5 Daftar Riwayat Hidup Fresh Graduate

Bagaimana Daftar Riwayat Hidup Fresh Graduate? Daftar riwayat hidup atau Curriculum Vitae (CV) merupakan berkas penting yang tidak boleh dilewatkan oleh pelamar saat mengikuti seleksi karir, baik untuk fresh graduate yang belum memiliki pengalaman atau sudah ahli.

5 Daftar Riwayat Hidup Fresh Graduate

Ditemukan bahwa dokumen yang satu ini berisi informasi tentang data pribadi pelamar, pendidikan, pengalaman kerja dan keterampilan.

Daftar riwayat hidup fresh graduate dikirim ke perusahaan target bersama dengan surat lamaran kerja atau cover letter.

Kedua syarat tersebut menjadi parameter bagi perekrut untuk melanjutkan proses rekrutmen atau mungkin tidak.

Surat lamaran dan Daftar riwayat hidup merupakan dokumen yang pertama kali disaksikan oleh HRD.

Oleh karena itu, surat lamaran dan daftar riwayat hidup Anda harus sangat menarik agar lamaran Anda membuahkan hasil.

Mengapa Harus Membuat Daftar Riwayat Hidup?

Pertanyaan berikutnya yang mungkin Anda tanyakan adalah mengapa Anda melamar pekerjaan menggunakan daftar riwayat hidup fresh graduate?

1. Mengidentifikasi Pelamar Kerja

Hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah HRD belum tentu mengenali pelamar di perusahaan tersebut, bahkan bisa jadi Anda tidak mengetahuinya.

Untuk dapat mengidentifikasi pelamar kerja potensial, dokumen yang menunjukkan biografi pelamar kerja diperlukan untuk memeriksa kesesuaian dengan persyaratan lowongan.

2. Mempermudah Proses Seleksi

Kedua, karena pelamar kerja umumnya banyak orang, bisa beberapa lusin orang, bahkan untuk perusahaan besar seperti BUMN, bisa beberapa ratus, karena ini adalah cara termudah untuk bertemu dengan mengirim dokumen dengan mengirimkan daftar riwayat hidup.

HRD hanya membutuhkan rata-rata 6 detik untuk memindai CV dan melihat apakah pelamar dapat lulus seleksi berikutnya.

Dengan metode ini, beberapa ratus pelamar dapat disaring hanya dalam satu hari.

Baca juga: 5+ Contoh CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman

Bagian Daftar Riwayat Hidup Fresh Graduate

5 Daftar Riwayat Hidup Fresh Graduate

Misalnya, sebelum membuat daftar riwayat hidup, kita harus mengetahui beberapa bagian penting dari daftar riwayat hidup yang mendetail sebagai tutorial untuk membuat momen sebelum melamar pekerjaan.

Berikut adalah beberapa elemen penting dalam daftar riwayat hidup fresh graduate terperinci yang perlu dicantumkan:

1. Identitas Pelamar Kerja

Bagian dalam Daftar Riwayat Hidup Fresh Graduate pertama yaitu Identitas pelamar kerja.

Informasi terpenting dari daftar riwayat hidup adalah data pribadi pelamar kerja. Data ini meliputi nama lengkap, tempat lahir, tanggal, alamat, nomor telepon, jenis kelamin, dan alamat email. Ada juga yang memberikan agama.

Pastikan nomor telepon yang tertera masih aktif. Buat alamat email nama asli sebagai rekomendasi agar terlihat profesional.

Saat ini, banyak akun media sosial juga diminta untuk terdaftar karena mayoritas perekrut dapat membaca reputasi kandidat dari aktivitasnya di dunia maya.

2. Pendidikan

Penting dalam Daftar Riwayat Hidup Fresh Graduate untuk memasukan data pendidikan. Tulis riwayat pendidikan Anda hingga tahap terakhir. Namun, tidak semua tingkat pendidikan perlu dicatat.

