5 Tips Menulis Surat Pengantar yang Luar Biasa

Ingin menulis surat pengantar yang bagus? Mari tunjukkan caranya.

Menulis surat lamaran adalah bagian penting dari proses lamaran kerja. Ini adalah hal pertama yang akan dibaca oleh calon pemberi kerja dan harus dibuat dengan hati-hati untuk memberikan kesan yang baik. Pada artikel ini, kita akan membahas lima tip untuk membantu Anda menulis surat pengantar yang luar biasa yang akan menonjol dari yang lain.

Kami akan membahas cara membuat pengantar yang menarik perhatian, cara menyesuaikan konten Anda untuk setiap lamaran pekerjaan, dan cara memasukkan keterampilan dan pengalaman yang relevan dalam surat Anda. Jadi, mari kita mulai.

Pentingnya Surat Pengantar yang Luar Biasa

1

Surat pengantar sangat penting untuk lamaran pekerjaan apa pun dan harus ditanggapi dengan serius. Ini adalah kesempatan Anda untuk menarik perhatian pemberi kerja dan menunjukkan dedikasi Anda pada proses lamaran kerja. Dua alasan di balik itu adalah:

  • Surat pengantar yang luar biasa dapat membedakan Anda dari pelamar lain, membuat Anda menonjol.
  • Sebuah surat lamaran yang dibuat dengan baik juga dapat memberikan wawasan tentang kepribadian Anda dan menonjolkan keterampilan yang mungkin tidak terlihat dalam resume Anda.

Menulis surat lamaran yang bagus membutuhkan pemikiran, usaha, dan kreativitas; itu harus disesuaikan dengan setiap aplikasi pekerjaan. Dengan demikian, meluangkan waktu untuk membuat surat pengantar yang luar biasa dapat membuat semua perbedaan diperhatikan oleh pemberi kerja dan mengamankan wawancara yang sukses.

5 Tips Menulis Surat Pengantar yang Luar Biasa

Sekarang, mari kita bicara tentang tip terbaik yang bisa Anda gunakan saat menulis surat lamaran. Mengikuti tip-tip ini memastikan bahwa surat lamaran Anda akan memberi kesan abadi pada calon pemberi kerja. Jadi, mari kita mulai.

1.   Personalisasi Surat (Dengan Contoh)

Salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk surat lamaran Anda adalah mempersonalisasikannya sesuai dengan pekerjaan. Menulis surat lamaran yang dipersonalisasi merupakan langkah penting dalam proses lamaran kerja. Ini adalah kesempatan Anda untuk membuat kesan pertama yang baik dan menunjukkan mengapa Anda adalah kandidat yang tepat untuk pekerjaan itu.

Jadi, saat menyusun surat lamaran Anda, inilah yang harus diingat:

  • Penting untuk berbicara dengan manajer pekerjaan secara langsung;
    2
  • Cari tahu tentang pemberi kerja/manajer perekrutan;
  • Meneliti perusahaan;
  • Dan beri tahu mereka mengapa Anda cocok untuk peran mereka.
    3

Langkah-langkah ini akan membantu Anda membuat surat pengantar yang menarik dan dipersonalisasi yang menonjol dari pelamar lainnya. Selain itu, ini akan menarik perhatian pemberi kerja, karena akan membantu mereka memilih Anda dari kandidat lain. Jadi, pastikan Anda menyesuaikan setiap surat lamaran sesuai dengan pekerjaan.

2.   Tambahkan Informasi Baru, Jangan Ulangi Resume Anda

Penting untuk dipahami bahwa surat lamaran adalah dokumen penting yang dapat membuat atau menghancurkan peluang Anda dalam suatu pekerjaan. Oleh karena itu, ini harus digunakan untuk menambah informasi baru dan menonjolkan keahlian dan pengalaman yang tidak ada dalam resume Anda.

Penting untuk membicarakan saat-saat ketika Anda menonjol dan mencapai sesuatu yang signifikan. Ini akan memberi pengusaha gambaran tentang tiga aspek penting dari kepribadian profesional Anda:

  • Orang seperti apa Anda;
  • Bagaimana Anda menangani situasi yang menantang;
  • Dan bagaimana Anda mengambil inisiatif.

