10+ Contoh Profil Pribadi CV yang Menarik

Bagaimana Contoh Profil Pribadi CV yang Menarik? Pada tahun ini empat dari sepuluh pekerja mengkonfirmasi bahwa mereka tidak senang dengan pekerjaan mereka saat ini.

Jika ini Anda, saatnya untuk memperbaiki CV Anda dan siap untuk pencarian pekerjaan baru dengan cara memperbarui profil pribadi CV. Menyatukan informasi penting pada CV Anda, seperti pendidikan dan riwayat pekerjaan adalah tugas yang cukup mudah.

Cara Menulis Profil Pribadi Curriculum Vitae (CV)

Meskipun Anda mungkin berpikir ini adalah semua yang dibutuhkan untuk memasarkan diri sendiri secara efektif, Anda mungkin harus menambahkan profil pribadi cv juga.

Ini akan memberi CV Anda nilai tambah yang dibutuhkan untuk mengamankan pekerjaan itu di tahun ini.

Tentang Profil Pribadi

Intinya, profil pribadi di CV adalah pengakuan individu yang memberikan deskripsi tentang kepribadian dan keunikan Anda.

Secara khusus, profil pribadi adalah ringkasan hal-hal yang berkaitan dengan keterampilan dan kualitas Anda, bukan biografi mini.

Perekrut potensial tidak ingin analisis mendalam tentang kepribadian Anda. Profil yang baik berbicara banyak tentang identitas dan motivasi Anda.

Oleh karena itu, profil perlu meninjau beberapa poin yang dapat dibahas dalam tahap pendahuluan wawancara.

Anda dapat melihat profil pribadi sebagai penggoda untuk CV Anda. Sambil menunjukkan bahwa Anda adalah kandidat yang tepat, profil unik Anda harus menarik perhatian dan memotivasi perekrut untuk membaca CV Anda selanjutnya.

Beberapa orang menyamakan profil pribadi dengan informasi yang biasanya disertakan dalam surat lamaran, tetapi sebenarnya lebih dari itu.

Pikirkan profil pribadi sebagai peluang Anda untuk menjual dan mendukung diri sendiri, yang akan membantu Anda menonjol di mata perekrut.

Namun, Anda tidak boleh menggunakan gaya yang “menjual” atau membuat terlalu banyak klaim karena akan membuat Anda terlihat sombong di wawancara berikutnya atau ketahuan berbohong.

Baca juga: Isi CV Berapa Lembar? 1 Atau 2?

Apa yang Harus Ditulis dalam Profil Pribadi di CV?

10+ Contoh Profil Pribadi CV yang Menarik

Ada tiga hal spesifik yang penting untuk ditulis di profil.

1. Tentang Diri Anda

Pertama-tama, Anda harus menuliskan informasi tentang informasi tentang pribadi anda pada Profil Pribadi CV yang sebagai suatu hal biasanya tidak ada dalam CV.

Misalnya, katakan jika Anda memiliki motivasi tinggi atau tipe orang yang memperhatikan detail.

Tentu saja, siapa pun dapat berbicara dengan cara ini, jadi pastikan Anda memberikan setidaknya satu contoh yang menunjukkan sifat ini, baik dari kehidupan pribadi atau profesional.

Misalnya, katakan Anda pandai bekerja dalam tim karena Anda sering bekerja dengan tim profesional lain atau karena Anda adalah anggota klub olahraga lokal atau yang membuat kesan terbaik.

2. Keterampilan

Anda perlu mengatakan beberapa keterampilan di Profil Pribadi CV. Beberapa keterampilan dapat ditemukan dalam kualifikasi tertulis.

Misalnya, Anda tidak harus mengatakan bahwa Anda adalah pengemudi yang terampil jika Anda sudah memiliki SIM B2.

Gunakan profil untuk menjelaskan keterampilan lain yang Anda miliki di luar keterampilan pekerjaan tertentu, seperti: kemampuan berbicara dengan baik.

Ingatlah untuk menambahkan contoh, seperti halnya dengan informasi pribadi.

3. Pengalaman

Profil Pribadi CV Anda harus mengatakan pengalaman terkait di bagian terkait.

Sekalipun rentang tugas Anda luas, ada baiknya Anda memiliki pengalaman di ruang kerja yang fleksibel.