Sebagai aturan, tidak ada informasi tentang posisi pendidikan sekolah dasar yang diperlukan untuk lamaran.

Tulis saja dua jenjang terakhir yang Anda ikuti dan nama institusinya. Jika Anda menulis riwayat pendidikan tingkat perguruan tinggi, sertakan jurusan yang Anda ambil, serta IPK Anda dan tahun Anda lulus.

3. Pengalaman Organisasi

Karena ini Daftar Riwayat Hidup Fresh Graduate, anda bisa memasukan pengalaman organisasi pengganti pengalaman kerja.

Poin ini bisa disebut opsional, karena tidak semua orang dalam organisasi mungkin aktif. Namun, bagi sebagian orang, poin ini bisa meningkatkan harga jual seorang pelamar kerja.

Poin ini juga dapat membantu pelamar fresh graduate tanpa pengalaman kerja.

Anda dapat mencantumkan nama organisasi dan posisi yang Anda pegang serta pencapaian yang telah Anda capai bersama organisasi tersebut.

4. Pengalaman Kerja

Meskipun ini membuat Daftar Riwayat Hidup Fresh Graduate, tapi bagi yang mempunyai pengalaman magang dapat dimasukan.

Bagi yang sudah bekerja wajib mencantumkan pengalaman kerja dalam daftar riwayat hidupnya. Masukkan nama perusahaan, posisi dan masa kerja Anda.

Semakin banyak pengalaman profesional yang Anda miliki, semakin banyak pengetahuan yang Anda peroleh dan pasti dapat meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan.

Bagi fresh graduate yang belum pernah bekerja, jangan khawatir, Anda bisa mendapatkan pengalaman magang.

Ada juga banyak perusahaan yang menawarkan kesempatan kerja kepada lulusan baru.

5. Kemampuan atau Keterampilan

Kemampuan atau keterampilan menjadi poin penting dalam membuat Daftar Riwayat Hidup Fresh Graduate.

Titik balik dalam perincian kisah hidup yang dapat meningkatkan peluang kerja Anda adalah keterampilan atau kemampuan.

Anda dapat mendemonstrasikan keterampilan yang memberi Anda soft skill dan hard skill yang mendukung area kerja yang Anda lamar.

Misalnya, jika Anda melamar menjadi seorang desainer grafis, Anda dapat memberikan daftar perangkat lunak yang dikuasai seperti Corel Draw, Adobe Illustrator, Adobe InDesign, dan lain-lain.

Kemampuan Fresh Graduate di Daftar Riwayat Hidup

Contoh Daftar Riwayat Hidup Fresh Graduate

Mencari pekerjaan masih menjadi daftar teratas yang akan dilakukan begitu lulus sekolah atau kuliah. Dan faktanya mencari pekerjaan tak semudah membalikkan telapak tangan.

Apalagi untuk lulusan baru atau Fresh Graduate yang tidak berpengalaman, tidak banyak lowongan pekerjaan yang bisa diaplly lamaran.

Untuk itu, sebagai fresh graduate ada baiknya mengasah kemampuan lain agar lebih diminati perusahaan. Simak ulasannya berikut.

1. Kemampuan Beradaptasi

Kemampuan yang bisa dimasukan dalam Daftar Riwayat Hidup Fresh Graduate yaitu kemampuan beradaptasi.

Dunia kerja akan jauh lebih keras jika dibandingkan dengan dunia perkuliahan. Dan sebagai manusia, tentunya kita memiliki kemampuan untuk bertahan.

Kemampuan ini bisa didapatkan dengan cara mampu beradaptasi dengan baik. Tidak hanya pekerjaan, semua hal yang dimulai dari awal akan terasa berat.

Namun ketika sudah terbiasa, apa yang awalnya terasa sulit akan mudah untuk disesuaikan dan dilakukan begitu juga dengan pekerjaan.

Kamu hanya perlu terus belajar dan membiasakan dirimu untuk melalui hari hari awal bekerja. Dengan terus mempelajari, lama kelamaan tubuh akan mulai terbiasa dengan apa yang harus dilakukan.

