Prospek Kerja Jurusan Akuntansi

Bagaimana Prospek Kerja Jurusan Akuntansi? Jika mendengarkan jurusan yang satu ini pasti yang terbesit dalam benak kamu adalah angka.

Memang benar, berkaitan erat dengan angka memang sangat melekat.

Prospek Kerja Jurusan Akuntansi

Namun, seiring berkembangnya zaman, jurusan akuntan juga dapat dipengaruhi oleh tingkah laku manusia. Lulusan dari jurusan yang satu ini juga memiliki cakupan yang luas.

Jurusan akuntansi tidak hanya digandrungi oleh mereka yang mengambil jurusan IPS saat SMAnya. Karena pada dasarnya juga banyak yang dari konsentrasi lain yang tertarik. Jurusan akuntansi memang dianggap sebagai jurusan yang mudah untuk mencari kerja.

Sebenarnya apa saja prospek pekerjaan jurusan akuntansi yang terbilang menjanjikan? Untuk lebih lengkapnya tentang prospek pekerjaan konsentrasi akuntansi, bisa simak ulasannya berikut.

Prospek Kerja Jurusan Akuntansi

1. Auditor

Mahasiswa dari jurusan ini sering dikenal dengan kegigihannya. Bagaimana tidak, jika kehilangan satu angka nol saja akan dicari sampai ketemu.

Keuntungan yang diperoleh dari seorang lulusan akuntan cukup banyak. Pasalnya, pada setiap sektor perusahaan pasti membutuhkan staf pada bidang akuntansi. Jadi lulusan ini memiliki kemudahan bekerja di bidang apapun.

Salah satu prospek kerja jurusan akuntan adalah menjadi seorang auditor. Profesi yang satu ini memiliki tanggung jawab untuk meninjau suatu catatan keuangan dan memastikan catatan tersebut terlihat akurat.

Selain itu, ketika menekuni pekerjaan yang satu ini, kamu akan memiliki tugas untuk melaporkan dan memastikan bisnis pada suatu perusahaan atau instansi.

Peranan dari seorang auditor terbilang penting untuk memastikan akurasi keuangan pada suatu perusahaan dapat didistribusikan secara efisien.

Dalam akuntansi, auditor akan fokus terhadap proses internal untuk migrasi serta melakukan identifikasi pada bagian mana yang harus dilakukan untuk penghematan biaya.

Semua bidang usaha sebenarnya membutuhkan seorang auditor. Tugas seorang internal auditor nantinya adalah memastikan jika hasil laporan keuangan perusahaan apakah sesuai aslinya atau tidak.

Seorang internal auditor juga akan memastikan jika semua manajemen telah bisa dilakukan dengan efisien. Auditor ini juga harus memastikan tidak akan penyimpangan di dalam sebuah perusahaan.

Yang paling penting, seorang internal auditor harus jujur dalam melakukan tugasnya. Apabila terjadi penyimpangan, harus segera melaporkan atau langsung menanganinya.

Sehingga tidak ada hal yang menyimpang di dalam perusahaan dan bisa membuat perusahaan tersebut mengalami kerugian. Yang membuat peluang pekerjaan ini menarik, gajinya terbilang besar. untuk seorang fresh graduate gajinya bisa kisaran Rp. 7 juta hingga 10 jutaan.

2. Accounting Manager

Pekerjaan selanjutnya adalah manajer akuntansi atau biasa juga dikenal dengan istilah accounting manager. Profesi yang satu ini merupakan pemimpin anggota utama yang berasal dari departemen akuntansi pada suatu perusahaan.

Untuk memastikan keuangan perusahaan dapat berjalan dengan baik, manajer akuntansi akan bekerja sama dengan departemen lain.

Seorang accounting manager memiliki tugas untuk mengawasi akuntan, akuntan junior, dan asisten pada departemen lain. Umumnya, pada bidang tersebut memiliki tugas untuk menyiapkan laporan keuangan, mengikuti persyaratan hukum, memprediksi kebutuhan keuangan di perusahaan, serta menyiapkan kebutuhan perpajakan dan dokumentasi.

Tugas yang diemban dari seorang manajer akuntansi bergantung kepada bisnis apa yang dijalankan. Misalnya saja seperti menyiapkan anggaran tahunan, melacak data keuangan, membuat rekomendasi mengenai keputusan keuangan.

Dengan begitu, keuangan pada suatu perusahaan akan tertata dengan baik.

3. Financial Analyst

Prospek Kerja Jurusan Akuntansi

Prospek Kerja Jurusan Akuntansi selanjutnya yaitu, salah satu profesi yang paling sering diidam idamkan oleh kebanyakan mahasiswa dari jurusan akuntan adalah menjadi seorang financial analyst.

