2+ Contoh CV Volunteer dan Tips Membuatnya

Contoh CV Volunteer dan Tips Membuatnya | Contoh CV untuk daftar Volunteer banyak dicari akhir-akhir ini.

2+ Contoh CV Volunteer dan Tips Membuatnya

Secara umum, isi CV Volunteer kurang lebih sama dengan karir lainnya. Beberapa elemen yang biasa terlihat pada CV Volunteer termasuk judul, keterampilan, riwayat pendidikan, ringkasan CV, pengalaman kerja terkait, dan informasi tambahan lainnya.

Tips Membuat CV untuk Volunteer

Sebelum melihat contoh CV Volunteer yang akan diberikan di bawah, Anda sekarang perlu memiliki pengetahuan seperti apa membuat CV Volunteer itu.

Sebelum Anda mulai menulis, ada banyak hal yang perlu Anda pikirkan dan persiapkan.

Hal pertama adalah informasi apa yang ingin Anda simpan dalam daftar riwayat hidup Anda.

Kelengkapan CV adalah sesuatu yang dipertimbangkan perekrut ketika mempertimbangkan lamaran kerja Anda.

CV yang dibuat perlu memiliki semua informasi yang mereka butuhkan. Jika tidak, ada kemungkinan lamaran kerja Anda akan langsung ditolak.

Lantas apa saja informasi yang perlu ditulis dalam daftar riwayat hidup relawan? Untuk memastikan CV Anda lengkap, mari kita lihat daftar poin penting berikut ini:

  • Header/Judul CV yang dapat menarik perhatian HRD; berisi informasi pribadi dan kontak
  • Skill/keterampilan yang terkait dengan jenis posisi Volunteer yang dilamar
  • Riwayat pendidikan terbaru Anda beserta pencapaiannya
  • Ringkasan singkat CV dengan poin terpenting dari lamaran Anda
  • Pengalaman kerja terkait dengan posisi Volunteer yang Anda lamar
  • Anda bisa memberikan lebih banyak informasi tambahan untuk meningkatkan nilai Anda

Lebih jelasnya bisa melihat Contoh CV Volunteer.

Format CV Volunteer

Sekarang setelah Anda memutuskan informasi apa yang ingin Anda tuliskan, saatnya untuk memperhatikan kinerja CV Anda.

Sedikit yang tahu bahwa aspek visual CV adalah faktor seleksi bagi perekrut.

Karena itu, kinerja CV seringkali penting bagi beberapa pelamar. Oleh karena itu, Anda dapat membedakan diri Anda dengan pelamar lain dengan membuat CV yang estetis.

Tetapi mengapa CV yang estetis lebih disukai oleh perekrut?

Alasannya adalah CV yang dibuat dengan penampilan yang baik menunjukkan bahwa Anda siap melamar pekerjaan.

Dokumen yang rapi, menarik, dan mudah dibaca membuat kesan pertama yang positif bagi perekrut.

Di sisi lain, jika CV Anda berantakan dan sulit dipahami, maka peluang Anda untuk lanjut mendapatkan interview berkurang.

Salah satu elemen terpenting yang mempengaruhi kinerja CV adalah format penulisan. Berikut adalah rekomendasi format CV Volunteer dari kami:

a. Jenis Font

Font benar-benar berdampak pada tampilan CV Anda. Anda harus memilih font yang terlihat sederhana dan mudah dimengerti. Contoh font yang biasa digunakan untuk lamaran kerja adalah Times New Roman, Calibri, dan Lato.

b. Ukuran Font

Ukuran font yang baik tidak terlalu besar atau terlalu kecil. Jika terlalu kecil, teks akan sulit dibaca; jika terlalu besar, dokumen akan terlalu panjang. Kami merekomendasikan ukuran font 11 pt untuk teks biasa dan 14 pt untuk heading.

c. Panjang Dokumen

Perekrut benar-benar sibuk. Perekrut harus membaca beberapa ratus CV dari pelamar sukarelawan dalam waktu singkat.

Oleh karena itu, terkadang mereka akan secara otomatis meninggalkan CV yang terlalu panjang. Pastikan CV Anda langsung ke intinya dan tidak melebihi 1 lembar A4.

d. Margin

Margin memastikan bahwa CV terlihat rapi. Tanpa margin, teks terlihat berantakan seperti surat tulisan tangan. Jadi pastikan Anda memiliki margin 1 inci di setiap sisi dokumen.

e. Format File

Format file terbaik adalah format PDF. Karena dibuat oleh Word, ada kemungkinan isi file Anda akan berantakan karena perekrut membuka file dengan versi Word yang berbeda. Masalah ini tidak ada ketika file format PDF.

f. Jarak Antar Baris

Jenis pemformatan ini memastikan bahwa teks dalam dokumen tidak terlihat penuh sesak. Kami merekomendasikan spasi baris 1,15 pt untuk dokumen Anda.

