Pekerjaan, Gaji, dan Tugas Sales

Bagaimana Pekerjaan, Gaji, dan Tugas Sales? Sales adalah ujung tombak sebuah perusahaan. Baik perusahaan barang maupun jasa, Bahkan produk retail jenis FMCG. Kehadiran karir yang diperlukan ini selalu dikelola dengan staf terbaik untuk lebih memajukan pendapatan perusahaan.

Pekerjaan, Gaji, dan Tugas Sales

Ketika Anda berbicara tentang suatu area di sebuah perusahaan, istilah karir sales sudah tidak asing lagi bagi Anda. Halaman ini umumnya tentang berbagai jenis pemasaran. Namun ternyata ada berbagai jenis karir tergantung pada pekerjaan dan perannya.

A. Pengertian Sales

Posisi pada sisi pemasaran sales adalah sebagai sekelompok orang yang berada di garis depan transaksi bisnis jual beli barang dan/atau jasa perusahaan.

Seorang sales akan menawarkan dan merekomendasikan barang atau jasa dan mendemonstrasikan cara menggunakan produk perusahaan tempat mereka bekerja.

Bila disimpulkan bahwa sales adalah suatu proses pemasaran atau marketing. Namun dari segi karir, berarti seseorang yang menjual produk dan jasa. Istilah ini harus diketahui, terutama di dunia industri.

Lebih khusus lagi, orang sales adalah orang yang menawarkan produk kepada pelanggan. Proses pemasaran telah menetapkan tujuan yang sama sesuai dengan peraturan masing-masing perusahaan. Baik dari segi pemasaran, suplai dan promosi.

Sebuah tim sales umumnya akan berhubungan langsung dengan pelanggan mereka, atau istilah lain adalah one on one.

Hal sebaliknya berlaku untuk pekerja produksi yang berhadapan langsung dengan mesin yang keras dan suhu kerja setiap hari. Oleh karena itu, ilmu komunikasi sangat diandalkan dalam tugas yang satu ini. Juga, prosesnya dapat dilakukan melalui telepon.

Sistem pemasaran yang digunakan oleh sales juga bervariasi. Misalnya, Menawarkan barang atau jasa kepada calon pelanggan yang datang ke toko, menawarkan barang atau jasa kepada pelanggan, menciptakan mitra bisnis baru, dan lain-lain.

Salah satu poin terpenting yang harus diperhatikan dan juga tugas sales dalam bekerja adalah hubungan interpersonal dengan pelanggan. Juga, berbicara dengan pelanggan jelas merupakan sebuah langkah.

Penjual tidak boleh menyerah begitu saja. Setelah itu, setelah tawaran Anda diterima, Anda tidak bisa berhenti begitu saja.

Anda dapat menawarkan produk lain. Pada dasarnya, ketika menawarkan produk kepada pelanggan, Anda harus bisa menjelaskan dari sudut pandang pelanggan.

B. Tugas dan Tanggung Jawab Sales

Pada dasarnya, sales memiliki berbagai macam pekerjaan. Namun secara umum, tanggung jawab adalah mengurus setiap kegiatan pemasaran atau penawaran produk. Namun berdasarkan posisinya, tanggung jawabnya dibagi menjadi beberapa bagian.

  • Tugas sales menawarkan produk kepada pelanggan.
  • Menjual produk ke pelanggan.
  • Tunjukkan kepercayaan pada pelanggan potensial.
  • Berikan instruksi kepada target.
  • Memenuhi kebutuhan banyak pelanggan.
  • Menawarkan barang atau jasa kepada pelanggan yang diproduksi oleh perusahaan.
  • Tugas sales menjelaskan detail produk yang akan dipasarkan kepada pelanggan.
  • Memberikan salinan perhitungan biaya yang dikeluarkan dan menjelaskan manfaat yang ingin dicapai.
  • Berkomunikasi dengan pelanggan setia.
  • Tugas sales terakhir membahas barang dan jasa yang akan dipasarkan kepada calon konsumen.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji, Fungsi dan Tugas Social Media Specialist

C. Gaji dan Tunjangan Sales

Pekerjaan, Gaji, dan Tugas Sales

Gaji sales sangat bervariasi. Anda mungkin tidak dapat membuat standar berdasarkan posisi saja. Masalahnya ada beberapa faktor yang sangat mempengaruhi nilai nominal.

Selain itu, nilainya sangat tergantung pada jenis perusahaan yang menanggungnya.

Namun, jika gaji standar atau rata-rata tim sale sdimulai dari Rp. 3.000.000/bulan. Namun mungkin akan berbeda jika Anda bekerja di kota yang memiliki upah minimum yang rendah.

UMR dalam hal ini cukup berperan dalam menentukan gaji pegawai dengan status tersebut.

Selain itu, perusahaan tempat Anda bekerja juga mempengaruhi nominal gaji dan tunjangan. Mulai dari industri hingga ukuran rasio dan status. Selain itu, posisi ini juga dibagi menjadi beberapa bagian, gajinya pasti sangat berbeda.

Jenjang Karir

Secara umum karir sales memiliki kekuatan pengembangan profesional yang jelas di masa depan, berikut adalah beberapa posisi yang tersedia.

  1. Junior Sales
  2. Senior Sales
  3. Sales Management
  4. Sales Leader

Baca juga: Pekerjaan, Gaji, fungsi dan Tugas Staff Logistik

D. Syarat dan Kualifikasi Sales

Sebagai sales, harus ada kategorisasi khusus oleh kelompok perusahaan. Itu tergantung pada pergerakan area bisnis. Namun, secara umum, keterampilan dan kekuatan sales terdiri dari bagian-bagian yang harus dikuasai.

