8 Cara Menitipkan Lamaran Kerja ke Satpam

Bagaimana Cara Menitipkan Lamaran Kerja ke Satpam? Anda perlu melihat langkah-langkah untuk mengajukan lamaran agar HRD dapat menerimanya dengan pikiran positif.

Cara Menitipkan Lamaran Kerja ke Satpam

Sebelumnya, kami telah membagikan langkah-langkah mengirim lamaran melalui email dalam bentuk soft file.

Kali ini kami membagikan cara mengirim dokumen fisik. Khususnya bagi yang melalui kunjungan langsung ke perusahaan atau Menitipkan Lamaran Kerja ke Satpam.

Semoga ini bisa membantu Anda mendapatkan pekerjaan dengan lebih mudah.

Cara Menitipkan Lamaran Kerja ke Satpam

Meski zaman sudah bergeser ke digital, kenyataannya masih banyak perusahaan yang mewajibkan pelamar menyerahkan lamaran fisik. Salah satunya langsung diserahkan ke kantornya.

Bagaimana triknya? Ikuti langkah-langkah di bawah ini. Langkah ini cocok banget buat kamu yang baru pertama kali melamar kerja.

1. Cek kelengkapan dokumen

Cara Menitipkan Lamaran Kerja ke Satpam

Cara Menitipkan Surat Lamaran Kerja ke Satpam yang pertama yaitu sebelum berangkat, Anda harus memastikan kelengkapan dokumen.

Periksa apakah surat lamaran tersedia? CVnya gimana? Fotokopi KTP, Ijazah, Sertifikat, SKCK, Kartu Kuning, bagaimana dengan pas foto?

Pastikan untuk menyertakan paklaring (surat pengalaman kerja) jika Anda memilikinya.

Tidak hanya lengkap, tetapi di dalamnya Anda juga harus memastikan bahwa itu benar. Secara yang utama, nama perusahaan tujuan dan alamatnya.

Kemudian simpan dengan rapi dalam satu Map folder. Perhatikan posisi tujuan di kanan atas Map, pengirim di kiri atas, dan alamat tujuan di kanan bawah.

Panduan bisa dilihat di Penulisan Amplop Lamaran Kerja yang Benar

2. Kenakan Pakaian dengan Rapi

Setelah dokumen selesai, Cara Menitipkan Lamaran Kerja ke Satpam kedua, jangan lupa untuk mandi dan berdandan dengan pakaian yang layak.

Walaupun kamu tidak tampan atau sangat cantik, setidaknya kamu bisa berusaha menjaga penampilan agar tetap terlihat bagus.

Setidaknya Anda memakai kemeja, celana katun dan sepatu hitam. Tidak harus mahal, jika digunakan dengan benar pasti terlihat bagus.

3. Minta doa orang tua atau istri/suami

Jika persiapan sudah selesai. Cara Menitipkan Lamaran Kerja ke Satpam ketiga yaitu minta doa orang tua atau istri/suami.

Jangan lupa untuk mengucapkan salam kepada orang-orang di rumah. Terutama orang tua atau istri. Jika Anda masih lajang, hanya orang tua.

Bagaimanapun percaya atau tidak, bahwa doa dan restu mereka memiliki faktor “X”? Ada kekuatan ajaib di balik keduanya.

4. Pergi saat Jam Kerja Perusahaan

Cara Menitipkan Lamaran Kerja ke Satpam

Cara Menitipkan Surat Lamaran Kerja ke Satpam keempat, pastikan pergi saat jam kerja perusahaan. Oh ya , Anda harus memastikan bahwa Anda datang pada jam kerja seperti yang diarahkan oleh perusahaan.

Selain menjadi bagian dari norma, itu membuat Anda tidak datang, tetapi tidak ada yang menyambut Anda.

Kalau mau tau jam kerja dari perusahaan tujuan, bisa cari di google saja. Masukkan nama perusahaan tujuan di kolom pencarian.

Secara umum, fitur Google Maps untuk bisnis menyediakan waktu buka dan tutup.

Setelah itu, hadirlah dalam rentang jam ini.

