10+ Pekerjaan Freelance Online dengan Gaji Tinggi

Apa Pekerjaan Freelance Online dengan Gaji Tinggi? Di zaman modern ini, generasi milenial mulai banyak yang menekuni profesi freelancer.

Meski awalnya banyak orang yang memandang sebelah mata karena gaji dari freelancer tidak lebih tinggi dari pekerjaan tetap, namun fakta di lapangan tidak selalu menunjukkan demikian.

Kerja freelance online memberikan keuntungan karena sistemnya yang remote membantu kita mengerjakan semua pekerjaan dari rumah.

Pekerjaan Freelance Online dengan Gaji Tinggi

Berikut beberapa contoh Pekerjaan Freelance Online gaji jutaan rupiah perbulan, yang bisa kamu coba.

1. Desain Visual

10+ Pekerjaan Freelance Online dengan Gaji Tinggi

Kerja freelance online untuk desain visual, mendapatkan gaji mulai dari Rp 100.000 – Rp 100.000.000 per project yang dikerjakan, semua itu tergantung pengalaman dan project yang dikerjakan.

Bidang desain visual sejak dulu hingga sekarang masih menjadi favorit para freelancer. Pasalnya satu karya desain saja bisa dihargai dengan nilai yang cukup tinggi.

Profesi desain visual ini sendiri banyak jenisnya, seperti web designer yang bertugas untuk membuat tampilan situs web menjadi lebih menarik dan sedap dipandang.

Ada juga ilustrator, yang bisa dipilih bagi kamu yang menaruh minat pada gambar komik atau lainnya.

Kemudian visual designer di industri percetakan dan penerbitan, art director pengarah seni dalam pembuatan film, iklan, dan lain sebagainya, serta creative director atau tim kreatif di sebuah perusahaan (meliputi videografer, copywriter, dan lain lain).

2. Rekrutmen HRD

Kerja freelance online untuk rekrutmen HRD, mendapatkan gaji mulai dari Rp 200.000 – Rp 10.000.000 per kandidat yang berhasil dicari, sistemnya hampir sama dengan headhunter.

Pekerjaan Freelance Online gaji jutaan rupiah perbulan selanjutnya yaitu rekrutmen HRD. Dengan menjadi rekrutmen HRD, kamu tidak perlu menjadi bagian dari divisi HRD sebuah perusahaan.

Bagi kamu yang tidak menyukai kerja 8 jam di balik meja serta ruangan tertutup, akan sangat tepat mencoba jenis pekerjaan freelancer ini.

Terlebih bila kamu memiliki latar belakang disiplin ilmu psikologi atau manajemen. Biasanya jurusan pendidikan ini jauh lebih mengerti mengenai seluk beluk proses perekrutan karyawan.

Kamu bisa langsung menawarkan diri pada perusahaan yang sedang melakukan perekrutan karyawan besar besaran, atau bisa juga bergabung dengan sebuah biro psikologi.

Di biro psikologi, kamu bisa mendaftar diri sebagai freelancer rekrutmen HRD. Sebab cukup banyak perusahaan atau instansi yang biasanya langsung datang ke biro, untuk meminta bantuan dalam proses perekrutan karyawan.

Gaji yang bisa diterima oleh freelancer HRD ini bisa sangat fantastis yaitu sekitar 650rb per jam bahkan bisa lebih tinggi jika kamu sudah expert.

3. Copywriter

Kerja freelance online untuk copywriter, mendapatkan gaji mulai dari Rp 50.000 – Rp 2.500.000 per project yang dikerjakan, semua itu tergantung pengalaman dan project yang dikerjakan.

Profesi copywriter bisa dikatakan sedang naik daun belakangan ini, semenjak era digital semakin berkembang pesat.

Pekerjaan Freelance Online gaji jutaan rupiah perbulan satu ini, memiliki jobdesk yaitu menulis teks dengan tujuan untuk memasarkan sebuah produk atau jasa dari klien mereka.

Untuk menjadi seorang copywriter, kamu harus dapat menuliskan iklan dengan cara yang soft.