Tulis tentang latar belakang, reputasi, sertifikat atau penghargaan yang awalnya Anda terima untuk membuat kesan pertama yang luar biasa.

Baca juga: 8 Cara Menulis Pengalaman Kerja di CV yang Baik

Cara Menulis Profil Pribadi Curriculum Vitae (CV)

10+ Contoh Profil Pribadi CV yang Menarik

1. Apa itu profil pribadi CV?

Profil pribadi, atau dikenal sebagai informasi pribadi, profil CV atau bahkan mungkin tujuan karir pada dasarnya adalah uraian portofolio karier Anda.

Paragraf kecil ini berada di bagian atas CV Anda. Ini secara ringkas dan efektif menunjukkan siapa Anda, keterampilan dan kekuatan Anda yang relevan dengan sektor atau peran pekerjaan dan tujuan karier Anda.

Kedengarannya cukup sulit, tetapi pernyataan pribadi tidak masalah untuk ditulis, cobalah. Mereka sebenarnya sangat mirip dengan surat pengantar. Kecuali, Anda akan memberikan poin terbaik Anda ke perusahaan potensial kurang dari empat kalimat.

Jadi, jika Anda telah menghabiskan seluruh waktu dalam membuat CV dan memperbarui informasi baru, membuat perekrut tertarik ketika mulai membaca CV, menambahkan profil pribadi memastikan itu terjadi.

2. Apakah profil pribadi diperlukan pada tahun ini?

Profil pribadi CV banyak diperdebatkan di seluruh industri.

Beberapa ahli mengklaim Anda membutuhkan satu untuk menjual keterampilan Anda dan yang lain menyarankan untuk tidak menampilkannya karena itu akan membuang-buang ruang yang berharga.

Jawaban singkatnya adalah Anda tidak perlu memiliki pernyataan pribadi. Namun, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa rata-rata perekrut menghabiskan 8,8 detik melihat CV Anda.

Jadi, daripada membiarkan CV Anda tersesat dalam proses ‘sekilas’ ini, Anda harus memberi mereka alasan untuk terus membaca.

Ada beberapa alasan sebenarnya mengapa Anda mungkin tidak memilih untuk memiliki informasi pribadi. Tetapi, seharusnya Anda tidak perlu repot untuk menulisnya.

Ini sebenarnya tergantung pada status pencarian pekerjaan Anda. Jika Anda melamar untuk peran pekerjaan tertentu dan melampirkan surat lamaran ke CV Anda, Anda dapat secara aktif memilih untuk tidak memiliki informasi pribadi.

Seperti yang telah kami sebutkan, surat lamaran Anda akan melakukan banyak hal untuk Anda. Jadi, Anda mungkin sebaiknya tidak memiliki ringkasan lain.

Mengatakan itu, inti dari CV adalah memasarkan diri sendiri. Karena itu, jika Anda dapat memasukkan iklan lain, mengapa tidak?

Jika Anda lulusan baru, maka sebaiknya tinggalkan sisi profesional informasi pribadi. Anda dapat menuliskan sisi profesional ketika mendapatkan lebih banyak pengalaman kerja.

Jika anda lulusan baru, cukup sorot fakta bahwa Anda telah mendapatkan gelar dan garis besar jalur karier yang ingin Anda ikuti.

Meskipun bukan hal yang buruk untuk membagikan ambisi Anda dengan perekrut, Anda mungkin akan menemukan jumlah kata ‘bisa’ lebih baik digunakan untuk membahas kemampuan Anda secara lebih mendalam.

Tepat ketika Anda menjalan beberapa program kerja di universitas.

Namun, jika Anda telah mengumpulkan kekuatan dan pengalaman selama berada di universitas yang memberikan keunggulan pada pekerjaan yang Anda lamar, Anda harus menyoroti ini dalam pernyataan pribadi Anda, dan menjelaskan kepada perekrut bahwa Anda akan unggul dalam peran pekerjaan ini.

Profil pribadi juga sangat berguna jika Anda mencoba memasuki sektor kompetitif seperti digital agency, iklan, film, musik, dan penerbitan.

Seperti yang dapat Anda bayangkan, perekrut dari bidang ini menangani ratusan CV secara teratur. Jadi, mereka hanya akan melewati CV Anda kecuali mereka mengetahui keunggulan kompetitifnya.

