12 Jawaban Interview Ceritakan Tentang Diri Anda

Bagaimana Jawaban Interview Ceritakan Tentang Diri Anda? Dalam proses melamar pekerjaan, setelah anda lolos dalam seleksi berkas pasti akan dipanggil untuk melanjutkan ke tahap berikutnya yaitu wawancara.

Jawaban Interview Ceritakan Tentang Diri Anda

Banyak jenis pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan oleh perekrut atau HRD. Salah satu pertanyaannya adalah anda diminta mendeskripsikan diri.

Berikut Contoh Jawaban Ceritakan Tentang Diri Anda dan tips bagaimana menjawabnya

A. Tujuan Pertanyaan Mendeskripsikan diri

Pertanyaan “Ceritakan tentang diri Anda” biasanya digunakan sebagai pertanyaan pengantar untuk wawancara. Oleh karena itu, pertanyaan sederhana ini sangat penting.

Di bagian ini, perekrut mendapatkan kesan pertama dari seorang kandidat. Pertanyaan “Ceritakan tentang diri Anda” juga memiliki banyak fungsi dan juga tujuan tersendiri.

Pertanyaan-pertanyaan ini bukan hanya cara bagi perekrut untuk mengenal Anda lebih baik, tetapi juga membantu pemberi kerja mengevaluasi kepribadian dan keterampilan komunikasi Anda.

Lebih penting lagi, perekrut juga menilai apakah Anda orang dengan kualifikasi dan kompetensi yang sesuai untuk menjadi bagian dari perusahaan.

Namun, perekrut bukan satu-satunya yang dapat mengambil manfaat dari proses wawancara ini. Sebagai kandidat, Anda juga dapat memperoleh manfaat dari pertanyaan “Ceritakan tentang diri Anda”.

Pertanyaan ini memberi peluang besar untuk meyakinkan perusahaan bahwa Anda adalah kandidat terbaik dan layak menjadi bagian perusahaan.

Anda dapat berbagi keberhasilan dan prestasi yang dicapai dan keterampilan yang dimiliki. Bagikan softskill dan hardskill yang dimiliki untuk membuat anda bisa lebih unggul dari kandidat yang lainnya.

Alasan lain mengapa pertanyaan ini penting adalah untuk mempermudah Perekrut untuk menentukan pertanyaan-pertanyaan selanjutnya.

Perekrut biasanya menggunakan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini sebagai dasar untuk memutuskan pertanyaan mana yang akan diajukan selanjutnya.

Selain itu, jawaban atas pertanyaan “Ceritakan sedikit tentang diri Anda” akan menentukan suasana dan jalannya wawancara. Jika ragu dan tidak yakin, Anda bisa kehilangan konsentrasi selama wawancara.

Anda bisa merasa lebih tertekan karena Anda tidak senang dengan jawaban Anda. Oleh karena itu, persiapkan diri Anda sebaik mungkin untuk menjawab pertanyaan ini.

Anda juga bisa berlatih berbicara di depan cermin untuk menilai dan meningkatkan kepercayaan diri, sehingga anda tidak lagi merasa cemas ketika bertemu dengan recruiter

B. Tips Menjawab Pertanyaan Mendeskripsikan Diri

Jawaban Interview Ceritakan Tentang Diri Anda

Jika sudah memiliki contoh jawaban, perhatikan bagaimana Anda dapat menyampaikan jawaban itu nanti. Anda dapat menggunakan rumus jawaban sederhana dalam tiga bagian.

Pertama, mari kita fokus pada saat ini. Jika baru saja lulus, mulailah dengan fakta bahwa Anda baru saja lulus dan jelaskan mengapa memilih program atau jalur karir ini.

Selanjutnya, saatnya untuk melihat kembali ke masa lalu. Sebutkan bagaimana Anda sampai di sana, atau pengalaman lain yang pernah dialami.

Jika Anda memiliki pengalaman kerja yang cukup antara 8 sampai 20 tahun, itu akan memakan waktu terlalu lama dan disarankan untuk tidak membagikan semua pengalaman kerja.

Anda dapat mulai berbagi pengalaman di tengah karir. Jika Anda seorang manajer, beri tahu tentang pengalaman pertama Anda sebagai manajer.

Terakhir, anda perlu menjelaskan apa yang akan mempengaruhi masa depan (future). Mohon jelaskan mengapa Anda tertarik dengan posisi atau perusahaan yang dilamar dan apa yang diinginkan di masa depan.

Anda dapat menyusun jawaban sendiri yang dirasa paling tepat. Anda perlu menghindari memberikan informasi yang bersifat pribadi. Fokus pada informasi yang mendukung Anda sebagai seorang ahli.

Saat menjawab pertanyaan ini, tidak ada aturan ketat tentang panjang jawaban yang ideal. Berhati-hatilah untuk tidak membuat jawabannya terlalu panjang.

