Prospek Kerja Jurusan Nutrisi dan Teknologi Pangan

Bagaimana Prospek Kerja Jurusan Nutrisi dan Teknologi Pangan? Pelajar yang telah memasuki jenjang sekolah menengah atas maupun sejajarnya biasanya akan menentukan langkah selanjutnya yang akan dilakukan.

Prospek Kerja Jurusan Nutrisi dan Teknologi Pangan

Sebagian dari mereka ada yang ingin langsung kerja dan ada pula yang meneruskan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, yakni kuliah. Ingin tahu jurusan apa yang tepat? Yuk simak prospek kerja jurusan nutrisi dan teknologi pangan disini!

A. Mengenal Jurusan Nutrisi dan Teknologi Pangan

Jurusan nutrisi dan teknologi pangan merupakan ilmu yang mempelajari tentang segala proses yang berkaitan dengan makanan. Baik itu mulai dari proses produksi yang aman hingga nilai untuk memenuhi kebutuhan gizi saat dikonsumsi oleh konsumen.

Apabila kamu tertarik untuk memasuki jurusan yang satu ini, komponen biologis dan kimiawi pada makanan akan dipelajari.

Selain itu, kamu juga akan mempelajari mengenai efek sosial yang akan didapatkan saat mengkonsumsi suatu makanan. Hal tersebut juga akan mencakup tentang bagaimana makanan mempengaruhi aspek psikologi, ekonomi, hingga kebudayan.

Tak sampai situ saja, kamu juga akan mempelajari tentang proses teknologi pengawetan, pengemasan, distribusi, dan penyimpanan.

Pada saat melakukan proses distribusi, kamu juga harus dapat memastikan bahwa produk makanan yang sampai kepada konsumen tetap aman dan dapat dikonsumsi dengan nilai gizi yang terjaga.

Terlebih, pada jurusan yang satu ini, kamu juga akan mempelajari mengenai penggunaan mesin maupun alat yang digunakan untuk proses pengolahan.

Jadi, bisa dikatakan bahwa jurusan nutrisi dan teknologi pangan ini memiliki fokus utama untuk mempelajari ilmu teknologi pangan pada makanan kemasan.

Meskipun begitu, kamu akan tetap diajarkan mengenai beberapa ilmu yang terkait dengan jenis makanan lainnya. Jika kamu memiliki passion yang kuat pada bidang kesehatan, makanan, biologi, dan sains jurusan yang satu ini akan cocok.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Kedokteran Gigi

B. Alasan Memilih Jurusan Nutrisi dan Teknologi Pangan

Prospek Kerja Jurusan Nutrisi dan Teknologi Pangan

Pada saat ini, industri kuliner dan pangan telah mengalami perkembangan yang pesat. Dengan adanya perkembangan tersebut menjadikan salah satu alasan mengapa kamu harus masuk jurusan nutrisi dan teknologi pangan.

Pasalnya, industri kuliner yang berkembang saat ini sangat diminati oleh banyak orang dan tidak pernah sepi akan peminat.

Tak hanya itu saja, saat anda memasuki jurusan yang satu ini, kamu juga akan banyak berkontribusi untuk menciptakan ketahanan makanan negara yang stabil.

Seperti contoh, kamu bisa melakukan riset mengenai diversifikasi pangan pada suatu daerah supaya kebutuhan gizi penduduk daerah tersebut dapat terpenuhi.

Jika mempelajari ilmu yang satu ini, otomatis kamu juga akan belajar mengenai berbagai cabang ilmu sains yang berkaitan dengan pengolahan makanan.

Setelah itu, kamu bisa langsung mengimplementasikan ilmu pengetahuan tersebut dengan melakukan praktek pengolahan, pemrosesan hingga pengawetan makanan.

Apabila kamu memiliki jiwa suka bereksperimen yang tinggi dengan makanan, jurusan yang satu ini dapat menjadi jembatan yang tepat untuk kreativitasmu.

Alasan selanjutnya mengapa kamu harus memilih jurusan nutrisi dan teknologi pangan yaitu prospek kerjanya cukup luas. Kamu bisa bekerja pada suatu perusahaan maupun membuka usaha di bidang pangan.

Hal tersebut dapat terjadi karena jurusan yang satu ini juga memberikan pengetahuan seputar komersialisasi produk supaya lulusan dari jurusan nutrisi dan teknologi pangan bisa menjadi wirausahawan yang berkualitas.

Terlebih, kamu juga akan diajarkan tentang bagaimana cara menggunakan teknik distribusi produk pangan yang baik dan benar supaya produk layak untuk dikonsumsi.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Kedokteran Hewan

C. Prospek Kerja Jurusan Nutrisi dan Teknologi Pangan

1. Wirausahawan

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, bahwa di jurusan yang satu ini kamu akan dibekali oleh beberapa ilmu termasuk menjadi seorang wirausahawan yang berkualitas.

