10+ Tips CV untuk Mengubah Jalur Karier

Bagaimana Tips CV untuk Mengubah Jalur Karier? Apakah Anda baru saja kehilangan pekerjaan, atau Anda baru saja memutuskan sudah waktunya untuk berubah, beralih industri dapat menawarkan berbagai peluang baru yang menarik.

Satu-satunya tantangan adalah Anda perlu mengubah tujuan CV Anda dan menunjukkan bagaimana pengalaman Anda relevan dengan sektor baru ini.

Cara Membuat CV untuk Mengubah Jalur Karier

Ini bisa terasa seperti proses yang cukup menakutkan, terutama jika Anda sudah lama berada di pekerjaan atau industri yang sama. Tetapi dengan sedikit dedikasi, Anda dapat meningkatkan CV Anda dan mulai meningkatkan keterampilan Anda untuk membawa Anda ke jalur yang benar.

Tips CV untuk Mengubah Jalur Karier

Mencari pekerjaan di awal karir baru bisa jadi menakutkan. Karena anda masih mengembangkan keterampilan dan pengalaman Anda, jadi CV Anda harus bekerja ekstra keras untuk bersaing dengan kandidat lain dan memberi Anda peluang untuk di wawancara. Tapi apa yang terjadi jika Anda ingin mengubah haluan karier?

Sangat dapat diterima untuk mengubah karier sepanjang hidup Anda. Tetapi Anda harus siap untuk mengatasinya di CV Anda. Dengan pemikiran ini, berikut adalah tips utama kami tentang menambah nilai dan merestrukturisasi perubahan karir Anda CV.

Dalam panduan ini, kami akan memberikan enam cara agar Anda dapat menggunakan kembali CV untuk sektor baru, sehingga Anda dapat memulai pencarian kerja dan mendapatkan jabatan menarik berikutnya.

1. Identifikasi Siapa yang Merekrut

Tips CV untuk Mengubah Jalur Karier pertama yaitu mengidentifikasi siapa yang merekrut.

Anda perlu menyesuaikan setiap CV yang Anda tulis dengan jabatan dan perusahaan tertentu tempat Anda melamar, apa pun industri yang Anda geluti. Oleh karena itu, meluangkan waktu untuk melihat-lihat dan mencatat siapa yang merekrut adalah hal yang bermanfaat.

Cara pindah jalur karir ini juga akan memberi Anda beberapa wawasan tentang jenis pekerjaan yang tersedia di sektor yang Anda pilih dan keterampilan utama yang dicari pemberi kerja.

Ini akan memberi Anda manfaat yang baik untuk menulis CV yang menyoroti keterampilan yang tepat dan membuktikan mengapa Anda akan menjadi aset bagi perusahaan mereka. Meskipun Anda tidak memiliki pengalaman dalam industri tersebut.

2. Nilai dan Sorot Keterampilan Anda yang dapat Ditransfer

Tips CV Penting untuk Mengubah Haluan Karier

Tips CV untuk Mengubah Jalur Karier kedua yaitu menilai dan sorot keterampilan anda yang dapat di transfer.

Hanya karena Anda pindah ke industri baru, bukan berarti Anda memulai dari awal tanpa keahlian sama sekali. Memiliki seperangkat keterampilan kuat yang dapat ditransfer di dalam diri Anda bisa sama bermanfaatnya.

Faktanya, cara pindah jalur karir ini akan menjadi salah satu nilai jual terbesar ketika Anda menggunakan kembali CV Anda untuk berpindah sektor.

Keterampilan Anda yang dapat ditransfer membantu untuk menunjukkan apa yang dapat Anda bawa ke peran tersebut; dan bagaimana Anda dapat membantu memajukan bisnis.

Pelajari deskripsi pekerjaan dari peran target baru Anda dan soroti keterampilan terbaik Anda yang dapat ditransfer di seluruh CV Anda. Ini seharusnya hanya mencakup hal-hal yang akan relevan dengan industri baru Anda.

Ingat, CV Anda seharusnya hanya satu atau dua halaman A4, jadi Anda tidak punya ruang untuk mencantumkan banyak keahlian yang tidak relevan.

Setiap jalur karir, posisi, dan industri mengajarkan keterampilan yang dapat ditransfer.

Bahkan pekerjaan umum yang ‘unskilled‘ seperti katering, kebersihan, dan admin dapat memberikan pengalaman penting yang akan Anda bawa selama bertahun-tahun. Jadi yakinlah jika ingin mengubah karier, karena anda akan selalu memiliki sesuatu untuk disoroti.

