Tryout dan Latihan Contoh Soal CPNS TWK, TKP dan TIU (Kunci Jawaban) 2021

Tryout dan Latihan Contoh Soal CPNS TWK, TKP dan TIU Online (Kunci Jawaban) 2021 Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) digelar pada April lalu. Ada tiga jenis tes yang akan diujikan kepada pelamar, yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Melalui laman resmi dari SSCN BKN pemerintah mengumumkan jadwal pelaksanaan tes seleksi CPNS 2021. Bila sesuai target maka pendaftaran mulai dibuka pada bulan April 2021.

Dalam waktu singkat ini anda perlu mempersiapkan banyak hal untuk mengikuti rangkaian seleksinya. Oleh karena itu, calon peserta harus mengenal tes SKD dan SKB CPNS 2021, seperti apa? Simak ulasan berikut.

A. Kenali Dulu Tahapan Seleksi CPNS 2021

Tryout dan Latihan Contoh Soal CPNS TWK, TKP dan TIU (Kunci Jawaban) 2021

Menjadi seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) merupakan impian sebagian besar masyarakat Indonesia. Jaminan masa depan yang menjanjikan adalah alasan mengapa pekerjaan ini sangat diburu.

Terbukti setiap kali penyelenggaraan tes CPNS jumlah pendaftar selalu membludak. Bahkan pihak penyelenggara sampai membagi jadwal tes dalam beberapa sesi.

Pada tahun 2021 pemerintah kembali mengadakan tes seleksi CPNS, yang jadwal pendaftarannya dibuka bulan April 2021. Ada rangkaian seleksi yang perlu dilalui oleh calon peserta dan durasinya sedikit panjang.

Mulanya pelamar harus melakukan registrasi online di website resmi milik SSCN BKN. Hal ini diperlukan untuk tahap seleksi administrasi berdasarkan kelengkapan berkas.

Ketika registrasi online anda akan diminta untuk membuat akun pribadi. Kemudian diminta mengunggah dokumen sesuai dengan syarat yang telah ditetapkan.

Tahapan seleksi administrasi ini sangat penting, jika ada berkas yang kurang atau syarat tidak terpenuhi dianggap gugur. Oleh sebab itu, pahami dengan baik apa saja syarat dokumen yang dibutuhkan.

Jika lolos dalam penyaringan administrasi, maka pelamar lanjut ke tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Persaingan pada tahapan kedua ini cukup ketat, apalagi bila formasi yang dipilih merupakan formasi favorit.

Untuk lolos tes SKD ada standar skor nilai yang harus dipenuhi oleh pelamar CPNS. Barulah mendapatkan tiket untuk maju ke penilaian berikutnya.

Setelah menjalani tes SKD dan lolos, maka calon peserta boleh mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Ujian SKB merupakan tes terakhir untuk menentukan kelulusan akhir calon peserta.

Setelah melampaui tes SKD dan SKB barulah panitian mengadakan integrasi nilai. Ada bobot nilai tersendiri yang sudah ditetapkan dan menjadi bahan pertimbangan, latihan soal juga diperlukan agar anda terbiasa.

B. Jenis Materi Untuk Tes SKD CPNS 2021

Meskipun belum ada pengumuman resmi dari BKN terkait materi SKD yang diujikan, tapi anda bisa berpatokan pada tes SKD CPNS periode sebelumnya.

Perubahan mungkin saja terjadi namun kemungkinan tidak terlalu banyak pembaruan. Anda bisa menjadikan materi SKD pada penyelenggaraan CPNS lalu sebagai acuan untuk berlatih soal-soal mulai sekarang.

Banyak calon peserta yang belum paham dan mengenal tes SKD dan SKB CPNS 2021, seperti apa? Ujian SKD sendiri menguji kemampuan dan karakteristik calon peserta berupa pengetahuan, keterampilan, dan perilaku. Ada baiknya sebelum Tryout dan Latihan Contoh Soal CPNS TWK TKP dan TIU anda perlu mengetahui materi SKD apa yang akan diujikan nantinya, simak penjabarannya berikut ini:

1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

TWK (Tes Wawasan Kebangsaan) merupakan salah satu materi wajib yang wajib dipelajari untuk mengikuti seleksi atau tes di sekolah resmi. Ada banyak sekali jenis sekolah resmi / perguruan tinggi kedinasan (PTK) di Indonesia.