Untuk memiliki kemampuan ini tidak serta merta langsung hadir. Umumnya mereka yang pandai beradaptasi juga belajar dan mencoba lebih dahulu. Memiliki kemampuan ini, akan membuat Fresh Graduate tangguh melewati dinamika dunia kerja.

2. Kemampuan Komunikasi yang Baik

Kemampuan komunikasi yang baik juga bisa menjadi pilihan dalam Daftar Riwayat Hidup Fresh Graduate.

Tidak ada gunanya ketika kamu selalu memiliki ide ide yang cemerlang, namun kamu sulit untuk mengkomunikasikan. Dunia kerja membutuhkan orang dengan pikiran terbuka dan juga maju.

Jika memiliki komunikasi yang baik, akan membuat kamu bisa dengan mudah menghadapi dunia kerja. Tak hanya berkomunikasi berbahasa Indonesia, bahasa asing seperti Bahasa Inggris juga perlahan menjadi keharusan yang harus kamu kuasai.

Umumnya para fresh graduate dituntut agar bisa berbicara di depan banyak orang. Sehingga semua ide dan gagasan kamu bisa didengar oleh banyak orang.

Berbicara itu ada seninya, sehingga sebelum kamu benar benar masuk dunia kerja tak ada salahnya dipelajari. Kamu nantinya akan bertemu banyak orang, mulai teman, atasan hingga klien.

Berkomunikasi yang baik akan membawa kamu pada karir yang sukses, sebab dari komunikasi projek besar bisa teraih.

3. Komitmen

Komitmen menjadi kemampuan yang terkadang ada di Daftar Riwayat Hidup Fresh Graduate.

Yang menjadi salah satu pertimbangan diterima atau tidaknya kamu dalam bekerja adalah komitmen. Perusahaan pastinya menginginkan orang orang dengan komitmen yang tinggi.

Sebab dengan berkomitmen tinggi, karyawan tersebut bisa memberikan sumbangsih untuk kemajuan perusahaan. Banyak fresh graduate yang hanya coba coba dalam bekerja, ketika ternyata tidak sesuai dengan ekspektasi belum genap 1 bulan sudah mengajukan resign.

Hal tersebut tidak sedikit yang terjadi, tentunya perusahaan tidak ingin membuang waktu untuk terus mencari pegawai baru. Belum lagi tanpa komitmen yang tinggi, kamu juga bisa dianggap tidak serius bekerja dan merugikan perusahaan.

Untuk itu, ketika kamu dipanggil interview kamu sudah harus menunjukkan komitmen kamu. Jika dirasa terlalu jauh dengan kemampuan atau ekspektasi, kamu bisa meminta untuk tidak memperpanjang atau mengundurkan diri.

4. Kreatif dan Inisiatif

Keterampilan Daftar Riwayat Hidup Fresh Graduate juga bisa diisi dengan kreatif dan inisiatif.

Di dunia kerja, tentunya tidak sama ketika kamu masih sekolah atau kuliah. Mungkin kamu akan diberikan sebuah tugas yang harus diselesaikan.

Jika kamu tidak mengerti, maka harus memiliki inisiatif untuk menanyakan kepada yang lebih senior. Begitu juga harus memiliki inisiatif untuk mengerjakan tugas dengan sebaik baiknya.

Inisiatif ini juga berhubungan dengan kreatifitas seseorang. Saat ini dunia kerja membutuhkan pemikiran pemikiran kreatif untuk kemajuan perusahaan.

Persaingan dunia kerja yang ketat membutuhkan orang orang yang terlihat berbeda. Jika kamu memiliki kedua kemampuan ini, maka kamu akan tampil menjadi Fresh Graduate yang paling menonjol.

Kemampuan satu ini akan terlihat begitu kamu diundang untuk melakukan wawancara. Bagaimana kamu memiliki inisiatif untuk menanyakan hal hal yang sekiranya perlu kamu tahu.

