Cara Melamar di KAP Big Four

Bagaimana Cara Melamar di KAP Big Four? Disini siapa yang tidak ingin berkarir di salah satu perusahaan besar? tidak hanya startup yang menjadi incaran anak muda, namun kini ada perusahaan yang sudah populer di telinga masyarakat yang disebut dengan KAP Big Four.

Cara Melamar di KAP Big Four

Perusahaan tersebut menjadi primadona bagi anak akuntansi. Namun bagi kamu yang belum paham, berikut penjelasan lebih lengkapnya untuk kamu.

A. Apa Itu KAP Big Four

Jadi bagi kamu yang belum tahu apa itu KAP, maka dengan membaca ini akan memecahkan kebingungan kamu. Jadi yan dimaksud dengan KAP Big Four adalah perusahaan yang bergerak dalam akuntan dan memberikan pelayanan mengenai konsultasi pajak serta berbagai manajemen lainnya. Di dalam KAP tersebut terdapat empat firma seperti PwC, KPMG, EY, Deloitte Touche Tohmatsu.

Mendapatkan sebutan sebagai KAP Big Four karena keempat firma atau perusahaan didalamnya tersebut mempunyai nilai aset yang cukup besar serta jaringan yang cukup luas.

Bahkan keempat firma itu sering melakukan pelayanan perusahaan kelas Global Fortune 500. Jadi sangat mustahil jika ada orang yang tidak tertarik bekerja di perusahaan ini.

Pada zaman dahulu sebelum menjadi Big Four, sekitar tahun 1980 an terdapat 8 firma besar yang ada dalam perusahaan KAP. Akan tetapi, adanya beberapa konflik sehingga terbentuklah 4 firma besar yang saat ini disebut dengan Big Four.

Dimana tiga perusahaan seperti PwC, EY, dan Deloitte Touche Tohmatsu berpusat di Britania Raya. Sedangkan untuk KPMG berada di Belanda.

B. Penjelasan 4 Firma Besar

1. Deloitte

Dari keempat firma yang ada di KAP, pertama kita akan membahas mengenai deloitte. Berbagai layanan yang ditawarkan oleh deloitte yaitu berupa jasa audit dan jug asuransi.

Selain itu juga menyediakan konsultasi, keuangan, hukum, pajak, dan laporan risiko. Untuk saat ini deloitte mempunyai pegawai sekitar 312.000 dan kantor yang tersebar di 150 negara.

Wilayah Indonesia sendiri terdapat dua kantor deloitte yang cukup besar, yaitu berada di Kota Jakarta dan Surabaya. Berdasarkan hasil review pegawai yang masih bertahan atau sudah berhenti bekerja dari deloitte, menyatakan bahwa gaji yang akan diperoleh sekitar 8,2 hingga 49,1 juta perbulannya.

2. EY (Ernst and Young)

EY merupakan salah satu firma yang memberikan pelayanan perusahaan Furniture Global 500 sebanyak 87 persen, sedangkan untuk perusahaan Forbes Global 2000 sekitar 73 persen.

Ernst and Young ini membangun kerjasama dengan 200.000 klien dengan pelayanan berupa konsultasi, pajak, asuransi, strategi dan juga transaksi.

Range gaji yang diberikan para pegawai Ernst and Young beraneka ragam, mulai dari range 3 hingga 78,4 juta setiap bulannya untuk bagian eksekutif.

Sedangkan pada bidang pelayanan gaji yang akan diterima sekitar 48 sampai 50, 2 juta. Biasanya gaji yang diberikan tersebut tergantung pada tingginya jabatan dan bidang yang di emban.

3. PwC

Hampir sama dengan dellote dan EY, bahwa ia bergerak dalam memberikan pelayanan berupa pajak, asuransi, dan juga advisory.

Asal kamu tahu, bahwa PwC ini sudah memberikan pelayanan kepada perusahaan Global Fortune 500 sebanyak 84%. Tidak hanya itu, ia juga sudah memberikan pelayanan kepada lebih dari 100.000 bisnis swasta.

Dengan banyaknya pelayanan yang diberikan, juga sebanding dengan cara melamar di KAP Big Four yang cukup terbilang mudah, serta gaji yang diberikan perusahaan.

Umumnya gaji pegawai untuk bidang manajemen diberikan dengan range sekitar 4 sampai 70 juta. Sedangkan untuk bidang tax manajer akuntansi, gaji yang bakal diterima kurang lebih 27 hingga 30 juta per bulannya.