Selain itu penulisan iklan tersebut juga harus sesuai dengan kaidah kaidah dari copywriter itu sendiri. Jadi bagi kamu yang hobi menulis, kini tidak hanya dapat mengandalkan karya menjadi buku saja, tapi bisa kamu tuangkan dalam bentuk copywriter.

Seorang copywriter pemula bahkan bisa digaji sebesar 3 juta per bulannya, dan bisa lebih apabila telah menjadi copywriter senior.

4. Cyber Security

10+ Pekerjaan Freelance Online dengan Gaji Tinggi

Kerja freelance online untuk cyber security mendapatkan gaji mulai dari Rp 500.000 – Rp 200.000.000 per bug atau project yang dikerjakan, semua itu tergantung pengalaman dan project yang dikerjakan.

Pekerjaan Freelance Online yang masih langka ini mulai banyak dicari, semenjak teknologi informasi berkembang dengan pesat seperti pada masa sekarang.

Dimana tugas utama dari seorang cyber security sendiri, yakni mengamankan platform yang dimiliki oleh sebuah instansi atau perusahaan. Karena Pekerjaan Freelance Online ini belum menjamur maka gaji yang ditawarkan menjadi cukup tinggi.

Menariknya lagi, profesi cyber security ini bisa lakoni dengan lepas alias freelancer tanpa kamu harus terikat pada satu perusahaan saja.

Ada beberapa bidang yang dapat kamu pilih terkait dengan teknologi informasi ini yaitu security architect, auditor, security engineer, analyst, konsultan security, chief information security officer, dan lain sebagainya.

5. Spesialis SEO

Kerja freelance online untuk spesialis SEO, mendapatkan gaji mulai dari Rp 100.000 – Rp 20.000.000 per project yang dikerjakan, semua itu tergantung pengalaman dan project yang dikerjakan.

Digital marketing kini semakin banyak dilakukan oleh para pelaku bisnis, sebab masyarakat kini tidak bisa lepas dari internet barang sebentar saja.

Hal ini berdampak secara langsung pada mesin pencari seperti Google, dimana sistemnya bisa digunakan untuk melakukan promosi dan informasi. Dan hampir semua orang di belahan dunia kini merupakan pengguna dari Google.

Jadi para pebisnis yang melakukan digital marketing berlomba lomba agar produk mereka dapat muncul di tempat atas pada mesin pencari tersebut, bahkan tidak sedikit yang rela mengeluarkan modal besar untuk ini.

Pasalnya dengan memiliki ranking tinggi di mesin pencari, maka bisa meningkatkan brand awareness dan menghadirkan pembeli pembeli potensial.

Salah satu teknik yang dapat diterapkan agar memiliki ranking tinggi di mesin pencari yaitu teknik SEO. Namun tidak semua orang mampu melakukan teknik ini, sehingga dibutuhkan spesialis SEO.

Pekerjaan Freelance Online gaji jutaan rupiah perbulan ini untuk per jamnya bisa dihargai hingga 700 ribu. Bahkan bila sudah mahir nominal tersebut bisa lebih meningkat lagi.

6. Editor Photo

 kerja freelance

Kerja freelance online untuk editor photo, mendapatkan gaji mulai dari Rp 50.000 – Rp 2.000.000 per project yang dikerjakan, semua itu tergantung pengalaman dan project yang dikerjakan.

Apabila kamu memiliki keahlian dalam mengedit foto seperti adobe photoshop, photoscape, dan lain sebagainya, maka bukan ide yang buruk untuk menekuni profesi freelancer editor photo.

Pekerjaan Freelance Online ini bahkan bisa kamu lakoni sambil menempuh jenjang pendidikan di perguruan tinggi. Gajinya sendiri cukup menggiurkan untuk setiap proyek edit foto yang dikerjakan.

Pasalnya seorang editor photo dibutuhkan oleh berbagai perusahaan, dalam upaya memasarkan produk mereka agar memiliki tampilan menarik dan mampu menarik minat masyarakat.

Pekerjaan ini sangat fleksibel, baik mengenai waktu pengerjaannya maupun busana yang harus kamu kenakan. Kamu tidak harus berpakaian formal untuk mengerjakan tugas mengedit photo.