Salah satu alasan mengapa seseorang mencari contoh soal resmi TWK secara online adalah karena biayanya. Memang saat ini sudah banyak buku bahan tes sekolah resmi yang dijual secara online. Namun mungkin sebagian dari Anda masih terkendala oleh biaya. Tapi Anda tetap bisa belajar, soal tes sekolah resmi yang akan kami bagikan secara gratis.

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan dan wawasan peserta terhadap Kebangsaan, Pancasila, Hukum, Kebhinekaan, dan Hal-hal yang berkaitan dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) merupakan bagian dari Tes Kompetensi Dasar (TKD) yang sering dianggap paling sulit karena biasanya banyak peserta seleksi penerimaan CPNS yang gagal meraih nilai yang memenuhi standar kelulusan minimal.

Soal-soal dalam simulasi online TWK CPNS di bawah ini mencakup topik-topik yang sering keluar pada setiap ujian CPNS seperti di atas. Setiap soal diambil secara acak dari ratusan bank soal yang selalu update secara berkala.

Dengan demikian pemahaman dan pemahaman Anda tentang jenis-jenis soal tes CPNS akan lebih menyeluruh dan lebih percaya diri dalam menghadapi tes CPNS yang sesungguhnya.

Ada beberapa poin penting materi yang akan sering dimasukkan dalam TWK ini:

  1. Pancasila, materi ini berkaitan dengan ideologi negara Indonesia
  2. Undang-undang 194, materi ini terkait dengan hukum tertulis di Indonesia, kedudukan, hingga fungsi UUD 1945 itu sendiri.
  3. Negara Kesatuan Republik Indonesia, dalam materi yang berkaitan dengan sistem ketatanegaraan Indonesia, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Serta sejarah perjuangan bangsa Indonesia, peran bangsa Indonesia di kancah regional dan global, serta kemampuan peserta didik berbahasa Indonesia dengan baik dan benar.

Dalam soal pelayanan, tidak hanya tentang TWK. Nah, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan, agar Anda bisa menjawab pertanyaan TWK ini dengan baik.

Tipsnya adalah membaca soal TWK dengan cepat, dan jika masih ragu-ragu untuk menjawab pertanyaannya silahkan lewati dulu. Dan jika Anda merasa yakin akan salah satu jawabannya, tandai saja di atas kertas.

Untuk bisa mendapatkan hasil yang memuaskan tentunya dibutuhkan banyak pembelajaran dan latihan soal. Calon pelamar dapat menjajal berbagai soal latihan untuk mengasah kepekaannya terhadap berbagai jenis soal TWB, TIU dan TKP.

TWK terdiri dari 30 soal dengan nilai kelulusan 65. Syarat nilai TWK jawaban benar 5 dan jawaban salah 0

TWK memiliki bobot soal berjumlah 35 dengan kriteria penilaian sesuai dengan standar kelulusan. Pelamar akan diuji mengenai wawasan pengetahuan dan kemampuan implementasi 4 Pilar Kebangsaan Indonesia.

Diantaranya NKRI, UUD 1945, Pancasila, dan Bhinneka Tunggal Ika. Disini NKRI mencakup sistem tata negara, sejarah perjuangan, hingga kecakapan berbahasa Indonesia.

2. Tes Intelegensi Umum (TIU)

TIU terdiri dari 30 soal yang menilai kemampuan verbal para pelamar CPNS 2021. Di tes ini anda akan diuji kemampuan menyampaikan informasi secara lisan dan tulis.

Lalu numerik berkaitan dengan perhitungan angka dan melihat hubungan angka. Berpikir logis tentang penalaran secara runtut dan sistematis. Terakhir berpikir analitis dalam mengurai permasalahan.

Tes Inteligensi Umum ialah tes yang bertujuan untuk mengukur kemampuan seseorang dalam bidang akademik umum. Tes ini juga sering diidentikkan dengan tes kecerdasan seseorang.

Saat ini Tes Inteligensi Umum (TIU) digunakan sebagai salah satu tes standar penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi tingkat sarjana, pascasarjana dan doktoral.