Lulusan dari jurusan ini juga bisa menekuni pekerjaan pada bidang analisis keuangan. Dalam riset keuangan, profesi ini memiliki tanggung jawab mengidentifikasi peluang dan melakukan evaluasi investasi atau keputusan bisnis.

Financial analyst secara umum memiliki tugas untuk memeriksa data keuangan dan menggunakan temuan tersebut sebagai acuan untuk membantu perusahaan saat mengambil suatu keputusan bisnis.

Selain itu, mengamati mengenai kondisi mikro ekonomi dan makro ekonomi pada suatu perusahaan dalam membuat prediksi mengenai bisnis juga dilakukan.

Yang lebih menarik lagi, seorang pekerja analis keuangan juga harus bisa menyadari perkembangan terkini mengenai bidang spesialis yang sedang ditekuni.

Tak hanya itu, sejumlah faktor juga digunakan untuk dapat memprediksi ekonomi yang akan terjadi di masa depan dan menyiapkan persiapan permodalan keuangan menjadi tugas dari financial analyst.

4. Assistant Controller

Prospek kerja selanjutnya dari lulusan jurusan akuntan adalah menjadi assistant controller. Profesi ini memiliki tugas untuk mendukung kontrol suatu perusahaan di setiap aktivitas yang berkaitan dengan akuntansi, seperti akuntansi lanjutan, manajerial dan aktivitas yang berkaitan dengan keuangan lainnya yang terdapat pada perusahaan.

Bagi kamu yang ingin memiliki karir ini, memiliki kemampuan analisis, organisasi, komunikasi, maupun teknologi harus dikuasai dengan benar.

Selain itu, berpengalaman kerja sebagai akuntan maupun di bidang keuangan harus dimiliki minimal selama lima tahun. Mahasiswa lulusan sarjana akuntan juga bisa untuk menekuni pekerjaan ini.

Akan tetapi, umumnya yang lebih diutamakan adalah pelamar yang memiliki gelar Master business administration (MBA) atau pelamar yang memiliki sertifikat CPA dan CMA.

Tugas yang harus dijalankan oleh assistant controller adalah meninjau data keuangan, menyiapkan anggaran tertulis, laporan berdasarkan kebutuhan pelanggan dan tugas lainnya.

5. Accounting Software Developer

Pekerjaan yang satu ini memiliki tugas untuk pembuatan aplikasi yang berguna untuk tujuan akuntansi. Tanggung jawab dari accounting software developer adalah memastikan perangkat lunak bisa berfungsi dengan baik untuk mengelola transaksi yang dilakukan setiap akun dan melakukan verifikasi sistem.

Pada umumnya, pekerjaan yang satu ini akan bekerja dalam suatu tim. Hal tersebut dikarenakan tanggung jawab kerja yang dimiliki cukup besar karena mengelola data yang masuk kedalam sistem.

Dengan begitu pekerjaan yang dilakukan akan menyangkut dengan sistem moneter yang memiliki fungsi untuk perhitungan yang akurat.

6. Cost Accountant

Prospek Kerja Jurusan Akuntansi

Selain menjadi seorang software developer pada bidang bisnis, cost accountant juga dapat kamu jadikan pilihan untuk melamar pekerjaan.

Profesi yang satu ini yaitu bekerja menjadi spesialis keuangan untuk menentukan biaya sesungguhnya yang berkaitan dengan penyediaan layanan maupun pembuatan produk.

Melakukan penelitian mengenai semua biaya yang berhubungan dengan rantai pasokan merupakan tugas dari seorang cost accountant.

Dengan tugas yang tersebut, cost accountant akan dapat menganalisis profit hingga penyusunan laporan.  Selain itu, profesi ini juga memiliki tanggung jawab untuk validasi, mengumpulkan, sinkronisasi data .

Sinkronisasi data perlu dilakukan guna untuk melihat transparansi perbaikan proses dan perbaikan proses. Tidak hanya itu, seorang cost accountant juga memiliki tugas untuk memulai proses dana penutupan serta pelaporan akhir bulan yang dimana laporan tersebut akan diserahkan ke pihak manajemen.

Setelah melakukan pelaporan, biaya standar dari proses bisnis seperti pengiriman, produksi, tenaga kerja, hingga biaya administrasi perlu dilakukan penetapan.

Dengan menekuni pekerjaan yang satu ini, kamu akan bekerja bersama seorang akuntan yang memanfaatkan data yang telah didapatkan dari sistem ERP dan CRM.

Baca juga: 8 Prospek Pekerjaan Jurusan Management

7. Credit Analysis Manager

Prospek kerja jurusan akuntan berikutnya adalah menjadi seorang credit analysis manager. Saat berkarir pada bidang ini, kamu akan memiliki tanggung jawab dalam menganalisis dan melaporkan data keuangan seorang klien.