Oleh karenanya, mahasiswa lulusan dari jurusan yang satu ini dapat berpeluang sebagai wirausahawan di bidang kuliner. Jadi, wirausahawan tidak hanya melulu dari jurusan ekonomi saja.

Kuliah dengan jurusan satu ini juga bisa mendorong kamu menjadi seseorang yang inovatif dan kreatif.

Tak hanya itu saja, ilmu yang kamu pelajari pada saat perkuliahan juga sangat cukup sebagai bekal untuk membuka bisnis pangan maupun kuliner yang sesuai dengan standar dan berkualitas.

2. Product Development

Pada setiap perusahaan, tak terkecuali perusahaan yang bergerak pada bidang makanan, tentunya akan memiliki sebuah divisi khusus yang menangani hal hal yang berkaitan dengan produk.

Dengan bekal yang telah kamu miliki, posisi pekerjaan yang satu ini tentunya akan sangat cocok. Sebagai seorang product development nantinya kamu akan memiliki tugas yang sangat vital.

Selain memiliki tanggung jawab yang penuh atas produk yang dikembangkan, seorang produk developer juga harus bertanggung jawab untuk menjaga rahasia dari produk tersebut.

Terkait masalah gaji dari pekerjaan yang satu ini tidak perlu dikhawatirkan lagi, yang jelas kamu akan mendapatkan gaji yang cukup besar mengingat peran dari pekerjaan ini sangatlah vital.

3. Food Market Researcher

Prospek Kerja Jurusan Nutrisi dan Teknologi Pangan

Pekerjaan selanjutnya yang bisa kamu tekuni saat memasuki jurusan nutrisi dan teknologi pangan yakni menjadi food market researcher.

Profesi yang satu ini memiliki tugas untuk menganalisis dan mengumpulkan beberapa data dari konsumen dan kompetitor yang ada di industri makanan.

Dengan adanya researcher ini, kualitas produk, kepuasan konsumen, dan keuntungan bisnis bisa berkembang.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Kesehatan Lingkungan

4. Pengendalian Mutu

Sesuai dengan namanya, peluang kerja berikutnya yang bisa ditekuni oleh seorang lulusan dari jurusan nutrisi dan teknologi pangan adalah pengendalian mutu.

Pekerjaan yang satu ini memiliki tugas untuk memastikan mutu dari suatu pangan mulai dari proses panen hingga diterima oleh konsumen. Jika produk pangan yang akan dijual tidak ditangani dengan tepat, maka mutunya akan menurun.

Seorang pengendali mutu harus benar benar memperhatikan kondisi lingkungan produksi yang higienis. Pasalnya, jika lingkungan produksi kurang higienis akan menjadikan bahan pangan tersebut tercemar.

Begitu pula saat melakukan packing produk, standar mutu harus tetap digunakan supaya kehigienisan dan mutu dapat terus terjaga.

5. Tenaga Pengajar

Jika kamu memiliki ketertarikan yang tinggi pada dunia pendidikan, maka setelah lulus s1 dari jurusan nutrisi dan teknologi pangan, kamu bisa melanjutkannya ke jenjang yang lebih tinggi yakni s2 atau s3 untuk menjadi seorang tenaga pengajar atau dosen.

Pekerjaan yang satu ini tak kalah keren dari pekerjaan lainnya karena memiliki peranan yang penting dalam pendidikan dan industri.

6. Bekerja Di lingkup Pemerintahan

Prospek kerja jurusan nutrisi dan teknologi pangan yang selanjutnya yakni dapat bekerja di lingkup pemerintahan. Seorang lulusan dari jurusan yang satu ini bisa menekuni pekerjaan yang berada di naungan pemerintahan seperti supply pangan nasional.

Umumnya, instansi pemerintahan yang bisa kamu masuki adalah BPOM, LIPI, dan lainnya.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Ilmu Gizi

Kesimpulan

Itulah deretan informasi mengenai jurusan nutrisi dan teknologi pangan, mulai dari pengertian, beberapa alasan untuk memilih, hingga peluang kerjanya.

Selain prospek kerja yang telah disebutkan, masih terdapat peluang kerja yang lainnya. Sehingga, saat kamu telah lulus dari jurusan satu ini tidak menutup kemungkinan apabila kamu bisa mendapatkan pekerjaan yang lainnya.

Sekian artikel berjudul Prospek Kerja Jurusan Nutrisi dan Teknologi Pangan, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!