12 Skill Utama yang Dibutuhkan oleh Seorang Marketer

Apa Skill Utama yang Dibutuhkan oleh Seorang Marketer? Apa itu Marketing Skill? Suatu proses sosial dan manajerial di mana individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan harapkan dengan memproduksi, menawarkan, dan mempertukarkan produk yang berharga dengan pihak lain.

Saya suka kutipan dari Sujan Patel karena meringkas bagaimana rasanya bekerja dalam bidang marketing pada tahun ini dengan sempurna.

Jarang ada ‘pekerjaan monoton’ sebagai pemasar, karena setiap hari kita akhirnya melakukan berbagai tugas yang berbeda.

The modern marketer has to be familiar with a lot, good at many, and master of a few.” – Sujan Patel

Dengan demikian, menjadi pemasar yang sukses berarti memiliki berbagai keterampilan yang memungkinkan kita untuk dapat melakukan berbagai macam tugas.

12 Skill Utama yang Dibutuhkan oleh Seorang Marketer

Skill Utama yang Dibutuhkan oleh Seorang Marketer

Di blog ini, saya akan memberikan delapan keterampilan yang Anda perlukan untuk bekerja dalam pemasaran. Baik Anda ingin mendapat promosi atau pekerjaan baru di tahun ini.

Hard Skill Marketer

12 Skill Utama yang Dibutuhkan oleh Seorang Marketer

1. Bercerita / Menulis

Pemasaran konten adalah bagian penting untuk mendapatkan lalu lintas situs web. Selanjutnya, konten dapat digunakan pada setiap tahap siklus pembelian. 71% pemasar B2B menggunakan pemasaran konten untuk menghasilkan perhatian.

Jadi bercerita termasuk kedalam Skill Utama yang Dibutuhkan oleh Seorang Marketer.

Baik Anda menulis blog, membuat undangan atau membuat email, keterampilan menulis yang baik adalah suatu keharusan. Anda harus bisa menulis dengan gaya yang jelas dan menarik, sesuai dengan identitas merek Anda.

2. Analitis

Skill Utama yang Dibutuhkan oleh Seorang Marketer selanjutnya yaitu Skill Analitis.

Keterampilan penting lain yang perlu Anda kuasai sebagai profesional pemasaran adalah kemampuan untuk bekerja dengan banyak data, memilih tren-tren utama.

Setiap hari, Anda perlu menganalisis dampak dari kegiatan pemasaran Anda. Plus, Anda akan secara teratur melaporkan kembali ke tim Anda.

Saat mengambil proyek baru, Anda harus mempertimbangkan audiens Anda, sudut pandang media, kampanye sebelumnya dan membuat keputusan logis berdasarkan ini.

Meskipun Anda tidak perlu menjadi seorang jenius, memiliki pengetahuan matematika yang baik adalah penting, terutama dalam hal menghitung persentase.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji dan Tugas Admin Marketing

3. Skill Marketer Ketika Riset

12 Skill Utama yang Dibutuhkan oleh Seorang Marketer

Riset termasuk dalam Skill Utama yang Dibutuhkan oleh Seorang Marketer. Rutinitas warga yang ditargetkan menjadikan riset sebagai skill Marketer yang diperlukan.

Dengan kekuatan riset, seorang pemasar harus selalu mempertimbangkan keputusannya dengan cermat.

Proses riset pemasaran dapat dilakukan untuk aktivitas apapun dan kapanpun.

Dari terhubung dengan konsumen secara online hingga menentukan kapan waktu terbaik untuk analisis pasar.

4. Skill untuk Memahami Pengalaman Konsumen

Hard Skill marketing keempat yaitu Skill untuk memahami pengalaman konsumen. Atau dikenal dengan istilah customer experience atau pengalaman konsumen mengacu pada keadaan di mana penjual dan konsumen memiliki hubungan.

Pengalaman pengguna terdiri dari tiga sesi yaitu perjalanan konsumen, interaksi pengguna, dan pengalaman pengguna.

Kebutuhan ini harus dipahami oleh seorang marketing karena ketiganya memegang peranan yang sangat besar dalam bisnis perusahaan.

Untuk membantu pekerjaan di bagian ini, beberapa marketer telah memilih untuk menggunakan alat yang disebut Tealeaf.

5. Skill Story Telling pada Marketer

Hard skill marketing yang dibutuhkan selanjutnya yaitu kemampuan Story Telling. Perubahan zaman memaksa perusahaan untuk mengubah ukuran periklanannya.

Dulu, kegiatan promosi dilakukan secara langsung, sehingga prosesnya kini bergeser menjadi tidak terlihat atau persuasif, dan masuk akal untuk menyebut mendongeng.

Proses ini mengutamakan promosi, baik melalui tulisan, foto atau video, secara otomatis menjalin hubungan dengan calon pengguna.

Dalam suatu hubungan akan ada keyakinan yang mempengaruhi pembelian.

6. Keterampilan Pemasaran Media Sosial

12 Skill Utama yang Dibutuhkan oleh Seorang Marketer

Hard skill marketing yang paling dicari tahun ini yaitu keterampilan media sosial. Platform media sosial adalah alat utama untuk marketer.

