10+ Persiapan Interview Kerja agar Lancar Tanpa Kendala

Bagaimana Persiapan Interview Kerja agar Lancar Tanpa Kendala? Interview dapat menjadikan interaksi paling menegangkan yang akan anda alami dalam kehidupan profesional. Terutama karena ingin membuat kesan pertama yang sukses. Tetapi seharusnya tidak seperti itu.

4 Tips Persiapan Interview untuk Kesan Pertama yang Sukses

Faktanya, begitu Anda mendapatkan Interview, Anda sudah melewati rintangan terberat, CV awal dan mendapatkan panggilan. Jadi, itu adalah panggung selanjutnya sekarang dan perlu Persiapan Interview Kerja, selamat.

Persiapan Interview Kerja

Dalam perjalanan karir, setiap orang harus melalui interview. Pada tingkat ini, beberapa orang dapat menunjukkan kepada pewawancara kekuatan mereka, mis. calon pemberi kerja dan HRD.

Bisa jadi karena banyaknya pelamar, beberapa pewawancara sering bingung dalam menentukan kandidat yang tepat.

Bukan hanya tingkat pendidikan yang diperhitungkan, tetapi juga kepribadian dan motivasi diri pelamar.

Jika Anda salah satu orang yang sedang mencari pekerjaan, jangan khawatir! cara persiapan interview kerja ini akan semakin memudahkan Anda mendapatkan pekerjaan impian.

Apa saja yang harus dipersiapkan saat interview? Baca pembahasan selengkapnya di bawah ini!

1. Cari tahu Posisi dan Deskripsi Pekerjaan yang Anda lamar

10+ Persiapan Interview Kerja agar Lancar Tanpa Kendala

Persiapkan interview kerja pertama dengan mencari tahu tentang posisi yang akan dilamar. Anda dapat melakukannya dengan membaca deskripsi pekerjaan di setiap posting pekerjaan.

Langkah ini diperlukan karena pada interview nanti pihak perusahaan akan menguji pengetahuan Anda tentang deskripsi pekerjaan dan pengetahuan Anda tentang posisi ini.

Anda bisa melakukannya dengan cara mewawancarai rekan kerja atau partner yang sudah memiliki posisi yang sama, atau dengan melakukan riset di internet.

Bahkan jika Anda benar-benar harus melakukannya, Anda dapat terus menggali teori dasar di bidang ini!

2. Temukan Kekuatan Anda

Menemukan kekuatan anda merupakan salah satu hal Persiapan Interview Kerja. Sebelum mencari pekerjaan, persiapkan interview yang dapat Anda lakukan dengan memahami kelebihan Anda.

Anda perlu memahami kepribadian, bakat, dan keterampilan Anda untuk membuat Anda merasa optimis dan meyakinkan pewawancara tentang hal itu.

Singkatnya, sebelum Anda membuat seseorang percaya pada kekuatan Anda, cobalah untuk percaya pada kekuatan Anda sendiri. Dari sana Anda hanya bisa menunjukkan potensi Anda.

3. Lakukan Latihan Interview

10+ Persiapan Interview Kerja agar Lancar Tanpa Kendala

Berlatih menjawab pertanyaan wawancara sebagai hal yang dapat Anda lakukan untuk Persiapan Interview Kerja.

Padahal, ini bisa dikatakan sebagai salah satu persiapan penting untuk interview kerja, lho! Langkah ini memungkinkan Anda untuk menghitung pertanyaan dan mempersiapkan jawaban sebelum interview.

Hal ini bisa Anda lakukan dengan masukan dari kerabat atau rekan kerja sehingga bisa memberikan penilaian atau pendapat, dan Anda juga bisa melakukannya sendiri di depan cermin.

Perhatikan gerak tubuh dan gerakan Anda saat berbicara. Pastikan beberapa hal ini menggambarkan norma yang tepat untuk interviewkerja, yaitu sopan, ramah, dan berwibawa.

