Mind Mapping Adalah: Manfaat, Jenis, Teori dan Cara Membuatnya

Mind Mapping Adalah: Manfaat, Jenis, Teori dan Langkah Membuatnya | Pengertian Mind Mapping adalah sebagai alat berpikir organisasi yang memudahkan seseorang untuk menyimpan informasi yang berbeda dalam pikiran mereka untuk kemudian mengambil informasi tersebut kapan pun mereka membutuhkannya.

Mind Mapping Adalah: Manfaat, Jenis, Teori dan Cara Membuatnya

Jadi, Pengertian Mind Mapping adalah teknik mencatat yang membantu seseorang untuk memaksimalkan semua kekuatan otak.

Caranya adalah dengan menyatukan belahan otak kiri dan kanan. Sistem ini memudahkan untuk memasukkan informasi dari dalam otak.

Mind Mapping adalah teknik terbaik untuk secara teratur mendukung proses berpikir otak karena menggunakan teknik grafis dari penalaran manusia yang berguna untuk memberikan kunci universal untuk melepaskan potensi otak. Metode mind mapping meningkatkan memori seseorang hingga 78%.

Baca di bawah ini untuk informasi lengkap tentang pengertian Mind Mapping, manfaatnya dan beberapa jenisnya:

A. Pengertian Mind Mapping

Apa itu mind mapping? Mind mapping adalah sistem pembelajaran yang dirancang dimana informasi disajikan dalam bentuk grafis.

Mind mapping dapat dipetakan dengan menggunakan percabangan garis, gambar, atau kata kunci, yang keduanya berhubungan dengan ide pokok atau konsep.

Mind mapping membantu seseorang dalam berbagai hal seperti merencanakan, berkomunikasi, mengingat sesuatu dengan baik, membuat seseorang lebih inovatif dalam memecahkan masalah, memusatkan perhatian, menciptakan dan menjelaskan pikiran, serta mempelajari sesuatu dengan lebih cepat dan efektif.

Baca juga: Design Thinking Adalah: Pengertian, Proses dan Contoh

Pengertian Mind Mapping Menurut Para Ahli

Mind Mapping Adalah: Manfaat, Jenis, Teori dan Cara Membuatnya

Berikut beberapa pengertian mind mapping menurut beberapa ahli :

Pengertian Mind Mapping Menurut Melvin L. Silberman

Mind mapping adalah metode kreatif yang membantu seseorang menghasilkan banyak ide-ide menarik, mempermudah mempelajari sesuatu, hingga mempermudah merencanakan berbagai penelitian untuk proyek baru yang sedang dikerjakannya.

Pengertian Mind Mapping Menurut Tony Buzan

Mind Mapping adalah sebuah langkah untuk meningkatkan aktivitas berpikir dan menangkap pemikiran yang berbeda dari sudut yang berbeda.

Pengertian Mind Mapping mengarah pada langkah-langkah bagaimana mempertajam cara berpikir yang divergen dan kreatif.

Mind mapping atau peta ide sebagai alat berpikir organisasi yang membantu seseorang menempatkan informasi di otak mereka dan kemudian mengambil informasi itu kapan pun mereka membutuhkannya.

Mind mapping akan memudahkan perencanaan dan komunikasi, mengasah kreativitas, memecahkan masalah, memusatkan perhatian, membangkitkan dan menjelaskan pikiran, mengingat dengan baik dan menjadikan proses belajar lebih efisien.

Pengertian Mind Mapping Menurut Bobby De Porter dan Mike Hernacki

Mind mapping adalah salah satu teknik menulis yang dirancang untuk membantu seseorang secara efektif memetakan pemikiran kreatifnya kemudian menyesuaikan dan meningkatkan daya kerja otak, baik otak kanan maupun otak kiri seseorang.

Pengertian Mind Mapping Menurut Caroline Edward

Mind mapping adalah cara yang paling efisien dan efektif untuk memasukkan, menyimpan, dan mengeluarkan data ke dalam otak.

Mekanisme ini bekerja sesuai dengan fungsi alami otak kita, sehingga dapat memaksimalkan seluruh potentsi dan kemampuan otak manusia.

