5+ Cara Bikin CV Online Gratis Kekinian

Bagaimana Cara Bikin CV Online Gratis Kekinian? Selesainya hari raya idul fitri adalah waktu puncak untuk mencari pekerjaan. Saat datangnya kesempatan itu seperti ingin memajukan karier Anda, mencapai keseimbangan kehidupan kerja yang lebih baik dan menghasilkan lebih banyak uang.

Cara Mempersiapkan CV Siap Lamar

Ini adalah waktu yang sangat kompetitif, jadi pastikan Anda tidak jatuh pada rintangan pertama. Dengan panduan Cara Bikin CV Online Gratis Kekinian dan menyiapkan CV Anda sekarang, Anda dapat bersiap untuk kesibukan setelah hari raya idul fitri.

Hal Penting Sebelum Bikin CV Online

Di bawah ini, kami tunjukkan caranya.

1. Format terbaik untuk digunakan

Perekrut biasanya menggunakan software Applicant Tracking System untuk melakukan penyaringan CV pertama. Itu artinya CV Anda dipindai, dianalisis, dan dipilih atau dibuang sebelum manusia melihatnya.

Jadi saat ini, lebih sulit dari sebelumnya, sangat penting untuk memilih format yang dapat memaksimalkan kesempatan peluang dilihat oleh manusia dan lolos dari software perekrut otomatis.

Cara terbaik untuk menyimpan CV Anda adalah dengan format file Microsoft Word dan PDF. Ini adalah tipe file yang paling umum dan tipe file tersebut dapat dibaca oleh sebagian besar ATS.

Jika Anda menyimpan CV Anda sebagai JPG, PNG dan RAR, Anda berisiko memberikan kesalahan pada saat CV diseleksi oleh software ATS.

Jika anda menggunakan Microsoft Word untuk format CV anda, jika bisa gunakan hanya teks hitam, dan juga gunakan font yang tersedia secara luas, seperti Arial atau Calibri.

Jangan pernah memasukkan gambar atau kotak teks karena formatnya bisa rusak, ditambah lagi, tampilannya tidak profesional atau rusak dan dapat menunda perekrut menyeleksi CV anda.

2. Pilih Informasi yang harus Anda sertakan

Bagian dari CV terpenting yang sudah teruji oleh waktu adalah profil, pengalaman kerja dan keterampilan masih sangat dibutuhkan.

Saat bisnis menjadi semakin global dan digital, pastikan Anda juga menyebutkan bahasa apa pun yang dapat Anda gunakan dan aplikasi komputer apa pun yang Anda dapat gunakan.

Prestasi adalah salah satu point yang sering diabaikan, padahal hal tersebut cukup penting untuk membedakan diri Anda dari pelamar lain.

Pikirkan tentang saat-saat di mana Anda mendapatkan keberhasilan di luar pekerjaan Anda. Ini akan menjadi saat-saat di mana Anda menambahkan nilai nyata, penghargaan yang telah Anda menangkan dan manfaat yang telah Anda terima.

Masukkan masing-masing pencapaian ini sesuai dengan bagian atau jabatan yang ingin anda lamar. Plus, pastikan Anda mendukung ini dengan angka dan fakta sejelas mungkin.

Misalnya, “peningkatan penjualan sebesar 50% dalam enam bulan” terdengar lebih mengesankan bagi HRD daripada hanya “peningkatan penjualan”.

Kata kunci adalah komponen penting dari CV saat ini. Jangan hanya menganggap perekrut akan memahami tugas dan tanggung jawab berdasarkan jabatan Anda. Bahkan pekerjaan dengan jabatan yang sama dapat sangat bervariasi dari satu perusahaan ke perusahaan berikutnya.

Pertimbangkan keterampilan utama untuk jabatan yang Anda targetkan dan analisis iklan pekerjaan untuk melihat apa yang diperlukan. Kemudian, pastikan Anda mengisi semua poin yang relevan di CV Anda.

Seorang project manager, misalnya, perlu memasukkan risk management, budget control dan stakeholder management.

Anda mungkin berpikir hal ini sudah jelas karena ini berkaitan dengan pekerjaan tersebut, tetapi baik manusia maupun ATS tidak akan tahu Anda memiliki pengalaman ini jika Anda tidak menyorotnya dengan jelas kepada mereka.

3. Pilih Informasi apa yang harus Anda tinggalkan

Bagian minat menjadi kurang umum pada CV. Terutama jika Anda sudah melewati tahap awal karir Anda.

Namun, mereka dapat menambahkan sedikit minat dan kepribadian pada CV Anda (Saya pernah menulis CV dan menambahkan Futsal sebagai hobi) mereka jarang menambah nilai khususnya dalam menjelaskan seberapa baik Anda dapat melakukan pekerjaan atau apa itu bermanfaat bagi perusahaan.

Jika Anda berjuang untuk menjaga ruang pada CV Anda, ini akan menjadi hal pertama yang Anda hapus.

Banyak orang masih menambahkan detail pribadi yang berlebihan ke CV mereka. Nomor telepon dan alamat email jelas sangat penting jika Anda mengharapkan perekrut untuk menghubungi Anda.