Memberikan jawaban biasanya membutuhkan waktu kurang dari 2 menit. Anda tidak harus memulai cerita dari ketika lulus kuliah jika memiliki banyak pengalaman kerja.

Jawablah secara profesional dengan berkata jujur tentang pengalaman anda dan jangan berlebihan untuk memberikan kesan menarik. Hal tersebut justru akan mengurangi penilaian

C. Cara Menjawab Pertanyaan Deskripsi Diri

1. Hindari Informasi yang salah

Saat menjawab pertanyaan perekrut selama wawancara, jangan katakan apa pun tentang diri Anda. Ada beberapa hal yang tidak boleh Anda katakan yaitu yang berkaitan dengan data pribadi termasuk ras, agama, usia, dan riwayat pernikahan.

Apalagi jika informasi tersebut tidak ada hubungannya dengan posisi yang dilamar

Disarankan untuk memberikan jeda waktu untuk merespons sehingga anda dapat menyampaikan sesuatu yang lebih bermanfaat. Fokus pada informasi yang dapat membantu karir profesional Anda.

Jika Anda memiliki terlalu banyak pengalaman kerja, Anda dapat membagikan beberapa pengalaman paling terbaru dan relevan tentang posisi yang dilamar.

2. Practice Makes Perfect

Jawaban Interview Ceritakan Tentang Diri Anda

Dengan berlatih, Anda dapat mengembangkan jawaban yang telah disiapkan untuk membuat jawaban yang lebih baik. Anda mungkin memperhatikan bahwa beberapa kata perlu ditambahkan atau dihapus setelah beberapa kali mencoba.

Dengan berlatih, Anda bisa lancar dan mulai terbiasa dengan topik yang akan dibicarakan.

Anda dapat melatih keterampilan wawancara dengan merekam jawaban dan menontonnya berulang kali. Tonton video yang direkam untuk memantau bahasa tubuh Anda saat menjawab pertanyaan.

Lakukan simulasi wawancara kerja dengan bantuan teman. Mintalah kritik dan saran untuk membuat jawaban Anda lebih sempurna.

3. Ceritakan Kelebihan dan Kemampuan yang Relevan

Anda dapat membagikan pengalaman dalam pekerjaan atau disiplin tertentu untuk mendapatkan perhatian perekrut. Ceritakan tentang kesuksesan Anda saat di posisi kantor lama.

Beritahu juga tentang kursus pelatihan khusus yang telah diikuti dan sertifikasi keterampilan teknis Anda serta fokus pada kualifikasi untuk posisi yang diinginkan

4. Jangan Mengulang Isi CV

Anda tidak perlu mengulang isi dari CV dan jelaskan sesuatu yang belum tertulis di dalamnya. Jika Anda telah bekerja di industri ini selama beberapa tahun, bagikan pengalaman kantor Anda sebelumnya.

Jelaskan tanggung jawab dan peran dalam pekerjaan Anda. Manfaatkan kesempatan wawancara untuk membuktikan resume dan kata-kata surat lamaran Anda.

5. Gunakan Waktu Sebaik Mungkin

Jangan terlalu buru-buru menjawab meskipun waktu yang diberikan terbatas. Banyak kandidat yang terburu-buru menjawab, sehingga menghilangkan isi dan makna kata yang disampaikan.

Selain itu, jika pertanyaan dijawab terlalu cepat maka manajer perekrutan akan kesulitan mencerna jawabannya. Pastikan Anda memaksimalkan waktu respons.

Baca juga: 7 Tips Memikat HRD Saat Wawancara Kerja Agar Lancar Menjawab Setiap Pertanyaan

C. Jawaban Mendeskripsikan Diri yang Kurang Tepat

Jawaban Interview Ceritakan Tentang Diri Anda

Bagian pengenalan diri sangat penting untuk memberikan kesan pertama. Jawaban “Ceritakan tentang diri Anda” memiliki beberapa larangan agar Anda tidak melampaui batas dan membuat kesalahan.

Jangan menceritakan kisah hidup, dan sampaikan berbagai informasi yang relevan dengan jabatan atau lamaran yang diajukan.

Pelamar kerja yang tidak siap sering memberi jawaban interview ceritakan tentang diri anda ini dengan jawaban yang berkaitan dengan kisah hidup.

Pewawancara tidak ingin tahu kisah kehidupan masa kecil, hobi pribadi, nama hewan peliharaan, dan genre film favorit. Saat memperkenalkan diri, Anda tidak boleh menyebutkan keburukan dari perusahaan

Tidak hanya jawaban yang diberikan. Anda juga perlu memahami etika dalam menyampaikan jawaban kepada recruiter. Gunakan waktu yang diberikan secara maksimal dan jangan terlalu terburu-buru atau panik.