Catatan: Pastikan pemformatan yang diterapkan konsisten pada semua dokumen.

Tata Letak CV Volunteer

Setelah memilih format yang ingin digunakan, Anda juga perlu menentukan layout CV yang ingin digunakan:

a. Struktur Fungsional

Tata letak pertama ini sering digunakan oleh mereka yang memiliki sedikit pengalaman.

Ini termasuk lulusan baru dan pindah karir. Alasan untuk ini adalah bahwa struktur fungsional lebih berfokus pada kemampuan, kualifikasi, dan keterampilan daripada pengalaman.

b. Struktur Kronologis

Tidak seperti struktur fungsional, urutan kronologis lebih menekankan pengalaman kerja daripada keterampilan.

Oleh karena itu, tata letak kronologis sangat populer di kalangan kelompok beberapa pekerja terampil.

Untuk menggunakan pengaturan ini, Anda harus menulis semua riwayat pendidikan dan pengalaman kerja dalam urutan terbalik. Artinya pengalaman kerja terbaru/terakhir dicatat terlebih dahulu.

c. Struktur Campuran

Gabungan dari dua fitur struktur di atas disebut hybrid layout atau kombinasi. Susunan ini cocok banget buat kamu yang bingung mau pakai susunan yang mana.

Catatan: Tidak ada jawaban yang benar saat menentukan struktur . Pilih yang sama sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

Baca juga: Cara Membuat CV Lamaran Kerja, Gratis 20+ Template!

Contoh CV Volunteer

Berikut beberapa contoh CV untuk Volunteer yang bisa menjadi rekomendasi anda.

Contoh CV Volunteer 1

2+ Contoh CV Volunteer dan Tips Membuatnya

Contoh CV Volunteer 2

2+ Contoh CV Volunteer dan Tips Membuatnya

Contoh CV Volunteer 3

2+ Contoh CV Volunteer dan Tips Membuatnya

Baca juga: 5+ Contoh CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman

Pengalaman Menjadi Volunteer Bagus untuk Fresh Graduate

Pengalaman Menjadi Volunteer Bagus untuk Fresh Graduate, Apakah Anda ingin membuat perbedaan? Jika demikian, menyumbangkan waktu Anda untuk tujuan yang layak adalah cara sempurna untuk mendapatkan sesuatu yang berharga.

Orang sering mengasosiasikan ini dengan memberi tetapi membantu mereka yang kurang beruntung sering kali memiliki lebih banyak manfaat daripada yang Anda kira.

Saat Anda menginvestasikan waktu Anda dalam organisasi amal dan misinya, penting agar Anda secara proaktif mencari cara untuk memanfaatkan pengalaman semaksimal mungkin, terutama karena ini adalah peluang besar untuk belajar dan berkembang dan terlihat bagus di CV Anda.

Bagaimanapun, bukan hanya pengalaman berbayar yang penting. Jika Anda masih tidak yakin bagaimana menawarkan waktu dapat bermanfaat bagi Anda, berikut tiga cara Volunteer dapat meningkatkan CV Anda.

1. Itu Membuktikan Bahwa Anda Menginginkan Pengalaman Itu

2+ Contoh CV Volunteer dan Tips Membuatnya

Ada masalah yang terus-menerus ditemukan oleh semua pencari kerja, Anda membutuhkan pengalaman untuk mendapatkan pekerjaan, tetapi Anda membutuhkan pekerjaan untuk mendapatkan pengalaman tersebut.

Dan kenyataan dari situasi ini dapat membuat orang merasa kalah dan lelah untuk melamar posisi tertentu.

Namun, jika Anda kurang pengalaman, ada banyak peluang bagi Anda untuk merasakan peran baru dengan menjadi Volunteer.

Banyak orang tidak tahu bahwa Anda dapat menjadi sukarelawan untuk menjadi apa saja, mulai dari manajer media sosial hingga desainer grafis atau manajer penggalangan dana.

Dengan melakukan pekerjaan tidak berbayar dalam peran yang Anda minati, Anda menunjukkan kepada calon pemberi kerja bahwa Anda benar-benar menginginkan pekerjaan tersebut. Ini akan membantu Anda untuk terlihat menonjol saat melamar sebuah posisi.