4. Detail yang harus Anda hapus

Jika Anda membuat CV sudah beberapa tahun yang lalu, lakukan perubahan informasi dengan baik. Beberapa pekerjaan, kualifikasi, kursus, dan keterampilan Anda mungkin tidak lagi relevan dengan langkah selanjutnya dalam karier Anda.

Jadi jangan takut untuk menghapus hal-hal yang sebelumnya Anda anggap penting.

Jika Anda seorang profesional yang lebih berpengalaman, Anda hanya perlu memerinci selama 10 tahun terakhir dalam sejarah karir Anda. Jadi, rangkum semuanya sebelum memperbarui CV anda.

Kursus dan kualifikasi tidak relevan yang sudah Anda lakukan sejak dulu juga bisa hilang jika tampaknya agak ketinggalan jaman.

Baca juga: Cara Menulis Profil Pribadi Curriculum Vitae (CV)

5. Pastikan Anda menyesuaikan CV Anda untuk Tahun ini

Ketika Anda senang bahwa CV Anda mencerminkan versi terbaik Anda, jangan berhenti di situ. Gunakan dokumen tersebut sebagai template utama, dan selanjutnya atur agar sesuai dengan setiap iklan pekerjaan yang Anda lamar.

Ini mungkin akan memerlukan sedikit pengulangan kata-kata di bagian profil dan penyesuaian ulang poin-poin di bagian pengalaman profesional.

Anda harus segera menyoroti keterampilan anda ke perekrut bahwa apa yang Anda tawarkan selaras dengan persyaratan yang dinyatakan dalam iklan.

Tidak perlu menulis ulang seluruh dokumen, anda hanya perlu membuat kesan pertama yang tepat dengan cara melakukan sedikit perubahan.

Cara Bikin CV Online Gratis

Jika Anda ingin melamar ke suatu perusahaan, curriculum vitae (CV) itu penting.

CV menjadi salah satu aset bagi Anda untuk “menjual” kekuatan yang Anda miliki. Saat membuatnya, usahakan untuk tampil inovatif agar bisa menarik perhatian HR.

Saat ini ada beberapa situs bikin CV online yang dapat membantu Anda membuat CV dengan desain yang sesuai dengan selera Anda.

Baca penjelasan ini untuk cara bikin CV online gratis yang akan membantu Anda mendapatkan perhatian HRD berikut!

Baca juga: Cara Membuat CV Lamaran Kerja, Gratis 20+ Template!

1. Cara Bikin CV Online dengan Canva

5+ Cara Bikin CV Online Gratis Kekinian

Web ini sangat sering digunakan dalam kelompok mahasiswa. Ada berbagai macam template yang gratis untuk digunakan, lho!

Selain desain, website ini juga menawarkan berbagai ikon yang bisa Anda pilih untuk melengkapi CV Anda. Ingat, Anda bisa mendapatkan perhatian HRD!

a. Buat akun

Langkah pertama dalam bikin CV di Canva adalah membuat akun.

b. Pilih menu pembuatan CV

Setelah membuat akun, langkah selanjutnya adalah memilih menu bikin CV.

Untuk memilih menu ini, ketik kata “Resume” ke dalam bilah pencarian di situs web Canva.

Anda kemudian akan menemukan menu pembuatan resume. Klik menu ini untuk mulai bikin CV di Canva.

Meskipun Canva mengatakan bahwa fitur yang dijualnya adalah membuat resume, Anda masih dapat menggunakannya untuk bikin CV.

c. Desain CV

Langkah selanjutnya adalah langkah utama dalam bikin CV di Canva yaitu berkreasi membuat CV.

Bahkan, Anda dapat memilih dari berbagai template desain CV yang ditawarkan Canva.

Anda juga dapat mengubah gambar, font, dan warna template CV ini sesuai keinginan Anda.

Namun, jika Anda ingin bikin CV sendiri, Anda bisa melakukannya.

d. Isi CV Anda

Sekarang setelah Anda membuat dan menempatkan semua komponen visual, Anda siap untuk mulai mengisi konten di CV Anda. Pengisian CV ini ada di menu teks di sisi kiri monitor.

e. Penyelesaian CV

Setelah Anda mengisi semua elemen CV Anda di Canva, saatnya untuk menyelesaikannya.

Pada tahap ini, Anda dapat menggunakan fitur grouping untuk membuat CV Anda lebih teratur.

f. Simpan dan bagikan CV

Setelah bikin CV Anda, Anda dapat segera menyimpan CV Anda. Canva menawarkan fitur untuk mengunduh CV dalam format JPG atau PDF.

Untuk melihat CV di Canva, klik panah bawah di sudut kanan atas layar.

Kemudian Anda bisa langsung mengklik opsi download di bagian bawah kolom.

Sebelum mengunduh, pastikan Anda telah mengubah jenis file menjadi PDF Print. Bentuk dokumen paling baik dikirim ke email perekrut atau dicetak.

2. Cara Bikin CV Online dengan Visual CV

5+ Cara Bikin CV Online Gratis Kekinian

Apakah Anda melamar ke perusahaan internasional dengan integritas tinggi? Situs web ini dapat membantu Anda bikin CV Anda terlihat resmi dan profesional.

