100+ Pertanyaan Interview Kerja dan Jawabannya

Pertanyaan Interview Kerja dan Jawabannya | Pertanyaan saat interview dan cara menjawab pertanyaan interview adalah salah satu artikel yang menarik pagi para pelamar kerja.

100+ Pertanyaan Interview Kerja dan Jawabannya

Apalagi bagi fresh graduate yang penasaran dengan pertanyaan interview kerja pertama kali dan jawabannya.

Disini saya akan memberikan tips yang sempat di share oleh salah satu pengguna Linkedin, dimana membahas bagaimana tips agar bisa menjawab pertanyaan saat interview dan juga pertanyaan yang sering muncul saat interview

A. Pertanyaan Interview dan Jawabannya

Setiap calon karyawan pasti akan menghadapi yang namanya interview kerja, dan masing masing individu pasti memiliki strategi dalam menjawab pertanyaan tersebut. Setiap pertanyaan dalam interview kerja yang diajukan harus dijawab dengan tepat dan smart.

Setelah sibuk mendaftar di berbagai situs lowongan kerja dan melewati tahap psikotes, kini saatnya Anda akan masuk pada sesi interview kerja yang menentukan apakah Anda akan diterima bekerja sebagai karyawan tetap di perusahaan yang Anda lamar.

Dalam proses interview kerja pasti akan menimbulkan ke khawatiran tersendiri. Terkadang meskipun kita sudah mempersiapkan dengan baik.

Namun kenyataanya saat interview berlangsung akan timbul yang namanya perasaan grogi, sehingga meningkatnya denyut jantung dan akhirnya mengurangi kepercayaan diri dan konsentrasi.

Akan timbul kepanikan-kepanikan, dan biasanya setiap jawaban yang kita berikan menjadi kurang maksimal. Solusinya adalah dengan mempelajari contoh dari pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan saat interview kerja berlangsung dan ini bisa dipelajari.

Saat kita terbiasa dengan pertanyaan yang diajukan dalam interview, maka kita akan terlatih dalam menjawab sesuai dengan latar belakang pendidikan, pengalaman dan kemampuan menyampaikan jawaban yang baik.

Anda akan memiliki gambaran apa jawaban yang harus jawab jika kamu sebelumnya mempelajari contoh pertanyaan-pertanyaan yang paling umum saat interview kerja.

Jadi persiapkan sebaik mungkin, berikut akan kami ulas lengkap berbagai Jawaban dan Pertanyaan Test interview Kerja serta solusi jawabannya. Artikel ini sifatnya membantu, dan pada akhirnya Andalah yang akan menjalankannya.

Ada 3 komponen utama dalam interview kerja yang umum:

  1. Tentang data diri Anda
  2. Kemampuan dan pengalaman Anda
  3. Tentang Hak dan Kewajiban jika Anda diterima seperti gaji dan komitmen.

Mari kita ulas pertanyaan dan jawaban saat interview atau pertanyaan saat interview kerja.

1. Pertanyaan interview Tentang Data Diri Anda

100+ Pertanyaan Interview Kerja dan Jawabannya

Tahap pertama dari artikel pertanyaan interview dan jawabannya yaitu tentang data diri anda.

Biasanya dalam membuka sesi interview, pewawancara akan memulai dengan menanyakan data pribadi. Ada berbagai tipe pewawancara, ada yang menciptakan kesan besahabat dan mencairkan suasana, ada juga yang langsung bersikap serius.

Pertanyaan saat interview ini adalah tugas Anda untuk menjawab setiap pertanyaan dengan sungguh-sungguh, agar Anda menarik perhatian dan membawa suasana menjadi mencair.

a. Anda akan diminta menceritakan tentang diri Anda

Pertanyaan interview kerja “Anda akan diminta menceritakan tentang diri Anda”

Anda sebagai calon karyawan harus menjelaskan sesuai dengan data diri Anda, karena pertanyaan ini biasanya akan memancing pertanyaan pertanyaan selanjutnya.

Nama saya Ahmad Praditya. Saya alumni Manajemen Universitas Indonesia. Saat ini saya masih bekerja sebagai Operaration Manajer di PT. Bank Udin. Saya bekerja di perusahaan tersebut sejak desember 2016.
Atau bagi anda yang fresh graduate dan mendapatkan pertanyaan saat interview ini bisa seperti.
Nama saya Ahmad Praditya. Saya alumni Manajemen Universitas Indonesia. Saat Aktif di Organisasi BEM Fakultas. Saya mempunyai pengalaman magang di PT. Telkom sebagai Analyst.

