Pekerjaan, Gaji dan Tugas Manajer Pemasaran

Bagaimana Pekerjaan, Gaji dan Tugas Manajer Pemasaran? Posisi sebagai manajer pemasaran atau marketing manager harus mampu mengembangkan berbagai strategi pemasaran untuk mencapai tujuan perusahaan.

Pekerjaan, Gaji dan Tugas Manajer Pemasaran

Di era modern ini, pemasaran tidak hanya bisa dilakukan secara offline tetapi juga menggunakan mekanisme online.

Manajer pemasaran bertanggung jawab untuk merencanakan, mengarahkan atau mengkoordinasikan peraturan dan program pemasaran, termasuk menentukan keinginan produk dan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan dan pesaingnya dan mengidentifikasi pelanggan potensial.

Seorang manajer pemasaran meningkatkan strategi penetapan harga ke arah optimalisasi keuntungan atau pangsa pasar perusahaan.

Dia menjamin kepuasan pelanggan perusahaan. Manajer pemasaran memantau perubahan produk atau mengamati tren yang menunjukkan kebutuhan akan produk dan layanan baru.

Tugas Manajer Pemasaran tentu sangat beragam karena posisinya yang merupakan pemegang kunci salah satu sumber pendapatan perusahaan.

A. Pengertian Manajer Pemasaran

Memasarkan suatu produk bukanlah suatu hal yang mudah, apalagi jika pesaingnya banyak.

Karena dibutuhkan seseorang yang pandai mengelola taktik pemasaran. manajer sebagai orang yang bertanggung jawab untuk area tertentu,

Dan pemasaran merupakan kegiatan konseptual yang dilakukan oleh suatu perusahaan untuk memenuhi permintaan pasar.

Ini tentang mengoptimalkan keuntungan melalui strategi pemasaran yang dapat diprediksi.

Jadi, manajer pemasaran adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk merencanakan strategi pemasaran untuk mengoptimalkan keuntungan perusahaan.

Dapat disebutkan jika manager pemasaran sebagai konseptor dan evaluator.

Dari pengertian diatas tentu sudah mengetahui kunci dari Tugas Manajer Pemasaran, jika belum mari kita simak penjelasan dibawah ini.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji, Fungsi dan Tugas Marketing

B. Tugas dan Tanggung Jawab Manajer Pemasaran

Pekerjaan, Gaji dan Tugas Manajer Pemasaran

Tugas Manajer pemasaran yaitu mengarahkan kegiatan pemasaran untuk mencapai tujuan bisnis. Pengetahuan pemasaran harus dihafal, termasuk taktik pemasaran.

Tanggung jawab seorang manajer pemasaran cukup berat karena harus mampu menghasilkan keuntungan bagi perusahaan.

Ini mencakup segala sesuatu yang berhubungan dengan promosi dan iklan. Selain itu, masih banyak tanggung jawab lain yang harus dipenuhi oleh manager Pemasaran, antara lain:

Tugas dan Tanggung Jawab Manager Pemasaran

Berikut adalah tanggung jawab dan juga tugas Manajer Pemasaran yang sering ada diperusahaan.

  • Tugas Manajer Pemasaran yang pertama yaitu mengidentifikasi, mengembangkan, atau mengevaluasi strategi pemasaran berdasarkan pengetahuan tentang tujuan pembentukan bisnis, karakteristik pasar, biaya, dan faktor pendorong harga.
  • Menggabungkan, mengarahkan, atau mengoordinasikan aktivitas atau peraturan pemasaran untuk mempromosikan produk atau layanan.
  • Bekerja dengan manajer iklan atau promo
  • Mengevaluasi faktor keuangan peningkatan produk, seperti: Anggaran, pengeluaran, penelitian dan pengembangan, laba atas investasi, dan perkiraan laba rugi
  • Meningkatkan strategi penetapan harga, menyeimbangkan tujuan bisnis, dan buat pelanggan tetap senang
  • Mengumpulkan daftar penawaran produk atau layanan
  • Mengkoordinasikan strategi pemasaran
  • Mengelola anggaran iklan
  • Pemantauan perkembangan perusahaan
  • Membuat strategi pemasaran baru dan terapkan di pasar
  • Membuat rencana data pemasaran dan mempertanggunghawabkan atas hasil pemasaran
  • Melakukan analisis, perbaikan dan evaluasi taktik pemasaran untuk meningkatkan pemasaran.
  • dan masih banyak Tugas Manajer Pemasaran lainnya.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji, Fungsi, Dan Tugas Digital Marketing

