30+ Gaji Lulusan ITB dan Tunjangan

Berapa Gaji Lulusan ITB? dan Apa saja tunjangannya? Institut Teknologi Bandung atau dikenal dengan ITB sebagai salah satu perguruan tinggi negeri ternama.

30+ Gaji Lulusan ITB dan Tunjangan

Banyak anak-anak yang mengincar itu dan memiliki cita-cita untuk kuliah di ITB. Gaji lulusan SBM ITB akhir-akhir ini menjadi trending topik.

Gaji lulusan teknik industri ITB dan gaji lulusan teknik kimia ITB yang sebenarnya sudah eksis sejak lama. Bagi yang penasaran kami akan memberikan rata rata gaji lulusan ITB pada artikel ini.

Tentu saja, harapan itu disambut dengan latar belakang yang cukup menjanjikan. Misalnya, setelah lulus mereka akan bekerja dengan upah atau gaji yang tinggi.

Bahkan dalam survei tahun 2020 oleh Dekan ITB, terdapat lebih dari 2000 lulusan pada tahun 2013, ketika lulusan ITB terbesar memperoleh penghasilan Rp 360 juta/bulan.

Dan gaji minimum yang diterima lulusan ITB adalah Rp 300.000/bulan.

Gaji tertinggi berasal dari program studi teknik informatika. Di mana bekerja di perusahaan multinasional dengan posisi lead software engineer

Berapa gaji lulusan ITB dari program studi atau jurusan lain?

Untuk lebih jelasnya berikut ini dikemukakan secara jelas dan lengkap mengenai upah atau gaji lulusan ITB berikut ini.

Sejarah ITB

30+ Gaji Lulusan ITB dan Tunjangan

Sebelum masuk ke Gaji Lulusan ITB ketahui terlebih dahulu sejarah dari kampus ITB.

Sejarah pendidikan teknologi tinggi di Indonesia dimulai pada abad ke-20 ketika pemerintah kolonial Belanda mendirikan Hoogeschool di Bandung pada tanggal 3 Juli 1920 di atas lahan seluas sekitar 30 hektar di kawasan Bandung.

Saat itu hanya ada satu fakultas yang bernama de Faculteit van Technische Wetenschap dan hanya satu jalur yaitu de afdeeling der Weg gen Waterbouw.

Kampus ini dibangun untuk memenuhi kebutuhan tenaga teknis yang semakin langka pada masa penjajahan Belanda dengan pecahnya Perang Dunia I.

Sejak dibuka secara resmi untuk tahun kepemimpinan 1920-1921, 28 mahasiswa TH hanya mendaftarkan dua orang Indonesia. Dan jumlah dosen pada awal tahun 1922 adalah 12 orang guru besar.

4 tahun kemudian, pada 4 Juli 1924, 12 insinyur pertama di TH diberhentikan. Status TH dimulai sebagai sekolah Bijzondere sampai tahun 1924, yang kemudian berubah status dari swasta menjadi lembaga negara.

Pada ulang tahun keenam, 3 Juli 1926, 19 dari 22 trainee engineer yang lulus adalah 19,4 di antaranya dari daerah. Saat itulah TH Bandung pertama kali menghasilkan insinyur Indonesia.

Salah satu dari keempatnya adalah Ir. R Soekarno, yang kemudian menjadi proklamator dan Presiden pertama Republik Indonesia.

Pada masa Jepang 1944-1945, TH berubah nama menjadi Bandung Kogyo Daigaku (BKD) dan menjadi Sekolah Tinggi Teknik Bandung (STT) setelah Indonesia merdeka.

Pada tahun 1946, ia pindah ke Yogyakarta, yang kemudian menjadi Kampus Gadjah Mada (UGM), sebagai STT Bandung di Jogja.

Kemudian menjadi bagian dari kampus Indonesia untuk Fakultas Teknik dan Fakultas Sains dan Ilmu Pengetahuan Alam dari tahun 1950-1959.

Didorong oleh keyakinan dan gagasan yang dilandasi semangat perjuangan proklamasi kemerdekaan dan misi di masa depan, pemerintah Indonesia membuka ITB pada tanggal 2 Maret 1959.

Berlawanan dengan gengsi awalnya mendirikan lima perguruan tinggi teknik di universitas sejenis.

ITB lahir dalam situasi paling aktif dan mampu tumbuh menjadi visi pengabdian ilmu pengetahuan dan teknologi yang dapat ditemukan di kehidupan nyata dari muka bumi juga bagi kehidupan dan pembangunan bangsa yang bermartabat dan maju.

Sekolah dan Fakultas di ITB

Disini kami telah menyiapkan berbagai jenis fakultas dan sekolah yang ada di ITB, salah satunya adalah:

1. FMIPA (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam)

FMIPA berdiri jauh sebelum ITB (Institut Teknologi Bandung) disahkan pada tanggal 2 Maret 1959, yaitu pada tanggal 6 Oktober 1947 di kota Bandung dengan nama Faculteit van Exacte Wetenschap.