Baca juga: Seberapa Panjang Isi CV Seharusnya?

Profil pribadi adalah cara sempurna bagi Anda untuk menarik perhatian mereka dan membujuk perekrut untuk terus membaca CV Anda karena Anda memberi tahu mereka secara langsung mengapa mereka harus mempekerjakan Anda.

Tentu saja, Anda harus tahu cara menulis pernyataan yang efektif terlebih dahulu, tetapi kami akan membahasnya sedikit.

Anda juga harus mempertimbangkan untuk menulis pernyataan pribadi jika Anda mengunggah CV Anda ke situs perekrutan seperti jobstreet. Ini memberi Anda kesempatan untuk menyoroti tujuan karir Anda dan memberikan CV Anda lebih banyak konteks.

Meskipun ini adalah informasi berharga untuk perekrut, penting bagi Anda untuk memperbaikinya. Pernyataan pribadi Anda akan memungkinkan perekrut untuk mencocokkan Anda dengan pekerjaan yang tepat dan memastikan bahwa perannya terpenuhi.

Jika Anda tidak sepenuhnya yakin pekerjaan apa yang Anda inginkan, atau jika ada beberapa sektor yang menurut Anda dapat masuk dengan keahlian khusus Anda, maka mungkin lebih baik untuk tidak menyertakan pernyataan pribadi.

Jika pernyataan pembukaan Anda terlalu luas, Anda berisiko memberi kesan bahwa Anda belum memiliki minat dengan benar. Atau bahkan tidak sedang mencari pekerjaan. Ini bukan kesan terbaik bagi calon atasan.

3. Cara Menyusun Profil Pribadi di CV

Kita tahu menulis pernyataan pribadi bisa sangat menakutkan. Tetapi jujur, setelah Anda mulai menulisnya, sisanya akan datang secara alami. Inilah uraian dasar-dasar pembuatan profil pribadi.

Yang paling penting untuk diingat adalah bahwa pernyataan biasanya panjangnya sekitar empat kalimat, dan tidak lebih dari enam kalimat. Bertujuan agar hasilnya antara 50 dan 200 kata, dan menggambarkan diri anda.

Seperti panjangnya, tata bahasa yang Anda tulis juga memiliki beberapa fleksibilitas.

Anda dapat memilih untuk menulis sebagai orang ketiga yang dapat terlihat lebih objektif, misalnya, ‘SEO Specialist mencari … keterampilan termasuk …’

Atau Anda dapat menulis sebagai orang pertama yang cenderung lebih pribadi: ‘Saya seorang SEO Specialist yang mencari … Keahlian saya adalah … ‘

Sejujurnya tidak masalah sudut pandang mana yang Anda pilih, cukup pilih sudut pandang yang Anda sukai untuk menulis. Selama Anda tetap konsisten, Anda tidak bisa salah.

4. Apakah profil pribadi saya memerlukan judul?

Semakin mudah tata letak CV Anda, semakin baik. Hal terakhir yang diinginkan perekrut adalah mencari-cari di antara sekumpulan kata-kata yang seharusnya menampilkan bagian-bagian terbaik Anda.

Anda tidak benar-benar membutuhkan judul untuk profil pribadi Anda.

Itu terletak di bawah nama Anda dan info kontak, sebelum menulis daftar pengalaman pekerjaan atau riwayat pendidikan Anda. Jadi cukup jelas pengantar itu untuk Anda.

Kedua, buat jarak lebih besar dan coba tambah menjadi 1,5. Karena ini adalah hal pertama yang akan dibaca oleh perekrut, Anda ingin ini dibaca sejelas mungkin.

Seringkali pembuat CV tidak memperhatikan jarak, sehingga perekrut tidak dapat membaca informasi dengan jelas.

5. Apa yang dimasukkan dalam profil pribadi di CV?

Ketika menyusun pernyataan pribadi Anda untuk pekerjaan impian Anda pada tahun ini, bagi menjadi tiga bagian: siapa Anda? apa yang dapat Anda tawarkan kepada perusahaan? dan apa tujuan karier Anda?

Baca juga: 5+ Contoh Format CV agar Sesuai Lowongan Kerja

Penempatkan Profil Pribadi di CV

10+ Contoh Profil Pribadi CV yang Menarik

Secara umum, profil harus ditempatkan di bagian atas halaman pertama CV.