Namun, hindari tiba antara pukul 12 siang hingga 1 siang. Secara umum, ini adalah jam istirahat. Satpam atau tamu perusahaan tidak boleh berada di lokasi.

Baca juga: 10 Urutan Lampiran Lamaran Kerja yang Benar

5. Lapor ke Satpam pada saat Kedatangan

Lapor ke Satpam pada saat kedatangan adalah salah satu Cara Menitipkan Lamaran Kerja ke Satpam yang harus dilakukan.

Setibanya di lokasi, segera hubungi satpam di lokasi. Tidak mungkin untuk memberikan dokumen lamaran terlebih dahulu. Anda dapat berbasa-basi dan memvalidasi kebenaran postingan lowongan pekerjaan

Maaf pak, saya ingin bertanya, apakah benar perusahaan ini membuka lowongan kerja?

Kurang lebih begitu pertanyaannya.

Berikan dengan ekspresi tubuh dan gestur yang sopan. Tunjukkan senyum dan percaya diri. Tidak perlu malu.

Nah, kalau buka biasanya satpam mengarahkan kamu ke orang yang menerima tamu atau ke orang yang bertugas mengambil lamaran.

Meskipun ada juga perusahaan yang menyediakan satpam dan ada juga bagian yang menerima dokumen lamaran. Apapun itu, ikuti saja prosesnya.

6. Jangan terlalu banyak menanyakan hal yang tidak perlu

Cara Menitipkan Lamaran Kerja ke Satpam

Cara menitipkan lamaran kerja ke satpam ini memang sangat berpengaruh pada surat lamaran Anda.

Jika Anda sering bertanya mengenai lamaran kepada satpam, mungkin akan membuat satpam tidak nyaman.

Juga, hal-hal yang ditanyakan tidak perlu dan bukan kapasitas satpam untuk menjawab. Itu hanya akan membuatmu terlihat terlalu tidak berguna.

Karena seorang satpam tentunya memiliki tingkat kedisiplinan yang tinggi terutama dalam hal waktu. Apalagi jika dia memiliki pekerjaan lain yang harus dilakukan.

Tentunya kehadiran Anda untuk menitipkan lamaran tersebut tidak boleh mengganggu waktu. Jika dia merasa terganggu, dia mungkin tidak dapat menerima surat lamaran Anda.

Baca juga: Cara Membuat CV Lamaran Kerja, Gratis 20+ Template!

7. Menjaga Etika

Langkah selanjutnya dalam Cara menitipkan lamaran kerja ke satpam adalah selalu mematuhi norma.

Misalnya, Anda tidak diperbolehkan merokok sama sekali saat mengirimkan surat lamaran.

Walaupun satpamnya perokok, akan lebih sopan jika kita mengajukan lamaran jika kita tidak merokok.

Selain itu, jangan berlebihan saat berbicara seolah-olah sudah lama mengenal satpam. Karena itu bisa membuat tidak nyaman bagi satpam.

8. Pamit pulang, dan terus berusaha

Cara Menitipkan Lamaran Kerja ke Satpam

Terakhir, jangan lupa untuk mengucapkan selamat tinggal atau pamit kepada beberapa orang di perusahaan. Buat kesan yang baik.

Sesampainya di rumah, Anda tidak bisa hanya melihat ke satu tujuan tanpa melakukan apa-apa. Anda terus berusaha dengan mencari peluang lain.

Berita apa pun yang Anda dapatkan selanjutnya dari perusahaan, tentu saja, adalah hal terbaik.

Ambillah sisi positif saja dari setiap lini hasil yang ditetapkan oleh Yang Maha Kuasa. Yang penting kamu sudah berusaha.

Penutup

Demikian Cara menitipkan lamaran kerja ke satpam yang baik dan sopan.

Anda harus menggunakan cara ini agar lamaran Anda sampai ke atasan di perusahaan tersebut. Kalau dari awal memang jelek, satpam tidak akan meneruskan lamaran ke atasannya.

Sekian artikel berjudul Cara Menitipkan Lamaran Kerja ke Satpam, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!