Usahakan apa yang Anda jelaskan tidak memancing pertanyaan yang akan menyulitkan, cukup katakan seperlunya dan biarkan pewawancara meneruskan pertanyaan. Penting kamu harus jujur dan apa adanya.

b. Apakah Anda memang berminat pada ilmu manajemen dan kenapa memilih manajemen?

Pertanyaan interview kerja “Apakah Anda memang berminat pada ilmu manajemen dan kenapa memilih manajemen??

“Ini adalah pertanyaan yang harus kamu jawab dengan tegas”

Misanya dengan pembuka “ Ya”

duduk di bangku SMA, saya sudah tertarik dengan ilmu manajemen. Kemudian saya mengambil jurusan manajemen di UGM untuk belajar ilmu manajemen lebih dalam dan ternyata saya tidak salah pilih, saya menyukai bidang tersebut dan selalu antusias dalam belajar.

Itulah alasan saya memilih jurusan manajemen.

c. Apakah aktivitas Anda di luar lingkup kampus ?

100+ Pertanyaan Interview Kerja dan Jawabannya

Pertanyaan interview kerja “Apakah aktivitas Anda di luar lingkup kampus ?”

Misalnya, Saya bekerja freelance disebuah situs freelance design. Selama kuliah periode kuliah saya juga mengikuti pelatihan beladiri Merpati Putih yang diselenggarakan oleh alumni jurusan.

d. Apakah Anda pernah Mendapatkan Program Beasiswa?

Pertanyaan interview kerja “Apakah Anda pernah Mendapatkan Program Beasiswa?”

Misalnya, selama kuliah saya mendapat beasiswa bidik misi dari pemerintah. Karena Orang tua saya hanya berprofesi Petani, maka saya juga berusaha bekerja paruh waktu untuk menambal kekurangan dari segi finansial. Dan dukungan kedua orang tua membuat saya selalu bersemangat.

e. Berapa besaudara Anda dalam keluarga Anda, ceritakan tentang adik dan kakak Anda?

Pertanyaan interview kerja “Berapa besaudara Anda dalam keluarga Anda, ceritakan tentang adik dan kakak Anda?”

Misalnya, Saya anak pertama dari tiga bersaudara, semua adik saya sekarang masih duduk di SMP dan SMA. Saya bangga dengan kedua adik saya karena selalu memahami kondidi keluarga yang sederhana.

f. Apa rencana Anda 2-3 tahun kedepan?

Pertanyaan interview kerja “Apa rencana Anda 2-3 tahun kedepan?”

Misalnya, pertama dalam 2 tahun kedepan saya ingin terbebas dari masalah finansial, tentu ini akan membuat saya bisa membantu keluarga membiayai tahun ini adik kandung saya satu-satunya baru akan masuk kuliah. Untuk 3 tahun kedepan, saya ingin melanjutkan S2. Dengan melanjutkan kejenjang S2, akan menambah keterampilan dan wawasan tentang ilmu manajemen sehingga dapat menunjang kemampuan dan karir saya di masa mendatang.

g. Apakah Anda memiliki keterampilan lain selain ilmu manajemen?

100+ Pertanyaan Interview Kerja dan Jawabannya

Pertanyaan interview kerja “Apakah Anda memiliki keterampilan lain selain ilmu manajemen?”

Misalnya, Ya. Saya mampu mengoperasikan berbagai program komputer dengan baik, seperti MS Excell, MS words, MS Power Poin, CorelDraw, Photoshop dan MS Access.

Selain itu selama kuliah saya tergabung dengan komunitas pecinta bahasa Prancis dan mengikuti kegiatan Ekstra kampus pelatihan bahasa inggris. Saya juga menjadi anggota BEM dan menjabat sebagai divisi kaderisasi selama 2 tahun, dan disitu saya belajar tentang kepemimpinan dan sering mengadakan pelatihan-pelatihan tentang kepemimpinan.

h. Apa itu sikap profesional menurut Anda?

Pertanyaan interview kerja “Apa itu sikap profesional menurut Anda?”

Profesional berarti kita mampu untuk memposisikan setiap tanggung jawab yang diberikan, mampu memilah mana kepentingan individu dan mana kepentingan perusahaan, tidak mencampur kedua kepentingan tersebut.

i. Apa makna hidup buat Anda?

Pertanyaan interview kerja “Apa makna hidup buat Anda?”

Misalnya, “Hidup bukan sekedar hidup, ada sesuatu yang harus kita cari dan itu tugas dari setiap individu untuk mencarinya”.

j. Apa makna pekerjaan bagi Anda?