7. Dubber atau Pengisi Suara

Kerja freelance online untuk pengisi suara, mendapatkan gaji mulai dari Rp 200.000 – Rp 10.000.000 per project yang dikerjakan, semua itu tergantung pengalaman dan project yang dikerjakan.

Profesi freelancer gaji jutaan rupiah perbulan berikutnya yaitu dubber atau pengisi suara. Pekerjaan Freelance Online ini sudah sangat terkenal di negara Jepang, di sana mereka yang bekerja sebagai dubber sering disebut sebagai seiyuu.

Mengingat bahwa Jepang memiliki banyak sekali anime serta permainan video, yang membutuhkan pengisi suara untuk karakter karakternya.

Kini tidak hanya di Jepang, hampir di setiap belahan dunia membutuhkan seorang dubber untuk mengisi suara dalam film, iklan, game, dan lain sebagainya.

Tanpa adanya pengisi suara, maka produk produk tersebut tidak akan laku di pasaran. Umumnya seorang pekerja paruh waktu pengisi suara akan dibayar per proyek, dan nominalnya tergantung durasi dari proyek tersebut.

8. Pakar Layanan Hukum

 kerja freelance

Kerja freelance online untuk pakar layanan hukum, mendapatkan gaji mulai dari Rp 200.000 – Rp 50.000.000 per konsultasi dengan klien, semua itu tergantung pengalaman dan lama konsultasi.

Profesi freelancer dengan gaji tinggi terakhir ada profesi pakar layanan hukum, yang juga bisa dilakoni secara freelance.

Namun profesi ini tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang, namun hanya orang orang yang memang mengerti hukum dan telah memiliki ijazah resmi pada bidang tersebut.

Masalah hukum bukan termasuk hal yang mudah untuk diatasi, sehingga gaji yang ditawarkan pun menjadi cukup tinggi.

Untuk pekerjaan paruh waktu pakar layanan hukum ini, kamu bisa mendapat bayaran kurang lebih 1,6 juta per jamnya.

Freelancer gaji jutaan rupiah perbulan ini biasanya diperlukan dalam perusahaan, untuk legalitas, keamanan perusahaan, serta hak cipta produk yang dikeluarkan oleh perusahaan tersebut.

Ternyata tidak semua pekerjaan paruh waktu atau freelancer memiliki gaji yang lebih rendah daripada pekerjaan tetap.

Nyatanya beberapa profesi bahkan bisa memperoleh nominal yang lebih tinggi, terlebih untuk profesi yang masih langka atau baru.

Selain itu freelancer sangat fleksibel, beberapa bahkan bisa kamu tekuni saat sedang kuliah sebagai uang tambahan.

9. Data scientist

Apakah Anda suka bekerja dengan angka? Oleh karena itu, pekerjaan freelance ini bisa menjadi hal yang tepat untuk Anda.

Saat ini, bisnis benar-benar digerakkan oleh data. Seorang ilmuwan data sangat dibutuhkan untuk membuat algoritme yang mengumpulkan data terkait, membuatnya, menganalisis data tersebut, dan kemudian mengirimkan laporannya.

Tentu saja data yang diolah oleh beberapa data scientist ini adalah data yang dibutuhkan perusahaan.

10. Perencana Keuangan

pekerjaan freelance

Jika Anda memiliki pengalaman dan pengetahuan bekerja di bagian keuangan maka Anda bisa membayangkan pekerjaan freelance seperti ini.

Jenis kerja freelance yang berhubungan dengan akuntansi, peramalan arus kas dan perhitungan pajak ini diperkirakan akan terus berkembang.

Sekalipun jumlah pekerja freelance di bidang akuntansi dan penasihat keuangan masih belum mencukupi, wilayah kerja freelance ini dianggap sebagai yang tertinggi.

11. Influencer

Layanan influencer media sosial kini menjadi pekerjaan freelance yang banyak dicari.

Pasalnya, tren pengguna media sosial semakin hari semakin meningkat. Umumnya, influencer dibutuhkan oleh sebuah brand untuk memamerkan atau mempromosikan suatu produk.

