1000+ Latihan Psikotes Online Gratis

Latihan Psikotes Online Gratis | Tes Psikologi atau lebih dikenal sebagai Psikotes adalah tes untuk mengukur aspek individu secara psikis.

Tes Psikologi Online dapat berbentuk tertulis, visual, atau evaluasi secara verbal yang teradministrasi untuk mengukur fungsi kognitif dan emosional. Tes dapat diaplikasikan kepada anak-anak maupun dewasa.

Tujuan Tes Psikologi digunakan untuk mengukur berbagai kemungkinan atas bermacam kemampuan secara mental dan apa-apa yang mendukungnya, termasuk prestasi dan kemampuan, kepribadian, intelegensi, atau bahkan fungsi neurologis.

Aplikasi psikotes online dapat dilakukan pada bermacam setting termasuk rekrutmen dalam perusahaan, mengetahui minat dan bakat anak / siswa, tujuan klinis, perkembangan anak, atau kustomisasi design dan modul dalam pelatihan / training.

Latihan Psikotes Online dan Jawaban Gratis

Para ahli dan pakar psikologi membuat psikotes adalah salah satu tujuannya untuk menggambarkan kepribadian dari seseorang.

Hal ini dikaitkan ketika seseorang mencari pekerjaan, maka diadakanlah psikotes online yang bisa dijadikan salah satu tolak ukur untuk menilai kemampuan tertentu dalam sebuah pekerjaan seperti ketelitian, kreativitas dan sejenisnya.

Tes psikologi sebagai teknik seleksi memiliki keunggulan tertentu dibandingkan metode seleksi karyawan lainnya.

Keuntungan utama adalah bahwa tes adalah sampel perilaku yang objektif dan standar yang cocok untuk evaluasi statistik. Secara umum, lebih mudah untuk menentukan nilai suatu tes daripada mengevaluasi berbagai seleksi lainnya seperti wawancara, surat rekomendasi, dll.

Dilansir dari berlatihsoal.id, Tes psikologi berguna dalam memilih orang dengan kemampuan, juga menemukan alasan kegagalan pekerjaan berdasarkan ciri-ciri kepribadian, dan bahkan menentukan kerentanan terhadap kesalahan. Keunggulan ini tidak ditemukan dalam metode seleksi lainnya.

Sehingga banyak perusahaan yang menggunakan psikotes online sebagai sarana seleksi ketika terjadi wabah Covid-19.

Mengenal Psikotes

Psikotes adalah tes yang bertujuan untuk menilai kemampuan seseorang dan memprediksikan bagaimana mereka akan beradaptasi dalam lingkungan kerja tertentu.

Tes ini sering digunakan saat proses rekrutmen dan seleksi karyawan untuk membantu perusahaan memilih kandidat yang sesuai dengan kebutuhan dan budaya perusahaan.

Psikotes mengukur berbagai aspek dari seseorang, termasuk kemampuan verbal, numerik, logika, dan spasial, serta kepribadian, motivasi, dan sikap.

Ada berbagai jenis tes psikotes, seperti tes kepribadian, tes minat, tes bakat, dan tes keterampilan. Tujuannya adalah membantu perusahaan memahami bagaimana kandidat akan berperilaku dan beradaptasi dalam pekerjaan tertentu.

Psikotes Online

Tes Psikotes Online sangat dibutuhkan seseorang yang akan mengikuti ujian psikotes baik untuk melamar pekerjaan maupun untuk keperluan lainnya seperti melanjutkan pendidikan, beasiswa ke luar negeri dan sebagainya.

Ujian psikotes berbeda dengan ujian pada umumnya dimana dalam ujian psikotes terdapat beberapa modul yang berbeda-beda tergantung dari tujuan dilaksanakannya ujian psikotes tersebut.

Seperti dikemukakan di atas bahwa modul ujian psikotes online ini dirancang menyesuaikan penyeleksi untuk mengetahui sejauh mana kemampuan seseorang yang diuji melalui psikotes.

Psikotes online Berikut ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menjalani tes menyelesaikan soal psikotes.

Berbagai latihan psikotes online gratis tersedia pada akhir artikel ini, baca dahulu penjelasan dengan baik lalu coba kerjakan latihan soal yang telah disediakan.