1. Pendidikan dan Pengalaman

Pendidikan minimal seorang tenaga penjual umumnya sederajat SMA/SMK sampai dengan S1. Tergantung posisi yang akan diisi. Perusahaan besar umumnya menambahkan kategorisasi khusus dalam hal pengalaman, yaitu minimal satu tahun.

2. Skill dan Kemampuan

Kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang sales adalah komunikasi. Soalnya tugasnya adalah menemui beberapa orang dan menawarkan produk untuk dipasarkan.

Melalui kemampuan ini, pelanggan bertindak secara otomatis dan pengetahuan sales bisa dilatih. Dengan detail sebagai berikut:

  • Kemampuan berkomunikasi
  • Kemampuan pemikiran inovatif
  • Kemampuan riset pasar
  • Kemampuan analitik
  • kekuatan tawar menawar
  • kemampuan bahasa asing

Baca juga: Pekerjaan, Gaji, dan Tugas Management Trainee

E. Jenis-Jenis Pekerjaan dalam Sales

1. Sales Representative

Pekerjaan pertama di dunia penjualan adalah sales representatif. Posisi ini merupakan level dasar dalam sebuah tim marketing.

Mereka adalah orang-orang yang menjadi ujung tombak pemasaran. Keberhasilan dalam posisi ini membuka kemungkinan untuk maju ke status yang lebih tinggi.

Jenis panggilan berikut ini umum untuk posisi sales representative di perusahaan: agen penjualan, account representative, advertising representative, brand ambassador, dan lain-lain.

2. Sales Management

Kedua, ada sales management. Posisi ini satu tingkat di atas sales representative. Sales management setara dengan manajer yang mengelola beberapa tenaga sales di bawahnya.

Sales management memimpin tim pemasaran perusahaan. Anda menetapkan tujuan dan menganalisis pemasaran.

Di beberapa perusahaan, posisi ini merupakan prasyarat untuk hubungan yang baik dengan konsumen besar dan dimaksudkan untuk menjaga loyalitas konsumen besar.

Jenis panggilan berikut untuk posisi sales management di perusahaan: account manager, area manager, business development manager, franchise development manager, dan lain-lain.

3. Sales Administrative

Tim admin umumnya akan mendukung tim pemasaran dari sisi admin. Misalnya, menjaga otorisasi perjalanan, menyiapkan marketing kit untuk konsumen, membuat penawaran hingga menghitung dan mengelola administrasi berbagai reward yang diberikan ketika konsumen loyal.

Di beberapa perusahaan, mereka bertindak sebagai jembatan antara tim penjualan dan tim pemasaran.

Jenis panggilan untuk posisi sales administrative di sebuah perusahaan adalah: business development representative, enterprise representative, financial assistant, dan industry representative.

4. Account Executive

Keempat, ada posisi Account Executive yang sering disingkat AE. Posisi ini hampir sama dengan sales management, meskipun pekerjaannya sedikit banyak.

Secara umum, misi AE adalah membangun kemitraan antara perusahaan dengan pelanggannya dan menjaga kemitraan dengan pelanggan yang sudah ada. Jadi fokusnya bukan pada mendapatkan pelanggan baru.

Secara umum, pengetahuan produk yang komprehensif diperlukan dari AE. Selain itu, mereka memiliki lebih banyak pengetahuan tentang tren industri.

Mengetahui hal ini, tugas account manager secara umum adalah menjaga mereka tetap dekat dengan pelanggan tetap.

Panggilan berikut untuk posisi account executive yang biasa ditemukan di perusahaan: channel partner executive, account handler, client executive, dan lain-lain.

5. Executive-Level Management

Secara umum, posisi ini mendefinisikan dan memandu arah pemasaran perusahaan. Tentu saja, arah yang dipilih adalah tujuan jangka panjang.

Selain itu, mereka bertanggung jawab atas ide pemasaran untuk menyampaikan ide hubungan perusahaan dengan konsumen.

Sepuluh tahun atau lebih pengalaman sales biasanya diperlukan untuk mencapai status ini.

Tentunya pengalaman ini harus didukung dengan pengetahuan tentang persaingan pasar dan produk yang dijual ke konsumen.

Panggilan berikut untuk posisi Executive-Level Management yang biasa ditemukan di perusahaan: sales director, chief sales officer, hingga chief financial officer.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji dan Tugas Operator Produksi

E. Tips Lolos Wawancara Sebagai Sales

Pekerjaan, Gaji, dan Tugas Sales

Karena itu, sebelum tes wawancara, pastikan Anda benar-benar siap dengan semua kemungkinan pertanyaan. Karena itu, lebih baik bersiap tepat waktu. Berikut adalah beberapa panduan untuk lulus wawancara sales.

  • Berkomunikasi yang cukup ramah.
  • Menunjukkan kemampuan dan keterampilan.
  • Optimis.
  • Bertindak secara profesional.
  • Tengetahui taktik negosiasi.
  • Memahami tugas sales.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji dan Tugas Promotor Sales

Kesimpulan

Jadi jika Anda berencana melamar pekerjaan dan mengambil posisi ini, setidaknya informasi di atas akan membantu. Juga, jangan lupa untuk membaca tentang keterampilan yang dibutuhkan.

Sekian artikel mengenai Pekerjaan, Gaji, dan Tugas Sales, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!