Contoh Hard Skill yang Dibutuhkan Perusahaan

Apa Contoh Hard Skill yang Dibutuhkan Perusahaan? Selain soft skill, ternyata kamu juga wajib untuk memiliki hard skill guna bekal dalam dunia kerja.

Contoh Hard Skill yang Dibutuhkan Perusahaan

Seiring dengan berjalannya waktu, baik itu karyawan yang ingin naik gaji maupun fresh graduate harus meng upgrade hard skill yang ada pada dirinya.

Lalu sebenarnya hard skill yang dibutuhkan perusahaan itu apa saja? penasaran? berikut ulasannya untuk kamu.

A. Contoh Hard Skill yang di Perlukan dalam Perusahaan

1. Kecakapan dalam Hal Komunikasi

Komunikasi sudah menjadi hal yang wajib kamu miliki jika ingin berkecimpung dalam dunia kerja, terlebih jika masuk perusahaan ternama.

Pada dasarnya komunikasi masuk dalam ranah kemampuan soft skill, akan tetapi interpretasi nyata dari bagaimana caramu dalam komunikasi itu termasuk hard skill.

Jika kamu mempunyai kemampuan dalam komunikasi yang baik, maka perusahaan akan membutuhkan sosokmu disana. Sebab kemampuan ini adalah skill bawaan yang nantinya hanya akan dimiliki oleh beberapa orang saja.

Contoh dari hard skill dalam bidang komunikasi yang wajib kamu ketahui adalah copywriting, PR, penguasaan bahasa asing, konten kreator, dan lainnya.

Dengan berbagai kemampuan yang ditawarkan dalam bidang komunikasi tersebut, sangat dibutuhkan oleh perusahaan untuk tujuan mempromosikan produk, seles, menjalin kerja sama dengan tempat lain dan sebagainya.

Apalagi jika kamu sudah bekerja dengan iklim perusahaan yang terus bergerak cepat, maka komunikasi akan sangat di berguna.

2. Kemampuan dalam Teknologi Komputer

Hard skill yang dibutuhkan selanjutnya adalah berkaitan dengan device dan gadget. Bila berbicara persoalan komputer, pastinya ranah yang akan dibahas akan sangat luas.

Apalagi di masa sekarang ini semua orang sudah mulai melek akan teknologi. Sehingga akan semakin banyak peluang bagi kamu untuk direkrut perusahaan.

Umumnya pihak perusahaan tidak hanya membutuhkan calon karyawan yang hanya paham terkait cara mengoperasikan komputer secara basic, melainkan lebih dari itu.

Diantaranya monitoring server, pemrograman dan juga web development, media sosial, tabel pivot, penggunaan soft office, teknisi komputer dan jaringan, serta masih banyak yang lainnya.

3. Skill dalam Analisis Data

Ada beberapa perusahaan yang memang menggabungkan antara bidang analisis data dengan riset penelitian, namun pada kenyataan kedua hal ini memiliki perbedaan.

Jika kamu memiliki kemampuan yang dibutuhkan dalam dunia kerja yang satu ini, maka akan sangat berguna untuk mengumpulkan informasi, data, serta menganalisisnya untuk dijadikan patokan standar kerja bagi perusahaan.

Wajib untuk kamu ketahui, berbagai kemampuan hard skill yang ada harus dimiliki dalam analisis data meliputi data research, mining, presentation, engineering, resource management, manajemen database dan masih banyak yang lainnya.

Jika memiliki hard skill tersebut, maka akan memudahkan untuk di terima di perusahaan yang kamu impikan.

4. Skill Marketing dan Promotion

Asal kamu tahu, bahwa hard skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja yang satu ini bukan hanya sekedar menjadi seorang salesman yang mungkin selama ini kita kenal.

Akan tetapi lebih dari itu. Apalagi jika pihak perusahaan besar, umumnya susunan karyawannya akan memiliki beberapa sub bidang yang cukup banyak.

Penting untuk dipahami, biasanya pihak perusahaan tidak hanya membutuhkan kemampuan komunikasi saja, akan tetapi juga berbagai pemahaman akan sisi psikologi individu, terutama konsumen.

Berikut ini ada beberapa hard skill yang ada dalam dunia promosi dan marketing. Mulai dari offline marketing, SEO, SEM, data analytics, content creator dan masih banyak yang lainnya.

5. Kemampuan Dalam Hal Manajemen Keuangan

Apabila kamu termasuk salah satu mahasiswa lulusan ekonomi, maka tentunya saat menyelesaikan studi akan dibekali dengan berbagai kemampuan salah satunya mengelola keuangan.