Pertanyaan interview kerja “Apa makna pekerjaan bagi Anda?”

Misalnya, “Saya mengartikan pekerjaan bukan semata mencari uang, ataupun jabatan. Tapi bagaimana saya bisa berkarya dan berkontribusi yang terbaik dimanapun saya bekerja.”

2. Pertanyaan interview Tentang Kemampuan dan Pengalaman

100+ Pertanyaan Interview Kerja dan Jawabannya

Pertanyaan interview dan jawabannya popular selanjutnya yaitu tentang kemampuan dan pengalaman kerja.

Dalam sesi ini perusahan ingin melihat kualifikasi Anda dari kemampuan dan pengalaman melalui beberapa pertanyaan. Misalnya tujuan dalam karir Anda, bagaimana kemampuan Anda dalam bekerja, seberapa loyal Anda pada pekerjaan dan perusahaan, bagaimana cara Anda menyelesaikan masalah dalam bekerja. Dan apa yang akan Anda berikan kepada perusahaan.

Setiap posisi dalam posisi karyawan dalam perusahaan akan memiliki kualifikasinya masing masing, misalnya jika Anda melamar sebagai Brand Manajer akan berbeda jika Anda melamar sebagai sekertaris.

Pertanyaan saat interview ini adalah sesi inti, apakah nanti Anda adalah kandidat terbaik yang layak diterima di posisi yang Anda lamar atau tidak.

a. Apa Sajakah Kelebihan dan Kekurangan Anda, Tolong Sebutkan?

Pertanyaan interview kerja “Apa Sajakah Kelebihan dan Kekurangan Anda, Tolong Sebutkan?”

Misalnya “kelebihan saya adalah, Saya jujur, cepat beradaptasi dengan lingkungan baru, pekerja keras dan smart. Sementara saya memiliki kelemahan pelupa, biasanya saya mengantisipasinya dengan mencatat setiap kegiatan yang penting dibuku saku dan agenda saya yang selalu saya bawa dan buka jika saya lupa.”

b. Bagaimana hubungan Anda dengan rekan Kerja di perusahaan yang sekarang?

Pertanyaan interview kerja “Bagaimana hubungan Anda dengan rekan Kerja di perusahaan yang sekarang?”

Misalnya, “ Karena kebetulan posisi sekarang saya sebagai brand manajer, maka saya memposisikan diri secara profesional sebagai pimpinan. Namun bukan berarti saya kaku, sejauh ini saya selalu menyelesaikan permasalahan dengan memprioritaskan musyawarah. Misalnya saya pernah sekali memiliki masalah dengan bagian supervisor operasional, karena banyaknya komplain nasabah dengan pelayanan yang lama, namun akhirnya kami berdiskusi dan akhirnya mampu menyelesaikan masalah tersebut sesuai tanggung jawab masing-masing”

c. Mana yang lebih Anda suka, bekerja sendiri atau dalam tim?

Pertanyaan interview kerja “Mana yang lebih Anda suka, bekerja sendiri atau dalam tim?”

Secara personal, saya menyukai bekerja sendiri, saya juga dapat bekerja dalam tim, tentu harus disesuaikan dengan jenis pekerjaan yang akan saya selesaikan.

d. Jika Anda dalam sebuah tim, apa posisi yang akan Anda pilih?

100+ Pertanyaan Interview Kerja dan Jawabannya

 

Pertanyaan interview kerja “Jika Anda dalam sebuah tim, apa posisi yang akan Anda pilih?”

Misalnya, Sesuai dengan posisi saya sekarang sebagai BM, saya lebih memilih menjadi seorang konseptor, sehingga saya bisa merencanakan strategi yang akan diambil, mendata siapa saja yang memilki kemampuan yang diperlukan, mengidentifikasi hambatan yang akan muncul, serta membuat ukuran-ukuran dan target-target yang harus dicapai.

f. Apakah Anda bersedia bekerja di bawah tekanan?

Pertanyaan interview kerja “Apakah Anda bersedia bekerja di bawah tekanan?”

Misalnya, Tentu setiap posisi memiliki tekanan tersendiri, sejauh ini saya bisa mengatasi tekanan pekerjaan. Karena kenyataanya tekanan akan membuat kita mengupgrade kemampuan terbaik yang kita miliki.

g. Bagaimana Anda memandang dan mengatasi kritik terhadap Anda?

Pertanyaan interview kerja “Bagaimana Anda memandang dan mengatasi kritik terhadap Anda?”