Ada berbagai jenis influencer dengan karakter dan opsi yang berbeda. Misalnya fashion influencer, travel, makanan hingga pengembangan diri.

Selain itu, influencer umumnya diklasifikasikan berdasarkan jumlah pengikut atau followers.

Semakin banyak pengikut, semakin besar peluang untuk menetapkan harga yang lebih tinggi.

Dengan adanya berbagai jenis media sosial, layanan influencer akan terus berkembang dan menjadi cara baru untuk menghasilkan pendapatan tambahan.

Apakah Anda tertarik untuk menjadi seorang influencer?

12. Content Creator

kerja freelance online

Selain influencer, pekerjaan freelance yang paling didambakan adalah Content creator.

Mirip dengan influencer, pembuat konten menggunakan media sosial sebagai platform inti mereka.

Jenis konten yang dibuat oleh Content creator umumnya berupa video, foto, dan audio yang inovatif.

Langkah-langkah untuk Content creator sama dengan untuk influencer.

Penghasilan khusus umumnya berasal dari bekerja dengan merek untuk mempromosikan atau meluncurkan produk.

Selain itu, ada dasar yang memberikan komisi yang dibayarkan kepada Content creator untuk konten video yang dilihat.

13. Financial Advisor

Financial advisor sebagai seseorang yang memiliki perencanaan keuangan yang baik dan dapat memberikan nasihat tentang perencanaan dan pencapaian arah keuangan.

Anda diharapkan mampu memberikan solusi atas permasalahan yang muncul seputar rencana keuangan.

Contoh solusi yang diberikan oleh Financial advisor termasuk membuat pola rasio fokus pengeluaran bulanan, menyarankan cara menyisihkan pendapatan untuk dana penting, dan cara mulai berinvestasi untuk mencapai arah investasi masa depan.

Baca juga: Freelance adalah: Pengertian, Tugas, Kelebihan

Tips Kerja Freelance Online yang Profesional

Bagaimana Menjadi Freelancer Berkualitas dan Sukses Mendapatkan Uang? Freelancer adalah salah satu pekerjaan yang bisa dilakukan secara online maupun offline.

Jenis pekerjaan ini mulai banyak dimanfaatkan oleh mereka yang tidak ingin bersusah payah pergi jauh dan bisa melakukan pekerjaan dari rumah atau di mana saja.

Kerja freelance online memang memiliki banyak kemudahan, namun persaingannya pun semakin tinggi. Oleh karena itu, tingkat profesionalitas menjadi salah satu hal yang dipertimbangkan untuk menjadi seorang freelancer.

1. Harus Mengenali Keahlian Diri

 pekerjaan freelance online

Sebelum anda memutuskan untuk terjun langsung dalam bisnis ini, sebaiknya anda mulai kenali dulu passion dan keahlian yang ada pada diri anda. Ada banyak sekali peluang yang bisa mengakomodasi berbagai keahlian seseorang.

Seorang yang memiliki skill yang menjual, bisa dijadikan sebagai salah satu modal utama dalam menjalankan bisnis tersebut. Dengan mengenali potensi dalam diri, maka anda bisa lebih mudah untuk beradaptasi dengan pekerjaan.

Mengenali keahlian dalam diri juga menjadi salah satu penunjang untuk meningkatkan profesionalitas dalam bekerja sehingga lebih memuaskan. Kebanyakan dari para pekerja freelance online ini akan menjalankan profesi mereka berdasarkan keahlian dalam bidang kreatif.

Biasanya pekerjaan yang paling banyak di gaungi adalah penulis, desain, seni, fotografi dan lain sebagainya. Anda bisa memilih pekerjaan yang sesuai dengan potensi yang ada di dalam diri anda.

2. Memilih Pekerjaan Sesuai Hobi dan Minat

Tips untuk menjadi seorang pekerja freelance online selanjutnya adalah memilih pekerjaan yang sesuai dengan hobi dan minat. Banyak sekali hobi yang telah menghasilkan rupiah misalnya seorang penulis, gamers ataupun vlogger yang sedang banyak digemari sekarang.