Baca juga: Mengenal Kuadran Time Management atau 4 Kuadran Prioritas

B. Manfaat Mind Mapping

Mind Mapping Adalah: Manfaat, Jenis, Teori dan Cara Membuatnya

Menggunakan sistem mind mapping memudahkan seseorang untuk melihat gambaran besar dari sebuah ide.

Dapat memaksimalkan otak kanan dan otak kiri karena mind mapping bekerja dengan gambar, warna dan kalimat sederhana.

Mind mapping merupakan langkah kreatif dan solusi terbaik bagi seseorang yang ingin membuat berbagai informasi lebih mudah dipahami.

Ia mengasah kemampuan analisis dan logikanya karena ia tidak lagi harus menulis buku sampai selesai dan kemudian menghafalnya.

Selain itu, Mind Mapping merangsang aspek inovatif seseorang melalui penggunaan garis lengkung, warna, dan gambar.

Dapat meningkatkan kemampuannya berimajinasi, mengingat, fokus, mencatat dan meningkatkan minat sekaligus memiliki kemampuan memecahkan masalah.

Mind mapping akan membuat seseorang menulis dan membuat informasi penting dari ide atau konsep tertentu yang sedang dipelajarinya.

Mind mapping memudahkan seseorang untuk menyajikan dan mengkomunikasikan informasi yang baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

Ketika Anda dilatih untuk melihat gambaran besar tentang ide atau konsep tertentu, Anda dilatih untuk memecahkan berbagai masalah yang kompleks.

1. Berlatih memahami berbagai informasi penting

Manfaat pertama Mind Mapping Adalah membuat berlatih memahami berbagai informasi penting.

Pemetaan pikiran menawarkan banyak manfaat dalam proses pembelajaran karena Anda dilatih untuk mengoordinasikan dan mengkategorikan beberapa informasi penting dari ide atau ide topik tertentu. Jika Anda dilatih untuk melakukan beberapa informasi penting, fokus ini secara otomatis akan meningkat.

Selain itu, beberapa informasi penting yang dipetakan menggunakan mind mapping memudahkan dalam menghasilkan ide dan membuat kerangka kerja lebih cepat dan efisien.

Membantu setiap pengguna memahami ide atau masalah yang paling kompleks.

Selain itu, langkah ini dapat membantu pengguna untuk memecahkan masalah yang kompleks. Jadi, langkah ini berguna ketika diterapkan pada proses manajemen proyek, rapat, dll.

2. Meningkatkan Akurasi dalam Menyusun Informasi

Manfaat kedua Mind Mapping Adalah meningkatkan akurasi dalam menyusun informasi.

Dengan membuat mind mapping secara mandiri, Anda secara otomatis melatih kemampuan mengatur informasi yang diterima.

Dalam hal ini, Anda dapat mengkategorikan informasi menurut kelompok subjek yang akan dibahas.

Dengan cara ini Anda akan dilatih dengan membuat informasi rapi dan tertata.

3. Meningkatkan Kemampuan Anda sendiri untuk memahami berbagai hal

Manfaat ketiga Mind Mapping Adalah meningkatkan kemampuan anda sendiri untuk memahami berbagai hal.

Mind mapping sangat berguna untuk memperkuat fungsi otak saat melatih seseorang membuat mind map, karena secara otomatis membuat mereka lebih cepat dalam mengolah atau memahami materi yang sedang dipelajarinya.

Menggunakan kata kunci sederhana dalam mind mapping akan membantu Anda mengingat materi penting yang berkaitan dengan gagasan utama.

4. Peningkatan kreativitas dan produktivitas

Manfaat keempat Mind Mapping Adalah meningkatkan kreativitas dan produktivitas.

Dengan menggunakan Mind mapping yang kreatif dalam menyajikan dan memproses beberapa informasi penting dari sebuah konsep.

Misalnya, menggunakan bentuk grafis yang menyertakan gambar, kata kunci, dan frase kunci secara otomatis akan mengasah kreativitas Anda.

Plus, membuat Mind mapping membuat Anda lebih produktif. Saat membuat Mind mapping, Anda perlu menentukan model percabangan, memilih warna, menentukan kata kunci, dan memilih frasa kunci.

Proses tersebut kemudian menjadi motivasi Anda untuk lebih produktif dan membuat kegiatan belajar tidak membosankan.

5. Menghemat Waktu

Manfaat kelima Mind Mapping Adalah menghemat waktu.