Misalnya, pada dasarnya kritik itu penting untuk kemajuan pribadi. Jadi secara pribadi saya akan menerima kritikan orang lain, rekan kerja atau atasan. Saya akan melihat dan menilai kritik tersebut, apakah baik atau tidak, jika baik saya terima, jika tidak saya akan mengabaikanya.

h. Seperti apakah orang yang sulit diajak kerja sama menurut Anda?

Pertanyaan interview kerja “Seperti apakah orang yang sulit diajak kerja sama menurut Anda?”

Misalnya, “Bagi saya, orang yang sulit diajak bekerja sama adalah orang yang tidak mau belajar, tidak mau diatur, banyak alasan, tidak bisa diandalkan, dan suka mengunjing orang lain.”

i. Apa yang Anda lakukan jika bawahan Anda melakukan kesalahan?

Pertanyaan interview kerja “Apa yang Anda lakukan jika bawahan Anda melakukan kesalahan?”

Misalnya, “ Pertama saya pastikan saya tidak akan menyerang dan menyalahkan, saya akan menganalisa, mencari solusi terbaik dari objek kesalahan, bukan dari siapa yang salah. Karena semua orang termasuk Anda dan saya pasti pernah melakukan kesalahan. Jadi saya akan memaafkan dan memberikan dia kesempatan.”

j. Jika Anda jadi atasan dan ada bawahan yang ingin mengeluhkan masalah pribadi, apa yang Anda akan lakukan?

Pertanyaan interview kerja “Jika Anda jadi atasan dan ada bawahan yang ingin mengeluhkan masalah pribadi, apa yang Anda akan lakukan?”

Pada waktu-waktu tertentu sebagai atasan kita harus mendengarkan masalah dari bawahan, bukan hanya masalah pekerjaan, masalah pribadi saya rasa saya harus bisa menerimanya.  Khusus masalah pribadi, sebisa mungkin akan saya tanggapi dan berikan saran-saran yang mungkin berguna untuk mengatasi masalah yang sedang dihadapi.

k. Jika dalam pekerjaan Anda menghadapi masalah besar apa yang akan Anda lakukan?

Pertanyaan interview kerja “Jika dalam pekerjaan Anda menghadapi masalah besar apa yang akan Anda lakukan?”

Misalnya, :Mencari cumber masalah, menentukan cara menyelesaikanya, kemudian buat strategi pencegahan agar masalah tersebut tidak terulang lagi.

l. Kenapa Anda berminat pindah dari pekerjaan sekarang?

Pertanyaan interview kerja “Kenapa Anda berminat pindah dari pekerjaan sekarang?”

Misalnya, Saya ingin lebih berkembang dalam segala hal, mengupgrade tantangan dengan tanggung jawab yang lebih besar, saya pikir perusahaan ini adalah perusahaan yang besar dengan tantangan yang lebih besar.

m. Apa yang salah denga pekerjaan Anda sebelumnya?

100+ Pertanyaan Interview Kerja dan Jawabannya

Pertanyaan interview kerja “Apa yang salah denga pekerjaan Anda sebelumnya?”

Tidak ada yang salah sebenarnya, hanya saja ketidak teraturan jam kerja, kadang bekerja pagi sampai pagi lagi. Meskipun saya BM dan berhak mengambil kebijakan, namun untuk masalah pembagian jam kerja sudah ditentukan dari pihak manajemen pusat.

n. Apakah Anda pernah tidak masuk kerja?

Pertanyaan interview kerja “Apakah Anda pernah tidak masuk kerja?”

Misalnya, “Pernah, dan itu terjadi karena keadaan darurat, dan pada menit itu juga saya langsung mengubungi kantor untuk meminta ijin.”

o. Apakah Anda bersedia bekerja lembur?

Pertanyaan interview kerja “Apakah Anda bersedia bekerja lembur?”

Misalnya, “Ya, saya bersedia. Itu tidak masalah bagi saya, selama itu sudah dalam kebijakan perusahaan.”

p. Menurut Anda apa yang membuat perusahaan ini menarik bagi Anda?

Pertanyaan interview kerja “Menurut Anda apa yang membuat perusahaan ini menarik bagi Anda?”

Misalnya “Perusahaan ini mencari kualifikasi yang sesuai dengan kemampuan dan bidang saya, dan dengan pengalaman saya, saya masuk dalam kriteria yang dicari. Saya kira saya dapat berkontribusi dan berkembang bersama perusahaan ini.

q. Dari mana Anda mengenal perusahaan ini?

Pertanyaan interview kerja “Dari mana Anda mengenal perusahaan ini?”