Jenis Jenis Psikotes Online

Latihan Psikotes Online dan Jawaban Gratis

Berikut ini macam – macam pertanyaan untuk mengasah kemampuan sebelum benar – benar diuji.

  1. Psikotes Online Antonim & Sinonim, dimana pada sesi ini akan mengajarkan kita dan mengasah ingatakan dalam mengingat berbagai lawan kata dan persamaan kata.
  2. Psikotes Online Aritmatik, yaitu tes matematika yang jawabannya berhubungan erat dengan perkalian, pembagian dan seterusnya.
  3. Psikotes Online Deret Angka, merupakan salah satu pertanyaan yang mampu mengecoh dalam mengerjakannya, pada sesi ini kita harus benar – benar serius dalam memberikan jawabannya yaitu berupa deret angka selanjutnya.
  4. Psikotes Online Koran, yaitu suatu tes dimana jawabannya merupakan bentuk susunan sesuai dengan permintaan. Ini merupakan tes yang harus benar – benar anda pahami cara pengerjaannya.
  5. Psikotes Online Logika Angka & Logika Formil, merupakan kumpulan pertanyaan logika, jika masalah logika kita sedikit rendah maka peluang memperbesarnya dengan latihan secara terus menerus.
  6. Psikotes Online Menggambar, untuk sesi ini merupakan tes yang jawabannya nanti menunjukkan karakter masing – masing dari kita semua.
  7. Psikotes Online Perdana Hubungan, merupakan butir – butir pertanyaan yang memberikan tantangan terbesar dimana semua jawabannya merupakan harus berhubungan atau berkaitan satu sama lain.
  8. Psikotes Online Wartegg, sama seperti tes gambar hanya saja, pada sesi ini gambar merupakan gambar yang belum terselesaikan.

Secara garis besar Psikotest dibedakan menurut jenis test kepribadian yaitu: Test kepribadian grafis adalah sebuah test yang menilai kepribadian seseorang berdasarkan gambar yang dibuatnya.

Test kepribadian grafis meliputi : Test Wartegg, Test DAP (Draw A Person), Test Baum Tree dan Test HTP (House Tree Person).

Tes kepribadian kuesioner adalah sebuah tes yang menilai kepribadian seseorang berdasarkan jawaban-jawaban yang dipilihnya terhadap sejumlah pertanyaan yang diajukan (kuesioner).

Tes kepribadian kuesioner meliputi : Tes Efektifitas Diri, Tes Enneagram, Tes EPPS, Tes MBTI, Tes Ketelitian, Tes MAPP, Tes Koran Pauli, Tes Skala Kematangan (TSK), Tes Kerjasama dan Tes Potensi Sukses.

Beberapa jenis Test dan tujuannya :