Selain itu, TIU juga banyak digunakan sebagai tes standar untuk penyaringan calon pegawai negeri sipil (CPNS), serta pegawai swasta. Bahkan promosi ke pangkat manajerial sering kali membutuhkan tes TIU dengan skor minimum tertentu.

Karena pentingnya tes TIU, sudah sepantasnya Anda mempersiapkan dengan matang sebelum menghadapi tes ini.

Bimbingan belajar ini merupakan pedoman yang berisi soal standar TWK, TKP, dan TIU meliputi tes verbal, tes logika, tes numerik, dan tes spasial yang Insya Allah dapat membantu Anda mempersiapkan tes.

Dengan mempelajari bentuk dan gaya soal tes TIU diharapkan Anda semakin mengenal gaya soal, dan lebih mengenal bentuk soal yang ada, sehingga dapat meningkatkan kecerdikan dan ketajaman. analisis Anda dalam mengerjakan pertanyaan TIU. kemudian.

Dengan begitu, nantinya diharapkan bisa mencapai skor TIU yang optimal. Selain itu, pengalaman menunjukkan bahwa mereka yang bersedia membiasakan diri dan sering berlatih dengan pertanyaan TIU umumnya mendapat skor lebih tinggi dari sebelumnya.

Tes Intelegensi Umum, merupakan subtes yang menguji kemampuan kecerdasan peserta didik, soal berupa perhitungan matematis, logika, dll.

TIU terdiri dari 35 soal dengan nilai kelulusan 80. Syarat skor TIU adalah jawaban yang benar adalah 5 dan jawaban yang salah adalah 0

3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Ada 35 soal TKP yang dujikan dalam CPNS 2021 dengan menilai integritas diri, semangat prestasi, kreativitas dan inovasi para pelamar.

Calon peserta juga diuji perihal orientasi pelayanan, kemampuan adaptasi, cara mengendalikan diri, serta bekerja mandiri dan cekatan. Selain itu juga dinilai kemauan belajar, bekerja sama, dan keahlian mengkoordinir orang lain.

Dalam mengerjakan soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP), prinsip yang perlu diketahui adalah dalam tes TKP ini tidak ada pilihan / jawaban yang salah, artinya semua pilihan/jawaban yang tersedia semuanya benar.

Namun tingkat kebenaran untuk setiap opsi dibagi menjadi 5 poin dan poin tertinggi sendiri adalah 5 dengan poin terendah 1.

C. Informasi Baru Terkait Tes SKD CPNS 2021

Tryout dan Latihan Contoh Soal CPNS TWK, TKP dan TIU (Kunci Jawaban) 2021

Pada seleksi CPNS 2021, pihak penyelenggara akan mengujikan 90 soal pilihan ganda. Waktu pengerjaan tes SKD cukup terbatas hanya sekitar 90 menit.

Artinya peserta mempunyai waktu kurang dari 1 menit untuk mengerjakan satu soal. Kabar gembiranya di periode ini ujian SKD CPNS diselenggarakan dengan metode Computer Assisted Test (CAT).

Melalui CAT peserta akan mengerjakan soal SKD menggunakan komputer. Tentunya dengan timer pada setiap lembar soal agar peserta bisa langsung ke soal berikutnya.

Tenang saja anda masih dapat kembali ke soal sebelumnya yang belum terjawab. Penggunaan CAT ini memungkinkan peserta langsung mendapatkan hasil atau skor nilai setelah selesai mengerjakan.

D. Mekanisme Penilaian Tes SKD

Cara penilaian soal TIU, TWK, dan TKP pada tes SKD CPNS tidak sama. TWK memiliki bobot nilai 5 jika menjawab benar, dan 0 bila salah atau tidak menjawab.

Aturan penilaian TIU hampir sama seperti TWK. Sedangkan TKP mempunyai nilai terendah 1 dan nilai tertinggi 5, jika tak menjawab 0. Nilai kumulatif maksimal 500 dengan TWK: 150, TIU: 175, dan TKP: 175 sebagai syarat lulus. karena itulah pentingnya Tryout dan Latihan Contoh Soal CPNS TWK TKP dan TIU.