Misalnya “Saya mengenal perusahaan ini dari produk-produk yang di keluarkan, juga dari banyak teman yang membicarakan perusahaan ini. Saya juga sering melihat iklan perusahaan ini di media massa ternama di Indonesia.”

r. Menurut Anda, apa perbedaan perusahaan ini dengan perusahaan lain yang sejenis?

Pertanyaan interview kerja “Menurut Anda, apa perbedaan perusahaan ini dengan perusahaan lain yang sejenis?”

Misalnya, Saya pikir dari sisi kualitas produk dan strategi branding, setiap broduk yang diproduksi oleh perusahaan ini rata-rata menguasai pasar dengan brand yang kuat.

s. Apa rencana Anda 4-5 tahun kedepan jika bergabung dengan perusahaan ini?

Pertanyaan interview kerja “Apa rencana Anda 4-5 tahun kedepan jika bergabung dengan perusahaan ini?”

Misalnya, Jika saya diterima dan bergabung dengan perusahaan ini sebagai brand manager di cabang kota saya, saya akan memaksimalkan penjualan produk dengan membuka10 autlet baru tersebar di kota saya.  Jika saya berhasil, harapan saya saya bisa ditempatkan sebagai bagian manajemen pusat yang memenej setiap kantor cabang di seluruh Indonesia.

t. Apakah Anda siap menerima tanggung jawab besar?

Pertanyaan interview kerja “Apakah Anda siap menerima tanggung jawab besar?”

Misalnya “Ya, saya siap. Dalam pandangan saya, saya harus siap menerima tanggung jawab yang besar dan posisi yang lebih tinggi guna mencapai karier yang diinginkan. Dengan cara tersebut, saya dapat memacu diri sendiri sehingga menjadi lebih baik.”

u. Sistem dan lingkungan kerja seperti apa yang Anda sukai?

Pertanyaan interview kerja “Sistem dan lingkungan kerja seperti apa yang Anda sukai?”

Misalnya, “Saya suka bekerja dalam lingkungan yang transparan, adil dan teratur. Memiliki Prosedur opersional standar (SOP) yang jelas, dan dengan konsep jenjang karir yang jelas. Pelanggaran dan reward di berikan dengan objektif, serta memiliki rekan kerja yang bersemangat,inovatif dan optimis.

v. Apakah Anda bersedia ditempatkan di luar kota?

Pertanyaan interview kerja “Apakah Anda bersedia ditempatkan di luar kota?”

Misalnya, “Bersedia, namun harapan saya jika saya bergabung saya memiliki harapan ditempatkan di daerah asal, tentu tidak masalah dan tidak mengganggu pun jika saya ditempatkan di luar kota.”

3. Pertanyaan interview Seputar Hak dan Kewajiban

100+ Pertanyaan Interview Kerja dan Jawabannya

Dalam sesi pertanyaan saat interview ini, kita akan ditanya tentang gaji, mungkin lebih tepatnya negosiasi berapa gaji yang anda minta. Berikut pertanyaan interview dan jawabannya.

a. Berapa gaji Anda di perusahaan sekarang?

Pertanyaan interview kerja “Berapa gaji Anda di perusahaan sekarang?”

Misalnya, gaji pokok saya 5 juta rupiah, tunjangan jabatan 1 juta rupiah, uang kehadiran 2 juta rupiah, jadi total 8 juta rupiah setiap bulan.

b. Berapa gaji yang Anda harap dari perusahaan ini?

Pertanyaan interview kerja “Berapa gaji yang Anda harap dari perusahaan ini?”

Misalnya “Saya berharap lebih besar dari gaji saya di perusahaan sebelumnya, 10 juta rupiah.”

c. Bagamana kalau perusahaan kami menggaji Anda 9 juta ?

Pertanyaan interview kerja “Bagamana kalau perusahaan kami menggaji Anda 9 juta?”

Misalnya, Tidak masalah, seperti komitmen awal, saya berharap gaji saya sekarang lebih besar dari gaji sebelumnya.

d. Baik, apakah Anda berkomitmen dan yakin untuk menduduki posisi ini dengan besar gaji tersebut?

Pertanyaan interview kerja “Baik, apakah Anda berkomitmen dan yakin untuk menduduki posisi ini dengan besar gaji tersebut?”

Misalnya, “Ya saya yakin.”
4. Tips Menjawab Cita Cita Anda Saat interview Kerja
100+ Pertanyaan Interview Kerja dan Jawabannya
Setelah membahas pertanyaan interview dan jawabannya, mari kita simak tips menjawab cita-cita anda pada saat interview kerja.

a. Jawaban Selaras dengan Posisi Impian

interview merupakan salah satu tahap seleksi untuk menyaring kandidat terbaik bagi perusahaan. Biasanya pihak HRD akan memberikan pertanyaan sedikit meleset dari prediksi.