Surat lamaran Anda juga harus menyertakan perincian tentang penghargaan atau prestasi apa pun yang telah Anda capai di masa lalu. Ini akan membantu pemberi kerja memahami mengapa mereka harus mempekerjakan Anda daripada kandidat lain—termasuk kecocokan Anda dengan pekerjaan itu

Jadi, mengapa ini penting? Dalam surat lamaran 300-400 kata, Anda perlu memastikannya menentukan detail. Itulah mengapa penting untuk membumbui surat lamaran Anda dengan informasi yang mungkin belum tentu ada di resume Anda. Ini berarti hal-hal seperti:

  • Pengalaman yang sesuai;
  • Hal-hal yang membantu Anda menonjol dalam pekerjaan sebelumnya;
  • Mengapa kualifikasi akademik atau sertifikasi Anda ideal untuk posisi ini, dll.

Jadi, coba tambahkan info baru ke surat lamaran Anda.

3.   Parafrase Aspek Kunci Resume Anda

Saat menulis surat lamaran, penting untuk memastikan bahwa Anda menekankan aspek kunci yang sama dari resume Anda yang ingin Anda soroti. Anda dapat melakukannya dengan memparafrasakan atau mengulang isi resume agar sesuai dengan konteks surat pengantar.

Namun, parafrase dengan benar itu penting. Jadi, bagaimana Anda melakukannya? Anda dapat mengambil bantuan parafrase berkualitas baik. Anda dapat mencoba alat seperti:

Kami merekomendasikan penggunaan alat parafrase ini karena dapat menghemat waktu dan memparafrasekan resume Anda dengan benar. Melakukan hal ini dapat menunjukkan kepada pemberi kerja seberapa lengkap dan berkualitas Anda untuk lowongan pekerjaan mereka.

Berikut adalah contoh bagaimana Anda dapat menggunakan alat parafrase untuk menyusun ulang detail penting dari resume Anda:

4

Gambar oleh Paraphraser.io

4.   Tempatkan Fokus Anda pada Pengalaman yang Relevan

Surat pengantar yang baik mengharuskan Anda untuk fokus pada pengalaman yang spesifik dan relevan. Kesempatan Anda untuk menunjukkan pengalaman dan keterampilan Anda yang relevan menjadikan Anda kandidat terbaik untuk pekerjaan itu. Jadi, saat menulis surat lamaran, penting untuk fokus pada pengalaman dan pencapaian yang relevan dengan pekerjaan.

Sorot keterampilan yang Anda miliki yang spesifik untuk posisi yang Anda lamar. Ini akan menunjukkan kepada calon pemberi kerja bahwa Anda cocok untuk peran tersebut. Dan lihat mengapa Anda akan menjadi aset bagi tim mereka. Misalnya, jika Anda mencoba mendapatkan pekerjaan akuntansi, tambahkan sesuatu seperti:

“Seperti yang disebutkan dalam resume saya, pada tahun 2016, saya bekerja di Baskin Robbins dan mengambil inisiatif merger. Jadi, pengalaman saya dengan merger akuntansi besar adalah mengapa saya pikir saya cocok untuk posisi ini di perusahaan Anda yang terhormat.”

Ini akan memungkinkan manajer perekrutan untuk memahami mengapa keahlian Anda relevan. Selain itu, ini akan menunjukkan kepada mereka bahwa Anda dapat melakukan tugas di luar apa yang tercantum di resume Anda.

5.   Ringkas Dan Sertakan Ringkasan Singkat Resume Anda

Penting untuk menyertakan ringkasan singkat resume Anda dalam surat lamaran yang menawan. Ini akan membantu memberi pembaca gambaran tentang kualifikasi dan pengalaman Anda yang relevan dengan posisi yang Anda lamar.

Saat itulah Anda dapat mengambil bantuan dari alat tulis lain, peringkas teks. Jadi, untuk itu, Anda dapat menggunakan yang berikut ini:

Sekali lagi, alat ini akan membantu Anda menghemat waktu. Dan dengan meringkas aspek kunci dari resume Anda dalam konteks surat lamaran, Anda dapat menekankan mengapa Anda adalah kandidat yang tepat untuk pekerjaan itu. Ini akan memungkinkan Anda menyesuaikan isi resume Anda dengan konteks surat lamaran Anda.

Kesimpulan

Dengan menggunakan tips ini, Anda dapat memastikan bahwa pemberi kerja memperhatikan kualifikasi Anda dengan berfokus pada pengalaman yang relevan dalam surat lamaran Anda. Selain itu, ini juga memungkinkan pemberi kerja untuk lebih memahami siapa Anda dan keterampilan serta pengalaman apa yang membuat Anda cocok untuk perusahaan mereka. Jadi, ikuti tips ini agar menonjol. Jika mau, Anda juga dapat melihat beberapa tips menulis surat lamaran lainnya di situs web kami.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!