15+ Formasi CPNS yang Sepi Peminat

Apa saja Formasi CPNS yang Sepi Peminat? Selain memahami tata cara pendaftaran CPNS dan tahapan seleksinya, kamu perlu mengetahui formasi apa saja yang berpeluang. Semakin sepi peminat formasi tersebut maka peluangmu menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) lebih besar.

Paling tidak persaingan pada tahap seleksi tidak seketat formasi favorit. Berikut Formasi CPNS yang Sepi Peminat yang bisa menjadi referensi anda.

Formasi CPNS yang Sepi Peminat

Formasi CPNS yang tidak disukai bisa disebut sebagai posisi dengan tingkat reputasi yang lebih rendah dari posisi lainnya.

Akibatnya, rangkaian formasi ini sering menerima jumlah pelamar paling sedikit atau bahkan tidak ada pendaftar.

Selain karena posisi yang kurang dikenal, pemicu berbagai formasi CPNS yang sepi peminat bisa jadi karena hal lain. Misalnya, kurangnya motivasi di kalangan warga untuk mengajukan posisi ini.

Ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi tinggi rendahnya motivasi warga. Misalnya syarat-syarat yang harus dipenuhi dapat dipenuhi atau tidak, ketentuan-ketentuan yang dibuat dalam jabatan itu, dan sebagainya.

Beberapa hal tersebut dapat mempengaruhi selera calon pelamar dalam menentukan posisi dan/atau institusi tertentu. Namun, karena minimnya pendaftar, Formasi CPNS yang Sepi Peminat kerap menjadi acuan penentuan formasi tujuan sebagian warga.

Taktik konservatif ini dirancang untuk meningkatkan peluang kelulusan. Laluapa saja Formasi CPNS yang Sepi Peminat? Simak selengkapnya pada pembahasan di bawah ini, ya.

1. Analis Konten Media Sosial

Analis Konten Media Sosial Formasi CPNS yang Sepi Peminat

Untuk mendapatkan kesempatan lolos CPNS, kamu harus pintar membaca peluang formasi. Pada seleksi CPNS 2019 lalu peminat formasi analis konten media sosial sangat sedikit.

Analis konten media sosial menjadi Formasi CPNS yang Sepi Peminat, bahkan hanya segelintir orang yang mendaftar, maklum memang bukan salah satu formasi favorit. Padahal peluang masuk formasi ini lebih menjanjikan dibandingkan lainnya.

Belum lagi di era digital seperti ini kehadirin analis konten media sosial di dunia kerja sangat penting. Mengingat perkembangan dunia maya tidak terkendali, maka perlu pemilahan mana yang sesuai ditayangkan atau tidak.

Apalagi masyarakat sekarang tidak bisa terlepas dari teknologi dan internet. Jika kamu tertarik dengan dunia teknologi dan informasi, disarankan daftar formasi ini.

2. Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapetan)

Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapetan) Formasi CPNS yang Sepi Peminat

Dibandingkan formasi di kementerian lainnya, Bapetan adalah salah satu instansi pusat yang peminatnya rendah. Peluang ini bisa kamu manfaatkan untuk mewujudkan mimpi sebagai seorang PNS karena Formasi CPNS yang Sepi Peminat.

Kamu tinggal mengecek terlebih dahulu berapa kuota formasi ini pada CPNS. Setelah itu persiapkan diri sebaik mungkin, mulai belajar pengetahuan tentang jenis pekerjaan ini.

Gali informasi sebanyak-banyaknya terkait tugas dan wewenang di Bapetan. Apa yang kamu pelajari nantinya berguna saat ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), setelah lolos di beberapa tahapan.

Meskipun pendaftarnya sedikit bukan berarti kamu bersantai, tetap tumbuhkan jiwa kompetitif dan optimis lulus CPNS.

3. Pengawas Olahraga

Pengawas Olahraga Formasi CPNS yang Sepi Peminat

Bagi kamu yang menyukai bidang olahraga jenis apapun, pekerjaan ini bisa menjadi pilihan saat daftar CPNS. Peminatnya dari tahun ke tahun terus menurun, bahkan pada CPNS 2019 tidak ada yang melamar sama sekali. Hal ini justru kamu tangkap sebagai kesempatan emas, karena jumlah saingan tidak banyak.

Ada banyak keuntungan yang kamu dapatkan ketika lolos formasi ini dikarenakan Formasi CPNS yang Sepi Peminat. Salah satunya gaji pokok yang nominalnya lumayan besar. Tunjangan jabatan sebagai Pengawas Olahraga juga terbilang berlebih, bisa untuk tabungan di hari tua.

Maka jangan kamu abaikan kesempatan, pacu diri untuk terus belajar tentang seluk beluk pekerjaan ini.

4. Analis Informasi Kebudayaan

Analis Informasi Kebudayaan Formasi CPNS yang Sepi Peminat

Terkait Formasi CPNS yang Sepi Peminat, pilihan formasi CPNS di bidang analisis informasi kebudayaan cukup lapang peluangnya. Hal ini karena jumlah pelamar terbilang sedikit, bahkan pada CPNS 2019 formasi tidak ada yang mengisi.