Kemudian menjadi Faculteit van Wiskunde en Natuur Wetenschap, kemudian FIPIA (Fakultas Ilmu Pengetahuan Eksakta dan Ilmu Pengetahuan Alam) dan saat ini FMIPA (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam).

2. FITB (Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian)

Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian sebelumnya merupakan bagian dari FIKTM (Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian).

Ide perkembangan FIKTM muncul dari spektrum pengetahuan kebumian yang luas dan terbentuknya dikotomi antara ilmu pengetahuan alam dan teknologi.

Kondisi ini meningkatkan ketimpangan akademik dan ada kaitannya dengan penguasaan sumber daya, yang khususnya mendukung penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi di FIKTM.

3. FSRD (Fakultas Seni Rupa dan Desain)

FSRD (Fakultas Seni Rupa dan Desain) berdiri pada tahun 1984 setelah mengalami perubahan sejarah yang panjang sejak 1 Agustus 1947 sebagai pusat pendidikan bagi guru citra kampus di Fakultas Teknik kampus Bandung Indonesia.

Pada tahun 1956, sisi arsitektur ditempatkan di sisi seni rupa dan arsitektur. Bidang seni dibagi menjadi dua bidang, yaitu pendidikan seni lukis dan seni rupa.

4. FTMD (Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara)

FTMD (Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara) sebagai fakultas baru dengan pemekaran FTI (Fakultas Teknik Industri) sesuai SK Rektor ITB No. 245/SK/OT/2007 tanggal 10 September 2007.

Pemisahan FTMD dari FTI merupakan bagian dari restrukturisasi ITB yang dimulai pada Januari 2006.

Dalam program akademiknya, FTMD menawarkan program sarjana, teknik kedirgantaraan dan material, gelar magister dan doktor di bidang teknik mesin, dan beberapa program magister melalui program khusus.

Gaji Lulusan ITB untuk FTMD merupakan salah satu yang cukup besar.

5. FTI (Fakultas Teknologi Industri)

FTI (Fakultas Teknologi Industri) disahkan pada tahun 1973. Namun, beberapa kegiatan akademik telah dilakukan di bawah payung FTI ITB.

Hingga Desember 2005, program studi teknik kimia, teknik elektro, teknik industri, teknik mesin, teknik fisika, ilmu komputer, dan teknik dirgantara ditempatkan di bawah payung FTI ITB.

6. FTTM (Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan)

Sejarah Fakultas Teknologi Pertambangan dan Perminyakan (FTTM) dari berdirinya sampai sekarang secara struktural dan singkat dapat dibagi menjadi 5 (lima) periode restrukturisasi.

Dimana setiap tahap restrukturisasi disesuaikan dengan perubahan ilmu dan pengetahuan. dan teknologi untuk memecahkan masalah waktu.

Gaji Lulusan ITB untuk FTTM merupakan salah satu yang cukup besar.

7. SBM (Sekolah Bisnis dan Manajemen)

Departemen Teknik Industri ITB sudah menyadari pentingnya studi ekonomi dan manajemen di Indonesia pada awal tahun 1970-an. Gagasan itu tetap ada di departemen ini hingga tahun 1980-an.

Namun akhirnya membuahkan hasil pada tahun 1990 ketika Prof. Mathias A’roef, seorang tokoh besar di Indonesia di bidang teknik industri, memperkenalkan program MBA di ITB dengan fokus pada manajemen operasioanl.

8. FTSL (Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan)

FTSL (Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan) sebelumnya FTSP (Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan), sebuah fakultas yang muncul dari divisi pendidikan FTSP.

Jurusan Teknik Sipil sebagai jurusan pendidikan sebagai cikal bakal sekolah teknik di Indonesia – Technical Hoogesschool (THS) Bandoeng, yang didirikan pada 3 Juli 1920.

Gaji Lulusan ITB untuk FTSL merupakan salah satu yang cukup besar.

9. SF (Sekolah Farmasi)

SF (Sekolah Farmasi) didirikan pada tanggal 6 Oktober 1947 dengan nama jurusan farmasi dengan fakultas bernama Faculteit voor Wiskunde dan Natuurwetenschapen. Saat itu, fakultas tersebut diterima di kampus Indonesia.

Pada tanggal 1 Februari 1949, fakultas tersebut diubah menjadi Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam (FIPIA) tetapi tetap berada di bawah kampus Indonesia.

10. SITH (Sekolah Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Hayati)

Di abad ke-21, keterampilan berbagai ilmu kehidupan akan memainkan peran penting dalam meningkatkan kontrol sumber daya alam dan bioteknologi.

Bahkan, bioteknologi diharapkan menjadi salah satu ilmu terapan yang paling penting. Oleh karena itu, Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati didirikan untuk mengatasi kendala ini.

Baca juga: Gaji PT PLN (Persero) dan Tunjangan

Lulusan ITB Kerja Dimana?

30+ Gaji Lulusan ITB dan Tunjangan

Ketika anda cek gaji lulusan ITB. Pertama, Anda perlu mengetahui di mana mereka kerja atau lulusan ITB akan bekerja.