4. KPMG

KPMG bergerak untuk memberikan pelayanan berupa jasa audit, asuransi, konsultasi semua industri, dan juga pajak. Degan jasa tersebut, besaran gaji yang bakal diterima oleh karyawan dalam bidang akuntansi antara 5 hingga 7 juta setiap bulannya.

Sedangkan untuk internship dalam bidang informatika, ia juga bakal digaji sekitar 2 sampai 3 juta per bulan.

C. Jurusan yang Dibutuhkan

Pasti kamu bertanya-tanya sebenarnya jurusan apa saja yang cocok atau bisa untuk melanjutkan jenjang karir di KAP Big Four.

Karena banyak sekali pelayanan yang ditawarkan dalam perusahaan tersebut, sehingga ada beberapa lulusan dari jurusan kampus yang dapat melamar disana.

Jurusan yang dimaksud diantaranya computational science, lalu ada bagian keuangan yang nantinya bakal terjun dalam bidang audit.

Kemudian juga ada jurusan bisnis manajemen yang akan menangani masalah manajemen di perusahaan tersebut. Jurusan lainnya datang dari matematika, ilmu aktuaria, ekonomi, dan pastinya juga perpajakan.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji Dan Tugas Internal Auditor

D. Cara Melamar di KAP Big Four

Cara Melamar di KAP Big Four

Setelah mengetahui penjelasaan dan jurusan yang bisa melanjutkan jenjang karir di KAP, kini saatnya kamu harus tahu bagaimana cara melamar di KAP.

Caranya cukup mudah, pertama tunggu dulu apakah disana ada lowongan kerja atau tidak. Jika ada, kamu harus menyiapkan beberapa berkas pendukung.

Berkas yang dimaksud seperti ijazah lulusan dari jurusan diatas, surat lamaran pekerjaan, curriculum vitae (CV), foto formal ukuran 3 x 4 biasanya sekitar 3 lembar.

Untuk menarik perhatian HRD, maka isi CV kamu harus menunjukkan pengalaman organisasi atau bekerja di bidang yang selingkup dengan KAP. Selain menarik perhatian, kamu juga bakal dilirik terlebih dahulu.

Bila pernah melakukan internship atau magang di KAP, maka bisa jadi kamu bakal di rekrut terlebih dahulu. Hal tersebut berdasarkan pertimbangan dari pengalaman sebelumnya.

Apalagi jika kamu menorehkan prestasi dan sudah banyak menangani masalah di kantor, maka peluang kamu diterima akan semakin besar.

Baca juga: Rumus Excel Dasar untuk Pekerjaan Admin

E. Kelebihan Berkarir dalam Bidang KAP Big 4

Salah satu kelebihan jika kamu meniti karir di KAP Big 4 adalah dapat meningkatkan pengalaman, ilmu pengetahuan, dan juga kemampuan dalam bidang yang di tekuni.

Dalam waktu yang cukup singkat, maka kamu akan mendapatkan banyak sekali pengalaman baik dari core kompetensi kita atau bahkan dari luar, namun pada bidang yang masih relevan.

Biasanya dalam satu kesempatan, kamu akan diberikan beberapa proyek. Proyek yang diberikan  juga dari berbagai jenis dan memiliki tingkat kesulitan berbeda-beda.

Maka dengan kegiatan tersebut yang pada akhirnya membuatmu bisa meningkatkan skill dan juga berlatih banyak hal.

Kelebihan lainnya yaitu kamu bakal bekerja dengan orang-orang cerdas setiap harinya. Sebab disana kamu akan  menemukan rekan-rekan dari lulusan luar negeri.

Bahkan kamu juga tidak jarang melihat rekan yang sampai double promote karena prestasinya. Walaupun begitu, cara melamar di KAP Big Four bisa terbilang mudah dan dibuka untuk semua lulusan baik dari dalam atau luar negeri.

Itulah penjelasan mengenai KAP Big Four yang bisa kamu jadikan salah satu pertimbangan jika ingin melanjutkan jenjang karir di sana.

Selain menaruh minat dalam dunia ekonomi, kamu yang dari jurusan lain tidak perlu berkecil hati. Sebab jurusan seperti manajemen bisnis, computational sciense dan sebagainya juga masih berpeluang untuk mendaftar disana dengan mudah.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!