Membuat Mind mapping yang rapi dan dirancang dengan baik akan memudahkan dan menghemat waktu untuk mempelajari kembali materi yang telah dibaca sebelumnya.

Dengan cara ini Anda dapat menggunakan waktu yang tersisa untuk mempelajari hal-hal lain.

Mind mapping dapat diterapkan untuk berbagai jenis hal. Tidak hanya digunakan sebagai bahan pembelajaran sekolah atau perkuliahan.

Sistem mind mapping ini cukup efisien untuk menciptakan ide bisnis dan pemasaran.

Baca juga: Manajemen Proyek Adalah: Pengertian, Tujuan, Sasaran dan Contohnya

C. Jenis Mind mapping

Mind Mapping Adalah: Manfaat, Jenis, Teori dan Cara Membuatnya

Mind mapping membantu seseorang dengan cara yang paling sederhana untuk mengingat berbagai jenis hal yang sulit sebelumnya.

Dengan cara ini, materi yang dipelajari kemudian dapat bertahan lama dikiran dengan membaca kata kunci atau melihat Mind mapping yang dibuat sebelumnya.

Berikut beberapa jenis mind mapping yang bisa Anda tentukan berdasarkan minat Anda, sebagai berikut:

1. Mind Map Silabus

Mind Map Silabus adalah jenis mind mapping yang membantu untuk mendapatkan gambaran tentang apa yang sedang dikerjakan dan umumnya mind mapping ini dikerjakan dalam format besar dan ditempel di dinding.

Jenis Mind Map ini sering disebut sebagai pemetaan makro. Kehadiran mind mapping silabus ini digunakan untuk memberikan gambaran tentang apa yang telah dipelajari.

2. Mind Map Bab

Selanjutnya adalah mind mapping bab yang kehadirannya didasarkan pada sejumlah bab yang telah dipelajari sebelumnya.

Peta konsep jenis ini umumnya dibuat dengan merangkum beberapa poin penting menjadi pembelajaran dengan instruksi agar lebih mudah diingat.

3. Mind Map Paragraf

Mind Map ini memberikan informasi yang lebih lengkap dan mendalam. Anda tidak hanya dapat melihat informasi singkat dari setiap bab yang dipelajari, tetapi juga informasi dari masing-masing bab tersebut.

Sementara itu, beberapa Mind Map unik yang dapat direkomendasikan, yaitu:

  • Brain Functions (Fungsi-fungsi Otak) yang dibuat oleh Paul Foreman,
  • Creativity Tips (Tips-tips Kreatifitas) oleh Tony Buzan,
  • Habit Transformation (Transformasi Kebiasaan) oleh Adam Sicinski,
  • Procrastination Buster (Membuang Penundaan) oleh Jane Genovese,
  • Work Smart (Kerja Cerdas) oleh Thum Cheng Cheong,
  • Creative Intelligence (Kecerdasan Kreatif) oleh Emily Burton dan
  • Dreams (Mimpi-mimpi) oleh Thum Cheng Cheong.

Baca juga: Manajemen Waktu Adalah: Pengertian, Karakteristik, dan Caranya

D. Cara Membuat Mind Mapping

Mind Mapping Adalah: Manfaat, Jenis, Teori dan Cara Membuatnya

Mind mapping dapat diartikan sebagai proses menggambar pikiran untuk menghubungkan konsep-konsep masalah tertentu dari cabang korelasi konsep dengan suatu pengetahuan dan hasilnya dituangkan secara langsung sehingga pembuat dapat dengan mudah memahaminya.

Membuat Mind mapping membantu seseorang lebih memahami materi pembelajaran.

Mind mapping memungkinkan otak untuk menggunakan semua gambar dan asosiasi dalam skema radial dan saling berhubungan, seperti yang dirancang otak.

Berikut beberapa cara yang dapat diterapkan untuk membuat mind mapping terbaik:

1. Pastikan peralatan lengkap

cara pertama membuat Mind Mapping Adalah memastikan peralatan lengkap.

Mempersiapkan peralatan sebelum membuat mind map sudah pasti penting. Kertas gambar persegi panjang, spidol atau krayon berwarna dan tentu saja buku atau karton diperlukan sebagai peralatan untuk membuat mind mapping.