4. Pelajari profil perusahaan

Seperti yang telah disebutkan, memahami deskripsi pekerjaan adalah poin penting dalam Persiapan Interview Kerja. Baca juga deskripsi perusahaan dan industrinya sebagai bagian dari persiapan interview yang harus Anda lakukan.

Interview kerja tidak hanya ditujukan pada kandidat, tetapi juga pada pengetahuan Anda tentang perusahaan tempat Anda melamar.

Biasanya pewawancara akan mengetahui seberapa banyak informasi yang Anda ketahui tentang perusahaan tersebut, misalnya latar belakangnya, produk atau jasa yang dijualnya, misi dan visi perusahaan, dan informasi terkini tentang perusahaan tersebut.

Jika Anda menjawab dengan sukses, Anda pasti akan dianggap sebagai kandidat yang baik dan menghargai kesempatan itu.

Berita bagus jika Anda menerima email atau panggilan telepon dari HRD yang tertarik dengan CV yang anda kirimkan dan mengundang Anda untuk interview. Sekarang saatnya bekerja keras. Saatnya melakukan riset tentang calon atasan Anda di masa depan.

Tapi apa yang membuat penelitian itu sukses dan menginformasikan persiapan yang benar bagi Anda selain melihat ulasan dari situs web?

Di blog ini, kami menjelaskan cara meneliti secara efektif perusahaan yang Anda wawancarai dan bagaimana menggunakan informasi ini untuk keuntungan Anda untuk mendapatkan posisi tersebut.

a. Rencanakan sebelumnya dan hemat waktu untuk persiapan interview kerja

Tidak ada yang mendaki Gunung Everest hanya karena iseng. Jika mereka melakukannya mereka telah terkenal sekarang. Hal yang sama berlaku dengan penelitian Anda.

Anda punya waktu terbatas untuk persiapan, itu dimulai beberapa hari atau satu hari sebelum Anda bertemu pewawancara.

Tentukan sendiri jumlah waktu untuk yang akan dihabiskan untuk meneliti setiap bidang bisnis dan jabatan. Berpegang teguh pada hal itu dan terapkan hal yang sama pada setiap tahap persiapan interview Anda.

Hal tersebut berguna untuk mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang mungkin ditanyakan oleh pewawancara.

b. Informasi relevan sesuai jabatan

Seharusnya cukup mudah untuk mengetahui di mana menemukan informasi yang relevan tentang perusahaan dan jabatannya. Situs webnya, halaman media sosial, dan informasi apa pun yang telah dikirim pewawancara adalah tempat yang baik untuk memulai.

Tapi, pastikan Persiapan Interview Kerja dan informasi yang Anda peroleh relevan dengan peran tersebut. Tidak ada gunanya membaca informasi yang tidak terkait dengan jabatan Anda.

Itulah mengapa lebih baik untuk melihat lagi iklan pekerjaan asal. Secara khusus, lihat bagian Tanggung Jawab Utama, untuk melihat apakah ada tim atau manajer khusus yang akan menjadi atasan Anda, atau tugas-tugas tertentu yang akan banyak Anda lakukan.

Sorot ini dan kemudian gunakan untuk informasi mengenai riset ke perusahaan.

Yang terbaik adalah membuat beberapa poin informatif tentang masing-masing bidang ini, dengan kata-kata Anda sendiri atau setidaknya diparafrasekan.

Dengan cara itu Anda tidak akan terdengar seperti robot dan seperti baru saja membaca informasi di situs web.

c. Profil pewawancara Anda

Sudah menjadi rahasia umum bahwa banyak bos akan melihat Anda di media sosial sebelum melakukan interview untuk mencari tahu lebih banyak tentang Anda.

Jadi, tidak ada yang salah dengan Anda melakukan hal yang sama untuk membantu riset Anda. Lagipula, interview ada untuk Anda dan mendapatkan gambaran tentang apa yang mereka sukai sebagai atasan.

Persiapan Interview Kerja dengan mengetahui siapa yang akan Anda temui, pekerjaan yang telah mereka lakukan sebelumnya, prestasi yang telah mereka capai. dan posisi sebelumnya yang mereka pegang dalam perusahaan akan membantu Anda menghasilkan gambaran yang baik tentang apa yang diharapkan.

