2+ Cara Cetak Kartu Ujian CPNS dengan Mudah

Bagaimana Cara Cetak Kartu Ujian CPNS? Beberapa waktu lalu, pemerintah membawa berita gembira karena tengah mempersiapkan penerimaan ASN pada tahun ini.

Sayangnya masih banyak peserta yang kesulitan akibat gagal mencetak kartu peserta ujian CPNS untuk ujian berikutnya dan berbagai permasalahan lainnya. Agar tidak salah langkah, berikut tutorial cara cetak kartu ujian peserta CPNS.

Ketentuan Mencetak kartu Peserta Ujian CPNS

2+ Cara Cetak Kartu Ujian CPNS dengan Mudah

BKN telah menyampaikan bahwa SKD akan dimulai padatahun ini. Pada tahapan tersebut, para peserta diimbau tidak lupa mencetak kartu tanda peserta ujian melalui situs http://sscas.bkn.go.id dan masuk ke akun yang sama saat melakukan pendaftaran. Sebelum mulai mencetaknya, ada baiknya untuk mengetahui apa saja ketentuannya.

1. Gunakan Tinta Berwana dan Dipotong Secara Rapi

Ketentuan mencetak tanda peserta ujian CPNS yakni menggunakan tinta berwarna, potong secara rapi sesuai dengan garis putus putus di bagian bawah kartu.

Cetak kartu ujian CPNS pakai kertas apa? bisa menggunakan kertas HVS 80gr

2. Isi Nama Lengkap dan Tanda Tangan

Tuliskan nama lengkap dan bubuhi tanda tangan pada bagian lembar Panitia Ujian CPNS, sebelum diserahkan langsung kepada panitia saat ujian tengah berlangsung.

3. Berikan ke Panitia untuk Mendapatkan PIN

Ketika peserta telah mengisinya sesuai dengan ketentuan, panitia akan memberikan pin kepada para peserta yang hendak mengikuti ujian. Di saat yang sama, peserta bisa mendapatkan tanda tangan panitia ketika sudah berada di lokasi ujian. Dan perlu diingat bahwa kartu peserta ujian tidak boleh dilaminating meski dengan maksud yang baik.

Selain mengikuti tutorial cara cetak kartu ujian peserta CPNS, para peserta diwajibkan untuk mengikuti SKD dengan membawa KTP asli atau E KTP.

Peserta juga wajib mematuhi semua ketentuan yang berlaku seperti mengenakan pakaian rapi dan sopan, dimana wanita mengenakan kemeja putih lengan panjang dengan bawahan rok atau celana berwarna hitam.

Sedangkan untuk peserta pria diwajibkan mengenakan kemeja putih yang dipadukan dengan celana hitam. Baik wanita maupun pria diwajibkan mengenakan sepatu hitam yang nyaman, serta tidak menggunakan celana atau rok berbahan jeans. Ketika semua ketentuan telah terpenuhi, para peserta diperbolehkan masuk ke dalam ruangan untuk mengikuti ujian.

Baca juga: Link Pendaftaran CPNS dan PPPK [Terbaru]

Cara Cetak Kartu Ujian CPNS

Para peserta memiliki tugas untuk mencetak kartu peserta ujian sambil menunggu pengumuman seleksi berkas administrasi. Proses cetak kartu peserta dapat dilakukan dengan dua cara berbeda.

1. Buka halaman https://sscasn.bkn.go.id

Cara yang pertama, para peserta diminta membuka situs https://sscn.bkn.go.id/ lalu pilih menu login dan masukkan NIK dan password dengan benar.

2. Klik Tombol “Cetak Kartu Peserta Ujian”

Apabila berhasil masuk ke dalam akun, terlihat halaman baru yang berisikan tentang resume. Silahkan klik pada tombol berwarna biru bertuliskan “cetak kartu peserta ujian” untuk memunculkan preview sebelum dicetak dalam bentuk fisik. Pastikan seluruh data terisi sempurna tanpa ada kesalahan, lalu unduh untuk segera dicetak secepatnya.

3. Unduh dan Cetak Kartu Ujian CPNS

  • Sistem secara otomatis menampilkan kartu peserta tes seleksi CASN
  • Unduh dokumen kartu ujian dan simpan di lokasi yang diinginkan
  • Cetak Kartu Ujian CPNS sudah bisa dilakukan

Sedangkan pada cara kedua, para peserta diminta masuk ke laman https://sscn.bkn.go.id/, dan klik pada menu login untuk memasukkan password dan NIK peserta.

Jika semua data dirasa benar, silahkan tekan tombol masuk lalu tunggu hingga prosesnya selesai. Apabila berhasil masuk ke dalam lamannya, silahkan klik opsi menu yang bisa ditemukan di bagian kanan atas.

Selanjutnya tekan opsi dengan namamu dan lihatlah riwayat pendaftaran. Pada tahapan terakhir silahkan tekan tombol kartu ujian untuk memulai proses pencetakan.

Namun perlu diingat bahwa tombol ini hanya ditemukan pada peserta yang dinyatakan lolos seleksi berkas administrasi. Jika kamu tidak menemukannya, diharapkan berlapang dada dan mencoba di lain waktu.

Namun karena beberapa faktor, usaha untuk mencetak kartu peserta sulit dilakukan meski telah melakukan berbagai cara. Bahkan pernah ada ditemukan foto beberapa peserta beserta tempat tes tidak muncul. Kondisi tersebut dapat terjadi akibat perangkat yang kurang memadai atau kesalahan pada server pusat, kartunya.