Hingga bagaimana kamu bisa memberikan ide segar yang kreatif dalam pekerjaan nanti.

5. Teamwork atau Kerjasama Tim

Keterampilan yang paling umum dicantumkan dalam Daftar Riwayat Hidup Fresh Graduate adalah Teamwork atau kerjasama team

Beberapa pekerjaan memang bisa dikerjakan sendiri tanpa bantuan orang lain. Namun  dalam lingkup pekerjaan tetap dibutuhkan kerjasama tim.

Tugas yang kamu emban memang berbeda, tapi dari masing masing orang ini memiliki tujuan yang sama yaitu memajukan perusahaan.

Sehingga teamwork menjadi kemampuan yang harus kamu asah dan dibutuhkan di dunia kerja. Mengingat dengan teamwork korporasi akan lebih kuat.

Mampu bekerja sama dengan tim akan lebih dicari oleh perusahaan. Sekalipun perusahaan tersebut tetap akan bekerja secara mandiri.

Misalnya kamu bergabung dengan perusahaan desain, dimana nantinya setiap orang akan memiliki projek sendiri sendiri.

Namun untuk memudahkan komando dari atasan ke semua personil, maka dibutuhkan kerjasama tim yang baik. Inilah mengapa, skill ini harus kamu pastikan sudah ada dalam diri kamu.

6. Manajemen Waktu

Beberapa lulusan perguruan tinggi terkadang percaya diri memasukan keterampilan manajemen waktu di dalam Daftar Riwayat Hidup Fresh Graduate.

Kemampuan yang harus dimiliki Fresh Graduate selanjutnya adalah mampu memanajemen waktu. Waktu adalah uang, tentunya kamu sangat tahu tentang pepatah satu ini.

Dalam dunia kerja, dituntut untuk memiliki manajemen waktu yang baik. Semakin efektif waktu yang kamu gunakan, maka semakin banyak pekerjaan yang bisa diselesaikan.

Jika pekerjaan kamu bagus dan maksimal, maka cuan yang akan masuk ke dalam kantong juga akan bertambah.

Dari analogi tersebut, tentunya kalian paham jika manajemen waktu yang baik menjadi skill yang harus diasah sejak lama. Nantinya semua akan terbukti begitu kamu dipanggil dalam interview.

Apakah nantinya kamu datang terlambat atau justru lebih awal dari jam yang dijanjikan. Hal ini akan menjadi penilaian penting terhadap diri kamu. Perusahaan tentunya membutuhkan orang yang pandai mengatur waktunya dengan baik, sehingga perusahaan bisa berkembang.

Baca juga: 8 Aplikasi Lowongan Kerja Terbaik untuk Fresh Graduate

7. Problem Solving atau Pemecahan Masalah

Keterampilan problem solving banyak dicari oleh HRD dan juga sering ada dalam Daftar Riwayat Hidup Fresh Graduate.

Tidak menutup kemungkinan selama kamu bekerja, kamu akan menemukan masalah. Untuk itu kamu dituntut untuk mampu memecahkan masalah ketika bekerja nanti.

Entah itu permasalahan ringan hingga yang berat. Terutama yang memang berkaitan erat dengan tanggung jawab kamu.

Yang jelas, untuk memecahkan masalah maka kamu harus memiliki jiwa yang pemberani. Berani mengambil risiko sekaligus menanggung segala konsekuensi atas keputusan kamu.

8. Fleksibilitas

Fleksibilitas terkadang menjadi nilai tambah jika perusahaan mempunyai banyak cabang yang tersebar sampai seluruh daerah dan terkadang ada di Daftar Riwayat Hidup Fresh Graduate.

Dalam dunia kerja, kamu akan bertemu dengan beragam orang dengan berbagai karakter. Ada beberapa kondisi yang memang tidak bisa kamu hindari, entah menyenangkan atau tidak.

