Bocoran Lolos Seleksi Test GTP di Cola Cola Amatil

Bocoran Lolos Seleksi Test GTP di Cola Cola Amatil (Graduated Trainee Program)? Graduate Trainee Program Coca Cola Amatil Indonesia atau biasa disingkat GTP CCAI.

Bocoran Lolos Seleksi Test GTP di Cola Cola Amatil

Untuk kali ini kami akan mengulas tentang seleksi tes dan tahapan program trainee Coca Cola Amatil (CCA) untuk bagian sales dan marketing. CCA adalah distributor produk minuman ringan perusahaan Coca Cola.

Seperti perusahaan lain Coca Cola juga memiliki perusahaan sendiri untuk mengelola distribusi produknya di Indonesia. Melalui program trainee, calon akan dipersiapkan untuk memimpin pengelolaan perusahaan CCA. Berikut Bocoran Lolos Seleksi Test GTP di Cola Cola Amatil:

A. Tahapan Seleksi Karyawan di Cola-Cola Amatil

1. Seleksi administrasi

Berbagai lowongan kerja CCA bisa Anda temukan di job fair yang diadakan di beberapa universitas terkemuka di Indonesia atau melalui website resmi CCA. Dengan persyaratan seperti:

  1. Lulusan S1 atau S2 dengan IPK minimal 3,00
  2. Lulusan baru atau pengalaman kerja maksimal 1 tahun
  3. Aktif dalam organisasi
  4. Keterampilan bahasa Inggris lisan dan tulisan
  5. Bersedia ditempatkan di seluruh Indonesia

2. Wawancara telepon

Dalam sesi ini sebenarnya hanya sesi wawancara biasa mengenai persiapan kami ke depan selama proses seleksi. Jangan heran jika nantinya Anda akan menerima panggilan wawancara melalui telepon dalam bahasa Inggris.

Lebih baik persiapkan bahasa Inggris Anda, karena sampai tahap terakhir Anda akan lebih banyak menggunakan bahasa Inggris.

3. LGD (Leaderless Group Discussion)

Bocoran Lolos Seleksi Test GTP di Cola Cola Amatil

Pada tahap ini Anda akan dibagi menjadi beberapa kelompok dan masing-masing kelompok terdiri dari 5 orang. Di sini Anda akan diberikan topik diskusi dengan kelompok Anda dan diberikan waktu untuk memberikan kesimpulan akhir untuk dipresentasikan kepada kelompok lain.

Tema yang dipilih biasanya adalah sistem prioritas dimana ada kasus Anda harus memilih mana yang akan diprioritaskan terlebih dahulu. Dan yang terpenting adalah penggunaan bahasa disini menggunakan bahasa Inggris.

Seluruh proses rekrutmen CCAI GTP menggunakan bahasa Inggris ya, jadi di LGD kamu juga harus menggunakan bahasa Inggris. Untuk CCAI GTP, ada 4 posisi yang ditawarkan yaitu Sales, HR, Finance, dan Supply Chain Management.

Tentu saja, kasus yang diberikan mencakup 4 bidang ini. Tapi kita bisa memilih bagaimana kita ingin fokus pada bidang mana, tidak ada batasan.

Saran saya, selama diskusi harus aktif karena asesor akan memantau kita selama berdiskusi. Usai pemaparan hasil diskusi, asesor segera mengumumkan siapa yang lolos ke tahap selanjutnya.

LGD ini dibagi menjadi 3 sesi. Setiap sesi ada 3 kelompok yang diujikan dan satu kelompok terdiri dari 8-9 orang. Setiap anggota diminta untuk memperkenalkan diri dan hanya diperbolehkan berkomunikasi dalam bahasa Inggris.

Kemudian kami diberikan selembar kertas flip-flop berisi kasus dan hanya diberi waktu 5 menit untuk membacanya dan langsung berdiskusi untuk menjawab 3 pertanyaan tersebut.

Setelah selesai kami diminta menunggu hasilnya sebentar sambil menunggu sesi selanjutnya.