Data yang dimaksud itu adalah riwayat kredit, pendapatan tahunan, kebiasaan pembayaran serta aktivitas dari pembelian.

Memiliki ketajaman pengetahuan tentang bisnis harus kamu miliki. Hal tersebut dikarenakan kebanyakan profesi ini akan ditugaskan dan bekerja bersama perusahaan industri tertentu.

Bagi kamu yang ingin menekuni pekerjaan ini, dengan memiliki kemampuan yang diinginkan akan memudahkan kamu untuk memperoleh impian tersebut

Bekerja di bagian pinjaman komersial dan analisis kredit pada suatu bank merupakan beberapa contoh yang bisa kamu geluti pada bidang credit analysis manager.

Jika kamu mahasiswa lulusan akuntan, sangat cocok untuk melamar pekerjaan yang satu ini. Dan yang pastinya jangan lupa untuk menyiapkan persyaratan dari jauh-jauh hari.

8. Perencana Keuangan

Prospek Kerja Jurusan Akuntansi

Prospek Kerja Jurusan Akuntansi selanjutnya golongan menengah di Indonesia semakin tahun semakin mengalami pertambahan. Dan untuk meningkatkan kesejahteraan, golongan ini membutuhkan profesional yang bisa memberikan saran tentang pengelolaan keuangannya.

Dan jika kamu jurusan akuntansi, kamu bisa memanfaatkan peluang tersebut. Profesi satu ini terbilang menjanjikan, namun setelah kamu menyelesaikan S1 kamu harus mengambil sertifikasi untuk perencanaan keuangan.

Meskipun untuk mendapatkan sertifikasi langkah dan waktu yang kamu ambil tidak semudah itu.  Sertifikasi ini biasanya disebut dengan Certified Financial Planner (CFC).

Ada beberapa tahapan yang perlu untuk kamu selesaikan dan tentunya lulus. Dengan begitu kamu sudah bisa bekerja untuk menjadi perencana keuangan.  Tak hanya perorangan, bahkan instansi juga membutuhkan jasa dari perencana keuangan.

Namun untuk perencana keuangan, tidak bisa mendapatkan gaji bulanan. Penghasilan yang mereka dapatkan umumnya tergantung dari jasa konsultasinya. Untuk bayarannya juga bisa berupa tarif perjam yang juga tidak murah.

Pekerjaan jurusan akuntansi satu ini memang terlihat menggiurkan jika mengintip gajinya. Apabila dalam setahun ingin mendapatkan konsultasi, bisa mencapai Rp. 60 jutaan.

9. Akuntan Publik

Akuntan publik merupakan akuntan indepen yang nantinya akan menganalisa berbagai laporan keuangan. Namun ia tidak terikat dengan sebuah perusahaan.

Mirip dengan perencana keuangan, nantinya kamu akan mendapatkan bayaran dari pengguna jasa kamu. Jasa yang ditawarkan pekerjaan jurusan Akuntansi ini, mulai dari pemeriksaan kelayakan operasi perusahaan, laporan keuangan, konsultasi kebijakan keuangan dan lain sebagainya.

10. Pegawai Lembaga Keuangan Pemerintah

Sebagai lulusan akuntansi kamu juga bisa bekerja di instansi pemerintahan. Instansi seperti OJK atau Otoritas Jasa Keuangan hingga Bank Indonesia membutuhkan lulusan akuntansi.

Tak hanya bisa bekerja di perusahaan bergengsi, gaji yang ditawarkan juga menggiurkan. Bahkan terbilang di atas rata rata untuk lulusan fresh graduate. Hanya saja kamu harus ingat jika untuk bisa mendapatkan pekerjaan ini, kamu harus melalui persaingan yang begitu ketat.

Sebaiknya jika saat ini kamu belum resmi lulus dan masih menjadi mahasiswa, aktiflah berorganisasi. Kamu juga sudah bisa mengasah hard skill maupun soft skill yang dimiliki.

Jangan lupakan untuk mulai belajar bahasa Asing salah satunya Bahasa Inggris. Dengan begitu, kamu bisa mengincar perusahaan milik pemerintah ini. Umumnya gaji yang ditawarkan untuk pekerja di staff kantor ini mulai dari Rp. 16 jutaan setiap bulannya.

11. Menjadi PNS

Prospek Kerja Jurusan Akuntansi selanjutnya yaitu, tidak hanya bernaung di lembaga keuangan negara, kamu yang lulusan akuntansi juga bisa mencoba untuk menjadi PNS. Jurusan akuntansi memang selalu dibutuhkan dalam bidang kerja apapun.