Dalam beberapa kasus, daftar kisah hidup dimulai dengan nama, alamat, dan informasi kontak Anda, seperti: Nomor telepon dan alamat email.

Profil Anda kemudian akan dibuat, diikuti dengan ringkasan pencapaian utama Anda, detail kursus, kualifikasi profesional, dan riwayat pekerjaan.

Oleh karena itu, profil pribadi memiliki tempat khusus di CV, itulah mengapa Anda harus menulisnya dengan baik.

Meskipun wajib untuk menyimpan profil di tempat yang tepat, ingatlah bahwa banyak perekrut melalui halaman ini dan baru kembali setelah membaca halaman lain.

Namun, Anda tidak boleh meletakkan profil individu Anda di akhir CV Anda.

Perekrut akan kesulitan menemukannya dan CV Anda akan terlihat membingungkan atau mungkin tidak terstruktur dengan baik.

Perekrut sering kali memiliki ratusan resume untuk dibaca, jadi bantulah mereka dengan mengikuti aturan umum.

Baca juga: Cara Membuat CV Lamaran Kerja, Gratis 20+ Template!

Contoh Profil Pribadi CV

Berikut beberapa contoh profil pribadi di CV yang bisa menjadi referensi anda.

Contoh Profil Pribadi CV Industri Kreatif

Lulusan S1 dengan spesialis inovatif dari industri periklanan. Pengalaman dalam membuat desain iklan tiga dimensi dan berpartisipasi dalam proyek internasional melalui peluang magang di perusahaan multinasional.

Mencari pekerjaan periklanan yang menawarkan peluang untuk berkembang.

Contoh Profil Pribadi CV S2 Bahasa Jerman

Lulusan magister bahasa Jerman dengan pengalaman 3 tahun di industri buku berbahasa Jerman dan asisten dosen bahasa Jerman di universitas.

Memiliki sertifikat bahasa Jerman hingga level C1 dan telah melalui pertukaran pelajar selama 2 bulan di Jerman.

Contoh Profil Pribadi CV HR Generalist

HR Generalist dengan 5+ tahun pengalaman dalam pengendalian karyawan, rekrutmen, tujuan karyawan, manajemen kinerja karyawan dan catatan personalia.

Memiliki keterampilan dalam merajut mitra dengan staf di semua tingkatan dan dapat berkomunikasi dengan baik.

Contoh Profil Pribadi CV Customer Service

Pengalaman sebagai customer service selama 3 tahun. Memiliki problem solving, inovatif dan memiliki kekuatan interpersonal.

Sukses meningkatkan loyalitas pelanggan setia hingga 60%. Saya mencari posisi supervisor untuk melanjutkan karir saya di bidang manajemen.

Contoh Profil Pribadi CV Marketing

Saya mudah bergaul dan mudah beradaptasi. Pengalaman marketing selama 5 tahun di perusahaan multinasional dan berhasil meningkatkan pemasaran produk sebesar 50%.

Contoh Profil Pribadi CV Content Creator

Content Creator dengan pengalaman 2 tahun di industri inovatif. Pemain tim, tepat waktu, mahir dalam berbagai jenis perangkat lunak proofreading dan mudah beradaptasi.

Contoh Profil Pribadi CV Auditor

Akuntan di perusahaan nasional. Anda memiliki pengetahuan tentang audit internal dan eksternal. Dapat bekerja di bawah tekanan dan dilatih dengan tenggat waktu.

Contoh Profil Pribadi CV Manajer Marketing

Manajer pemasaran dengan pengalaman lebih dari sepuluh tahun dalam pemasaran dan pemasaran produk ekspor-impor.

Dapat membuat aturan pemasaran untuk meningkatkan pemasaran hingga 80%. Anda dapat bekerja dalam tim dan memiliki pemimpin yang baik.

Contoh Profil Pribadi CV Desain

10+ Contoh Profil Pribadi CV yang Menarik

Contoh Profil Pribadi CV Barista

10+ Contoh Profil Pribadi CV yang Menarik

Contoh Profil Pribadi CV Guru

10+ Contoh Profil Pribadi CV yang Menarik

Sekian artikel berjudul 10+ Contoh Profil Pribadi CV yang Menarik, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!