Jika karier Anda sebelumnya dapat membantu Anda dalam karier yang baru, jelaskan kepada perekrut. Empat keterampilan yang akan selalu memberikan kesan yang baik adalah komunikasi dan kerja tim, inisiatif, kemampuan beradaptasi dan kemauan untuk mempelajari keterampilan baru.

Misalnya, jika Anda akan melakukan pekerjaan pengadaan, Anda mungkin tidak memiliki pengalaman yang relevan dalam melakukan pesanan pembelian dan mengidentifikasi serta memilih pemasok.

Namun, Anda mungkin memiliki keterampilan manajemen waktu dan organisasi yang hebat, kemampuan untuk mempelajari keterampilan baru dengan cepat dan mengambil instruksi dengan baik. Semuanya bisa dipindahtangankan.

Bagian keterampilan inti:

Jadikan CV Anda lebih mudah dibaca dengan menggunakan poin-poin untuk menunjukkan keahlian inti Anda.

Ini harus berada tepat di bawah profil CV Anda dan menunjukkan kepada perekrut kekuatan Anda pada pandangan pertama. Dua hingga tiga kolom sudah cukup dan masih menyisakan banyak ruang untuk Anda di bagian bawah halaman.

3. Ikuti Beberapa Kursus

Tips CV untuk Mengubah Jalur Karier ketiga yaitu mengikuti beberapa kursus. Cara pindah jalur karir ini membuat anda memiliki kompentensi dibidangnya

Apakah itu kelas online, atau kelas malam. mengambil kursus yang relevan dapat membantu meningkatkan keterampilan Anda dan mempersiapkan Anda untuk jabatan dalam industri baru.

Tidak hanya itu, mengikuti satu atau dua kursus dapat memberi Anda kualifikasi baru untuk ditonjolkan ketika Anda mengubah tujuan CV Anda.

Meskipun saat ini Anda sedang belajar, mencantumkan kursus ini di CV Anda dapat menunjukkan bahwa Anda bersedia untuk belajar dan Anda selalu mengembangkan keahlian Anda.

Ini adalah sifat yang sangat diinginkan oleh pemberi kerja dan bisa menjadi nilai jual yang besar bila Anda belum memiliki pengalaman di industri tersebut.

4. Tulis Ulang dari Awal

Tips CV untuk Mengubah Jalur Karier keempat yaitu menulis ulang dari awal.

Mencoba untuk mengatur ulang atau menulis ulang CV yang sudah ada sebenarnya bisa lebih sulit, terutama jika Anda beralih ke sektor yang sangat berbeda.

Dalam kasus ini, yang terbaik adalah memulai dari awal. Ini juga memberi Anda kesempatan untuk menyesuaikan CV Anda dengan sektor dan jabatan yang Anda pilih.

Di masa lalu, Anda mungkin telah menempatkan banyak fokus pada riwayat pekerjaan dan bagian pencapaian Anda. Saat Anda menggunakan kembali CV Anda untuk industri baru, penting untuk lebih fokus pada profil pribadi dan bagian keahlian (yang dapat dialihkan).

Karena itu, Anda mungkin ingin memilih struktur yang berbeda dengan yang pernah Anda gunakan sebelumnya.

Baca juga: Cara Membuat CV Lamaran Kerja, Gratis 20+ Template!

5. Temukan Kembali Diri di Profil Anda

Tips CV untuk Mengubah Jalur Karier kelima yaitu menemukan jadi diri di profil anda.

Seperti yang disebutkan di atas, Anda perlu memberi penekanan pada profil pribadi Anda. Ini adalah hal pertama yang akan dibaca pemberi kerja dan perlu menarik perhatian mereka dan mendorong mereka untuk terus membaca.

Meskipun mungkin tergoda untuk membicarakan mengapa Anda ingin mengubah industri, Anda dapat melakukannya di surat lamaran dan / atau wawancara Anda.

Pernyataan pribadi Anda harus pendek dan manis (sekitar 50-200 kata). Jadi, meskipun Anda mungkin ingin membahas bahwa ini adalah perubahan karier, jangan terpaku pada hal ini.

Sebaliknya, bicarakan tentang minat Anda dan mengapa Anda tertarik dengan jabatan tersebut. Anda juga harus memasukkan beberapa keterampilan utama Anda yang dapat ditransfer dan pencapaian masa lalu yang mengesankan, selama itu relevan dengan peran / industri.

6. Saatnya untuk Mengubah CV Anda

Tips CV untuk Mengubah Jalur Karier yang penting adalah mengubah CV anda.