Hal ini bertujuan untuk mengenal personal calon karyawan, serta kesiapan mental sebelum masuk dunia kerja. Lewat interview kerja inilah lolos tidaknya peserta akan ditentukan.

Tahap interview mempunyai poin paling tinggi diantara jenis tes lainnya. Sebab para HRD bisa menilai lebih detail dan membaca kepribadian masing-masing peserta.

Maka dari itu, persiapan menjalani tahap ini haruslah matang. Usahakan menjawab dengan bahasa lugas dan gaya tubuh santun. Jangan potong pembicaraan sebelum interviewer selesai berbicara.

Selanjutnya anda akan ditanya perihal alasan memilih posisi dalam perusahaan tersebut. Oleh karenanya anda harus mampu meyakinkan pihak pewawancara, bahwa anda berkompeten menduduki posisi tersebut.

Jelaskan bahwa skill yang dimiliki sejalan dengan job description. Sehingga anda bisa mengembangkan karir di perusahaan lebih mudah.

Cara menjawab pertanyaan interview ini yaitu, berikan jawaban seolah bercerita motivasi dibalik ketertarikan anda pada pekerjaan tersebut. Karena dari situlah HRD akan menemukan ketulusan dalam menjalani beban kerja yang diberikan nantinya.

Hati-hati dengan pertanyaan yang bersifat menggiurkan, biasanya pewawancara akan menawarkan pekerjaan dengan gaji tinggi. Karena pada dasarnya pertanyaan HRD saat interview hanya ingin melihat kegigihan anda.

b. Jangan Terpancing Perihal Besar Gaji

Pertanyaan berikutnya pasti terkait jumlah gaji yang sepadan dengan posisi pilihan. Sebenarnya hal ini adalah pertanyaan jebakan, dimana HRD akan menilai sejauh mana tujuan anda bekerja di perusahaan tersebut.

Selain itu tujuannya membuat para pelamar kebingungan, karena tidak tahu berapa nilai keahlian yang dimilikinya.

Cara menjawab pertanyaan interview bagian ini yaitu, jawab saja dengan percaya diri berapa rupiah yang sesuai dengan kemampuan diri. Namun tetap logis mengikuti standar gaji pegawai pada umumnya.

Misalkan hendak melamar sebagai accounting perbankan, maka penghasilannya sekitar 8 juta per bulan. Ada baiknya cari tahu terlebih dahulu jumlah gaji tiap profesi di perusahaan tersebut, jadi gambarannya tidak terlalu jauh.

Usahakan jangan menjawab terlalu general, seperti berapapun besaran gaji akan diterima. Karena mustahil bekerja pada perusahaan bonafit tanpa mengharapkan pendapatan besar.

Jika dibahas dalam sesi interview justru jangan dihindari atau jawaban mengada-ada. Tetap jawab dengan jujur dan sesuai dengan skill anda, mulai dari bawah membuat anda lebih berpengalaman nanti.

c. Bicarakan Hal-Hal Menarik Terkait Posisi Pilihan

100+ Pertanyaan Interview Kerja dan Jawabannya

Anda pastinya mempunyai incaran pekerjaan dalam suatu perusahaan. Tentu ada alasan yang mendasari pilihan anda tersebut.

Cara menjawab pertanyaan interview ini yaitu, misalnya ingin menjadi bagian Research and Development karena anda suka hal-hal yang berkaitan dengan penelitian lapang. Bertemu banyak orang, membuat laporan, atau merancang hal kreatif bisa anda jabarkan dengan baik.

Perlu diketahui, suatu hal yang membuat anda tertarik dan termotivasi membuat raut muka tampak bersemangat. Anda mungkin tidak menyadari tapi para HRD mampu membacanya dengan jeli.

Dengan begitu bisa dipastikan bahwa si pelamar akan setia kepada perusahaan bagaimanapun tugas yang diberi. Karena baginya itu merupakan tantangan dan memacu diri lebih berkembang.

d. Utarakan Rencana Jangka Pendek

Jawaban apa cita cita anda saat interview kerja harus berkaitan dengan profesi yang akan diambil. Kalau ingin menjadi akuntan maka ceritakan bagaimana proses yang akan dilalui untuk meraih keinginan pribadi.

Cara menjawab pertanyaan interview bagian ini yaitu, jelaskan langkah-langkah yang akan dilakukan dalam jangka pendek. Seperti memperbanyak literasi agar lebih memahami jobdesc, atau meningkatkan skill diri.