Namun, jika Anda ingin mendapatkan hasil maksimal dari kerja keras Anda, penting bagi Anda untuk menunjukkan dengan jelas bagaimana keterlibatan Anda telah memberi manfaat bagi organisasi dan perjuangannya.

Mendapatkan pekerjaan bisa jadi sangat sulit jika Anda hanya memiliki sedikit pengalaman, tetapi dengan Volunteer memberi Anda kesempatan untuk mengubahnya.

Tidak hanya cara yang bagus untuk memberi kembali, tetapi juga memberi Anda sesuatu yang relevan untuk dibanggakan dalam aplikasi Anda.

2. Menjadi Sukarelawan Memberikan Wawasan Tentang Minat dan Kepribadian Anda

Semua yang Anda pilih untuk dilakukan di luar pekerjaan memberi pemberi kerja wawasan tentang apa yang benar-benar Anda pedulikan. Karena itu, Anda harus mendukung tujuan yang berarti bagi Anda saat menjadi sukarelawan.

Karena sebagian besar perusahaan hanya memiliki CV Anda untuk mengetahui apakah Anda cocok, Anda dapat menyertakan pengalaman Volunteer  untuk membantu mereka melihat seberapa cocok Anda dengan budaya mereka.

Misalnya, perusahaan yang memberikan donasi rutin untuk amal atau menawarkan karyawan kesempatan untuk menyumbangkan waktu mereka selama jam kerja akan melihat bahwa Anda sangat cocok. Hasilnya, ini mungkin memberi Anda keunggulan dalam persaingan.

Bukan hanya minat Anda yang dicari pemberi kerja saat merekrut anggota tim baru, tetapi juga jenis kepribadian yang Anda miliki.

Mengambil bagian dalam pekerjaan sukarela adalah cara yang bagus untuk memberi kesan kepada perusahaan tentang karakter Anda dan apa yang Anda perjuangkan.

Ini tidak hanya menunjukkan bahwa Anda suka meminta imbalan, tetapi juga dapat menunjukkan kepemimpinan, intuisi, tekad, dan semangat untuk area tertentu.

3. Ini Menunjukkan Bahwa Anda Dihargai oleh Lebih dari Sekadar Uang

Tentu saja, pekerjaan apa pun yang Anda lakukan sebagai sukarelawan tidak akan dibayar, tetapi ini tidak masalah. Fakta bahwa Anda telah mengajukan diri untuk bekerja tanpa imbalan uang akan menunjukkan dedikasi Anda pada bidang tempat Anda bekerja.

Semua orang menginginkan pekerjaan yang memungkinkan mereka untuk memaksimalkan keahlian mereka, terhubung dengan minat mereka dan memungkinkan mereka untuk hidup dengan nyaman.

Kepuasan kerja datang dari lebih dari sekadar gaji Anda dan kerja sukarela membuktikan bahwa pekerjaan itu sendiri yang menarik Anda ke posisi tersebut.

Terlepas dari sektornya, semua pemberi kerja ingin mempekerjakan orang yang memiliki drive dan dapat bekerja dengan standar yang tinggi. Jadi, dengan menambahkan pengalamanVolunteer Anda ke CV, Anda dapat dengan jelas menunjukkan bahwa membuat perbedaan lebih berarti bagi Anda.

Mengapa Menjadi Volunteer dapat Meningkatkan CV Anda?

Secara keseluruhan, manajer HRD akan mencari kandidat yang dapat menunjukkan semangat, tekad, dan proaktif. Memilih menjadiVolunteer dapat membantu membuktikan semua karakteristik ini dan beberapa lainnya.

Menyertakan ini di CV Anda dapat sangat membantu jika Anda tidak memiliki banyak pengalaman dengan nama Anda.

Menjadi sukarelawan menawarkan banyak keterampilan yang dapat ditransfer dan dapat diaplikasikan ke tempat kerja, dari kerja tim hingga kepemimpinan.

Dengan mengingat semua ini, pastikan Anda menyoroti pengalaman Volunteer relevan dengan CV Anda.

Ingatlah untuk membagikan hasil yang menjadi tanggung jawab Anda dan menghubungkannya kembali dengan tujuan calon atasan Anda sehingga pengalaman Anda memiliki bobot tambahan.

Sekian artikel berjudul 2+ Contoh CV Volunteer dan Tips Membuatnya, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!