  1. Test Kepribadian Baum (Tree Test) bertujuan menilai karakter dan kepribadian seseorang dengan cara menganalisa gambar pohon yang dibuat oleh peserta tes
  2. Test Kepribadian DAP (Menggambar Orang) bertujuan menilai karakter dan kepribadian seseorang dengan cara menganalisa gambar orang yang dibuatoleh peserta test.
  3. Test Kepribadian Efektifitas Diri bertujuan mengetahui seberapa efektif (cepat&tepat) seseorang itu dalam melaksanakan tugas dan dalam menyelesaikan berbagai situasi sulit.
  4. Test Kepribadian Enneagram Personality bertujuan mengetahui tipe kepribadian seseorang yang dibagi menjadi 9 jenis tipe, dengan cara menyuguhkan sejumlah pertanyaan tertentu.
  5. Test Kepribadian EPPS bertujuan mengetahui tipe-tipe motivasi, kebutuhan dan kesukaan pribadi seseorang dengan cara menyuguhkan sejumlah pertanyaan tertentu
  6. Tes Kepribadian HTP (House Tree Person) bertujuan menilai karakter dan kepribadian seseorang dengan cara menganalisa gambar rumah, gambar pohon dan gambar orang yang dibuat oleh peserta test.
  7. Test Kepribadian MBTI bertujuan mengetahui tipe kepribadian seseorang dalam lingkungannya dengan menyuguhkan sejumlah pertanyaan tertentu.
  8. Test Kepribadian Ketelitian bertujuan mengukur tingkat kecermatan atau ketelitian seseorang dalam mengolah data yang berupa angka, kata, atau kombinasi keduanya.
  9. Test Kepribadian MAPP bertujuan mengukur pilihan kesukaan seseorang dalam berbagai hal terutama yang berkaitan erat dengan pekerjaan atau dunia kerja profesional.
  10. Tes Kepribadian Pauli Kraepplin bertujuan untuk mengukur karakter seseorang pada beberapa aspek tertentu, yaitu aspek keuletan (daya tahan), aspek kemauan atau kehendak individu, aspek emosi, aspek penyesuaian diri, dan aspek stabilitas diri dengan cara memintanya melakukan penghitungan angka-angka dalam deret yang panjang.
  11. Test Kepribadian Skala Kematangan bertujuan mengukur tingkat kedewasaan (kematangan sikap) seseorang dalam bertindak terhadap situasi tertentu.
  12. Test Kepribadian Teamwork Test atau test adalah tes yang bertujuan mengukur kemampuan seseorang untuk bekerja dalam sebuah tim yang solid untuk mencapai tujuan bersama.
  13. Tes Kepribadian Kecenderungan Sukses bertujuan mendeteksi kecenderungan seseorang untuk menjadi orang sukses berdasarkan faktor-faktor tertentu yang ada pada dirinya.
  14. Tes Kepribadian WARTEGG bertujuan untuk mengeksplorasi (meneliti karakter kepribadian seseorang) terutama dalam hal emosi, imajinasi, dinamisme, kontrol dan reality function, yang dimiliki oleh seseorang berdasarkan 8 macam gambar yang dibuatnya.

Tips Mudah Lulus Psikotes Online

Latihan Psikotes Online dan Jawaban Gratis

Sebelum saya memberikan contoh soal psikotes secara lengkap, saya akan memberikan sedikit tips untuk anda, agar bisa melewati soal-soal psikotes yang diberikan oleh petugas penguji.

  1. Sebelum mengikuti psikotes online anda harus cukup istirahat. Jangan tidur terlalu larut malam. Sempatkan diri anda untuk mengkonsumsi makanan sebelum mengikuti psikotes. Soalnya konsentrasi anda akan terganggu jika saat mengerjakan soal psikotes perut anda keroncongan. Pokoknya anda harus sehat secara fisik dan mental agar anda ‘siap tempur’.
  2. Sebagai bekal mengikuti psikotes, latih otak anda dengan membaca-baca buku tentang contoh soal psikotes. Pelajari teknik mengerjakannya dengan baik. Bisa juga anda tanyakan ke teman anda yang pernah mengikuti psikotes.
  3. Dengarkan instruksi atau perintah mengerjakan soal dengan seksama. Perhatikan juga contoh-contoh soal psikotes online yang diberikan. Jangan sekalipun mengabaikan instruksi, karena cara anda menjawab soal tergantung instruksi yang diberikan. Misalnya untuk soal menggambar, biasanya anda dilarang menggambar pohon kelapa dan pohon beringin. Maka turutilah instruksi tersebut.
  4. Jangan lupa, tuliskan nama anda dengan jelas di atas kertas jawaban. Biasanya disertai dengan tanggal dan nomor peserta. Karena ada juga loh yang lupa menuliskan nama saking semangatnya mengerjakan soal. Sekali anda lupa maka gugurlah anda.
  5. Perhatikan jatah waktu yang diberikan untuk menyelesaikan soal psikotes. Jangan sampai anda terlambat mengerjakan dan menyelesaikan jawaban. Usahakan agar semua soal psikotes online terjawab hingga waktu yang diberikan habis.
  6. Jika anda telah menyelesaikan jawaban, sementara waktu untuk mengerjakan masih tersisa, manfaatkan waktu anda untuk mengkoreksi jawaban anda. Pastikan bahwa jawaban yang anda berikan adalah jawaban yang paling tepat.

Cara Mengerjakan Soal Psikotes Online

Tidak ada yang bisa menggantikan keterampilan belajar yang sangat baik karena mereka akan membantu meningkatkan kinerja Anda pada tes psikologi.