Kekuatan untuk datang dan dilihat oleh banyak orang menjadikannya pilihan yang tepat bagi seorang pemasar yang memasarkan produk dan jasa.

Namun demikian, kekuatannya begitu besar sehingga penggunaan media sosial harus berjalan seiring dengan pengetahuan.

Ini karena media sosial memiliki tipe pengguna yang berbeda dan untuk memanfaatkannya, diperlukan strategi yang berbeda pula.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji dan Tugas Marketing Communication

Soft Skill Marketer

1. Prioritas

12 Skill Utama yang Dibutuhkan oleh Seorang Marketer

Profesional marketing mahir dalam menangani banyak tugas. Suatu hari kita mungkin memperbarui situs web dan membuat iklan media sosial.

Hari berikutnya kami menangani permasalahan dengan konsumen, Sangat jarang (jika pernah) kami tidak memiliki daftar tugas yang banyak dan perlu diselesaikan. Karena itu mengapa kemampuan untuk memprioritaskan sangat penting.

Para profesional marketing perlu mengetahui tugas-tugas apa yang memerlukan urgensi, apa yang bisa dikerjakan lain waktu dan kapan anda harus mengambil beban kerja yang lebih besar.

Trello (https://trello.com) adalah alat yang hebat untuk mengelola banyak tugas yang berbeda. Itu dibagi menjadi daftar dan card.

Pada dasarnya, card adalah tugas Anda dan ini berada dalam daftar. Anda dapat membagi daftar menjadi prioritas atau proyek tertentu. Di dalam card Anda, Anda dapat membuat daftar checklist, tanggal jatuh tempo, deskripsi, dan lainnya.

2. Kreativitas

Banyak pekerjaan pemasaran membutuhkan keahlian desain atau fotografi. Anda mungkin perlu membuat spanduk, iklan, dan mengambil serta mengedit foto.

Dengan demikian, pengetahuan dasar tentang Photoshop dan Indesign dapat sangat membantu jika Anda bekerja di bidang pemasaran.

Bahkan jika Anda tidak diharuskan untuk melakukan desain apa pun, Anda akan memerlukan kreativitas dalam hal memikirkan ide.

Entah itu muncul dengan sudut pandang untuk blog atau menemukan cara baru untuk menjangkau audiens Anda, kreativitas adalah keterampilan yang berguna. Idealnya, Anda harus menggabungkan pemikiran kreatif dengan pemikiran analitis.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji, dan Tugas Telemarketing

3. Komunikasi

12 Skill Utama yang Dibutuhkan oleh Seorang Marketer

People skills adalah suatu keharusan ketika Anda bekerja dalam pemasaran. Sementara banyak dari kita bekerja sendiri atau dalam tim yang sangat kecil, Anda juga harus pandai berkomunikasi dengan masyarakat umum, kolega, dan atasan.

Tim pemasaran dan fungsi pendukung lainnya sering kali menjadi yang pertama terputus pada saat mendapatkan kesulitan.

Karena itu, Anda harus selalu membangun hubungan yang baik dan berkomunikasi secara teratur dengan kolega dan lapisan manajemen untuk berkolaborasi dan membuktikan nilai Anda secara internal.

4. Skill Marketer untuk Beradaptasi

Dalam setiap proyek kampanye yang diedit, seorang marketing dituntut untuk memberikan kemampuan yang terbaik.

Tanpa penyesuaian yang baik, mereka tidak dapat memenuhinya.

Kustomisasi penting karena pemasaran tidak hanya akan bekerja dengan setiap proyek baru dalam waktu singkat.

Tapi itu juga berguna saat bertemu dan menghabiskan waktu dengan pelanggan baru. Jangan hanya membantu dengan penggunaan teknologi terkini.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji dan Tugas Marketing Executive

5. Kemampuan Marketing untuk Kerjasama

Tugas-tugas yang dibutuhkan tim agar seorang pemasar tidak bekerja sendiri.

Untuk setiap proyek dia akan bekerja dengan orang lain atau tim lain, mis. brand, SEO/SEM, Media Sosial untuk melakukan riset.

Dibutuhkan seseorang yang bekerja di bagian itu untuk dapat berkolaborasi.

Tanpa kemampuan ini, tidak hanya tujuan individu yang dapat dicapai, tetapi juga tujuan tim.

6. Skill Kepemimpinan dalam Marketer

Soft skill marketing ini harus menjadi sesuatu yang istimewa yang harus dimiliki setiap orang. Ini bukan hanya pemasaran.

Soalnya soft skill ini berkaitan dengan sikap seseorang saat menghadapi sesuatu.

Dengan kepemimpinan yang tinggi, seorang pemasar akan gesit dalam menjalankan setiap tugas yang diberikan.

Perlu diingat, tidak seperti pekerjaan lain di mana pemasaran membutuhkan fleksibilitas dan pemahaman tentang tugas, yang terkadang bahkan bukan deskripsi pekerjaan.

Ini dia skill-skill dalam dunia marketing yang bisa kamu pelajari. Semoga 12 Skill Utama yang Dibutuhkan oleh Seorang Marketer ini bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!