Hal tersebut akan memberikan pengaruh terhadap kualitas jawabn yang diberikan. Tetap tenang dan semangat untuk terus berlatih.

Baca juga: Jawaban dan Pertanyaan Test Wawancara Kerja

D. Contoh Jawaban Ceritakan Tentang Diri Anda (Berpengalaman)

Berikut adalah beberapa contoh jawaban singkat tentang diri Anda bagi mereka yang memiliki pengalaman kerja.

1. Contoh Jawaban: Manajer Bisnis

“Saya Yuli Denia. Saya telah aktif di dunia pendidikan selama 5 tahun terakhir. Pekerjaan terakhir saya sebagai Branch Manager di sekolah XYZ, bertanggung jawab atas urusan bisnis sekolah.

Saya percaya bahwa bekerja di sana merupakan kesuksesan besar bagi saya karena saya mampu menciptakan lingkungan kerja yang bersahabat di antara para guru.

Bahkan staf yang lebih rendah puas dengan cara mereka diperlakukan dan selalu senang untuk memberikan upaya maksimal mereka dalam urusan sekolah. Ini berkat keterampilan kepemimpinan dan komunikasi saya.

Sekarang saya mencari organisasi yang menghargai kerja tim dan mempromosikan kandidat yang bekerja dalam kelompok yang dinamis, sehingga saya dapat menggunakan pengalaman dan pengetahuan saya untuk kepentingan perusahaan.”

2. Contoh Jawaban: Asisten Eksekutif

“Saya Dona Rudianto. Saat ini saya bekerja sebagai asisten eksekutif di perusahaan ABCD. Saya membantu tiga dari lima anggota tim eksekutif perusahaan, termasuk CEO.

Selama 5 tahun saya sebagai asisten eksekutif, saya memiliki kemampuan untuk mengantisipasi hambatan dan membuat rencana alternatif yang efektif.

Nilai terbesar saya bagi para eksekutif adalah kemampuan saya untuk bekerja secara mandiri sehingga mereka fokus pada kebutuhan bisnis.

Dari deskripsi pekerjaan di lowongan pekerjaan Anda, jelas bagi saya bahwa Anda mencari seseorang yang memahami nuansa mengelola hari CEO yang sibuk dan secara proaktif dapat mengatasi masalah.

Sebagai seseorang yang teliti dan suka beroganisasi, saya terbiasa memiliki rencana yang detail dan setiap rencana dikomunikasikan dengan jelas.”

3. Contoh Jawaban: Sales/Marketing

“Nama saya Rudi Sadilah, biasa dipanggil Rudi. Saya lahir dan besar di Bandung. Saya memiliki pengalaman 4 tahun sebagai Sales Supervisor di PT XYZ, dimana kinerja saya selalu positif. Juga tidak pernah mendapat surat teguran atau sanksi lainnya.

Di perusahaan, saya juga diminta untuk mengelola sebuah tim kecil yang terdiri dari 5 orang di mana keterampilan kepemimpinan saya diuji.

Saya senang untuk mengatakan bahwa saya lulus tes dengan baik dan tim saya adalah yang terbaik dari 3 tim yang terbentuk.

Dengan pengalaman dan pengetahuan kerja itu, saya menganggap diri saya kandidat yang cocok untuk posisi Manajer Pemasaran di perusahaan Anda.”

4. Contoh Jawaban: Produksi/Production Engineer

“Nama saya Andre Saputra. Saya memiliki pengalaman sebagai Production Engineer di sebuah perusahaan Farmasi. Sebelumnya saya pernah bekerja di perusahaan penyulingan minyak dan petrokimia.

Saat ini saya bekerja di XYZ sebagai Senior Production Engineer. Saya menangani tim pemeliharaan dan merencanakan rute dan pemeliharaan darurat fasilitas produksi.

Saya tertarik dengan posisi Manajer Pemeliharaan Minyak Lepas Pantai di perusahaan Anda.”

5. Contoh Jawaban: Penulis Konten

“Nama saya Neng Dela dan saya berasal dari Garut. Saya lulusan ekonomi yang lulus pada tahun 2016, tetapi kemudian saya bekerja sebagai penulis konten, yang selalu saya sukai.

Awalnya, saya mulai menulis untuk klien dari pasar freelancer. Sementara itu, saya mulai menulis di blog saya sendiri dalam bentuk tips, panduan, bahkan e-book.

Setelah mendapatkan pengalaman yang cukup, saya ingin bergabung dengan organisasi profesional seperti Anda. Jadi saya bisa mengeksplorasi keterampilan menulis saya dan menghasilkan konten yang lebih baik daripada yang bisa saya capai sendiri.”