Soal-soal psikotes online bisa Anda cari di Loker Pintar dan pelajari dulu sebelum mengerjakan psikotes. Berikut adalah banyak pedoman untuk dipertimbangkan ketika menjawab soal psikotes online:

1. Mulailah melihat soal tes psikologi online

Setelah Anda mendapatkan soal, luangkan waktu setidaknya beberapa saat untuk meninjaunya. Ada berapa pertanyaan? Dan jenis pertanyaan apa yang ada?

Beberapa soal tes psikologi biasanya terdiri dari kombinasi berbagai jenis pertanyaan. Misalnya, tes dapat berisi pertanyaan pilihan ganda, soal benar-salah, dan pertanyaan esai.

Ketika Anda memahami pola soal, Anda dapat menjawab soal psikotes online dengan lebih baik dan juga bagaimana mengatur waktu Anda.

2. Kecepatan sendiri

Sebagian besar tes psikologi online memiliki persyaratan waktu, jadi penting untuk menjawab pertanyaan secepat mungkin untuk menyelesaikan ujian sepenuhnya.

Mulailah dengan menentukan berapa banyak waktu yang Anda miliki untuk setiap pertanyaan. Biasanya, Anda harus memberikan waktu sekitar 30 hingga 60 detik untuk pertanyaan pilihan ganda, tergantung pada berapa banyak waktu yang Anda miliki untuk mengerjakan soal psikotes.

3. Tidak bisa melompat soal

Cobalah untuk melakukan psikotes online yang sama sesuai dengan posisi pertanyaan yang diajukan.

Jika Anda kesulitan menjawab pertanyaan tertentu, letakkan tanda yang jelas di sebelahnya, lalu lanjutkan ke pertanyaan berikutnya.

Setelah Anda menyelesaikan setiap bagian soal psikotes, Anda dapat dengan cepat kembali ke pertanyaan sebelumnya dan mencoba jawaban Anda.

4. Gunakan proses eliminasi

Biasanya beberapa pertanyaan pilihan ganda adalah yang paling mudah, tetapi jangan biarkan itu membuat Anda terlalu optimis.

Beberapa dari pertanyaan ini mungkin menjadi lebih sulit saat Anda mempelajari ujian lebih lanjut, dan kemudian Anda harus mulai menggunakan taktik yang dikenal sebagai proses eliminasi.

Jika Anda menemukan pertanyaan yang Anda tidak tahu jawabannya, bacalah dengan cermat untuk setiap kemungkinan jawaban. Kemudian hilangkan pilihan jawaban yang paling tidak logis.

Bahkan jika Anda benar-benar bingung dengan pertanyaan itu, gunakan akal sehat dan pengetahuan Anda sebelumnya tentang soal psikotes online untuk menentukan kemungkinan jawaban yang benar.

Perhatikan bahwa beberapa tes pilihan ganda melibatkan lebih dari satu jawaban yang benar secara teknis. Tugas Anda adalah memilih jawaban “paling benar” dari semua kemungkinan jawaban.

5. Bacalah setiap pertanyaan dengan seksama

Membaca setiap pertanyaan dengan cermat adalah taktik menjawab soal psikotes online yang paling penting yang dapat Anda gunakan pada tes psikologis apa pun.

Jika Anda mulai membaca pertanyaannya, Anda mungkin akan menemukan jawabannya bahkan sebelum Anda selesai membacanya.

Jika Anda menulis jawaban sebelum benar-benar membaca pertanyaan, Anda mungkin melewatkan informasi penting atau bahkan memberikan jawaban yang salah.

Bagaimana Psikotes Online Bekerja?

Psikotes online adalah versi dari tes psikotes yang dilakukan melalui internet. Proses kerjanya sangat mirip dengan tes psikotes tradisional, tetapi dilakukan melalui platform online.

Tes ini biasanya menggunakan pertanyaan tertulis dan instruksi yang harus diikuti oleh calon peserta tes. Setelah menyelesaikan tes, hasilnya akan dianalisis dan diterjemahkan ke dalam laporan yang menunjukkan kemampuan dan potensi peserta.

Dalam tes psikotes online, calon peserta tes harus memiliki akses internet dan perangkat yang cocok, seperti komputer atau ponsel, untuk mengikuti tes.