Ada kemungkinan di seleksi kali ini kosong pelamar, sehingga peluang lolos menjadi ASN terbuka lebar.

5. Dokter Spesialis

Dokter Spesialis Formasi CPNS yang Sepi Peminat

Sekolah kedokteran memang terkenal dengan masa pendidikan yang panjang. Butuh waktu yang cukup lama dan biaya yang tak sedikit untuk mendapatkan gelar dokter spesialis.

Itulah mengapa setiap seleksi CPNS dibuka formasi ini sering kosong dan menjadi Formasi CPNS yang Sepi Peminat. Terutama dokter spesialis jantung dan dokter spesialis gigi. Alhasil banyak daerah yang masih kekurangan tenaga kerja dokter.

Kalau kamu sekarang sedang menempuh pendidikan dokter spesialis, maka segera selesaikan studinya. Siapa tahu di CPNS nanti formasi ini bisa menjadi rejekimu.

Kamu bisa mempersiapkannya mulai sekarang, terutama dokumen yang diminta oleh instansi penyelenggara. Agar kamu tidak kerepotan ketika dekat dengan jadwal pendaftaran.

Baca juga: 55+ Rangkuman Materi CPNS Lengkap Gratis

6. Administrasi Izin Kawin dan Izin Cerai

Administrasi Izin Kawin dan Izin Cerai Formasi CPNS yang Sepi Peminat

Bagi kamu yang mahir dalam data administrasi, mungkin formasi ini bisa kamu pilih. Di seleksi CPNS sebelumnya, formasi yang berkaitan dengan adminstrasi izin kawin dan izin cerai kurang diminati atau menjadi Formasi CPNS yang Sepi Peminat.

Padahal acara pernikahan di Indonesia digelar hampir setiap hari, jadi butuh proses administrasi yang cepat. Begitu pula dengan angka perceraian masyarakat yang tinggi.

Hal ini membuat pekerjaan terkait perizinan nikah dan cerai terus sibuk, serta butuh tenaga tambahan. Maka dari itu, ini bisa jadi kesempatanmu untuk mendaftar CPNS pada formasi tersebut.

Gaji pokok dan tunjangan jelas akan kamu dapatkan selayaknya ASN resmi. Tidak ada salahnya mencoba cari peluang di pekerjaan ini, siapa tahu kamu lolos di seleksi CPNS.

7. Pengelola Pengembangan Sumberdaya Pendidikan Anak Usia Dini

Pengelola Pengembangan Sumberdaya Pendidikan Anak Usia Dini Formasi CPNS yang Sepi Peminat

Formasi ini sempat dibuka pada CPNS 2019 tapi pelamarnya bisa dihitung jari. Bahkan di seleksi CPNS tahun-tahun sebelumnya tidak ada peminat sama sekali.

Maklum bukan termasuk formasi favorit dan masih awam terkait spesifikasi pekerjaannya. Jadi sebagian besar pelamar CPNS tidak berani mendaftar disini.

Namun untuk kamu yang pintar menangkapnya sebagai kesempatan langka, justru minim peminat seperti ini jadi peluang besar. Pasalnya persaingan tidak terlalu ketat karena jumlah pesaing sedikit dan menjadi salah satu Formasi CPNS yang Sepi Peminat.

Akan tetapi kamu tetap harus belajar seperti apa spesifikasi job di formasi ini. Kemungkinan besar akan berguna di tes SKB, setelah lolos semua tahapan seleksi.

8. Penyusun Kebutuhan Perlengkapan Jalan

Penyusun Kebutuhan Perlengkapan Jalan Formasi CPNS yang Sepi Peminat

Formasi CPNS yang Sepi Peminat selanjutnya yaitu penyusun kebutuhan perlengkapan jalan.

Kebutuhan formasi pada bidang ini belum terpenuhi sampai sekarang. Hal ini karena jumlah pelamar tidak sebanding dengan kuota formasi yang disediakan.

Kamu bisa memanfaatkan kekosongan ini sebagai peluang untuk daftar CPNS. Selain itu, kamu turut berkontribusi membantu banyak daerah yang membutuhkan penangan terkait perlengkapan jalan.

9. Pengelola Penggerak Peran serta Masyarakat di Bidang Kesehatan

Pengelola Penggerak Peran serta Masyarakat di Bidang Kesehatan Formasi CPNS yang Sepi Peminat

Pengelola penggerak peran serta masyarakat di bidang kesehatan merupakan salah satu Formasi CPNS yang Sepi Peminat.

Tidak banyak peserta CPNS yang mendaftar di formasi ini, jadi kamu bisa mencoba peruntungan pada CPNS. Namun sebelumnya, pahami terlebih dahulu persyaratan formasi dan kualifikasi yang dibutuhkan.

Karena terkadang pelamar teledor pada masalah kelengkapan dokumen. Padahal salah mencantumkan dokumen bisa berakibat gagalnya seleksi administrasi.

