Foto untuk SKCK: Ukuran, Warna Background, dan Lainnya

Foto untuk SKCK: Ukuran, Warna Background, dan Lainnya | Ukuran foto SKCK menjadi persyaratan yang perlu diperhatikan ketika ingin membuat atau memperpanjang SKCK.

Foto untuk SKCK: Ukuran, Warna Background, dan Lainnya

Masih banyak yang belum tahu berapa ukuran pas foto untuk SKCK. Yuk, dapatkan jawaban dan ulasan lengkapnya di artikel ini!

SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) banyak digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari melamar pekerjaan hingga mengeluarkan visa.

Untuk membuat SKCK ada banyak persyaratan penting yang harus dipenuhi, salah satunya adalah menyediakan pas foto diri.

Persyaratan Foto untuk SKCK

Penting untuk diingat bahwa ukuran foto SKCK ini harus sesuai dengan peraturan yang berlaku, mulai dari ukuran, latar belakang dan diakhiri dengan pakaian yang dikenakan.

Untuk lebih jelasnya silahkan baca beberapa foto peraturan SKCK yang dikutip dari skck.polri.go.id

Ukuran Foto SKCK

Ukuran Foto SKCK

Saat menyiapkan pas foto SKCK, pertanyaan yang sering ditanyakan adalah berapa ukuran foto SKCK tersebut.

Ukuran pas foto SKCK yang benar adalah 4×6. Namun, ada juga Polres yang meminta Anda untuk memberikan pas foto 3×4 dengan latar belakang merah untuk melakukan rumus sidik jari saat membuat SKCK.

Sangat disarankan jika foto untuk SKCK diambil di studio foto. Karena studio foto menggunakan kamera yang bagus, kualitas foto menjadi lebih jernih dan jelas.

Selain itu, pencahayaan studio foto dan fotografi yang sesuai oleh para ahli memastikan hasil foto untuk SKCK terlihat profesional.

Anda harus menghindari foto yang diambil dengan kamera ponsel, karena membuat kualitas foto menjadi lebih buruk hingga kurang optimal.

Jadi, ukuran foto untuk SKCK yang benar adalah 4 x 6. Namun ada juga Polres yang meminta pas foto ukuran 3 x 4.

Anda perlu mencetak foto dengan ukuran ini sekitar 6 kali untuk membuat SKCK.

Warna Latar Belakang Foto untuk SKCK

Selanjutnya, penting untuk mengingat warna latar belakang foto SKCK.

  • Untuk Warga Negara Indonesia (WNI) background foto berwarna merah.
  • Sedangkan untuk warga negara asing (WNA) berwarna kuning.

Jangan lupa gunakan foto terbaru.

Anda tidak diperbolehkan mengubah latar belakang foto atau mempercantik wajah Anda dengan aplikasi apa pun di ponsel Anda, karena nanti pihak kepolisian akan meminta Anda untuk mengambil foto studio lagi.

Pakaian yang tepat untuk Foto SKCK

Pakaian yang tepat untuk Foto SKCK

Masih mengambil dari sumber yang sama, keputusan berpakaian yang tepat untuk foto SKCK adalah memakai pakaian formal yang rapi berkerah.

Tata cara berpakaian yang benar untuk foto SKCK adalah memakai pakaian yang rapi, sopan dengan kerah.

Untuk warna baju tidak ditentukan, namun disarankan untuk memakai warna putih polos atau hitam.

Namun, meskipun warna pakaian bebas, pertimbangkan untuk menggunakan warna netral seperti putih atau hitam pekat. Untuk wanita berhijab, pastikan semua wajah terlihat jelas.

Bisakah saya memakai foto seragam sekolah? Ya, selama seragam yang dikenakan berwarna putih dan memiliki kerah.

Mengenakan t-shirt atau gaun pesta tidak diperbolehkan. Dan Anda tidak diperbolehkan membawa aksesoris di depan Anda, seperti memakai lensa kontak, kacamata, atau berbagai jenis tindikan (hidung, telinga, bibir, dll).

Gaya Rambut Foto untuk SKCK

Untuk model rambut, bebas asalkan disisir rapi dan tidak menutupi wajah.

Untuk wanita yang tidak berhijab, bisa menggunakan peniti atau helaian rambut yang tidak menonjol.

Foto untuk SKCK harus terlihat formal, tidak selfie atau terlihat bergaya. Aturan rambut harus rapi dan poni rambut tidak menutupi wajah.

Pada pria, rambut tidak boleh dengan model apa pun, harus disisir dengan rapi. Dan untuk wanita, jangan memakai jepit atau tali rambut yang terlalu mencolok. Gunakan penjepit hitam kecil atau sisir rambut Anda di belakang telinga.

Baca juga: 5+ Cara Memperpanjang SKCK, Syarat, Berkas, dan Biaya

Foto untuk SKCK Tampak dari Samping Kanan dan Kiri

Dikutip dari situs resmi SKCK Polri, syarat pembuatan SKCK hanya tercatat dengan melampirkan pas foto ukuran 4×6 berlatar belakang merah. Tidak ada informasi tentang menyisipkan foto dalam tampilan tampak samping.

Namun, bagi pemohon SKCK baru yang belum memiliki rumusan sidik jari, banyak polres yang memberikan persyaratan untuk menyediakan pas foto 4 x 6 tampak dari kanan dan kiri.

Jumlah Foto untuk SKCK yang Benar

Berapa banyak foto untuk SKCK? Menurut situs resmi SKCK Polri, jumlah pas foto SKCK yang perlu disiapkan sebanyak 6 lembar.

Contoh Foto SKCK yang Benar

Berikut adalah contoh foto yang benar untuk pria dan wanita:

Contoh Foto SKCK yang Benar

Jika Anda sudah memiliki foto SKCK, Anda dapat mendaftarkan SKCK secara online. Untuk memperjelas pendaftaran SKCK online, silakan kunjungi Cara membutat  SKCK Online

Penutup

SKCK banyak digunakan untuk berbagai keperluan, misalnya untuk melamar pekerjaan atau mengeluarkan visa. Banyak persyaratan yang harus dipenuhi dalam pembuatan SKCK, salah satunya adalah menyediakan foto.

Ada banyak peraturan untuk foto SKCK, misalnya Pakaian yang akan dikenakan, latar belakang foto dan gaya rambut.

Foto SKCK yang benar berukuran 4×6 dengan bagian belakang berwarna merah, kemeja berkerah rapi dan tanpa aksesoris di bagian depan.

Sekian artikel berjudul Foto untuk SKCK: Ukuran, Warna Background, dan Lainnya, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!