Pada tahap ini, banyak yang langsung tersingkir. Yang lolos ini adalah orang yang bisa membawa topik diskusi ke level yang lebih seru karena tiba-tiba ada debat yang cukup seru di tengah-tengah. Maka orang yang bisa memberikan solusi terbaik tidak hanya terlihat banyak bicara.

Anda akan mendapatkan pengumumannya segera 15 menit setelah LGD ini selesai.

4. GAT (General Ability Test)

Ini seperti tahap psikotes dimana akan ada soal matematika dasar, tes kemampuan verbal dan tes kepribadian diri.

Tes ini adalah Tes Koran atau Kraepelin. Kamu pasti sudah familiar dengan tes semacam ini, bukan? Tip penting dari saya adalah Anda fokus melakukan tes ini karena Anda akan rugi jika kehilangan beberapa detik. Tidak lama setelah ujian langsung diumumkan siapa yang lolos tahap selanjutnya.

Baca juga: Latihan Psikotes Online dan Jawaban Gratis

5. Wawancara SDM

Masih menggunakan bahasa Inggris dan pertanyaan tentang kehidupan Anda sebelumnya, seperti bagaimana kehidupan kampus Anda, organisasi tempat Anda bergabung dan mungkin pengalaman kerja Anda sebelumnya.

Untuk wawancara ini, pertanyaannya masih seputar kepribadian Anda sendiri dan seberapa termotivasi Anda untuk menjadi karyawan CCA.

Sebelum wawancara, peserta yang lolos akan diminta mengerjakan kembali kasus seperti yang ada di LGD selama 12 menit. Namun kasus yang dilakukan harus sesuai dengan posisi yang kita cantumkan di awal.

Karena saya sudah mendaftar untuk posisi GT Sales, dalam tugas ini saya fokus membahas sales. Setelah itu, kami akan dipanggil satu per satu untuk wawancara dengan tim HR CCAI.

Selama wawancara ini, kami juga diminta untuk mempresentasikan tugas yang kami lakukan sebelumnya. Wawancara SDM ini juga menggunakan bahasa Inggris.

Usai wawancara, peserta akan diarahkan untuk pulang. Jika Anda lulus tahap ini, Anda akan menerima informasi dari tim HR CCAI melalui email.

6. Wawancara User

Anda akan diwawancarai langsung dengan manajer pemasaran. Dan masih menggunakan bahasa Inggris dalam percakapan wawancara. Pertanyaan tentang dunia penjualan dan pemasaran.

Bagi anda yang tidak mengambil jurusan manajemen atau terkait dengan marketing wajib belajar dulu, karena lawan bicara kami adalah orang lapangan yang sudah ahli di dunia sales dan marketing.

Di awal wawancara beliau menjelaskan bagaimana job description sebagai Sales GT, terkait kelebihan dan kekurangannya, dan kita bisa leluasa bertanya apa saja agar sebagai calon karyawan kita paham apa saja yang akan kita lakukan nanti.

Nah intinya wawancara pengguna ini tidak seseram yang saya bayangkan. Dua minggu setelah wawancara pengguna, saya mendapat telepon bahwa saya lulus wawancara pengguna dan akan diikuti oleh direktur.

Pertanyaan seperti, apa pendapat Anda tentang penjualan dan pemasaran? bagaimana cara meningkatkan penjualan produk terbaru dimana kompetitor sudah melakukannya lebih dulu? apa pendapat Anda tentang produk pesaing? Dll

7. MCU (Medical Check Up)

Saran kami jangan begadang sehari sebelum hari ujian, minum lebih banyak air, puasa 8 jam sebelum ujian, kurangi merokok jika Anda merokok dan perbanyak olahraga.

Anda akan diuji untuk MCU dasar seperti tes fisik, tes sampel darah dan urin, rontgen paru-paru.

8. Penawaran Kontrak

Pada tahap ini Anda akan mengetahui gaji dan fasilitas apa saja yang akan Anda dapatkan. Jangan lupa membawa ijazah asli dan transkrip asli saat membuat kontrak penawaran.

Berikut artikel mengenai Bocoran Lolos Seleksi Test GTP di Cola Cola Amatil, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!