2. Tetapkan Tema Mind mapping

cara kedua membuat Mind Mapping Adalah menetapkan tema mind mapping.

Tentukan tema besar atau topik yang ingin dijadikan topik utama dari mind map.

Dapatkan poin-poin penting di setiap bab dan sub-bab saat membuat Mind mapping. Tempatkan tema utama di tengah gambar sebagai titik fokus.

Memulai dari tengah memberikan kebebasan otak untuk berkreasi dalam membuat kerangka Mind mapping.

Dari topik utama diturunkan topik yang berkaitan dengan topik utama. Agar hasil Mind mapping lebih optimal, sambungkan cabang khusus ke gambar pusat.

Setiap cabang khusus dapat bercabang lagi sesuai dengan konsep yang dibahas. Dengan menghubungkan cabang-cabang, Anda akan lebih mudah memahami dan mengingat.

3. Pastikan topik utama ini ditempatkan di tengah kertas atau buku catatan Anda

Cara ketiga membuat Mind Mapping Adalah memastikan topik utama ini ditempatkan di tengah kertas atau buku catatan anda.

Intinya untuk memudahkan penulisan cabang lain. Jika media yang Anda gunakan adalah vertikal, Anda dapat menempatkan topik tertentu di bagian atas sehingga Mind mapping turun kebawah.

Perhatikan subtopik Setelah Anda memutuskan topik utama, Anda juga harus menentukan topik turunan yang ingin Anda hubungkan dengan garis cabang.

Saat mencabangkan topik ini, cobalah untuk tidak membuat garis datar. Maksudnya agar peta pikiran Anda tidak terlalu kaku dan memudahkan Anda untuk memahami kerangka yang ada di dalamnya.

Juga, langkah lebih lanjut dengan menurunkan topik turunan menjadi kata kunci, yang keduanya terkait dengan topik tersebut.

Semakin mudah dan Mind mapping Anda akan semakin tertata dan tersturuktur nantinya.

4. Tautkan setiap topik dan tandai dengan garis, ikon warna, ikon bergambar, atau foto untuk ide utama

Cara keempat membuat Mind Mapping Adalah menautkan setiap topik dan tandai dengan garis atau ikon warna, bisa juga dengan gambar atau foto untuk ide utama.

Sebuah gambar dapat mengatakan lebih dari seribu kata dan membantu untuk berimajinasi.

Gambar yang lebih menarik di tengah membuat Anda tetap terpusat dan membantu mengaktifkan otak.

5. Selain gambar, Anda dapat memanfaatkan penggunaan warna yang berbeda

Mind Mapping Adalah: Manfaat, Jenis, Teori dan Cara Membuatnya

Cara kelima membuat Mind Mapping Adalah selain gambar, anda dapat memanfaatkan penggunaan warna yang berbeda.

Warna menghidupkan Mind mapping, memberi energi pada pemikiran kreatif, dan membuat Anda bahagia.

Menggunakan warna yang menarik merupakan panduan agar mind map dapat digunakan semaksimal mungkin.

Misalnya, jika Anda membuat Mind mapping dengan tema utama pemasaran, sub topik yang dapat digunakan adalah pemasaran digital, konten pemasaran, dll dengan warna hijau dan merah.

Menggunakan warna dalam subtopik atau topik tertentu memudahkan otak untuk menafsirkannya dengan topik terkait.

Jika Anda tidak memiliki krayon atau spidol, Anda dapat menggunakan stiker atau tempelan untuk membedakan topik satu per satu.

6. Gunakan Garis Melengkung

Cara keenam membuat Mind Mapping Adalah menggunakan garus melengkung.

Saat membuat Mind mapping, gambarlah garis lengkung, bukan garis datar, yang akan cepat membuat otak bosan

Cabang yang membengkok dan bersifat organik, seperti Ranting pohon secara alami lebih menarik dan enak dipandang, sehingga tidak langsung bosan.

7. Saat membuat Mind mapping, gunakan kata kunci untuk setiap garis

Cara ketujuh membuat Mind Mapping Adalah menggunakan kata kunci untuk setiap garis.

Karena satu kata kunci memberikan lebih banyak kekuatan dan elastisitas pada Mind mapping.