Baca juga: 5+ Aturan Pakaian Tes CPNS dan PPPK, Jangan Salah!

10. Pengelola Pemeliharaan Laboratorium

Pengelola Pemeliharaan Laboratorium Formasi CPNS yang Sepi Peminat

Banyak peserta CPNS yang menganggap bahwa pekerjaan ini tidak punya masa depan, padahal pemikiran tersebut salah. Justru hampir semua bidang pekerjaan membutuhkan pengelola pemeliharaan laboratorium.

Sayangnya peminat pelamar setiap seleksi CPNS dibuka selalu sepi dan ini menjadi kesempatan anda karena Formasi CPNS yang Sepi Peminat. Maka kamu bisa mencari peruntungan pada formasi ini di CPNS.

11. Pengelola Jaringan Antar Moda Perkeretaapian

Pengelola Jaringan Antar Moda Perkeretaapian Formasi CPNS yang Sepi Peminat

Formasi CPNS yang Sepi Peminat selanjutnya yaitu pengelola jaringan antar moda perkeretaapian.

Pada CPNS 2019 formasi ini tidak ada yang mendaftar sama sekali. Bisa dibilang bidang pekerjaan ini kurang diminati. Padahal pekerjaan ini sangat dibutuhkan untuk menunjang pengoperasian kereta api.

Apabila kamu memiliki kualifikasi sesuai bidang tersebut, seperti latar belakang studi, maka cobalah melamar pada CPNS.

12. Pengelola Grafik Perjalanan Kereta Api

Pengelola Grafik Perjalanan Kereta Api Formasi CPNS yang Sepi Peminat

Pengelola grafik perjalanan kereta api merupakan salah satu Formasi CPNS yang Sepi Peminat.

Sebagai moda transportasi yang familiar digunakan masyarakat Indonesia, tentunya harus ada pengelola untuk urusan grafik perjalanan.

Apalagi jadwal kereta api tidak pernah berhenti dan penumpang terus hilir mudik, pastinya butuh rekam perjalanan. Maka kamu bisa berkontribusi kepada negara dengan melamar formasi ini pada CPNS.

13 Pengelola Kelistrikan Perkeretaapian

Pengelola Kelistrikan Perkeretaapian Formasi CPNS yang Sepi Peminat

Posisi Pengelola Kelistrikan Perkeretaapian masih tercatat di Kementerian Perhubungan sebagai salah satu jabatan dengan jumlah pelamar yang sedikit.

Oleh karena itu, bagi warga yang lulusan Teknik Elektro, formasi ini layak menjadi pilihan karena sesuai dengan kualifikasinya dan Formasi CPNS yang Sepi Peminat.

Sedikit info, pada tahun 2021 profesi ini tidak mendapatkan satu pelamar pun dalam pengadaan bagi calon PNS.

14. Penelaah Manajemen Lantas

Penelaah Manajemen Lantas Formasi CPNS yang Sepi Peminat

Khusus terbuka untuk pelamar cum laude, posisi dengan KementerianPerhubungan juga sepi untuk pelamar.

Hal ini memungkinkan calon peserta yang memenuhi persyaratan untuk memilih formasi tersebut sehingga peluang untuk lulus lebih besar.

15. Pengelola Penggerak Peran serta Masyarakat di Bidang Kesenian

Pengelola Penggerak Peran serta Masyarakat di Bidang Kesenian Formasi CPNS yang Sepi Peminat

Dari tahun ke tahun, Pengelola Penggerak Peran serta Masyarakat di Bidang Kesenian secara konsisten mencatatkan rekor rendahnya posisi pelamar.

Biasanya warga kurang termotivasi untuk memilih posisi ini karena tidak tahu lebih banyak tentang pekerjaannya.

Oleh karena itu, jika Anda tertarik, informasi tentang Pengelola Penggerak Peran serta Masyarakat di Bidang Kesenian dapat dipelajari sejak awal.

16. Asisten Ahli

Asisten Ahli Formasi CPNS yang Sepi Peminat

Maklum, dengan jumlah pelamar yang sedikit, ada beberapa posisi asisten ahli dosen dalam pengadaan calon pegawai negeri sipil.

Salah satunya adalah asisten ahli dosen asas-asas kebudayaan Islam, dosen Arudl Wal Qawafi, dosen arkeologi, dosen aplikasi komputer perbankan.

Semua posisi membutuhkan minimal pendidikan pascasarjana terakhir dengan jurusan yang sama seperti yang dipersyaratkan oleh posisi saat ini.

Penutup

Ketika melakukan proses pendaftaran CPNS, kamu diminta mengisi jenis formasi pilihan. Sebelum mengisinya lebih baik cari informasi terlebih dahulu, jika termasuk formasi sepi peminat maka ini kesempatan emas untukmu.

Karena peluang lolosnya lebih besar daripada formasi favorit yang persaingannya cenderung ketat.

Sekian artikel berjudul 15+ Formasi CPNS yang Sepi Peminat, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!