Selain itu, ini juga akan membantu Anda menyusun pertanyaan-pertanyaan terkemuka untuk ditanyakan seputar pengembangan dan perkembangan profesional dan untuk mencari tahu apa yang membuat mereka sebaik itu.

d. Membuat berita utama

Perusahaan hanya menceritakan setengah cerita tentang bisnis mereka. Terutama jika mereka belum memperbarui situs web atau informasi online mereka dalam beberapa waktu.

Jadi, mencari artikel atau fitur berita terbaru tentang mereka di media adalah cara hebat lainnya untuk meningkatkan riset dan Persiapan Interview Kerja Anda.

Beberapa perusahaan mungkin sudah membawa perantara dan memiliki pers atau pusat berita khusus di situs web mereka.

Di sini, mereka akan menyusun semua artikel dan fitur terbaru terkait pekerjaan mereka. Jika mereka melakukannya, itu luar biasa. Tetapi mencari jurnal industri yang relevan atau situs web berita nasional juga akan berhasil.

Media sosial juga merupakan alat yang baik untuk mencari berita terbaru tentang bisnis dan industrinya.

Menyiapkan beberapa pencarian yang kuat untuk tagar atau kata kunci yang relevan di LinkedIn, Twitter, Facebook, dan (dalam beberapa kasus) Instagram dapat membantu Anda untuk memahami secara lebih luas apa yang orang katakan tentang mereka. Plus, itu juga menyediakan poin pembicaraan yang menarik untuk interview Anda.

e. Menyatukan semuanya

Dengan semua Persiapan Interview Kerja dan riset yang telah Anda kumpulkan sekarang, kuncinya adalah memastikan Anda menggunakan informasi secara produktif.

Bagaimanapun, itu akan menggambarkan kesesuaian Anda dengan jabatan, keterampilan dan pengalaman Anda sebelumnya.

Katakanlah misalnya bahwa Anda melamar untuk jabatan asisten desainer interior.

Mungkin Anda bisa melihat kesamaan antara bagaimana mereka berkonsultasi dengan klien dengan model dan blueprint untuk ruangan tempat mereka ditugaskan. Dan mungkin Anda sudah melakukan ini dalam jabatan sebelumnya.

Ini adalah peluang bagus untuk mengubahnya menjadi keuntungan Anda. Bicarakan tentang kesamaan ini ketika mereka bertanya tentang pengalaman Anda pada saat melakukan konsultasi dengan klien.

Terutama ketika mereka bertanya tentang orang yang ditakuti. Bicaralah dengan terbuka ketika Anda harus berurusan dengan klien atau pelanggan yang ragu-ragu / sulit ’.

Pada catatan yang berbeda, Anda mungkin melamar untuk jabatan akuntansi. dan Anda tahu bahwa perusahaan membuka cabang lain di kota terdekat.

Ini dapat membantu mendapatkan informasi mengenai pertanyaan Anda tentang seberapa banyak Anda akan bekerja dan melaporkan kepada tim atau kolega di cabang itu. Atau untuk bertanya apakah akan ada peluang kerja di kantor cabang.

f. Lakukan riset sebelum wawancara

Semoga dengan tips Persiapan Interview Kerja ini sekarang menjadi lebih siap, Anda sekarang memiliki pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana riset hebat dapat meningkatkan persiapan Anda untuk interview berikutnya.

Kami harap ini membantu Anda mengamankan langkah selanjutnya ke dalam karier Anda.

5. Tentukan Pakaian yang sesuai

10+ Persiapan Interview Kerja agar Lancar Tanpa Kendala

Lihat pakaian apa yang akan Anda kenakan nanti dalam interview. Pastikan Anda berpakaian rapi dan dengan cara terbaik untuk Persiapan Interview Kerja.

Juga, jangan lupa untuk beradaptasi dengan budaya di perusahaan. Pilih pakaian yang lebih formal untuk interview dengan lembaga pemerintah atau bank agar terlihat bereputasi baik.