Namun tidak perlu khawatir, karena semua permasalahan tersebut dapat diatasi dengan baik dengan mengikuti beberapa tahapan.

Pertama tama seluruh peserta harus memastikan jika aplikasi dapat bekerja sempurna di laptop maupun smartphone. Jika usaha untuk mengoperasikannya kerap mengalami error, sebaiknya lakukan kembali beberapa saat kemudian.

Selanjutnya kamu perlu memastikan aplikasi web yang digunakan. Sebaiknya gunakan referensi web yang telah disarankan oleh BKN untuk mengurangi resiko error dan kesalahan lainnya.

Kamu juga perlu mengetahui aplikasi web yang umum digunakan untuk mencetak kartu peserta dengan hasil maksimal tanpa cacat.

Pada langkah selanjutnya kamu perlu login pada situs BKN dimana kalian mendaftarkan diri sebagai salah satu pelamar pekerjaan.

Login kedua kalinya memiliki tujuan untuk melihat apakah kamu telah berhasil lulus ke tahap selanjutnya. Jika dinyatakan lulus, otomatis akan tertera opsi cetak yang dapat membantu proses pencetakan kartu peserta ujian di tahapan selanjutnya.

Bagaimana jadinya jika sudah melakukan sesuai instruksi namun tidak kunjung berhasil mencetak kartunya ? Tidak perlu khawatir, karena kondisi ini dapat terjadi akibat kesalahan dari server BKN pusat maupun permasalahan pada aplikasi web yang digunakan. Beruntungnya permasalahan tersebut dapat diatasi dengan mudah.

Cobalah untuk tenang dan masuk ke Google Chrome kembali. Selanjutnya masuk ke pengaturan history lalu hapus beberapa bagian data yang sudah tidak diperlukan.

Kondisi ini membuat aplikasi terasa lebih ringan dan bekerja dengan optimal. Kini cobalah tutorial cetak kartu ujian peserta CPNS seperti sebelumnya.

Telah mengikuti tutorial yang dianjurkan namun tidak kunjung berhasil membuahkan hasil ? Dalam kondisi tersebut, tampaknya kamu harus lebih bersabar dan mengurangi kadar emosi yang masih bersarang.

Sebagai gantinya, kamu bisa melakukan pencetakan ketika malam hari atau ketika semua orang sudah terlelap tidur untuk mempersiapkan esok harinya.

Sebab pada jam tersebut, jumlah orang yang mengaksesnya sedikit lebih berkurang dibandingkan sebelumnya. Ketika jumlah pengunjung mulai menurun, otomatis server tidak perlu bekerja keras untuk mengaksesnya.

Alhasil proses cetak kartu peserta berlangsung cukup cepat dan lancar tanpa adanya permasalahan dibandingkan sebelumnya.

Baca juga: Berkas Penting Pendaftaran CPNS

Syarat Cetak Kartu Ujian CPNS

Sebelum mengikuti seluruh rangkaian tutorial cara cetak kartu ujian peserta CPNS, ada beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi terlebih dahulu.

Telah Dinyatakan Lulus ke Tahap Selanjutnya

Pertama tama, tugas untuk mencetak kartu peserta ujian hanya berlaku bagi peserta yang telah dinyatakan lulus verifikasi pada tahap pemeriksaan berkas administrasi.

Login ke SSCN BKN

Kamu bisa melakukan pengecekan kelulusan administrasi CPNS secara langsung dengan mengunjungi akun SSCN BKN. Masukkan NIK peserta serta password yang digunakan ketika mendaftar lalu tunggu hingga muncul sebuah pengumuman. Lalu bagaimana dengan peserta yang tidak berhasil mengingat password untuk masuk ke dalam akun SSCN ?

Dalam kasus kali ini, para peserta diminta membawa panduan pemulihan terlebih dahulu dan ikuti semua instruksinya. Jika masih mengalami kesulitan dan takut adanya masalah, tidak ada salahnya meminta tolong kepada kerabat atau teman terdekat. Para peserta diminta untuk rajin belajar dan tidak lupa berdoa agar lulus ke tahap selanjutnya.

Baca juga: Cara Menghitung Nilai SKD dan SKB dalam CPNS

Contoh Kartu Ujian CPNS

Berikut adalah contoh kartu yang telah di Cetak Kartu Ujian CPNSnya.

Contoh Kartu Ujian CPNS untuk Kementerian Dalam Negeri

Contoh Kartu Ujian CPNS untuk Kementerian Dalam Negeri

Contoh Kartu Ujian CPNS untuk Perpustakaan Nasional RI

Contoh Kartu Ujian CPNS untuk Perpustakaan Nasional RI

Contoh Kartu Ujian CPNS untuk Pemerintah Provinsi Jawa Tengah

Contoh Kartu Ujian CPNS untuk Pemerintah Provinsi Jawa Tengah

Video Cara Cetak Kartu Ujian CPNS bisa dilihat disini

Penutup

Itulah beberapa langkah yang perlu diperhatikan ketika hendak mencetak kartu peserta ujian CPNS. Sebelum mulai mencetaknya, pastikan dirimu telah melengkapi syarat yang telah ditentukan terlebih dahulu.

Diharapkan dengan mengikuti tutorial di atas, impian untuk menjadi salah satu anggota ASN dapat terwujudkan segera.

Sekian artikel berjudul 2+ Cara Cetak Kartu Ujian CPNS, semoga bermanfaat dan selamat mencoba !

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!