Mereka harus mengikuti instruksi yang diberikan dan menjawab pertanyaan dengan sebenar-benarnya. Setelah tes selesai, hasilnya akan dianalisis oleh algoritme atau psikolog profesional untuk menentukan kemampuan dan potensi peserta.

Beberapa keuntungan dari tes psikotes online adalah lebih efisien dalam hal waktu dan biaya, lebih mudah diakses, dan dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Namun, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan, seperti kehandalan hasil tes dan privasi data peserta. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk memilih platform yang terpercaya dan memenuhi standar keamanan dan privasi yang tinggi.

Tes Psikologi Online dalam Rekrutmen

Tes psikologi online yang sering digunakan dalam rekrutmen tentunya merupakan tes yang dapat memperhitungkan aspek-aspek di atas. Tes berupa pertanyaan atau kotak yang meminta calon untuk melihat diri sendiri (laporan diri) disebut tes objektif.

Contoh tes objektif yang biasa ditemukan dalam rekrutmen adalah Big Five atau OCEAN, yang dapat memberikan gambaran kepribadian kandidat dalam lima ciri.

Selain tes objektif, ada tes stimulan masalah, kemudian calon diminta untuk menanggapi stimulan. Jenis tes ini disebut tes proyektif. Misalnya, kandidat diminta menggambar manusia (Menggambar Tes Individu) atau menyelesaikan gambar dari garis atau titik yang ada (Tes Waitegg). Tes ini jarang digunakan dalam kerangka rekrutmen online dan memerlukan interpretasi oleh psikiater.

Tes psikotes online berikut ini biasa digunakan dalam rekrutmen.

1. Tes Kemampuan Kognitif (Cognitive ability test)

Tes bakat, sering disebut sebagai tes kekuatan kognitif, digunakan untuk menghitung kekuatan kognitif seseorang dalam kaitannya dengan kerangka tugas.

Beberapa kemampuan kognitif yang biasa terlihat untuk tugas-tugas adalah kemampuan untuk berpikir dan menganalisis, kemampuan untuk memahami dan memperhatikan detail, dan kemampuan untuk mengingat dan menerapkan pengetahuan yang telah dipelajari sebelumnya.

Biasanya Psikotes Online berbentuk pilihan ganda dimana kandidat dapat memilih salah satu jawaban yang benar.

Contoh tes kemampuan kognitif yang biasa digunakan dalam kerangka pemilihan pekerjaan meliputi kekuatan numerik, kekuatan logika induktif, penalaran deduktif, dan kekuatan spasial.

2. Tes Potensi (Competency Test)

Melalui tes atau penilaian kekuatan, profesional SDM dapat menghitung kekuatan (keterampilan) dan pengetahuan kandidat dalam kaitannya dengan tugas. Kekuatan dan keterampilan ini tercermin dalam sikap yang sesuai dengan keterampilan pekerjaan.

Setiap penyedia penilaian atau tes psikologis mungkin menyertakan tes potensi yang berbeda. Misalnya, beberapa tes potensi khusus hanya mencakup keterampilan lunak seperti kepemimpinan, kerja tim, dan keterampilan komunikasi.

Namun ada juga yang menghitung status ini dengan pengetahuan yang detail, misalnya pengetahuan administrasi bisnis atau literatur keuangan.

3. Tes Kepribadian (Personality Test)

Salah satu tes psikologi online yang sering digunakan para aktivis HR untuk melakukan seleksi adalah tes kepribadian. Tes ini dirancang untuk menguji bagaimana seseorang cenderung bereaksi dan berperilaku, baik dalam kehidupan sehari-hari atau dalam pengaturan tertentu.

Meskipun beberapa orang sering melihat bahwa ada jawaban yang “benar” dalam tes kepribadian karir, pada dasarnya tidak ada jawaban yang benar atau salah dalam tes kepribadian. Kesesuaian kepribadian seseorang untuk suatu tugas tergantung pada karakter tugas itu.

Misalnya, faktor kepribadian keterbukaan terhadap pengalaman atau transparansi terhadap pengalaman baru mutlak diperlukan dalam beberapa profesi inovatif seperti pembuat konten dan videografer, tetapi tidak begitu penting di beberapa posisi dengan tugas tetap seperti akuntan.