Memilih pekerjaan sesuai hobi dan minat tentu akan membantu anda untuk mengembangkan kemampuan yang anda miliki.

Sebuah pepatah mengatakan jika hal yang menyenangkan untuk dilakukan adalah hobi yang dibayar. Selain itu melakukan pekerjaan sesuai dengan hobi dan minat, akan memudahkan anda karena sudah memiliki pengalaman lebih dalam satu tersebut.

Hal ini akan memudahkan anda untuk mengembangkan karir yang sesuai dengan minat dan karir. Apalagi sekarang ini semakin susah untuk menemukan pekerjaan yang benar benar disukai.

3. Mencari Situs Perekrutan

Selanjutnya anda bisa mencari pekerjaan sebagai seorang Freelancer di situs yang terpercaya. Kebanyakan para pemula seringkali terkecoh dengan situs yang sebenarnya menipu.

Bahkan beberapa situs tersebut tidak membayar upah hasil pekerjaannya. Namun tenang saja, karena banyak pula situs pencarian pekerja yang sudah terpercaya menyediakan lowongan pekerjaan untuk para Freelancer.

Dari situs situs tersebut anda bisa mencari pekerjaan yang sesuai dengan kriteria yang anda inginkan. Namun perhatikan jenis pekerjaan dan para perekrut lebih dahulu sebelum menerima atau melamar pekerjaan tersebut.

Selain itu perhatikan pula tingkatan Freelancer yang sedang dicari sehingga anda memiliki peluang yang lebih besar untuk dipekerjakan. Bagi para pemula tentu hal ini sulit untuk dilakukan, namun jangan mudah menyerah untuk bisa mendapatkan pekerjaan.

4. Mengumpulkan Portofolio

 pekerjaan freelance online

Untuk bisa menarik kepercayaan para rekrutmen, sebagai freelancer anda harus mencantumkan portofolio saat melamar pekerjaan. Pasalnya portofolio ini sangat penting sebagai bukti bahwa anda memag berkompeten di bidangnya.

Selain itu adanya portofolio juga sebagai pengukur seberapa hebat kemampuan yang anda miliki. Sehingga bisa menyesuaikan kebutuhan pada rekruter yang sedang mencari jasa tertentu.

Sangat disarankan untuk membuat portofolio dengan baik agar dilirik oleh HRD. Anda juga bisa melampirkan hasil kerja anda terdahulu sehingga memiliki nilai tambah. Jika anda belum memiliki pengalaman, maka anda bisa membuat portofolio sendiri.

Misalnya jika anda ingin menjadi seorang penulis lepas, maka anda harus mencantumkan portofolio berupa tulisan. Atau jika anda ingin menjadi desain grafis lepas, maka anda juga bisa mencantumkan karya desain terbaik yang anda buat.

5. Tunggu Hasil Penerimaan

Setelah anda mendaftar beberapa lowongan pekerjaan maka langkah selanjutnya adalah menunggu hasil pengumuman. Biasanya waktu untuk hasil pengumuman ini berbeda beda.

Ada yang akan dikabari seminggu setelah mendaftar atau beberapa bulan setelah menyerahkan lamaran pekerjaan. Oleh karenanya anda harus tetap bersabar untuk menunggu hasil pengumuman diterima atau tidaknya

Daripada terus menunggu, anda bisa mencoba untuk mendaftar lowongan freelancer lainnya. Dengan banyak mendaftarkan diri, maka anda akan memiliki banyak peluang untuk bisa mendapatkan pekerjaan.

Jangan pernah menyerah ataupun putus asa ketika anda gagal mendaftar sekali. Karena pahitnya kegagalan saat mendaftar akan hilang setelah anda berhasil mendapatkan satu pekerjaan.

6. Melakukan Pekerjaan dengan Baik

Jika anda diterima kerja sebagai seorang pekerja lepas di suatu perusahaan, maka anda harus memberikan kinerja yang memuaskan.