Untuk menghadapi hal ini, selain memiliki adaptasi yang baik kamu juga harus memiliki fleksibilitas. Fleksibilitas akan membantu kamu Fresh Graduate, untuk bisa menghadapi dan menyelesaikan masalah. Jika sampai saat ini belum dimiliki, kamu bisa melatihnya.

Dunia kerja membutuhkan orang orang tangguh agar bisa bersaing di dunia kerja yang ketat. Untuk itulah sebelum terjun ke dunia kerja, ada baiknya membekali diri dengan soft skill yang akan membantu kamu survive nantinya.

Beberapa memang sulit untuk dilakukan, namun tidak ada yang tidak bisa dilakukan. Kamu hanya perlu terus melatih dan membiasakannya. Dengan begitu kamu bisa memiliki bekal untuk hadapi dunia kerja.

Tips Daftar Riwayat Hidup untuk Fresh Graduate

Contoh Daftar Riwayat Hidup Fresh Graduate

Selepas menyelesaikan semua pendidikan, tentunya langkah selanjutnya adalah bekerja. Sebagai fresh graduate yang belum berpengalaman, tak jarang rasa khawatir muncul ketika akan bersaing di dunia kerja.

Perasaan ini merupakan hal yang wajar, mengingat sebagai fresh graduate, belum banyak tahu mengenai dunia kerja. Untuk itu, ada beberapa hal yang bisa kamu siapkan sebagai Fresh Graduate untuk menghadapi persaingan kerja. Simak ulasannya berikut.

1. Memperbaiki CV dan Daftar Riwayat Hidup

Tips Daftar Riwayat Hidup Fresh Graduate pertama yaitu memperbaiki isi dengan baik

Begitu ijazah pendidikan sudah di tangan, banyak yang kemudian bingung apa yang harus dilakukan pertama kali. Sebagai langkah awal, kamu bisa menyusun kembali Daftar riwayat hidup yang sudah pernah kamu buat.

Daftar riwayat hidup memegang peranan penting dan bisa dikatakan sebagai senjata utama kamu.

Kamu bisa menyusun Daftar riwayat hidup seperti yang dianjurkan dan bisa mencerminkan diri kamu dengan baik. Jangan lupakan desain yang elegan, eye catching, kreatif tetapi tidak lebay.

Penggunaan huruf juga sebaiknya diperhatikan, kamu bisa menggunakan font seperti Arial, Times New Roman atau Calibri (body).

Pastikan di dalam Daftar riwayat hidup kamu, tidak ada salah pengetikan atau typo.

Tata kalimat hingga penggunaan huruf mirik, huruf kapital juga harus diperhatikan. Kamu harus sudah memastikan jika Daftar riwayat hidup tersebut memang pantas kamu kirimkan ke perusahaan yang diinginkan.

Tidak ada salahnya menyiapkan beberapa desain Daftar riwayat hidup yang berbeda.

2. Belajar Bahasa Atau Teknologi

Belajar bahasa atau teknologi untuk mengisi keterampilan Daftar Riwayat Hidup Fresh Graduate.

Sembari mencari cari lowongan, sebagai Fresh Graduate kamu harus mempersiapkan diri dengan baik. Menjadi pribadi yang lebih unggul dalam hal kemampuan tentunya akan menjadi nilai plus.

Salah satu yang bisa kamu asah begitu lulus adalah belajar bahasa asing atau teknologi.

Tak jarang meskipun jurusan kamu tak sesuai, namun ternyata kemampuan design kamu mumpuni, bahasa asing kamu jempolan maka pekerjaan impian akan mudah diraih.

Kamu bisa mengikuti les atau kursus agar semakin memantapkan skill kamu. Selain kursus kamu juga bisa belajar melalui internet.

Saat ini sudah ada banyak aplikasi hingga video pembelajaran yang bisa diakses dengan mudah.

Dengan mempersiapkan hal ini, maka ketika kamu mengirim lamaran kesempatan diterima kerja bisa semakin lebar.