Template pada visual cv ini umumnya menggunakan background minimalis berwarna putih.

Dia memiliki aturan teks bahasa Inggris profesional. Selain itu, kelebihan Visual CV adalah dapat memasukkan data pribadi secara otomatis dari akun LinkedIn Anda.

Cara Bikin CV Online Gratis dengan Visual CV:

  1. Daftar dan buat akun
  2. Pilih Template CV
  3. Masukan Informasi Pribadi dan sesuaikan
  4. Desain sesuai dengan kreatifitas anda
  5. Download jika sudah selesai

3. Cara Bikin CV Online dengan Novoresume

5+ Cara Bikin CV Online Gratis Kekinian

Saat membuat daftar riwayat hidup, apakah Anda masih ragu CV Anda akan menarik perhatian HRD?

Tenang dan jangan khawatir! Novoresume bisa menjadi pilihan untuk melihat apa saja kekurangan dalam CV.

Website ini dilengkapi dengan fungsi optimasi. Yang mau mengoreksi kekurangan biodata yang dinilai penting menurut penilaian HRD.

Cara Bikin CV Online Gratis dengan Novoresume:

  1. Daftar dan buat akun
  2. Pilih experience level anda
  3. Pilih Template CV
  4. Masukan Informasi Pribadi dan sesuaikan
  5. Desain sesuai dengan kreatifitas anda
  6. Download jika sudah selesai

4. Cara Bikin CV Online dengan Cuuveed

5+ Cara Bikin CV Online Gratis Kekinian

Masih sama seperti situs bikin CV online lainnya, Cuuved dapat membantu Anda bikin CV yang menarik.

Kelebihan website ini adalah bisa langsung terintegrasi dengan LinkedIn. Selain itu, website ini juga berfungsi sebagai portal untuk menghubungkan tawaran pekerjaan yang diatur oleh Karier.com

Cara Bikin CV Online Gratis dengan Cuuveed:

  1. Daftar dan buat akun
  2. Pilih Template CV
  3. Masukan Informasi Pribadi dan sesuaikan
  4. Desain sesuai dengan kreatifitas anda
  5. Download jika sudah selesai

Baca juga: 5+ Contoh CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman

5. Cara Bikin CV Online dengan Kick Resume

5+ Cara Bikin CV Online Gratis Kekinian

Di Kick Overview Anda dapat memilih desain yang sesuai dengan industri yang Anda lamar!

Keuntungan dari situs web ini adalah berisi menu ikhtisar dengan contoh-contoh.

Anda dapat melihat bahwa CV orang lain telah lulus seleksi di perusahaan terkemuka. Bahkan, website ini menawarkan untuk membuat surat rekomendasi pekerjaan.

Cara Bikin CV Online Gratis dengan Kick Resume:

  1. Daftar dan buat akun
  2. Pilih Template CV
  3. Masukan Informasi Pribadi dan sesuaikan
  4. Desain sesuai dengan kreatifitas anda
  5. Download jika sudah selesai

6. Cara Bikin CV Online dengan Connect CV

5+ Cara Bikin CV Online Gratis Kekinian

Apakah Anda baru pertama kali memasuki pasar kerja? Masih bingung bagaimana cara bikin CV yang bagus sekaligus menarik perhatian HRD? Connect CV adalah situs yang harus Anda coba!

Website ini sangat cocok untuk pemula yang ingin merambah dunia kerja.

Di sini Anda akan mempelajari beberapa dasar-dasar menulis CV. Manfaat lain, Connect CV mendidik pengguna tentang apa yang perlu dan apa yang tidak diperlukan saat membuat CV.

Cara Bikin CV Online Gratis dengan Connect CV:

  1. Daftar dan buat akun
  2. Pilih Template CV
  3. Masukan Informasi Pribadi dan sesuaikan
  4. Desain sesuai dengan kreatifitas anda
  5. Download jika sudah selesai

7. Cara Bikin CV Online dengan Zety

5+ Cara Bikin CV Online Gratis Kekinian

Zety sebagai salah satu situs bikin CV online gratis. Di sinilah menawarkan bikin CV yang bagus menurut beberapa perekrut profesional.

Jika Anda mengikuti panduan ini, Anda akan memiliki peluang besar untuk dilihat oleh perusahaan melalui CV yang Anda buat.

Cara Bikin CV Online Gratis dengan Zety:

  1. Daftar dan buat akun
  2. Pilih Template CV
  3. Masukan Informasi Pribadi dan sesuaikan
  4. Desain sesuai dengan kreatifitas anda
  5. Download jika sudah selesai

Penutup

Beberapa daftar website yang bisa bikin CV online gratis dengan desain yang menarik dan inovatif.

Apakah Anda sudah tidak bingung lagi jika ingin bikin CV yang inovatif? Cukup masukkan salah satu situs web di atas dan CV Anda akan ditinjau oleh HRD! Jadi kamu tertarik yang mana?

Sekian artikel berjudul 5+ Cara Bikin CV Online Gratis Kekinian, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!