Pasalnya jika anda tidak memberikan pekerjaan yang memuaskan, akan banyak sekali komplain dan anda akan mendapatkan julukan sebagai pekerja yang tidak profesional. Oleh karenanya anda harus mengerjakan pekerjaan dengan semaksimal mungkin.

Jika anda mampu melakukan pekerjaan dengan baik, maka para perekrut akan merasa puas dengan hasil kerja anda. Sehingga bisa saja nanti para perektur akan menggunakan jasa anda untuk melakukan pekerjaan yang sama.

Hal ini juga menjadi salah satu cara untuk branding diri sehingga meningkatkan kualitas dan profesionalitas anda dalam bekerja. Hal ini tentu menjadi poin penting sehingga akan memudahkan anda untuk mendaftar pekerjaan di tempat lain.

7. Mengumpulkan Karya Terbaik

 pekerjaan freelance online

Jika anda sudah banyak terjun dalam bidang freelancer tentunya anda memiliki banyak sekali karya terbaik. Anda harus mengumpulkan karya karya tersebut untuk menaikkan personal branding dalam diri anda.

Bagi seorang pekerja lepas tentu mengumpulkan karya yang terbaik adalah hal utama yang harus dimiliki. Dengan karya yang sudah anda buat untuk suatu perusahaan, maka anda memiliki tiket khusus untuk bisa mendapatkan gaji yang lebih besar.

8. Membangun Pertemanan

Bagi seorang pekerja lepas jaringan adalah salah satu harta yang paling berharga untuk bisa membangun karir. Dari membangun sebuah jaringan, maka anda bisa menjalin hubungan dengan orang lain, sehingga mereka bisa menghubungi dan meminta bantuan anda.

Oleh karenanya anda harus menciptakan citra yang bagus di depan mereka dengan cara menjaga tutur kata dan tingkah laku.

Anda juga bisa menyampaikan keahlian anda dengan menyampaikan kepada teman dekat. Hal ini sangat penting untuk memberi tahu informasi tentang pekerjaan anda. Karena tidak menutup kemungkinan jika orang lain akan membutuhkan jasa yang anda tawarkan.

Sebagai seorang freelancer pemula, tentu hal ini sangat penting sekali. Membangun sebuah relasi juga akan membentuk personal branding secara tidak sadar.

Jika anda melakukan beberapa tips tersebut, maka anda bisa lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan sesuai dengan minat dan bakat.

Menjadi seorang pekerja lepas berarti anda harus mulai giat untuk membuat karya dan membangun relasi sebanyak banyaknya.

Yang paling penting jangan pernah menyerah untuk mencoba mendaftar di beberapa situs website yang terpercaya. Sehingga anda bisa menambah pengalaman dan menjadi pekerja lepas yang profesional.

Baca juga: Etos Kerja Adalah: Ciri Ciri, Cara Meningkatkan & Contoh

Tips Mendapatkan Pekerjaan Freelance

Bagaimana Mendapatkan Pekerjaan Freelance untuk Mendapatkan Penghasilan? Perkembangan teknologi semakin memudahkan manusia dalam melakukan banyak hal termasuk mencari pekerjaan. Apalagi saat ini ada banyak pekerjaan freelance yang bisa dipilih untuk mendapatkan penghasilan.

Banyak orang yang memilih pekerjaan ini, mengingat jam kerjanya yang lebih fleksibel. Bagi anda yang mulai bosan menjadi karyawan kantoran, berikut tips mendapatkan pekerjaan freelance yang bisa anda terapkan.

1. Mengetahui Passion

contoh kerja freelance

Banyak orang yang sering menyepelekan minat dan bakatnya Padahal mengenai passion diri sendiri penting dilakukan untuk memudahkan mendapat kerja freelance online. Hal ini dikarenakan seseorang tidak mengenali minat yang anda miliki.

Oleh karena itu, anda perlu mengingat pekerjaan apa yang anda sukai. Misalnya jika anda termasuk orang yang suka membaca novel, maka tidak ada salahnya untuk mencoba mulai menulis cerita pendek yang menarik.

Jika pandai dalam bidang desain, maka anda bisa mulai mencoba membuka jasa desain. Sedangkan jika menyukai kegiatan fotografi, maka anda bisa mencoba untuk menjadi fotografer.