C. Gaji dan Tunjangan Manajer Pemasaran

Pekerjaan, Gaji dan Tugas Manajer Pemasaran

Seseorang yang pekerjaannya sebagai manajer pemasaran memikul banyak tanggung jawab apakah produk tersebut laku di pasaran atau tidak.

Bahkan, ada juga tujuan yang harus dipenuhi dan sangat terkait dengan pendapatan bulanan mereka.

Biasanya, seorang manajer pemasaran mendapatkan gaji sekitar Rp 4.000.000 hingga Rp 8.000.000 tidak termasuk tunjangan dan bonus.

Mencapai bonus berdasarkan persentase pendapatan perusahaan. Jadi semakin banyak produk yang Anda jual, semakin banyak bonus yang Anda dapatkan.

Gaji manajer pemasaran dan tunjangan diukur berdasarkan level. Untuk manajer pemasaran yang berpengalaman, gaji yang diterima setiap bulan mencapai Rp 20.000.000 hingga Rp 80.000.000.

Nilai nominal tersebut di luar tunjangan dan bonus perusahaan. Tentu saja nominal diatas sesuai dengan Tugas Manajer Pemasaran yang tentunya cukup berat.

Baca juga: Pekerjaan, Gaji dan Tugas Social Media Marketing

D. Persyaratan dan Kualifikasi Manajer Pemasaran

Pekerjaan, Gaji dan Tugas Manajer Pemasaran

Gaji seorang manajer pemasaran tidak mudah ditentukan dengan sesuatu yang mudah. Setiap orang yang memegang posisi ini harus memiliki kualifikasi terbaik.

Mulai dari sisi ilmu hingga kemampuan yang dimiliki, dengan informasi sebagai berikut:

1. Pendidikan dan Pengalaman

Untuk mengisi posisi manager pemasaran, seorang manajer harus memiliki pengetahuan yang beragam tentang pemasaran, layanan pelanggan, administrasi dan manajemen, dan bahasa Inggris yang baik.

Dengan demikian, lulusan baru dapat mempersiapkan diri untuk berkarir sebagai manajer pemasaran dengan ajaran di atas.

2. Kemampuan dan Skill

Pengalaman tidak bisa berbohong, manajer pemasaran dengan pengalaman terbaik dan keterampilan yang baik di bidang pengembangan diri, pemasaran, mau mendengar keluhan pelanggan, berfikir krisis, akan mendorong seseorang untuk menjadi manajer pemasaran terbaik di sebuah perusahaan.

Berikut adalah kemampuan dan skill yang akan mendukung Tugas Manajer Pemasaran, yaitu sebagai berikut:

a. Pengetahuan

  • Administrasi dan manajemen
  • Layanan pelanggan dan personal
  • Bahasa Inggris
  • Penjualan dan pemasaran

