17 Gaji Pegawai BUMN Sesuai Bidang Kerja

Berapa Gaji Pegawai BUMN Sesuai Bidang Kerja? Tentu saja, ketika seseorang bertambah tua, biaya kebutuhannya cukup tinggi, jadi tentu saja, memiliki gaji yang besar adalah impian Anda semua.

17 Gaji Pegawai BUMN Sesuai Bidang Kerja

Selain itu, jika Anda telah mendapatkan gaji yang tinggi dan masih menjadi karyawan tetap di sebuah perusahaan ternama di Indonesia, Anda akan memiliki lebih banyak gambaran tentang masa depan yang lebih bahagia.

Mengapa Banyak yang Ingin Kerja di BUMN?

Banyak yang ingin menjadi pegawai BUMN karena memiliki gaji besar atau tinggi, maka pegawai di perusahaan milik negara merupakan salah satu dambaan setiap orang.

Sebelumnya, BUMN atau Badan Usaha Milik Negara (BUMN), secara serentak mengiklankan lowongan dari posisi yang dibutuhkan.

Perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja yang berkualitas semakin banyak karena ada yang pensiun dan oleh karena itu lowongan harus diiklankan karena ada kebutuhan yang dibutuhkan.

Dan banyak orang yang ingin mendaftar menjadi pegawai di BUMN yang akan membayar mereka dengan Gaji Pegawai BUMN S1 yang fenomenal menjadikan pegawai tersebut dilihat dari status kelasnya.

Ditambah lagi dipandang tinggi di Indonesia akan membuat rekam jejak kita disegani oleh tetangga, bukan tidak mungkin untuk ini terjadi.

Hal ini pula yang mendorong masyarakat ingin menjadi pegawai BUMN yang memiliki gaji tinggi, misalnya gaji direktur Krakatau Steel dan masih banyak lagi.

Bisa dikatakan, gaji yang tinggi di sebuah perusahaan milik negara tentu mendapat proporsi fasilitas yang fenomenal dalam hal tunjangan.

Banyak tunjangan dari pihak perusahaan seperti tunjangan asuransi kesehatan, biaya kuliah gratis untuk karyawannya, dan fasilitas lain yang sering digunakan oleh karyawannya.

Oleh karena itu bagi anda yang ingin menjadi pegawai di perusahaan BUMN, banyak sekali tawaran pekerjaan dari berbagai lulusan seperti SLTA, S1 hingga S2, dan bagi anda yang ingin segera mendaftar di website resmi rekrutmen bersama BUMN.

Jadi berapa gaji yang akan Anda terima jika Anda bekerja di perusahaan BUMN?

Banyak posisi karyawan atau jabatan karyawan di dunia usaha membuat Gaji Pegawai BUMN yang berbeda-beda.

Tapi seharusnya tidak ada masalah dengan gaji, karena gaji didasarkan pada kinerja yang kita bawa ke tugas yang diminta.

Salah satu lembaga survei utama di Indonesia yang dapat memberikan jawaban adalah Kelly Service, sebuah lembaga yang melaporkan pendapatan pegawai yang bekerja di perusahaan-perusahaan milik negara di beberapa wilayah di Indonesia.

Hal ini dapat digunakan sebagai gambaran jika Anda ingin mendaftar sebagai karyawan dan berapa gaji yang akan Anda terima jika menjadi karyawan BUMN.

Gaji Pegawai BUMN untuk masing-masing karyawan bervariasi dari mulai dari bidang kesehatan, konstruksi, pertambangan, teknik, minyak hingga perbankan.

Gaji Pegawai BUMN Sesuai Bidang Kerja

17 Gaji Pegawai BUMN Sesuai Bidang Kerja

Kembali ke performa kerja, jika Anda benar-benar kompeten, bukan tidak mungkin gaji Anda akan meningkat dari hari ke hari, ini akan selalu meningkatkan penghasilan Anda.

Tergantung pada seberapa stabil Anda saat melakukan tugas.

Tahun lalu, berdasarkan survei yang dilakukan Kelly Service, upah seorang karyawan di sebuah perusahaan milik negara di industri yang berbeda, umumnya sebegai berikut:

1. Bidang Kesehatan

Perawat Rumah Sakit dan Kesehatan memiliki gaji terendah di kisaran Rp 4-7 juta dan tertinggi di Rp 110-180 juta yaitu Sales Marketing Manager.

2. Bidang Alat Kesehatan

Gaji terendah staf pembelian adalah Rp 4-5 juta dan gaji tertinggi dimiliki manajer keuangan yang berada di kisaran Rp 110-150 juta.

3. Bidang Perdagangan

Gaji terendah yang dibayarkan oleh sales executive berada di kisaran Rp 4-5 juta dan gaji tertinggi untuk manajer marketing yang berada di kisaran Rp 110-170 juta.

4. Bidang Logistik dan gudang

17 Gaji Pegawai BUMN Sesuai Bidang Kerja

Gaji terendah yang diperoleh Quote Desk Frontline Executive berada pada kisaran Rp 3,7 hingga Rp 4 juta dan gaji tertinggi untuk Country Manager adalah Rp 100 hingga Rp 150 juta.

Gaji Pegawai BUMN PT Pos Indonesia dan Tunjangan

5. Bidang Barang Konsumsi

Gaji terendah yang diperoleh Marketing Executive adalah Rp 4-10 juta dan gaji tertinggi
Gaji marketing director bisa mencapai Rp 200-400 juta.