Di sisi lain, jika Anda melamar menjadi start-up atau biro iklan, Anda bisa memilih pakaian semi formal agar tidak terkesan kaku.

Setiap perusahaan memiliki standarnya masing-masing.

Apa yang terlihat serius terkadang menjadi terlalu kaku. Demikian juga, itu bisa berdampak buruk pada pakaian semi formal dan membuat Anda terlihat terlalu santai.

Baca juga: 10+ Pakaian Interview Kerja Pria dan Wanita [Lengkap]

6. Personal Branding di Media Sosial

Persiapan Interview Kerja selanjutnya adalah melakukan personal branding di media sosial.

Tetap produktif bukan hanya tentang memilih pakaian terbaik. Faktanya, kepribadian internet atau bagaimana Anda menampilkan diri secara online, terutama di media sosial, juga penting.

Pastikan Anda menampilkan beberapa yang terbaik dan menjauhi hal-hal yang berbau negatif dan diskriminatif pada bagian tertentu.

Pemicunya adalah HRD mencari karyawan yang memiliki kepribadian baik yang dapat mewakili perusahaan.

Ketika karyawan melakukan perbuatan buruk di internet, pasti berdampak negatif bagi perusahaan.

7. Pastikan dokumen yang dibawa lengkap

10+ Persiapan Interview Kerja agar Lancar Tanpa Kendala

Memastikan dokumen yang dibawah lengkap merupakan hal penting dalam Persiapan Interview Kerja.

Melamar pekerjaan kini lebih mudah karena bisa dilakukan secara online.

Karena ada keringanan, jangan lupakan dokumen fisiknya. Jika CV dikirim melalui email, lebih baik dicetak agar lebih mudah untuk dibahas bersama.

Bersama dengan beberapa dokumen penting lainnya, Anda harus melampirkan fotokopi ijazah, transkrip nilai dan lain-lain.

8. Membuat Kesan Pertama yang Baik Saat Interview

Setelah semua Persiapan Interview Kerja diatas dilakukan hal selanjutnya yaitu membuat kesan yang baik.

Anda memiliki CV yang tepat dan mereka jelas cukup tertarik untuk menghubungi Anda. Pada saat mereka mengundang Anda untuk wawancara formal, Anda telah bersaing setidaknya dengan beberapa orang yang tepat.

Yang perlu Anda lakukan adalah tetap di jalur. Jadi, berikut adalah tips untuk membantu Anda melakukan hal itu.

a. Ambil peran aktif

Hampir selalu, pelamar kerja melihat diri mereka sebagai peserta pasif dalam proses rekrutmen, padahal anda bisa mengambil peran aktif. Ini bisa dilakukan jika anda melakukan Persiapan Interview Kerja.

Kekuatannya terletak pada pelamar yang melakukan interview, sementara orang yang diwawancarai berfokus hanya untuk ‘melewati’, dan berusaha mati-matian untuk tidak mengatakan hal yang salah. Atau, lebih buruk lagi, ada yang masih bingung mencari jawaban.

Jenis pendekatan ini mungkin membuat Anda merasa tidak berdaya dalam situasi yang sudah menekan sejak awal. Sebaliknya, bertanggung jawab atas proses perekrutan Anda.

Teliti perusahaan secara menyeluruh, tinjau profil LinkedIn pewawancara Anda dan siapkan jawaban untuk pertanyaan wawancara yang paling umum.

Ingat, Anda adalah orang pertama yang Anda perlu meyakinkan bahwa Anda tepat untuk pekerjaan ini. Setelah Anda melakukannya, meyakinkan orang lain menjadi seratus kali lebih mudah. Dan Anda pasti akan membuat kesan pertama yang sukses.

b. Pahami motivasi Anda

Motivasi Anda untuk melamar pekerjaan apa pun akan selalu masuk ke kinerja wawancara Anda. Jadi, penting untuk tidak hanya memahaminya, tetapi juga untuk fokus pada hal-hal yang akan menguntungkan Anda agar Persiapan Interview Kerja tidak sia-sia.

