Prospek Kerja Jurusan Kedokteran Gigi

Bagaimana Prospek Kerja Jurusan Kedokteran Gigi? Seperti yang kita ketahui, jurusan kedokteran gigi telah mempelajari berbagai kesehatan oral manusia.

Prospek Kerja Jurusan Kedokteran Gigi

Mulai dari gigi, gusi, dan berbagai permasalahan yang ada di area tersebut. Di Indonesia sendiri, agar bisa menjadi dokter gigi harus menempuh pendidikan yang bertahap, namun semua itu akan terbayarkan dengan prospek kerja yang menjanjikan.

Berkut prospek kerja jurusan kedokteran gigi.

A. Tentang Jurusan Kedokteran Gigi?

Jurusan kedokteran gigi belakangan ini memang semakin banyak peminatnya. Kedokteran gigi ini mempelajari tentang pengobatan area gigi, mulut, gusi dan area yang ada di sekitarnya.

Tidak hanya itu, kamu juga kan mempelajari terkait estetika gigi dan mulut. Sehingga jangkauannya cukup luas dari apa yang kita bayangkan sebelumnya.

Jika kamu mengambil jurusan kedokteran gigi, maka biasanya akan masuk dalam ranah pendidikan fakultas kedokteran gigi.

Sedangkan untuk mata kuliahnya akan banyak membahas tentang ilmu kedokteran gigi dasar, endodontik, ilmu kedokteran gigi anak, periodonsia, karies gigi, biomedik, penyakit jaringan gigi dan masih banyak yang lainnya.

Selain membahas tentang berbagai teori, kamu juga akan di suguhkan dengan kegiatan skill lab. Di kampus, kamu akan di dihujani dengan berbagai skill praktikum yang memiliki beragam jenis.

Skill lab yang akan dilakukan oleh mahasiswa yang mengambil jurusan kedokteran gigi ini salah satunya adalah praktikum konservasi gigi, kamu akan diajarkan cara menambal gigi dengan benar.

Tidak hanya itu, kamu juga akan diajarkan bagaimana cara mencetak, mencabut, hingga memasang kawat gigi dengan benar.

Dalam praktikum tersebut, biasanya mahasiswa akan di ajari mulai dari anestesi atau menyuntik, melonggarkan, hingga mengeluarkan gigi dari dalam gusi manusia.

Mungkin akan terlihat ngilu, namun faktanya memang seperti itu proses yang nantinya akan dilakukan.

B. Tahapan dalam Pendidikan Dokter Gigi

1. Sarjana

Prospek Kerja Jurusan Kedokteran Gigi

Tahap pertama, yang harus dilakukan yaitu dengan menempuh pendidikan sarjana agar memperoleh gelar lulusan dokter gigi.

Untuk jenis kurikulum yang dilaksanakan dalam perkuliahan ini, sesuai dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi yang telah ditetapkan oleh pihak Konsil Kedokteran Indonesia

2. Co-ass

Setelah menyelesaikan jenjang sarjana, maka kamu harus mengikuti program profesi kedokteran gigi atau yang dikenal dengan sebutan co-ass.

Pada masa ini, kamu akan praktik klinik gigi atau rumah sakit. Setelah semuanya selesai, maka langkah selanjutnya yaitu melakukan ujian, baik departemen, fakultas, dan juga ujian nasional. Dan jika kamu lolos, maka gelar Drg bisa dipakai.

3. UKDGI

Ujian untuk Kompetensi Dokter Gigi Indonesia Tidak berhenti disitu, kamu juga harus melakukan UKDGI sebagai syarat untuk memperoleh Sertifikat Kompetensi bagi seorang dokter gigi.

Ujian dilaksanakan sebanyak 4 kali dalam setahun dan dilakukan secara serentak di Indonesia. UKDGI ini wajib diikuti sebagai bentuk standarisasi bahwa semua dokter gigi manapun telah memiliki kompetensi minimal yang sama.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Agribisnis

C. Alasan Memilih Kedokteran Gigi

Prospek Kerja Jurusan Kedokteran Gigi

Pernah gak sih kamu memperhatikan, jika sekarang ini semakin banyak orang yang menggunakan veneer atau behel gigi?

Dengan kondisi sekarang yang seperti itu, maka untuk masa yang akan datang banyak orang yang akan lebih memperhatikan kesehatan gigi dan mulut.

Bahkan untuk dimasa yang akan datang menjaga kesehatan gigi menjadi kebutuhan primer bagi setiap manusia.

Tidak hanya itu, kemungkinan di masa yang akan datang banyak orang akan lebih mempertahankan serta memperbaiki kesehatan gigi, mulut dan kualitas hidup hingga penampilannya.