Apabila masih belum mempunyai peralatan untuk menjadi fotografer, anda bisa meminjam dulu kepada teman anda atau orang orang terdekat. Sebenarnya ada banyak minat dan bakat yang bisa digali, sebagai salah satu tips mendapatkan pekerjaan freelance.

Mungkin saat pertama kali mencoba untuk menawarkan jasa freelance yang sesuai dengan passion membuat anda kurang percaya diri.

Namun, jika anda selalu mengupgrade diri dan menghabiskan waktu lebih banyak untuk berlatih, maka cara mendapatkan pekerjaan freelance akan semakin mudah dilakukan.

Jika anda memang memutuskan untuk menekuni dunia penulisan, sebaiknya perbanyak waktu mengunjungi perpustakaan untuk menambah wawasan anda.

2. Mencoba Pekerjaan yang Sesuai Passion

Setelah mengetahui dan menguasai bakat yang telah anda pilih, maka langkah selanjutnya yaitu dengan mencoba mengerjakan pekerjaan yang sesuai dengan passion tersebut.

Jika anda memiliki bakat di bidang desain, anda bisa mencoba membantu teman anda yang sedang membuka bisnis dengan membuatkan desain untuknya. Atau anda juga bisa menawarkan jasa fotografi untuk teman anda yang sedang wisuda atau pun menikah.

Intinya anda perlu memulai untuk mengincar proyek yang berhubungan dengan bakat yang dimiliki. Entah itu tulisan, desain maupun fotografi.

Berbagai pekerjaan yang anda lakukan bisa menjadi tips mendapatkan pekerjaan freelance yang paling efektif. Bahkan pekerjaan sederhana seperti membuat poster untuk event tertentu juga bisa menambah citra anda di depan klien nantinya. Termasuk menerjemahkan makalah di bidang akademik.

Tentunya dengan adanya pengalaman dan keahlian ini, anda akan semakin percaya diri untuk mendapatkan proyek dari klien. Pasalnya klien tidak melihat seberapa lama anda pernah bekerja di bidang tersebut.

Namun dengan menjelaskan keahlian yang anda miliki, maka mereka pastinya akan mempertimbangkannya dengan baik. Dengan mengetahui keahlian yang anda miliki, mereka akan semakin percaya menyerahkan pekerjaan untuk anda selesaikan.

3. Membuat Portofolio

contoh kerja freelance

Salah satu faktor yang bisa mempengaruhi minat klien untuk mempekerjakan anda yaitu portofolio yang anda miliki. Namun, sayangnya banyak orang yang takut untuk menjadi seorang freelancer lantaran merasa belum memiliki pengalaman yang banyak.

Padahal sebenarnya hal ini dapat diatasi dengan membuat portofolio. Jadi bukan menjadi masalah jika anda tidak pernah mengerjakan pekerjaan orang lain sebelumnya.

Sayangnya untuk beberapa pekerjaan yang mengharuskan anda untuk menunjukkan bukti, agar anda terlihat lebih profesional. Salah satunya dengan membuat portofolio mengenai pekerjaan yang sedang anda tangani. Kendati demikian, anda bisa membuat portofolio anda sendiri.

Tentunya portofolio yang ditampilkan dapat disesuaikan dengan proyek yang memang sedang anda incar. Nantinya portofolio ini dapat ditampilkan di sosial media untuk ditunjukkan klien.

Misalnya jika anda ingin mencari job menulis, maka anda bisa menulis tulisan yang anda sukai. Atau jika ingin mendapatkan pekerjaan desain, maka anda bisa membuat desain yang anda sukai baik itu berupa poster, logo maupun undangan.

Untuk mendapatkan referensi, anda bisa mencari contoh baik di majalah, koran maupun di media sosial. Buat semenarik mungkin, agar orang lain semakin berminat untuk menggunakan jasa freelance anda.

4. Menawarkan Jasa Ke Orang Lain

Setelah membuat portofolio, maka sudah saatnya anda melakukan promosi dengan menawarkan jasa kepada orang lain. Anda bisa memulainya dengan memberi tahu kepada orang orang terdekat seperti kerabat maupun teman.