Misalnya, pewawancara Anda akan selalu menanyakan alasan meninggalkan pekerjaan Anda saat ini.

Jika, di benak Anda, alasan pergi adalah karena Anda tidak tahan dengan atasan Anda, naluri Anda akan memberikan jawaban yang tidak terkait dan dibuat-buat.

Itu mungkin berhasil. Tetapi apakah Anda benar-benar ingin mengambil risiko menjadi tidak jujur?

Cara jujur ​​tentang motivasi Anda yaitu berhentilah berfokus pada semua hal yang ingin Anda hindari.

Tempatkan pikiran Anda ke masa depan dan bekerjalah mulai dari sana. Kesan terakhir yang ingin Anda berikan adalah bahwa Anda hanya melamar pekerjaan ini karena pekerjaan lama Anda tidak bergitu baik.

c. Pewawancara Anda bukan hantu

Ini sering terjadi ketika interview bahasa inggris dan anda kurang memahaminya, sebaiknya anda melakukan persiapan interview kerja bahasa inggris.

Perekrut dan manajer perekrutan ingin melakukan dengan baik di pekerjaan mereka. Bagian dari itu adalah membawa orang yang tepat, yang tentunya membutuhkan biaya dan waktu yang signifikan.

Wajar jika mencoba mendapatkan hasil terbaik, mereka akan mengajukan pertanyaan ‘sulit’ untuk melihat apa yang Anda lakukan dan mengukur kejujuran Anda.

Anda dapat melihat pewawancara sebagai orang yang berusaha membuat Anda salah atau menemukan alasan untuk tidak mempekerjakan Anda. Sebagai orang biasa akan melakukan yang terbaik untuk memastikan Anda cocok untuk perusahaan dan tim mereka.

Jadi, jangan mencoba mengatasinya. Sebaliknya, hargai upaya mereka untuk merekrut kandidat terbaik. Kemudian tunjukkan pada mereka bahwa kandidat untuk Anda menjadi nyata, terbuka, dan tulus.

Baca juga: Cara Reschedule Job Interview

d. Bawa energi positif bersama Anda

Persiapan sebelum interview kerja anda akan menjadi lebih baik jika anda membawa energi positif.

Ya, jawaban yang Anda berikan dalam sebuah wawancara sangat penting. Namun yang tak kalah penting adalah energi yang Anda bawa ke dalam ruangan bersama Anda. Sebagian besar akan tergantung pada kondisi pikiran dan Persiapan Interview Kerja Anda.

Tidak ada gunanya menghafal naskah yang sempurna untuk setiap pertanyaan karena jika Anda sangat gugup tidak akan bisa mengeluarkan kata-kata.

Selain tiga tips sebelumnya, ada sejumlah ‘trik’ yang dapat Anda terapkan. Ini akan membantu Anda merasa nyaman saat mendekati waktu wawancara Anda.

Mulailah dari berpakaian untuk membuat lebih percaya diri, langkah sederhana dengan cara pergi ke toilet selama beberapa menit sebelum Anda bertemu pewawancara, lakukan apa yang dapat Anda lakukan untuk memastikan energi Anda naik dan Anda siap dengan diri Anda dengan percaya diri dan ketenangan.

e. Buat kesan pertama yang sukses

Yang terpenting, berbaik hatilah kepada diri sendiri. Wawancara itu sulit, Tetapi sedikit Persiapan Interview Kerja dan kondisi pikiran yang sehat sangat membantu.

Menyusahkan diri sendiri akan memaksa Anda untuk mendapatkan kinerja yang lebih baik daripada sebelumnya. Jadi, ikuti saran di atas dan Anda pasti akan membuat kesan pertama yang sukses.

Penutup

Setelah itu, itu hanya sebagian hal persiapan interview kerja yang dapat Anda lakukan.

Sekian artikel berjudul 10+ Persiapan Interview Kerja agar Lancar Tanpa Kendala, Semoga informasi di atas dapat membantu Anda dalam interview kerja dan menjadi kandidat pilihan bagi beberapa pewawancara.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!