Sehingga kamu bisa segera bekerja dan tidak lama lama menganggur, meskipun kamu belum berpengalaman.

3. Mencantumkan Prestasi atau Keahlian

Mencantumkan prestasi atau keahlian di dalam Daftar Riwayat Hidup Fresh Graduate.

Tujuan kamu mengikuti kursus atau mengasah skill tentunya untuk memperkaya Daftar riwayat hidup.

Modal utama seorang Fresh Graduate memang mengandalkan ketrampilan dan juga prestasi yang dimiliki.

Namun sebelum menyusun semua keahlian, prestasi maupun keterampilan, kamu harus mengetahui dahulu perusahaan yang akan dituju.

Pastikan jika ketrampilan dan prestasi kamu saling berhubungan dan dibutuhkan pada kantor atau perusahaan tersebut.

Misalnya jika kamu melamar sebagai content creative, maka pastikan jika yang kamu cantumkan berkaitan dengan penulisan atau acara kreatif lainnya.

Selain itu, kamu juga bisa menunjukkan keterampilan lainnya, misal penggunaan teknologi terkini.

Penggunaan gadget, internet, media sosial tersebut penting untuk dicantumkan. Tak hanya dicantumkan di Daftar riwayat hidup, kamu juga bisa mengisi terkait keterampilan pada platform yang banyak digunakan untuk mencari kerja.

4. Mengawali Karir Dengan Menjadi Anak Magang

Untuk memperoleh pengalaman dan memasukannya di dalam Daftar Riwayat Hidup Fresh Graduate anda bisa mencoba magang terlebih dahulu.

Menjadi fresh graduate non pengalaman bukan berarti kamu tidak bisa bekerja. Kamu bisa menyalurkan semua kemampuan, ilmu, keahlian dan ketrampilan yang dimiliki dengan jalan mendaftar magang.

Terutama bagi kamu yang saat kuliah belum merasakan magang di sebuah perusahaan. Langkah satu ini bisa dimanfaatkan fresh graduate untuk mendapatkan pengalaman bekerja.

Memang ketika magang, kamu tidak mendapatkan gaji namun bisa mendapatkan ilmu baru.

Status anak magang akan membuat kamu sedikit banyak memiliki gambaran tentang pekerjaan tersebut.

Bukan hanya bisa menyerap ilmu sebanyak banyaknya, begitu masa magang kamu selesai kesempatan untuk dipromosikan juga terbuka lebar.

Dengan begitu kamu bisa cepat mendapatkan pekerjaan pasca lulus mengenyam pendidikan.

Perusahaan akan lebih memilih anak magang, karena mereka dirasa lebih tahu dan tak perlu lagi beradaptasi.

5. Melamar Pekerjaan Dari Bawah

Daftar Riwayat Hidup Fresh Graduate bisa digunakan untuk melamar pekerjaan dari bawah.

Selain mengambil program magang, kamu juga bisa mencoba pekerjaan dari yang terbawah. Tidak perlu langsung melamar sebagai manager, menjadi karyawan biasa juga bisa dilakukan.

Kamu bisa mendapatkan pengalaman yang bisa dijadikan bekal nantinya. Perusahaan tentunya lebih memilih membayar mahal tenaga berpengalaman dibandingkan non pengalaman. Sebab perusahaan akan memperhatikan kontribusi yang bisa kamu berikan.

Sebagai Fresh Graduate, tidak ada salahnya melamar dari bawah. Tidak perlu malu atau gengsi lantaran tak sesuai pendidikan atau gajinya tak banyak.

Dengan mengambil pekerjaan dari bawah, kamu justru bisa tumbuh dan berproses untuk meraih posisi tinggi. Misalnya kamu melamar pekerjaan sebagai sales, target selalu terpenuhi, pekerjaan kamu juga baik.

Tak menutup kemungkinan kamu bisa mendapatkan posisi manajer outlet atau bahkan lebih tinggi.