E. Jenis Tes SKB CPNS 2021

Tryout dan Latihan Contoh Soal CPNS TWK, TKP dan TIU (Kunci Jawaban) 2021

Jika peserta dinyatakan lolos seleksi SKD, artinya bisa berlanjut ke seleksi SKB. Materi pada tes SKB merujuk pada formasi yang dipilih oleh peserta.

Tidak banyak jumlah peserta yang mengikuti tes SKB, tapi disinilah persaingan yang sesungguhnya. Hal ini karena presentase nilai ujian seleksi SKB lebih tinggi dibandingkan SKD. Jadi perlu persiapan yang lebih mantap dalam tahapan ini.

Perlu anda tahu bahwa tes SKB dilaksanakan untuk mencari tahu sejauh mana kompetensi pelamar CPNS, terkait dengan bidang atau formasi yang dipilih.

Pihak penilai memiliki standar kompetensi tersendiri yang diperlukan suatu jabatan. Tugas anda ialah perlu mempersiapkan diri sejak awal untuk memberikan kesan terbaik dan cakap menjabarkan diri.

Materi SKB dibedakan menjadi materi untuk Jabatan Fungsional dan materi Jabatan Pelaksana. Soal SKB Jabatan Fungsional disusun oleh instansi Pembina jabatan fungsional.

Proses pemberian soal dengan sistem CAT begitu pula dengan cara menjawabnya. Sedangkan materi SKB Jabatan Pelaksana cenderung bersifat teknis dan masih serumpun dengan soal SKB jabatan fungsional.

Untuk tes SKB di instansi pusat mempunyai beberapa rangkaian tes. Selain CAT, peserta menjalani Tes Potensi Akademik (TPA).

Kemudian mengikuti tes praktik kerja langsung, tes bahasa asing, tes fisik, psikotes, tes kesehatan jiwa, dan wawancara. Tidak semua tes diujikan, biasanya pihak penyelanggara mengambil minimal dua jenis tes.

Bisa dibilang tes SKB sejenis tes kepribadian dimana penilai akan mengamati sifat dan karakter anda. Dalam seleksi ini peserta akan diuji bagaimana cara mengontrol emosi, bekerja sama dengan orang lain, hingga menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan tepat.

Menjelang seleksi CPNS 2021 tentu banyak hal yang perlu dipersiapkan, khususnya bagi anda yang bercita-cita menjadi ASN. Tidak mudah tugas negara yang diberikan pada anda, itulah mengapa pemerintah menyeleksi peserta dengan hati-hati. Sebagai calon peserta, tugas anda hanya mempersiapkan mental, fisik, dan wawasan luas.

Sistem tes menggunakan komputer memungkinkan peserta tes untuk mengetahui nilainya dengan segera. Jadi, jika Anda mengikuti ujian CPNS, Anda dapat memperkirakan kelulusan Anda untuk tahap selanjutnya.

Asumsi soal seleksi CPNS cukup sulit akan dirasakan peserta yang kurang pelatihan atau belum pernah menemui soal serupa. Namun hal tersebut dapat diantisipasi dengan memperbanyak latihan soal CPNS dan pembahasannya.

Semakin Anda terbiasa, semakin mudah Anda menemukannya ketika menghadapi masalah serupa. Berikut adalah contoh kumpulan soal CPNS beserta jawabannya.

F. Tryout dan Latihan Contoh Soal CPNS TWK, TKP dan TIU

1. Contoh Soal  CPNS Online Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

2. Contoh Soal CPNS Online Tes Intelegensi Umum (TIU)

Latihan Soal CPNS TIU Antonim (Lawan Kata)

Latihan Soal CPNS TIU Sinonim (Persamaan Kata)

Latihan Soal CPNS TIU Antonim Sinonim (Persamaan dan Lawan Kata)

Latihan Soal CPNS TIU Analogi

Latihan Soal CPNS TIU Analitik

Latihan Soal CPNS TIU Verbal

Latihan Soal CPNS TIU Hitung Cepat

Latihan Soal CPNS TIU Teknikal

Latihan Soal CPNS TIU Ketelitian

Latihan Soal CPNS TIU Logika

Latihan Soal CPNS TIU Kuantitatif

Latihan Soal CPNS TIU Gambar

3. Contoh Soal CPNS Online Tes Karakter Pribadi (TKP)

4. Simulasi CAT CPNS 2021 Online

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!