Contoh hard skill yang dibutuhkan perusahaan dalam hal manajemen keuangan diantaranya analisis data, akuntansi, konsultan bisnis, dan juga actuarial.

6. Kemampuan Desain Digital

Bentuk hard skill selanjutnya yang kamu siapkan jika ingin berkecimpung dalam perusahaan adalah keterampilan dalam desain digital.

Pada bagian ini, kamu akan dituntut untuk memiliki kreatifitas yang tinggi. Dan umumnya mendesain adalah sebuah hard skill alami yang hanya akan dimiliki oleh mereka yang mempunyai bakat saja.

Biasanya hampir semua yang masuk dalam dunia pendidikan dan pelatihan desain adalah mereka yang memang mempunyai cikal bakal skill yang bagus.

Maka dari itu jika kamu mempunyai keterampilan jangan di sia-siakan, karena di masa sekarang ini akan sangat dibutuhkan.

Lalu hard skill yang ada dalam dunia desain digital itu apa saja? jadi yang dibutuhkan oleh perusahaan terkait skill desain digital adalah mulai dari riset dan pengaplikasian user experience, pembuatan konten promosi yang terdiri dari banner, baliho, infografis, poster dan lainnya.

Dan skill yang terakhir adalah pengembangan user interface yang website ataupun aplikasi.

7. Lisensi Mengemudi

Dari sekian banyak profesi, baik dalam perkantoran ataupun pekerja lapangan, maka sangat penting untuk tetap memiliki lisensi mengemudi. Mulai dari SIM A dan juga C.

Mungkin sebagian besar akan menganggap hal seperti itu sangatlah sepele, akan tetapi dalam case tertentu bisa menjadi pembeda antara kamu dan juga karyawan.

Baca juga: Cara Mengetahui Standar Gaji Perusahaan

B. Macam Hard Skill yang Perlu Dimasukkan ke CV

1. Skill Leadership yang Baik

Contoh Hard Skill yang Dibutuhkan Perusahaan

Macam hard skill yang perlu untuk dimasukkan kedalam CV yang pertama adalah kepemimpinan. Dimana leadership ini adalah salah satu kunci keberhasilan dalam sistem pekerjaan dalam model tim.

Maka dari itu sebaiknya cantumkan hard skill ini pada curriculum vitae dalam lamaran kerjamu.

Apabila kamu merasa jika skill yang satu ini masih kurang baik untukmu, maka bisa dilatih dengan terus mencoba melakukan koordinasi tugas bersama rekan kerja.

Terkadang memang skill ini tidak dimiliki pada semua orang, namun tingkatannya berbeda-beda. Sehingga latihan dan ikut andil dalam berbagai event mampu untuk melatih skill tersebut.

2. Kemampuan dalam Bahasa Asing

Sudah menjadi rahasia umum jika mempunyai skill bahasa asing akan menjadi nilai plus dalam melamar pekerjaan. Sehingga skill tersebut dapat kamu masukkan dalam CV mu. Karena akan menjadi nilai plus dimata perekrut. Apalagi jika kamu mengambil posisi berkaitan erat dengan perusahaan internasional ataupun asing.

3. Kreatif dan Inovatif

Kemampuan seperti ini juga sangat penting untuk dicantumkan pada curriculum vitae. Apalagi jika kamu memang melamar pada perusahaan startup.

Pasalnya, perusahaan seperti ini akan membutuhkan kreatifitas serta inovasi yang tinggi dalam usaha mengembangkan bisnisnya.

Baca juga: Cara Kerja dan Keuntungan Jadi Reseller

4. Kemampuan Menganalisa Data

Contoh Hard Skill yang dibutuhkan Perusahaan dan bisa kamu masukkan dalam CV adalah kemampuan menganalisis data. Kemampuan yang satu ini paling banyak diincar oleh perusahaan.

Dengan skill tersebut akan memudahkan untuk memetakan strategi perusahaan yang tepat bagi perusahaan, agar bisa menjangkau klien yang lebih luas lagi.

Kesimpulannya adalah bahwa hard skill memang sangat penting dan memberikan banyak kontribusi dalam mencari pekerjaan, apalagi di perusahaan.

Dengan berbagai contoh skill diatas juga bisa kamu pertimbangkan, kira-kira skill apa saja yang kamu miliki dan dimasukkan dalam CV mu. Dengan memperhatikan hal tersebut, maka usahamu kerja di perusahaan akan segera tercapai.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!