Setelah Anda memiliki gagasan yang lebih baik tentang jenis peran yang tersedia untuk Anda, Anda dapat mulai menggunakan kembali CV Anda untuk menunjukkan keahlian Anda yang dapat ditransfer; dan menunjukkan kepada calon atasan anda mengapa mereka harus mempekerjakan Anda.

Dan ingat, selalu bermanfaat untuk terus belajar. Jadi, jika Anda merasa CV Anda terlihat sedikit tipis, pertimbangkan untuk mengambil beberapa kursus untuk membantu meningkatkan keahlian dan kualifikasi Anda.

7. Jelaskan Mengapa Anda Mengubah Karier

Tidak perlu disembunyikan bahwa Anda sedang membuat perubahan. Kemungkinan CV Anda adalah campuran dari pengalaman lama yang telah dicoba dan diuji dari karier Anda sebelumnya dan beberapa keterampilan yang jauh lebih baru.

Bagian atas CV Anda harus berisi informasi paling penting seperti nama Anda, detail kontak, dan ringkasan singkat dan berharga tentang siapa Anda.

Bagian ini adalah tempat yang tepat untuk memberi tahu perekrut mengapa Anda mengubah karier, sekaligus meringkas keterampilan dan pengalaman yang telah Anda peroleh selama transisi.

Untuk pengubah karier, meletakkan informasi ini tepat di bagian atas membantu perekrut atau pemberi kerja melihat keterampilan tersebut dapat diaplikasikan pada pekerjaan baru anda.

8. Tonjolkan Diri di Profil Anda

Bagian profil tidak hanya tentang konteks, Ini adalah 5-10 baris di mana Anda dapat memamerkan dan memuji Anda sendiri. Profil dan bagian keterampilan inti Anda, khususnya menekankan pada apa yang Anda kuasai, apa yang berbeda tentang Anda dan bagaimana Anda mendekati pekerjaan Anda.

Mendobrak karier baru itu sulit. Namun, kemungkinan besar Anda akan mendapatkan wawancara jika Anda dapat dengan percaya diri menjelaskan mengapa Anda membuat perubahan, mengapa Anda sangat cocok untuk posisi tersebut dan apa yang akan Anda bawa ke dalamnya.

9. Fokus pada Pengalaman Baru yang Anda Peroleh

CV perubahan karier Anda harus menunjukkan dengan jelas bahwa Anda cukup baru di industri ini. Oleh karena itu, akan membantu jika Anda sudah memiliki satu atau dua posisi yang relevan, baik dibayar atau sukarela.

Ini bisa, tentu saja, menjadi pengalaman kerja tetapi mungkin juga merupakan posisi pekerja lepas atau kontrak sementara.

Di sinilah Anda harus membahas paling detail:

  1. Kunci tanggung jawab
  2. Perbedaan dan dampak yang Anda buat secara pribadi
  3. Prestasi signifikan (penghargaan, target terlampaui, dll.)
  4. Keterampilan dipelajari
  5. Pemangku kepentingan yang bekerja sama dengan Anda
  6. Alat atau perangkat lunak yang digunakan
  7. Lingkungan tempat Anda bekerja (lantai toko, gudang, kantor, lab, dll.)

Baca juga: Cara Membuat CV untuk Mengubah Jalur Karier

10. Soroti Keterampilan dan Pengalaman yang Relevan dari Posisi Sebelumnya

Jika Anda telah menghabiskan 10 tahun dalam satu karier dan Anda sekarang berada di tahun pertama karier lainnya, 10 tahun sebelumnya itu tetap penting.

Bahkan jika karir Anda sebelumnya benar-benar berbeda, pemberi kerja tetap ingin melihat pengalaman yang menarik atau relevan dalam posisi sebelumnya, terutama jika Anda bekerja untuk organisasi besar.

Pekerjaan pegawai negeri, misalnya, bisa berarti Anda telah memegang berbagai posisi selama masa kerja Anda.

Buat daftar posisi sebelumnya dari yang paling baru hingga yang paling lama. Anda tetap harus menyebutkan posisi yang kurang relevan agar riwayat pekerjaan Anda terlihat lengkap.

Anda tidak perlu terlalu mendetail. Rangkum secara singkat durasi, jabatan, perusahaan, dan keterampilan atau pencapaian utama apa pun yang secara khusus dapat ditransfer ke karier baru Anda.

Manfaatkan Tips CV ini untuk Mengubah karier

Para pengubah karier perlu menemukan posisi yang akan membantu mereka membangun keterampilan mereka. Untungnya, dengan CV yang ditulis dengan hati-hati, percaya diri, dan terstruktur dengan baik, Anda akan siap melakukan hal itu.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!