Tes kepribadian juga dapat menguji soft skill atau kemampuan kandidat. Kecenderungan seseorang untuk berbicara dan bersosialisasi, pandangan seseorang terhadap pekerjaannya, dan sifat kepribadian seseorang adalah beberapa faktor yang dapat berdampak pada soft skill seseorang.

4. Tes Motivasi dan Nilai Kerja (Work Values Test)

Jenis tes psikologi lainnya yang juga sangat penting untuk melihat kandidat adalah tes motivasi dan nilai kerja. Sama halnya dengan tes kepribadian, tes ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang nilai dan keyakinan seseorang sebagai konsep kerja.

Konsep ini memberikan dorongan dan motivasi untuk bekerja, sehingga dapat membantu para pegiat SDM menghubungkan nilai-nilai kandidat dengan yang ada di organisasi.

Nilai-nilai ini, bersama dengan bakat dan minat mereka, menentukan apakah kandidat termotivasi untuk pekerjaan yang ingin mereka lakukan.

Berbeda dengan tes kepribadian pilihan ganda, tes motivasi dan nilai kerja biasanya berbentuk beberapa pengakuan, di mana kandidat diminta untuk melihat pengakuan yang paling relevan dan penting bagi mereka.

Contoh Psikotes Online

Disini kami telah membuat berbagai contoh soal psikotes lengkap dengan jawabannya, tentu saja contoh soal psikotes online ini bermanfaat untuk mengetahui tipe-tipe soal psikotes yang biasanya ada.

Terdapat lebih dari 100 contoh soal psikotes yang bisa anda pelajari. Untuk contoh soal psikotes bisa dilihat di >> 100+ Contoh Soal Psikotes dan Jawaban

Soal Tes Psikotes Online Gratis




Latihan Psikotes Antonim (Lawan Kata)

Latihan Psikotes Sinonim (Persamaan Kata)

Latihan Psikotes Antonim Sinonim (Persamaan dan Lawan Kata)




Latihan Psikotes Analogi

Latihan Psikotes Analitik

Latihan Psikotes Verbal

Latihan Psikotes Hitung Cepat

Latihan Psikotes Teknikal



Latihan Psikotes Ketelitian




Latihan Psikotes Logika

Latihan Psikotes Kuantitatif

Latihan Psikotes Hafalan

Latihan Psikotes Pengetahuan Umum

Latihan Psikotes Kecerdasan



Latihan Psikotes Gambar




Latihan Psikotes Pauli dan Kraepelin

Coming Soon…

Anda dapat mencoba berbagai soal psikotes matematika di >> Tes Matematika Dasar

Berbagai macam latihan test TOEFL Online >> Latihan Test TOEFL Online dan Jawaban Gratis

Anda dapat mencari tau jawaban psikotes menggambar di >> Jawaban Psikotes Gambar Orang, Pohon dan Rumah Cara Lengkap Lulus
Anda dapat mempelajari psikotes wartegg di >> Cara Lulus Mengerjakan Tes Wartegg dengan Baik dan Benar

Soal-soal psikotes online gratis diatas akan terus diupdate, anda dapat menggunakannya untuk latihan psikotes masuk kerja, latihan psikotes CPNS, latihan psikotes BANK, dan masih banyak lagi.

Sekian artikel berjudul 1000+ Latihan Psikotes Online Gratis, semoga bermanfaat.

Apakah psikotes online diawasi?

Meski peserta mengikuti tes psikologi secara online, artinya pengawas tidak bisa mengawasi secara langsung, perusahaan tidak perlu khawatir. Pasalnya, pegwas dapat terus memantau selama menjalani psikotes menggunakan webcam.

Bagaimana pelaksanaan psikotes online?

Pelaksanaan psikotes online tidak jauh berbeda dengan sistem tatap muka. Mekanismenya, peserta psikotes akan diberikan jadwal pelaksanaan psikotes. Pada waktu yang ditentukan, peserta dapat langsung mengakses website yang telah diinformasikan sebelumnya.

Apakah psikotes online bisa menggunakan HP?

Tes psikologi online dapat diakses melalui smartphone atau komputer (PC/Laptop). Untuk versi smartphone sendiri biasanya berbentuk aplikasi. Sedangkan tes psikologi online di komputer sendiri menggunakan aplikasi media berbasis web atau software khusus.

error: Content is protected !!