Cara Mencari Lowongan Kerja di Luar Negeri

Bagaimana Cara Mencari Lowongan Kerja di Luar Negeri? Belakangan banyak sekali para fresh graduate ataupun orang-orang umum bakal mulai mencari lowongan kerja di luar negeri.

Cara Mencari Lowongan Kerja di Luar Negeri

Selain pengalaman dan gaji yang sangat menjanjikan, kamu juga bakal bertemu dengan orang baru dan bisa menikmati berbagai tempat wisata disana.

Lalu bagaimana cara mencari lowongan kerja di LN? Penasaran? yuk simak penjelasannya dibawah ini.

A. Cara Mendapatkan Kerja di Negara Lain

1. Dengan Mengikuti Program Kerja sambil Liburan

Dalam kaitannya dengan pekerjaan di luar negeri saat ini bukanlah menjadi sesuatu kebutuhan melarikan diri negara asal. Sebab mencari pekerjaan di luar negeri umumnya dikarenakan kurangnya lapangan pekerjaan yang ada di negara asal.

Sehingga tidak khayal jika banyak masyarakat yang beralih profesi ke luar negeri.

Menurut badan organisasi ekspratiar yang ada di dunia, dengan kerja di luar negeri saat ini sudah menjadi salah satu gaya hidup semua orang untuk memenuhi kebutuhan.

Bahkan ada juga orang yang liburan di penjuru dunia sambil menjalani pekerjaan yang bersifat sementara.

Dalam menjalankan kedua peran tersebut, tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Hal ini karena setiap negara memiliki aturan dan mewajibkan setiap orang yang masuk ke negaranya untuk memiliki surat-surat yang lengkap.

Tentunya salah satu surat yang dimaksud adalah visa kerja. Namun visa kerja tersebut bakal berbeda dengan visa TKI ataupun TKW.

2. Melalui Perusahaan

Cara selanjutnya merupakan salah satu hal yang aman untuk dikerjakan oleh semua orang yaitu dengan melalui perusahaan. Dikatakan aman karena dengan dalam menjalankan urusan tersebut bakal dibantu oleh pihak perusahaan.

Selain itu pihak perusahaan akan menjamin segala aktivitas kamu selama ada di luar negeri. Sehingga dengan cara ini bisa menjadi kesempatan emas untuk kamu.

3. Melalui Berbagai Program Magang

Jika kamu masih berada dalam usia di bawah 30 tahun, maka kamu bisa mengikuti berbagi program magang yang diadakan oleh beberapa perusahaan atau tempat di luar negeri.

Umumnya bakal ada beberapa perusahaan raksasa yang akan menerima para pekerja dari negara asing.

Biasanya ini akan terjadi berkat adanya kerjasama antar negara. Baik dalam bidang industri maupun pendidikan. Bahkan ada juga beberapa negara yang menerapkan sistem program pertukaran pekerja untuk menilai dan juga mengukur berbagai kompetensi baik dari pekerja lokal maupun luar.

Dengan adanya kegiatan tersebut juga bisa saling bertukar ide dan skill bagi setiap delegasi dari negara.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Administrasi Negara

B. Cara Ampuh Mencari Lowongan Kerja di Luar Negeri

Cara Mencari Lowongan Kerja di Luar Negeri

1. Melakukan Riset Kecil-kecilan Terkait Berbagai Situs Resmi dari Perusahaan yang Akan Kamu lamar

Sukan karena asal-asalan yang membuat kamu bisa mendapatkan pekerjaan di luar negeri. Akan tetapi kamu juga perlu untuk melakukan riset terkait perusahaan yang ingin dilamar.

Bahkan dalam kaitannya dengan hal ini kamu juga harus lebih ketat dalam menyaringnya, tujuannya agar mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bakat dan minatmu.

Ada kalanya kamu juga bisa membuat check list sebagai cara mencari lowongan kerja di luar negeri, mulai dari kantor mana saja yang sudah terjamin memberikan gaji kepada karyawannya, fasilitas, dan juga keuntungan lainnya.

Atau kamu juga bisa membuat list terkait dokumen apa saja yang diperlukan pada saat melamar. Mungkin akan terlihat sepele, namun hal tersebut sangatlah penting.