6. Memanfaatkan Relasi

Daftar Riwayat Hidup Fresh Graduate saja tidak cukup untuk mendapatkan pekerjaan, anda perlu memanfaatkan relasi untuk mendapatkan pekerjaan.

Banyak yang tidak menyadari jika adanya relasi sangat penting saat kamu sudah lulus pendidikan. Relasi ini bisa kamu dapatkan ketika masih duduk di bangku kuliah atau setelah selesai kuliah.

Ada banyak jalan yang bisa kamu tempuh agar bisa mendapatkan pekerjaan lebih cepat.

Kamu bisa mencoba kembali menghubungi teman teman, kenalan, dosen dan lainnya yang nantinya bisa membuka jalan agar bisa mendapatkan pekerjaan.

Bukan berarti kamu menganut paham nepotisme, kamu hanya perlu mencari tahu lowongan pekerjaan yang sekiranya sesuai.

Karena ada beberapa perusahaan besar yang memang tidak memasang info lowongan pekerjaan.

Mereka meminta para pencari kerja untuk lebih aktif datang dan menanyakan. Selain itu biasanya lowongan hanya tersebar antar orang dalam. Sehingga bisa mengabarkan pada keluarga maupun teman temannya saja.

Baca juga: 8 Tips Mudah Dapat Kerja untuk Fresh Graduate

7. Rajin Belajar dan Berdoa

Yang terpenting dari tips Daftar Riwayat Hidup Fresh Graduate adalah rajin belajar dan berdoa.

Belajar yang dimaksudkan ketika sudah lulus kuliah atau sekolah adalah belajar tentang hal yang berkaitan dengan dunia kerja. Kamu bisa mencoba belajar psikotes hingga wawancara.

Semakin matang persiapan kamu, sewaktu waktu panggilan interview datang kamu tak perlu panik lagi.

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan seorang Fresh Graduate sembari menunggu mendapatkan pekerjaan. Terutama kegiatan positif yang bisa membantu dan berguna di masa mendatang.

Langkah terakhir yang tak boleh dilewatkan adalah berdoa kepada Tuhan. Tidak hanya usaha duniawi, kamu juga tak bisa menyepelekan faktor rezeki yang telah diatur oleh Tuhan.

Sebagai seorang hamba, tidak ada tempat untuk meminta selain kepada yang memegang segala isi dunia.

Ada banyak amalan yang bisa kamu lakukan untuk mempermudah rezeki. Setelah semua usaha kamu lakukan, tidak menutup kemungkinan kamu bisa cepat bekerja.

Setelah lulus kuliah atau sekolah, sebenarnya bukanlah waktu untuk berleha leha. Kamu harus menyiapkan banyak hal sebelum kamu terjun dalam dunia kerja.

Hal hal bermanfaat ini akan sangat membantu kamu menghadapi persaingan yang makin sengit. Jangan lupakan juga untuk terus update mencari lowongan yang sesuai.

Tidak ada usaha yang mengkhianati hasil, dengan berusaha keras lebih dahulu pekerjaan impian akan bisa diraih dalam genggaman.

Contoh Daftar Riwayat Hidup Fresh Graduate

Dibawah ini adalah daftar riwayat hidup untuk fresh graduate yang bisa menjadi referensi anda.

1. Daftar Riwayat Hidup Fresh Graduate Administrasi Perkantoran

Daftar Riwayat Hidup Fresh Graduate

2. Daftar Riwayat Hidup Fresh Graduate Akuntasi

Daftar Riwayat Hidup Fresh Graduate

3. Daftar Riwayat Hidup Fresh Graduate Marketing

Daftar Riwayat Hidup Fresh Graduate

4. Daftar Riwayat Hidup Fresh Graduate Sastra Indonesia

Daftar Riwayat Hidup Fresh Graduate

5. Daftar Riwayat Hidup Fresh Graduate Sastra Inggris

Daftar Riwayat Hidup Fresh Graduate

Sekian artikel berjudul 5 Daftar Riwayat Hidup Fresh Graduate, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!