6. Contoh Jawaban: Programmer

“Nama saya Hani Santika. Saya menyukai komputer sejak SMP dan kuliah di Jurusan Ilmu Komputer Universitas XYZ. Saya lulus 4 tahun yang lalu.

Sekarang saya adalah seorang programmer di perusahaan XYZ dengan pengetahuan tentang berbagai bahasa pemrograman seperti C++, Java, JavaScript, Python dan Shell scripting.

Proyek yang saya kerjakan adalah aplikasi berbasis Blockchain untuk salah satu klien kami di Singapura. Dalam hal sertifikasi profesional, saya telah berhasil menyelesaikan ujian sertifikasi di Java dan Oracle 12C.

Selain pemrograman, saya suka berpartisipasi dalam acara seni dan budaya. Saya seorang sukarelawan dalam inisiatif TeachCode untuk anak-anak sekolah menengah di lingkungan saya.”

6. Contoh Jawaban: Tester Software

“Saya memiliki 5 tahun pengalaman dalam pengujian perangkat lunak. Saat ini saya bekerja di XYZ yang berlokasi di Medan. Di sini peran saya adalah analis tes senior dan saya melapor ke Manajer Tes.

Aktivitas saya sehari-hari termasuk menguji aplikasi seluler kami untuk pemutar video di perangkat Android dan iOS.

Saya mengerjakan berbagai rilis dan bersiap untuk menjalankan pengujian sesuai dengan persyaratan untuk setiap rilis menggunakan berbagai alat pengujian aplikasi dan alat pelaporan bug.

Saat ini saya sedang belajar python dan mencoba memahami kerangka kerja Selenium. Saya seorang pembelajar yang cepat dan saya terus belajar tentang teknologi baru di dunia digital.”

Baca juga: Cara Lolos Wawancara User

D. Contoh Jawaban Ceritakan Tentang Diri Anda (FreshGraduate)

Jika Anda seorang fresh graduate (sarjana atau lulusan SMA), jangan merasa minder dalam wawancara kerja. Soalnya, kurangnya pengalaman kerja Anda bisa dimengerti.

Namun, dalam menjawab pertanyaan tentang diri Anda, sebagai lulusan baru Anda dapat memberikan informasi tentang pencapaian Anda, pengalaman penelitian, magang, kegiatan organisasi, dan pelatihan yang Anda ikuti selama studi.

Tentu semua itu harus relevan dengan posisi yang Anda incar. Jadi, persiapkan diri Anda untuk wawancara kerja dengan baik.

Nah, di bawah ini ada dua contoh jawaban buat kamu yang notabene fresh graduate.

1. Contoh Jawaban: Fresh Graduate dari SMA atau sederajat

“Saya Putra Aksana. Saya lulusan baru sekolah XYZ. Selama sekolah, saya aktif dalam kegiatan OSIS. Sebagai perwakilan untuk kelas saya, saya telah membantu dengan berbagai acara penggalangan dana.

Ini sangat membantu saya dalam mengatur keuangan saya. Oleh karena itu, saya pikir saya akan cocok sebagai kasir di toko Anda.”

2. Contoh Jawaban: Fresh Graduate Kuliah

“Nama saya Wandi Nurjaman dan saya baru saja lulus dari Universitas XYZ. Saya mengambil jurusan psikologi dan belajar manajemen sumber daya manusia karena saya senang bekerja dengan orang-orang.

Selain itu, saya tertarik dengan peran orang dalam organisasi atau perusahaan. Ketika saya masih kuliah, saya melakukan magang di departemen SDM perusahaan XYZ selama sebulan.

Di sana saya membantu tim rekrutmen untuk posisi tenaga penjualan. Dari pengalaman singkat itu, saya memahami peran dan nilai yang diciptakan oleh tim rekrutmen dan bagaimana mereka memastikan perusahaan selalu merekrut talenta terbaik.

Saya melihat peluang kerja di perusahaan Anda untuk menjadi Asisten Rekrutmen. Setelah melakukan beberapa penelitian, saya melihat bahwa perusahaan Anda adalah salah satu perusahaan terbaik di bidang XYZ.

Saya merasa pengetahuan, latar belakang pendidikan, dan sikap saya akan berguna di perusahaan ini.”

Baca juga: Cara Mengatasi Grogi saat Wawancara Kerja

Kesimpulan

Itulah Contoh Jawaban Ceritakan Tentang Diri Anda saat wawancara kerja. Semoga bisa memberikan ide atau inspirasi dalam mempersiapkan jawaban yang lebih baik sebelum wawancara.

Sekian artikel mengenai Jawaban Interview Ceritakan Tentang Diri Anda, semoga bermanfaat.

Catatan: Nama-nama di atas adalah karangan saya sendiri. Jika ada kesamaan, itu tidak disengaja dan tidak bermaksud merendahkan.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More