Bahkan setiap instansi pemerintah, akan membutuhkan pegawai dengan latar belakang  jurusan akuntansi. Nantinya kamu akan menangani seluruh hal terkait keuangan. Pekerjaan Jurusan Akuntansi ini bisa dikatakan memiliki peluang yang besar jika kamu pandai memanfaatkan.

Seperti posisi yang lainnya, kamu juga harus berjuang dengan ketat untuk bisa mendapatkan posisi ini. Tetapi semua perjuanganmu akan terbayar lunas, mengingat gaji PNS bisa mencapai Rp. 5 juta sampai Rp. 7 jutaan.

Gaji tersebut masih berupa gaji pokok, kamu masih akan mendapatkan tunjangan yang jumlahnya juga lumayan. Jika dikira kira, maka jumlahnya sampai Rp. 9 jutaan. Dan gaji ini merupakan gaji tetap yang akan kamu dapatkan setiap bulan.

12. Credit Analyst

Prospek Kerja Jurusan Akuntansi

Industri perbankan maupun pembiayaan terbilang cukup banyak di Indonesia. Dengan fakta tersebut, maka dibutuhkanlah Credit Analyst.

Dimana tugas dari credit analyst adalah mengukur kemampuan seorang calon pencari kredit, dalam membayar cicilan beserta bunganya setiap bulan.

Bukan hanya itu, seorang credit analyst juga harus menilai, mengusulkan nominal pinjaman hingga mengevaluasi calon peminjam.

Untuk bisa mendapatkan posisi pekerjaan ini, maka kamu harus memiliki beberapa skill. Umumnya dibutuhkan orang orang yang memang pandai dalam menganalisis dan juga teliti.

Kamu juga harus memiliki pandangan luas sekaligus cara komunikasi yang baik. Pekerjaan jurusan akuntansi tak hanya terlihat mentereng, namun juga memiliki gaji yang lumayan.

Baik di bank ataupun di perusahaan, umumnya mereka akan digaji mulai Rp. 5,5 juta sampai Rp. 15 juta setiap bulannya.

13. Wirausaha

Prospek Kerja Jurusan Akuntansi selanjutnya, mahasiswa jurusan akuntansi juga cukup fleksibel untuk bisa menjadi seorang wirausaha. Selama duduk di bangku kuliah kamu juga mendapatkan pengembangan bisnis yang bisa kamu praktekkan dalam bisnis.

Sehingga tidak menutup kemungkinan jika kamu bisa membuka usaha sendiri dan bisa membantu mengurangi pengangguran. Ilmu ilmu dasar yang kamu dapatkan bisa kamu terapkan agar bisnis yang kamu jalani bisa berkembang pesat.

Memang untuk bisa membuka usaha sendiri tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Kamu membutuhkan kesabaran untuk bisa membangun usaha kamu hingga akhirnya bisa berkembang.

Sebagai seorang pengusaha kamu harus memiliki beberapa sifat, mulai dari memiliki intuisi yang tinggi, kreatif dan inovatif serta ulet.

Mengingat untuk menjadi pengusaha, tentunya akan banyak tantangan yang harus kamu jawab agar bisnis makin berkembang.

Baca juga: CV Bagi Fresh Graduate untuk Mendapatkan Pekerjaan Pertama

14. Analisa Keuangan

Untuk selanjutnya pekerjaan jurusan akuntansi yang bisa kamu ambil adalah seorang analisa keuangan. Baik individu maupun perusahaan, pastinya akan membutuhkan seorang financial analyst.

Nantinya tugasmu adalah menerjemahkan data data perusahaan. berangkat dari data itu, nanti dijadikan sebagai pertimbangan dalam mengambil keputusan bisnis. Gaji pekerjaan ini mulai dari Rp. 7 juta lebih dan juga memiliki jenjang karir yang jelas.

Itulah beberapa pekerjaan untuk lulusan akuntansi yang bisa kamu coba. Untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan passion, pastikan kamu untuk memenuhi segala kualifikasinya.

Menjadi pribadi yang unggul akan menjadi langkah paling awal agar kamu bisa memiliki pekerjaan yang baik. Jika dari awal berhasil menjadi pribadi unggul, maka kamu pekerjaan, jabatan dan juga materinya akan mengikuti.

Itulah informasi mengenai beberapa gambaran cakupan kerja lulusan dari jurusan akuntan.

Menjadi jurusan yang  favorit, menjadikan program studi yang satu ini memiliki kesempatan kerja yang cukup menjanjikan. Jurusan yang satu ini sangat cocok bagi kamu yang sangat menyukai dunia bisnis. Jangan lupa juga untuk menyiapkan diri sebelum menghadapi dunia kerja.

Loker Pintar tidak pernah meminta kompensasi atau biaya apa pun untuk perekrutan di situs ini, jika ada pihak atas nama kami atau perusahaan yang meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau apa pun dipastikan itu PALSU.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!