Promosi seperti ini dapat dilakukan dari mulut ke mulut. Bahkan anda juga bisa menawarkannya kepada orang yang baru anda kenal. Mengingat semua orang bisa menjadi salah satu klien anda di masa depan.

Biasanya orang akan lebih percaya ketika yang memberikan rekomendasi tersebut adalah orang orang terdekat. Jadi dengan memberi tahu kepada teman anda, mereka bisa saja meneruskannya kepada orang lain yang membutuhkan.

Anda juga bisa mencari orang yang tepat yang memang membutuhkan keahlian yang anda miliki. Memang awalnya anda akan merasa kurang percaya diri, namun lambat laun anda justru akan ketagihan melakukannya.

Apalagi jika anda mengupayakan pengerjaan yang lebih maksimal, sehingga klien anda puas. Bukan tidak mungkin mereka akan menjadi pelanggan anda di kemudian hari.

Selain menawarkan jasa kepada orang orang terdekat, anda juga bisa mempromosikan keahlian yang dimiliki melalui media sosial, mulai dari facebook, instagram hingga twitter. Menerapkan tips mendapatkan pekerjaan freelance ini membuka peluang klien yang lebih banyak.

5. Manfaatkan Teknologi yang Ada

Perkembangan teknologi yang semakin canggih sayang untuk dilewatkan begitu saja. Penggunaan internet bisa mempermudah anda dalam memperoleh pekerjaan freelance.

Saat ini ada banyak situs freelance yang bisa anda manfaatkan untuk menawarkan diri, agar lebih cepat mencari job beberapa diantaranya sribulancer dan freelancer. Sayangnya untuk mendapatkan job di situs tersebut tergolong cukup sulit.

Pasalnya, ada banyak orang yang sudah berpengalaman juga ikut bersaing untuk mendapatkan proyek yang diincar. Kendati demikian, anda tetap bisa mendapatkan proyek tersebut namun dengan catatan gaji yang diberikan lebih murah dibandingkan pada umumnya.

Selain menawarkan jasa melalui situs freelance, anda juga bisa membuat website khusus yang menampilkan portofolio yang dapat menarik minat para klien.

Selain itu, anda juga bisa mencoba cara lain yaitu dengan mencari email orang yang sedang membutuhkan jasa anda. Selanjutnya, anda bisa menulis informasi seputar jasa anda, sebagai salah satu tips mendapatkan pekerjaan freelance.

Pastikan agar anda membuatnya lebih menarik, sehingga bisa mendorong orang tersebut untuk menggunakan jasa anda. Di bagian akhir email, anda bisa menambahkan kontak, untuk mempermudah klien menghubungi anda.

Meskipun pekerjaan freelance sering dianggap remeh oleh sebagian orang, namun bukan berarti bahwa anda tidak bisa mendapatkan penghasilan yang lebih banyak. Jika sering mengasah skill yang anda miliki setiap waktu, bisa dipastikan anda semakin ahli dalam bidang tersebut.

Dengan demikian, semakin membuka peluang anda untuk mendapatkan gaji yang tinggi. Namun perlu diketahui, untuk mendapatkan pekerjaan freelance membutuhkan usaha yang lebih banyak.

Bingung mau kerja freelance apa? simak video dibawah ini

Apa itu freelance dan contohnya?

Freelancer atau yang biasa disebut dengan pekerja lepas adalah pekerjaan yang tidak memiliki kontrak jangka panjang namun tetap memiliki ikatan kerja yang kuat dengan perusahaan. Kontrak yang diberikan kepada para freelancer ini biasanya hanya mencakup proyek, desain, waktu pembuatan dan biaya yang dikenakan. Contohnya adalah SEO Specialist

Apakah youtuber Termasuk freelance?

Iya, salah satu jenis pekerjaan freelance yang bisa Anda coba adalah menjadi blogger atau youtuber. Teknologi digital semakin maju dan menjadi tempat empuk bagi orang-orang inovatif yang dapat membuat konten atau informasi menarik.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!