Kemudian beri tahu goal anda dalam jangka pendek, contoh dalam tiga tahun anda ingin dipercaya sebagai asisten akuntan. Sehingga para HRD jelas menganalisis visi dan misi anda pada tahun-tahun awal bekerja.

Sekaligus menunjukkan antusiasme anda dalam menekuni pekerjaan tersebut. Alhasil perusahaan punya alasan kuat mengapa harus menerima anda.

e. Jelaskan Rancangan Jangka Panjang

Setelah membicarakan rencana jangka pendek, kaitkan dengan rancangan 5-10 tahun lagi. Bila ingin berkarir dalam perusahaan tersebut berarti jenjang seperti apa yang akan anda tempuh.

Cara menjawab pertanyaan interview untuk bagian ini yaitu, Anda bisa mempersiapkannya sebelum hari tes interview, tidak perlu dihafal cukup tulis pada lembaran. Kalau memang kemauan kuat pasti bisa menggambarkan dengan jelas.

Paparan rencana jangka panjang ini sebagai kalimat penguat bahwa anda ingin bersungguh-sungguh bekerja di perusahaan tersebut.

Anda akan datang dengan semangat dan antusiasme tinggi, lalu mewujudkan misi perusahaan ke depan. Tentu saja HRD akan tertarik dengan jawaban tersebut, karena membutuhkan calon pegawai yang loyal dan mumpuni.

B. Cara Menarik Hati HRD Saat Interview Kerja

100+ Pertanyaan Interview Kerja dan Jawabannya

Setelah membahas semua cara menjawab pertanyaan interview, kita masuk ke bagian bagaimana berhadapan dengan HRD pada saat interview kerja.

1. Sampaikan Jawaban dengan Jujur dan Sopan

Ketika interview kerja paparkan jawaban secara tegas, jujur, dan sopan. Gunakan bahasa formal serta tunjukkan bahasa tubuh yang baik.

Meskipun para HRD meminta anda bersikap santai tapi tetap mengedepankan attitude. Tidak perlu menambahkan kalimat yang berlebihan atau terkesan menjunjung tinggi skill diri, apa adanya saja tapi sesuai faktanya.

Jangan berbohong bahwa anda mempunyai kemampuan yang tidak pernah dilakukan sebelumnya. Hal itu akan menjadi boomerang untuk anda sendiri, bisa saja HRD menginginkan uji coba secara on the spot.

Mengingat kejutan di ruang interview kadang tak pernah terduga, jadi harap pilah kata-kata ketika akan mengunggulkan kemampuan.

2. Hindari Kalimat Bersifat Memohon

Ketika ada pertanyaan alasan anda bekerja disini, jangan jawab kalau anda membutuhkan uang dan pekerjaan. Dilarang pula menjawab jika ingin melamar karena perusahaan tersebut besar dan hebat.

Hal itu akan mengurangi poin di mata HRD dan tidak tertarik dengan kepribadian anda. Jawab bahwa anda mempunyai kemampuan yang selaras dengan posisi yang dibutuhkan oleh perusahaan.

3. Ketahui Kelemahan Diri

Biasanya pertanyaan HRD saat interview terkait apa saja kelemahan diri setiap pelamar. Banyak diantaranya yang bingung ketika dihadapkan pertanyaan ini.

Lalu berujung jeda lama karena tidak bisa mendeskripsikan titik lemahnya. Bahkan ada juga yang menjawab tidak memiliki kekurangan apapun, atau parahnya tidak tahu apa kelemahannya. Maka otomatis akan ditolak oleh perusahaan.

Jika bingung buatlah SWOT untuk menempatkan petak-petak kelebihan dan kekurangan. Lakukan sebelum hari tes interview dimulai, jadi anda lebih mudah menyesuaikannya.

Selaraskan kekurangan diri dengan solusi perbaikan yang akan dilakukan. Misal anda kurang bisa bekerja sama dengan tim, maka utarakan kalau bisa memperbaikinya dengan berbaur lebih sering.

Tahap seleksi masuk perusahaan memang membutuhkan waktu panjang. Dimulai dari penyisihan berkas, interview kerja, hingga masa job training.

Paling krusial ialah waktu interview kerja karena berhadapan dengan jajaran HRD dan pegawai senior. Sekali salah ucap maka langsung mendapat penilaian buruk, oleh sebab itu persiapkan dengan baik dan tetap tenang.