Omong-omong: di mana lulusan ITB bekerja? sebenarnya mengacu pada perusahaan tempat Anda bekerja. Karena lowongan disamakan dengan kebutuhan operasional.

Namun secara umum, perusahaan akan menempatkan dengan tepat setelah mengetahui kemampuan lulusan ITB tersebut.

Seperti arsitektur, yang merupakan bagian dari bidang perancangan.

Lulusan ITB dengan demikian memiliki banyak prospek kerja. Cari saja posisi yang dibutuhkan oleh perusahaan dan mungkin bisa disesuaikan dengan jurusan.

Berapa Gaji Lulusan ITB?

30+ Gaji Lulusan ITB dan Tunjangan

Gaji rata-rata lulusan ITB adalah Rp 9.310.898/bulan. Namun, jumlah ini tidak termasuk jumlah bonus tahunan yang diperoleh.

Adapun gaji lulusan ITB itu sendiri, sebenarnya setiap posisi jabatan di perusahaan memiliki gaji yang berbeda-beda, antara satu jabatan dengan jabatan lainnya.

Ini sama dengan gaji antara perusahaan satu dengan perusahaan lainnya, yang akan bervariasi dari satu tempat ke tempat lain.

Tak hanya itu, jurusan lulusan ITB juga bisa membandingkan gaji/bulannya. Jadi bisa dikatakan bahwa semakin penting posisinya, semakin tinggi gajinya.

Kami akan memberikan informasi tentang gaji lulusan ITB secara rata-rata per industri/gelar. Untuk jelasnya, baca tabel berikut:

JURUSAN/PRODIGAJI
ArsitekturRp 6.125.000
AstronomiRp 6.900.000
BiologiRp 5.000.000
Desain InteriorRp 6.000.000
Desain Komunikasi VisualRp 6.500.000
Desain ProdukRp 5.000.000
Farmasi Klinik dan KomunitasRp 4.757.350
FisikaRp 7.450.000
KewirausahaanRp 7.200.000
KimiaRp 5.525.000
KriyaRp 4.500.000
Manajemen Rekayasa IndustriRp 10.600.000
ManajemenRp 9.500.000
MatematikaRp 7.700.000
MeteorologiRp 5.000.000
MikrobiologiRp 5.950.000
OseanografiRp 5.000.000
Perencanaan Wilayah dan KotaRp 6.353.000
Rekayasa HayatiRp 5.500.000
Rekayasa Infrastruktur LingkunganRp 5.000.000
Rekayasa KehutananRp 5.000.000
Rekayasa PertanianRp 6.000.000
Sains dan Teknologi FarmasiRp 6.050.000
Seni RupaRp 3.500.000
Sistem dan Teknologi InformasiRp 8.250.000
Teknik dan Pengelolaan Sumber Daya AirRp 5.000.000
Teknik DirgantaraRp 7.000.000
Teknik ElektroRp 8.500.000
Teknik FisikaRp 6.400.000
Teknik Geodesi dan GeomatikaRp 7.000.000
Teknik GeofisikaRp 8.500.000
Teknik GeologiRp 7.500.000
Teknik IndustriRp 9.000.000
Teknik InformatikaRp 16.000.000
Teknik KelautanRp 8.687.500
Teknik KimiaRp 9.150.000
Teknik LingkunganRp 6.650.000
Teknik MaterialRp 6.810.000
Teknik MesinRp 10.000.000
Teknik MetalurgiRp 7.800.000
Teknik PerminyakanRp 12.000.000
Teknik PertambanganRp 10.000.000
Teknik SipilRp 7.175.000
Teknik TelekomunikasiRp 7.000.000
Teknik Tenaga ListrikRp 7.550.000
Catatan: Gaji lulusan ITB tersebut merupakan rata-rata jadi mungkin lebih tinggi atau lebih rendah. Selain itu, tempat kerja, posisi jabatan dan lama kerja mempengaruhi gaji/bulan.

Baca juga: Gaji PT HM Sampoerna dan Tunjangan

Tunjangan Lulusan ITB

30+ Gaji Lulusan ITB dan Tunjangan

Selain membahas Gaji Lulusan ITB kami akan membahas juga tunjangannya.

Tentu saja, mereka yang bekerja menerima tunjangan dari tempat kerja mereka selain gaji mereka. Jadi wajar jika setiap tunjangan dari lulusan ITB akan berbeda-beda.

Ini tergantung pada perusahaan, institusi atau tempat kerja. Selain itu, posisi jabatan mempengaruhi tunjangan yang diberikan. Tetapi secara umum tunjangan yang akan diterima yaitu:

  • Tunjangan makan
  • Tunjangan kinerja
  • Tunjangan Kesehatan (BPJS)
  • Tunjangan transportasi
  • Tunjangan Hari Raya (THR)
  • Tunjangan lainnya

Penutup

Dengan kesempatan ini, kita dapat berbagi informasi dengan anda mengenai gaji Gaji lulusan ITB yang diterima per bulan.

Sekian artikel berjudul 30+ Gaji Lulusan ITB dan Tunjangan, Semoga informasi gaji lulusan ITB diatas dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!