Maka dari itu, menjadi dokter gigi untuk saat ini menjadi salah satu pilihan yang tepat demi menyongsong kemajuan di masa depan.

Alasan lainnya mengapa memilih menjadi dokter gigi, karena penghasilan dari profesi ii nantinya juga akan cukup tinggi di sebagian besar negara di dunia.

Kamu tidak hanya bisa berkarir dengan melakukan penanganan langsung kepada pasien, akan tetapi lebih dari itu. Dimana kamu juga bisa berkecimpung di berbagai bidang lainnya.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Sosiologi

D. Prospek Kerja Dokter Gigi

1. Dokter Gigi di Rumah Sakit Milik Pemerintah

Peluang kerja yang pertama bagi kamu yang tengah berkarir sebagai lulusan dari jurusan kedokteran gigi adalah menjadi dokter gigi di rumah sakit pemerintah.

Untuk berkarir di RS pemerintah, maka kamu bisa mengikuti rekrutmen CPNS dengan status PNS. Gaji seorang dokter gigi di RS pemerintah berkisar 3 hingga 5 juta per bulannya. Gaji tersebut belum termasuk tunjangan.

2. Dokter Gigi di Rumah Sakit Milik Swasta

Prospek kerja yang akan kamu peroleh selanjutnya yaitu bisa bekerja di Rumah Sakit Swasta.

Tidak jarang bahwa banyak lulusan kedokteran gigi yang memilih untuk bekerja di rumah sakit swasta, sebab gaji yang ditawarkan bisa lebih tinggi.

Untuk gaji yang akan anda peroleh jika bekerja di rumah sakit swasta yaitu berkisar 4 hingga 7 juta per bulannya.

3. Dokter Gigi Militer

Prospek kerja dari kedokteran gigi selanjutnya yaitu berkarir di wilayah militer. Dokter gigi militer tidak hanya bisa memeriksa gigi dari anggota militer saja, akan tetapi juga bisa memeriksa kesehatan gigi bagi calon militer kedepannya.

Umumnya untuk gaji yang akan kamu peroleh jika menjadi dokter gigi di bidang militer berkisar 4 juta per bulan.

4. Dokter Gigi Kepolisian

Asal kamu tahu, ternyata setelah lulus juga bisa berkarir sebagai dokter gigi di bidang kepolisian. Pada saat penerimaan calon polisi, maka pemeriksaan gigi calon polisi menjadi salah satu persyaratan yang penting.

Sehingga dibutuhkan dokter gigi kepolisian yang kompeten. untuk gajinya sendiri, seorang dokter gigi kepolisian bisa memperoleh sekitar 3 jutaan setiap bulannya.

5. Dokter Gigi Puskesmas

Prospek Kerja Jurusan Kedokteran Gigi

Bagi lulusan Kedokteran Gigi juga memiliki peluang kerja di Puskesmas. Disini kamu akan memberikan layanan dokter gigi di area fasilitas kesehatan tingkat satu.

Jika kamu ingin berkarir di puskesmas yang ada di daerah pelosok, aka hal tersebut akan memberikan banyak pengalaman berharga. Dan untuk gaji dari dokter gigi di puskesmas bini kurang lebih sekitar 3 juta per bulannya.

6. Dosen Dokter Gigi

Selain memiliki profesi sebagai dokter gigi, kamu juga dapat menjadi dosen. Jika kamu gemar mengajar, maka menjadi dosen kedokteran gigi bisa lakukan langsung setelah lulus.

Namun untuk mengajar perguruan tinggi, kamu harus melanjutkan pendidikan minimal S2. Kemudian untuk gaji, yang akan kamu peroleh dengan menekuni bidang ini yaitu sekitar 4 hingga 5 juta per bulan..

7. Membuka Klinik Sendiri

Prospek kerja jurusan kedokteran gigi selanjutnya yaitu membuka klinik sendiri. Bagi Kamu yang tidak ingin ditekan oleh atasan, maka profesi ini cocok dilakukan.

Untuk membuka klinik, biasanya kamu harus mengikuti beberapa aturan  dan syarat yang berlaku. Dan untuk penghasilannya biasanya tergantung dengan tarif yang kamu kenakan.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Akuntansi

Kesimpulan

Kesimpulannya adalah bahwa jurusan kedokteran gigi adalah mempelajari tentang pengobatan area gigi, mulut, gusi dan area yang ada di sekitarnya.

Tidak hanya itu, kamu juga kan mempelajari terkait estetika gigi dan mulut. Prospek kerja lulusan ini mulai dari bekerja di RS milik pemerintah, swasta, militer, masuk dalam puskesmas, membuka klinik sendiri hingga menjadi dosen.

Sekian artikel mengenai Prospek Kerja Jurusan Kedokteran Gigi, semoga bermanfaat.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!