6. Bidang Layanan Pendidikan

Gaji terendah yaitu Receptionist Rp 3-5 juta dan gaji tertinggi Business Development and Communication Advisor Rp 135-150 juta.

7. Bidang Asuransi

Gaji terendah yaitu Recepcionist Rp 3,7-4,5 juta dan gaji tertinggi Chief Information Security Officer Rp 60-100 juta.

8. Bidang Informasi Teknologi

Gaji terendah yaitu staf administrasi adalah Rp 4-4,5 juta dan gaji tertinggi adalah Rp 130-150 juta untuk Business Development Director.

9. Bidang Manufaktur

Gaji terendah ada dari staf Finance Rp 4-6 juta dan gaji tertinggi Direktur Manufaktur Rp 85-150 juta.

10. Bidang Tambang

17 Gaji Pegawai BUMN Sesuai Bidang Kerja

Gaji terendah dari Staf Administrasi Rp 5-8 juta dan gaji tertinggi dari Chief Operating Officer Rp 150-300 juta.

Gaji Pegawai BUMN PT Antam dan Tunjangan

11. Bidang Minyak dan Gas

Gaji terendah untuk Staf Administrasi berkisar antara Rp 5 hingga 8 juta dan gaji tertinggi untuk Chief Executive Officer berkisar antara Rp 160 hingga 250 juta.

Gaji Pegawai BUMN PT Pertamina dan Tunjangan

12. Bidang Farmasi

17 Gaji Pegawai BUMN Sesuai Bidang Kerja

Gaji terendah dari Payroll Admin Executive adalah Rp 4-5 juta dan gaji tertinggi Managing Director adalah Rp 150-300 juta.

Gaji Pegawai BUMN PT Biofarma dan Tunjangan

13. Bidang Konstruksi Pembangunan

Gaji terendah di Sales Support Administration adalah Rp 5-5,5 juta dan gaji tertinggi untuk Chief Executive Officer adalah Rp 250-400 juta.

Gaji Pegawai BUMN PT PP (Persero) Tbk dan Tunjangan

14. Bidang Petro Kimia

Gaji terendah yaitu staf administrasi adalah Rp 4-5 juta dan gaji tertinggi Engineering Director adalah Rp 150-200 juta.

15. Bidang Pembangkit Listrik

17 Gaji Pegawai BUMN Sesuai Bidang Kerja

Gaji terendah untuk Staf Administrasi adalah Rp 4-8 juta, gaji tertinggi untuk Engineering Director adalah Rp 100-125 juta.

Gaji Pegawai BUMN PT PLN (Persero) dan Tunjangan

16. Bidang Telekomunikasi

Gaji terendah untuk staf administrasi adalah Rp 4-8 juta dan gaji tertinggi untuk Country General Manager adalah Rp 100-175 juta.

Gaji Pegawai BUMN Gaji PT Telkom Indonesia dan Tunjangan

17. Bidang Ritel

Gaji terendah untuk Sales Executive Rp 3-8 juta dan gaji Operations Director tertinggi Rp 100-150 juta.

Gaji Pegawai BUMN ini ada kemungkinan berbeda, dikarenakan beberapa faktor seperti daerah, jabatan, pengalaman, pendidikan, UMR/UMK dan faktor lainnya.

Apa Status pegawai BUMN?

Status pegawai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebagai pegawai BUMN atau Non-ASN. Status pegawai BUMN seringkali mengalami perubahan berdasarkan peraturan yang berlaku. Perubahan tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:

  • Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 10 Tahun 1983 tentang Izin Perkawinan dan Perceraian bagi Pegawai Negeri Sipil dan perubahannya, status pegawai BUMN ditetapkan sama dengan Pegawai Negeri (PNS). Selama ini pejabat BUMN disamakan dengan pejabat negara. Kesetaraan diartikan sebagai perlakuan terhadap kewajiban untuk menulis suatu pernyataan kepada atasan/pengawasnya pada saat perkawinan dan kewajiban untuk memperoleh izin dari atasannya untuk dapat melakukan perceraian.
  • Selain itu, berlaku pula Peraturan Pemerintah Nomor 45 Tahun 2005 tentang Pendirian, Pengurusan, Pengawasan, dan Pembubaran Badan Usaha Milik Negara, yang menyatakan bahwa pegawai BUMN tidak lagi tunduk pada peraturan kepegawaian pegawai negeri sipil. Ketentuan ini dimaksudkan untuk mengoreksi ketentuan semula yang menyatakan bahwa status pejabat BUMN sama dengan PNS.
  • Ketentuan mengenai pegawai BUMN diatur dalam penegasan Pasal 87 ayat (1) dan (2) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2003 tentang Badan Usaha Milik Negara yang berbunyi:
    • Pegawai BUMN sebagai pegawai BUMN yang pengangkatan, pemberhentian, jabatan, hak dan kewajibannya ditetapkan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan di bidang ketenagakerjaan.
    • Pegawai BUMN dapat membentuk serikat pekerja perusahaan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Pegawai BUMN tersebut merupakan pegawai Non ASN yang pengangkatan, pemberhentian, hak dan kewajibannya diputuskan berdasarkan perjanjian kerjasama sesuai dengan ketentuan perundang-undangan di bagian ketenagakerjaan.

Hal tersebut berlaku sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Penutup

Menarik bukan gaji yang diberikan? Dan bagi yang sudah memenuhi syarat-syaratnya, segera daftarkan diri Anda di perusahaan BUMN dengan gaji menarik hanya di website resminya.

Sekian artikel berjudul 17 Gaji Pegawai BUMN Sesuai Bidang Kerja, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!