10 Komponen Sistem Informasi Manajemen

Apa saja Komponen Sistem Informasi Manajemen? Komponen informasi manajemen sebagai komponen yang membentuk sistem informasi. Sedangkan sistem informasi adalah pemanfaatan teknologi komputer di perusahaan agar informasi tersampaikan kepada pengguna.

10 Komponen Sistem Informasi Manajemen

A. Pengertian Komponen Sistem Informasi Manajemen

Pengertian komponen adalah bagian dari keseluruhan. Pengertian komponen adalah kata yang berasal dari kata latin elementum yang berarti “beberapa bagian dasar yang memicu sesuatu”.

Dalam artikel ini, penulis akan meninjau sisi pemicu sistem informasi manajemen dan tujuan tinjauan ini agar kita semua tahu apa saja komponen-komponen sistem informasi manajemen yang diperlukan agar bisa menjadi SIM.

Baca juga: Sistem Informasi Manajemen Adalah: Pengertian, Fungsi, dan Tujuan

B. Komponen Sistem Informasi Manajemen

Sistem informasi manajemen mewakili seluruh komponen yang membentuk suatu sistem informasi.

Komponen sistem informasi terdiri dari dua unsur, yaitu komponen sistem informasi manajemen fungsional dan sistem informasi manajemen fisik.

1. Komponen Sistem Informasi Manajemen Secara Fungsional

10 Komponen Sistem Informasi Manajemen

Komponen sistem informasi adalah semua elemen yang terkait dengan teknik pengumpulan data, pemrosesan, pengiriman, penyimpanan, dan penyajian informasi yang diperlukan untuk manajemen, meliputi:

a. Sistem Administrasi dan Operasional

Sistem ini melakukan beberapa kegiatan rutin seperti: sisi SDM, administrasi, dll, dimana prosedur telah ditetapkan, dan sistem ini harus terus diperiksa agar perubahan dapat ditemukan secepat mungkin.

b. Sistem Pelaporan Manajemen

Sistem ini merupakan sistem yang dirancang untuk membuat dan mengirimkan laporan yang bersifat periodik kepada beberapa pengambil keputusan sehingga beberapa pengambil keputusan memiliki materi atau informasi yang mereka butuhkan untuk membuat keputusan yang tepat.

c. Sistem Database

Database merupakan koordinasi dari beberapa data yang saling berhubungan untuk memudahkan kegiatan untuk memperoleh informasi.

Database bertujuan untuk mengatasi masalah dengan sistem yang menggunakan pendekatan berbasis arsip.

Sistem database berfungsi sebagai area untuk menyimpan data dan informasi oleh beberapa unit organisasi, dengan database cenderung berkembang sesuai dengan perubahan organisasi sampai hubungan antar unit organisasi, sehingga lebih banyak informasi yang dibutuhkan.

Perangkat lunak yang disebut DBMS diperlukan untuk memelihara database. DBMS adalah sistem perangkat lunak yang memungkinkan banyak pengguna untuk membuat, memelihara, mengelola, dan menghubungkan database dengan cara yang sederhana dan efisien.

d. sistem pencarian

Berperan dalam menyediakan data atau informasi yang dibutuhkan untuk mengambil keputusan sesuai permintaan dan tidak direncanakan.

e. Manajemen data

Manajemen data adalah bagian dari manajemen sumber daya informasi yang mencakup semua aktivitas yang memastikan bahwa data:

  1. Data yang akurat
  2. Up to date
  3. Aman
  4. Tersedia untuk pengguna (users)

Bertindak sebagai penghubung antara beberapa komponen sistem informasi dengan database dan antara setiap elemen sistem informasi.

Baca juga: 12 Contoh Sistem Informasi Manajemen dan Penjelasannya

2. Komponen Sistem Informasi Manajemen Secara Fisik

10 Komponen Sistem Informasi Manajemen

Komponen sistem informasi manajemen adalah semua alat dan perangkat fisik yang digunakan untuk menjalankan sistem informasi manajemen.

Beberapa komponen tersebut antara lain:

a. Perangkat Keras

Perangkat keras adalah suatu elemen komputer yang sifatnya dapat dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung atau dalam bentuk nyata dan yang tugasnya mendukung proses komputerisasi.

Perangkat keras dapat beroperasi berdasarkan instruksi yang diberikan padanya, atau yang dikenal sebagai set instruksi.

Karena jika perintah-perintah yang dapat dimengerti oleh perangkat keras, maka perangkat keras dapat melakukan berbagai aktivitas yang ditentukan oleh pemberi perintah.

Perangkat keras memiliki komponen dasar, yaitu:

  • Input
  • Pemrosesan (CPU)
  • Penyimpanan
  • Output

b. Perangkat lunak

Jika perangkat keras adalah elemen nyata yang dapat dilihat dan disentuh oleh manusia, maka perangkat lunak atau perangkat lunak tidak dapat disentuh dan disaksikan secara fisik.

Perangkat lunak adalah kumpulan data elektronik yang ditempatkan dan diatur oleh komputer.

Data elektronik yang ditempatkan oleh komputer dapat berupa program atau instruksi yang dirancang untuk melaksanakan suatu instruksi. Perangkat lunak atau sofware berikut memungkinkan komputer untuk menjalankan instruksi, Perangkat lunak dibagi menjadi 3:

  • Sistem perangkat lunak umum, seperti: sistem. Sistem operasionalisasi dan sistem manajemen data yang memungkinkan operasionalisasi sistem komputer.
  • Program perangkat lunak umum seperti mode analisis dan keputusan
  • Program perangkat lunak yang terdiri dari program terperinci yang dibuat untuk setiap program

c. Database

10 Komponen Sistem Informasi Manajemen

Database bertindak sebagai area untuk menyimpan data dan informasi oleh beberapa unit organisasi, dengan database cenderung berkembang dengan perubahan organisasi hingga hubungan antar unit ikut berkembang, menghasilkan lebih banyak informasi yang dibutuhkan.

Tujuan utama dari database adalah:

  1. Menghindari loop data (redundansi)
  2. Mencapai indepedensi data (kemampuan untuk mengubah struktur data tanpa mengubah program yang memproses data. Indepedensi data dicapai dengan menempatkan rincian dalam tabel dan kamus yang secara fisik terpisah dari program.

d. Prosedur pengoperasian

Proses sebagai item fisik, karena proses disiapkan dalam bentuk fisik seperti manual dan perintah, dibagi menjadi 3 jenis perintah proses untuk pengguna, langkah-langkah yang diperlukan pengguna untuk mendapatkan informasi untuk digunakan yaitu:

  1. Perintah persiapan data sebagai input
  2. Perintah Operasional

e. Personalia pengoperasian

  1. Operator
  2. Programmer
  3. Analisis sistem
  4. Personalia penyiapan data
  5. Koordinator pengoperasian dan pengembangan SIM.

Penjelasan lebih lengkap Komponen Sistem Informasi Manajemen bisa dilihat di video dibawah ini

Sekian artikel berjudul 10 Komponen Sistem Informasi Manajemen, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!