Saat menggunakan kata-kata individual dalam Mind mapping, masing-masing kata ini lebih bebas dan karena itu dapat merangsang ide dan pemikiran baru dengan lebih baik.

8. Jangan langsung membuat mind map di kertas

Cara terakhir yang paling penting dalam membuat Mind Mapping Adalah jangan langsung membuat mind map di kertas.

Saat membuat Mind mapping, jangan langsung membuatnya di atas kertas yang digunakan untuk menggambar, tetapi rancang dulu Mind mapping di atas kertas buram.

Bertujuan untuk membuat lokasi terbaik untuk menempatkan diagram dan cabang.

 

F. Teori Mind Mapping

Mind Mapping Adalah: Manfaat, Jenis, Teori dan Cara Membuatnya

Mind mapping sebagai suatu sistem yang mendorong aktivitas dan kreativitas seseorang ketika membuat catatan di Mind mapping mereka dan mampu memproses informasi tersebut kapan pun dibutuhkan.

Metode ini mengutamakan proses pengetahuan dalam model pembelajaran dengan Mind mapping yang termasuk dalam teori belajar kognitif yang dikembangkan oleh Piaget, Vygotsky, Ausubel.

Berikut beberapa teori lain yang mendukung teori mind mapping:

1. Teori Piaget

Teori ini menyatakan bahwa ketika pengetahuan berasal dari tindakan, perkembangan kognitif seseorang sangat bergantung pada sejauh mana seseorang secara aktif berinteraksi dengan lingkungannya.

Dengan menggunakan mind mapping, seseorang kemudian menciptakan pola pikirnya sendiri dan menciptakan konsep melalui kisah hidupnya.

2. Teori Vygotsky

Seseorang memperoleh pengetahuan tentang sesuatu yang mereka ketahui bukan salinan dari sesuatu yang mereka terima di sekitar mereka, visi Vygotsky dan ahli psikolog kognitif strategi terbaik untuk mempelajari sesuatu adalah:

  • Pengetahuan awal memainkan peran utama dalam proses pembelajaran
  • Pemahaman mengenai Ilmu pengetahuan dan juga perbedaan diantara keduanya
  • Membantu menjelaskan pengetahuan yang diterima, kemudian memcah dan mengolahnya dalam mekanisme memori otak.

3. Teori David Ausebel

Teori Kognitif David P. Ausubel menyatakan bahwa menghafal berbeda dari praktik langsung.

Dengan mengingat, seseorang menerima informasi dan kemudian memprosesnya ke dalam struktur kognitif pembelajaran.

Menghafal sebagai proses belajar yang dilakukan melalui menghafal kata demi kata.

Sedangkan praktik merupakan rangkaian proses pembelajaran yang menghasilkan hasil yang bermakna.

Pembelajaran bermakna ketika informasi yang dipelajari siswa diatur menurut struktur kognitif siswa sehingga dia dapat menghubungkan pengetahuan baru dengan struktur kognitifnya.

Nah, itulah informasi tentang pengertian mind mapping, manfaat, jenis, dan cara melakukannya dengan benar.

Ini dia video menganai alasan kenapa anda harus membuat mind mapping.

Penutup

Mind mapping adalah suatu langkah di mana beberapa ide dikelompokkan dalam bentuk kerangka kerja yang digunakan untuk mengingat atau menganalisis suatu masalah.

Mind mapping seharusnya merupakan suatu proses dimana bentuk pengamatan di otak diarahkan ke dalam bentuk tulisan dan gambar.

Dan mind map adalah gambaran dari suatu kerangka atau mind map yang telah Anda kelompokkan berdasarkan beberapa ide yang muncul di pikiran.

Anda juga bisa mendapatkan beberapa manfaat dari menggunakan mind mapping seperti:

  • Membantu Anda memahami konsep baru
  • Mempunyai beberapa ide kreatif
  • Membantu dalam presentasi
  • Membuat lebih mudah untuk meringkas masalah

Apa itu Mind Mapping? Mind mapping adalah peta pikiran dalam bentuk grafis yang secara visual memvisualisasikan ide, gagasan, informasi atau hal lainnya.

Bagaimana cara membuat Mind Mapping? Menggunakan aplikasi Xmind.

Sekian artikel berjudul Mind Mapping Adalah: Manfaat, Jenis, Teori dan Cara Membuatnya, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!