C. Tips Mengenai Cara Menjawab Pertanyaan interview

100+ Pertanyaan Interview Kerja dan Jawabannya

Setelah semua pertanyaan interview dan jawabannya untuk fresh graduate dan pengalaman, anda bisa membaca beberapa tips untuk sampai ketahap selanjutnya.

1. Bagaimana Riset Perusahaan Sebelum Interview Kerja?

Pembahasan tentang Riset Perusahaan Sebelum Interview Kerja ada di artikel

2. Bagaimana Cara Menolak Interview Pekerjaan dengan Sopan?

Untuk menolak interview dengan sopan atau anda mungkin saja sudah diterima di perusahaan lainnya dan ingin membatalkan interview kerja, anda dapat membaca artikel ini untuk menjawab pertanyaan tersebut:

3. Apakah ada tips agar Sukses Interview Kerja?

Mengenai cara Sukses interview Kerja sebelumnya sudah ada di artikel

4. Bagaimana cara mengatasi Grogi saat Interview Kerja?

Bagi anda yang sering merasa grogi saat interview kerja bisa membaca artikel dibawah ini

5. Apa yang Perlu Dihindari Saat Interview Kerja?

Banyak hal yang perlu anda hindari saat interview kerja, untuk membahas hal itu anda dapat melihat di

6. Bagaimana Memikat HRD Saat Interview Kerja?

Ada banyak cara agar anda dapat memikat HRD saat interview kerja, anda dapat melihat di

7. Apa yang Perlu Disiapkan untuk Menghadapi Interview Kerja?

Anda harus mempersiapkan dan perlu anda lakukan untuk mengahadapi interview kerja, anda bisa melihat di

8. Bagaimana Cara Menghadapi Interview Kerja Online?

Jika anda saat ini mendapatkan panggilan interview kerja online, anda mungkin perlu persiapan untuk menghadapinya dengan cara membaca artikel

9. Bagaimana Cara Negosiasi Gaji saat Interview Kerja?

Bagi anda yang saat ini sudah masuk kedalam tahap negosiasi gaji mungkin sedikit bingung bagaimana cara negosiasi gaji yang baik, anda dapat membaca artikel

10. Bagaimana Cara Kelemahan Diri Dalam Interview ?

Pada saat interview kerja mungkin anda sering ditanya apa saja kelemahan diri anda, berikut artikel yang bisa membantu anda dalam menjawab pertanyaan tersebut:

11. Bagaimana Cara Menghadapi Interview Kerja Bagi Pemula?

Bagi anda yang masih baru lulus atau sering disebut freshgraduate pasti sedikit bingung saat menghadapi interview kerja, berikut tips yang bisa anda baca:

12. Bagaimana Cara Menjawab Visi Misi Saat Interview Kerja?

Pertanyaan visi misi sering sekali muncul saat interview kerja, sering kali kita dibuat bingung saat menjawabnya. Berikut adalah tips untuk menjawabnya:

13. Bagaimana Cara Lolos Interview User?

Interview user adalah tahapan yang sudah hampir mendekati penerimaan, dan sering kali pelamar gagal pada saat interview user. Berikut adalah artikel yang bisa anda baca:

14. Bagaimana Cara Lolos Interview Kerja Bahasa Inggris?

Beberapa perusahaan saat ini melakukan interview dengan bahasa inggris, tentu saja dari cara kerjanya masih sama tapi ada beberapa yang juga harus diperhatikan. Selengkapnya bisa baca artikel dibawah:

15. Bagaimana Lolos Walk In Interview?

Walk In Interview biasanya diadakan oleh perusahaan yang sedang mencari beberapa posisi, namun semenjak Covid-19 sudah jarang dilakukan tapi masih ada beberapa perusahaan. Untuk tips agar lolos bisa dilihat pada Artikel dibawah.

16. Bagaimana Jawaban Ceritakan Tentang Diri Anda?

Sebenarnya untuk pertanyaan interview kerja ini sudah dibahas diatas tapi jika anda belum puas dengan jawaban diatas kami sudah membuatkan artikel khusus untuk pertanyaan interview kerja ceritakan tentang diri anda dibawah

17. Bagaimana Cara Menanyakan Hasil Interview Kerja?

Banyak dari pelamar yang merasa penasaran bagaimana hasil dari interview 1 minggu yang lalu, dan penasaran ingin menanyakan kepada pihak perusahaan.

Disini kita akan memberitahu cara menanyakan hasil interview kerja, yaitu sebagai berikut:

Kami akan terus mengupdate artikel 100+ Pertanyaan Interview Kerja dan Jawabannya jadi pantau terus LokerPintar.ID

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.
error: Content is protected !!