b. Kemampuan dan keterampilan

  • Jeli dan memiliki kemampuan analitis
    Kemampuan ini sangat dibutuhkan dalam menentukan target pasar yang tepat. Hal ini juga membantu untuk mengetahui keinginan pasar
  • Administrasi dan manajemen
    Pengetahuan tentang konsep bisnis dan manajerial termasuk perencanaan kunci, alokasi sumber daya, pemodelan SDM, teknik manajerial, sistem produksi dan koordinasi antara orang dan sumber daya
  • Layanan pelanggan dan individu
    Pengetahuan tentang konsep dan proses untuk memberikan layanan kepada pelanggan dan individu. Ini termasuk menilai kebutuhan pelanggan, memenuhi standar kualitas layanan dan mengevaluasi kepuasan pelanggan
  • Kemampuan digital marketing
    Termasuk Search Engine Optimization (SEO), Google Analytics, dan Media Sosial
  • Memiliki pengetahuan tentang pemasaran dan penjualan
    Memiliki pengetahuan tentang beberapa prinsip dan sistem untuk mempromosikan dan menjual produk atau layanan. Termasuk taktik dan strategi pemasaran, demo produk, teknik pemasaran, dan mekanisme kontrol pemasaran
  • Kemampuan dan keterampilan Manajer Marketing lainnya
    – Giat belajar
    – Mendengarkan secara aktif
    – Berpikir kritis
    – Pemahaman membaca
    – Kepekaan sosial
    – Penalaran deduktif
    – Penyusunan informasi
    – Pemahaman lisan
    – Ekspresi Lisan
    – Kejelasan Berbicara
    – Pemahaman tertulis
    – Ekspresi tertulis

c. Kepribadian Manajer Marketing

  • Kemampuan kerjasama tim
    karena Manajer Pemasaran tidak bekerja sendiri, tetapi juga harus berbicara dengan bagian lain seperti periklanan, pemasaran, riset pasar, bahkan produksi
  • Manajemen waktu dan Manajemen Stress
    Berurusan dengan tenggat waktu (deadline), mempunyai kemampuan manajemen stres yang baik. Sebagai seorang manajer pemasaran, Anda tentu sering dikejar oleh deadline atau target. Saat stres datang, jangan khawatir dan jangan sampai berubah menjadi depresi yang bisa merusak performa Anda. Manajemen depresi yang baik membantu Anda menstabilkan kinerja Anda
  • Mempunyai pemikiran analitis
    Penggunaan logika dan penalaran untuk mengidentifikasi kemampuan dan kekurangan, mencari solusi alternatif atau pendekatan terhadap masalah yang akan diatasi
  • Problem Solving
    Memahami masalah yang sulit dan mengetahui bagaimana menggunakan teknologi untuk menyelesaikannya
  • Berorientasi detail
    Perhatian yang kuat terhadap detail sebagai salah satu keterampilan yang harus dimiliki manajer pemasaran
  • Aktif belajar
    Memahami penerapan informasi baru sebagai dasar untuk mengambil keputusan dan memecahkan masalah saat ini atau masa depan

Baca juga: Pekerjaan, Gaji dan Tugas Koordinator Marketing

E. Panduan Lulus Wawancara Manajer Pemasaran

Pekerjaan, Gaji dan Tugas Manajer Pemasaran

Untuk mencapai posisi manajer pemasaran, setiap pihak yang berkepentingan harus mempersiapkan diri dengan baik untuk proses wawancara.

Jika Anda mengantisipasi pertanyaan yang berbeda-beda, Anda akan mendapatkan jawaban yang akurat.

  • Memahami tugas manajer pemasaran
  • Manfaat dan pentingnya strategi Pemasaran
  • Langkah-langkah untuk menangani strategi yang gagal
  • Apa proyek terbaik yang dikerjakan dan jelaskan berapa banyak yang telah dicapai
  • Siapa produk pesaing terdekat perusahaan dan bagaimana cara mengalahkannya?

Baca juga: Pekerjaan, Gaji dan Tugas Marketing Executive

Kesimpulan

Jumlah minimum produk yang dijual dipengaruhi oleh strategi pemasaran yang ditargetkan.

Tugas Manajer Pemasaran adalah mengevaluasi ide dan eksekusi pemasaran untuk memastikannya berjalan optimal.

Jika Anda ingin mengisi posisi ini, selalu peka terhadap perubahan zaman adalah kunci sukses sebagai manajer pemasaran.

Sekian artikel berjudul Pekerjaan, Gaji dan Tugas Manajer Pemasaran, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!