2. Gunakan Media Sosial dan Aktif di Grup Pencari Kerja

Cara ampuh mencari kerja lainnya yaitu dengan lebih aktif dan bijak dalam menggunakan media sosial. Menggunakan media sosial dan situs pencari kerja seperti linkedin juga mampu untuk menghubungkan kamu dengan berbagai perusahaan terkenal. Dengan begitu maka secara bertahap kamu bakal menemukan pekerjaan yang sesuai.

Melalui grup pencari kerja atau media sosial juga memberikan manfaat bagi kamu untuk mengetahui seluk beluk yang berhubungan dengan pegawai, kantor, gaji, dan juga budaya yang dijunjung dalam sebuah perusahaan.

Setelah mengetahui hal tersebut, maka kamu harus mempersiapkan profil terbaik untuk menarik perektur agra menerimamu.

3. Perlunya Mempersiapkan Niat dan Juga Antusias yang Tinggi

Selain kedua hal diatas, kamu juga perlu menyiapkan kepercayaan diri serta niat yang kuat tatkala melamar pekerjaan di negara luar.

Persiapkan segala macam kebutuhan yang diperlukan, mulai dari berbagai surat, dokumen legal yang dibutuhkan, hingga presentasi skill serta pengalamanmu.

Alih-alih bakal bermalas-malasan sesaat setelah melamar pekerjaan, kamu juga bisa mencari perusahaan lainnya yang sesuai denganmu.

Semakin tinggi antusias serta keingin tahuanmu, maka semakin banyak pula pilihan perusahaan mana yang cocok dan sesuai dengan bakat, minat, serta skill yang kamu miliki.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi

4. Perdalam Skill serta Persiapkan Mental

Cara selanjutnya yaitu dengan semakin memperdalam skill serta mempersiapkan mental. Hal tersebut sangat perlu dipersiapkan agar pada saat kamu diterima, jadi tidak kagok dengan berbagai iklim yang ada di sana.

Selain itu siapkan mental yang kuat dan tahan banting dalam kondisi apapun, sebab hampir semua perusahaan akan memberikan sikap menekan bagi setiap karyawannya.

Tidak hanya di dalam negeri saja, bahkan dengan kamu bekerja di luar negeri justru akan semakin banyak tantangan yang akan kamu terima.

Bahkan karena budaya yang berbeda juga menjadi salah satu tangan tersendiri bagi kamu yang berkarir di luar negeri. Sehingga mulai dari sekarang, persiapkan semuanya dengan baik, dan konsistenlah dengan apa yang kamu inginkan.

5. Berikan Usaha Semaksimal Mungkin

Jika kamu mengalami kegagalan pada saat melamar pekerjaan di luar negeri, maka anggap hal tersebut sudahlah biasa. Sehingga taruhlah harapanmu serendah mungkin.

Akan tetapi bukan berarti kamu tidak memperkirakan gaji yang bakal diterima serta posisi yang bagus, namun alangkah baiknya jika kamu memilih lowongan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuanmu.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Sastra Inggris

6. Jangan Lupa untuk Menyiapkan Biaya serta Dukungan Restu dari Orang Tua

Pada faktanya memang tidak ada sebuah usaha apa pun yang memulai berdagang dengan modal nol. Pasti dalam menjalankan usaha tersebut ada yang namanya modal awal.

Hal yang sama juga berkaitan dengan kebutuhan pekerjaan kamu. Dimakan sebelum kamu melangkah akan membutuhkan modal seperti tempat tinggal, visa, asuransi dan masih banyak yang lainnya.

Pastinya keputusanmu dalam bekerja di luar negeri bukanlah hal yang sangat mudah diterima oleh keluarga. Karena selain biaya, pasti mereka juga mempertimbangkan jarak yang jauh, kondisi lingkungan yang di takutkan kurang bersahabat dan masih banyak yang lainnya.

Maka dari itu, pastikan kamu memperoleh izin sebagai jembatan cara mencari lowongan kerja di luar negeri.

Diatas tadi beberapa cara yang bisa kamu lakukan jika ingin mencari keberuntungan dengan bekerja di luar negeri. Dengan menerapkan beberapa cara tersebut, bisa menjadi salah satu jembatan yang nantinya mengantarkan kamu meniti karir disana.

Selain trik diatas, biaya, berkas seperti visa, dan pastinya ridho orang tua sangatlah penting untuk melancarkan misi pencarian kerjamu.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!