yang handal.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Administrasi Negara

Diatas tadi merupakan gambaran lengkap mengenai seorang jurusan manajemen informatika. Bagi yang tertarik dengan pendidikan tersebut, wawasan di muka bisa kamu jadikan referensi dan pertimbangan.

Kamu juga bisa mencuri start dengan belajar serta membaca materi wajib yang disebutkan, supaya tidak kaget dalam proses pembelajarannya nanti.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!